Ini dia Cara Menggunakan Google Maps Distance Matrix API

24 September 2021

Saat ingin menggunakan Google Maps Platform untuk memplot beberapa lokasi, dapat melihat penanda terdekat secara visual. Namun, jarak sebenarnya tidak selalu jelas, terutama saat memperhitungkan lalu lintas. Anda pasti masih memiliki pertanyaan tentang bagaimana menerapkan salah satu Google Maps API seperti Google Maps Distance Matrix API, mari kita bahas lebih lanjut pada artikel ini.

Dapat mengukur seberapa dekat dua titik dengan menghitung jarak dapat menggunakan Maps Javascript API, tetapi bila ingin menentukan banyak jarak sekaligus, Distance Matrix API dapat membantu menyelesaikannya dan mendapatkan semua data yang di butuhkan dalam satu panggilan. 

Misalnya, ingin dapat mempersempit daftar restoran berdasarkan waktu pengiriman, menetapkan beberapa pengemudi pengiriman berdasarkan kedekatan, atau menentukan teknisi terdekat dengan pelanggan yang akan dikirim.

Dalam artikel kali ini, akan menunjukkan cara menggunakan Distance Matrix API menggunakan pengiriman teknisi kasus penggunaan umum. Pertama, penting untuk memahami semua data yang dikembalikan dari API, jadi akan mulai dengan contoh dasar yang mengidentifikasi jarak mengemudi antara kota-kota besar di Midwestern.

Add Map markers for each city

Sebelum menghitung jarak, ada baiknya melihat lokasi di peta. Untuk melakukannya, perlu membuat penanda untuk 4 titik kota beriktu ini: Chicago, Milwaukee, Detroit, Indianapolis, dan St. Louis.

Berikut beberapa HTML dan JavaScript untuk membuat peta dengan kota-kota ini ditandai:

<!DOCTYPE html><html>  <head>    <style>       /* Set the size of the div element that contains the map */      #map {        height: 400px;  /* The height is 400 pixels */        width: 600px;  /* The width is 600 pixels */       }    </style>  </head>  <body>    <!–The div element for the map –>    <div id=”map”></div>    <script>      // Initialize and add the map      let map;      function initMap() {        map = new google.maps.Map(document.getElementById(‘map’), {          zoom: 6,          center: {lat: 41, lng: -86}        });
        const cities = [          {lat: 41.88, lng: -87.62}, // Chicago          {lat: 43.05, lng: -87.95}, // Milwaukee          {lat: 42.33, lng: -83.04}, // Detroit          {lat: 39.76, lng: -86.15}, // Indianapolis          {lat: 38.62, lng: -90.19} // St. Louis        ];
        // Loop through cities, adding markers        for (let i=0; i<cities.length; i++) {          let position = cities[i]; // location of one city          // create marker for a city          let mk = new google.maps.Marker({position: position, map: map});        }
        // Add Distance Matrix here      }    </script>    <script async defer src=”https://maps.googleapis.com/maps/api/js?key=YOUR_API_KEY&callback=initMap”>    </script>  </body></html>

Temukan Kunci API Anda di Google Cloud Console dan letakkan di tempat YOUR_API_KEY pada kode di atas. Selain membuat peta dasar yang berpusat di Amerika Serikat bagian barat tengah, kode di atas membuat lima penanda—satu untuk setiap kota dalam contoh.

ilustrasi google maps distance matrix api

Saat menyimpan kode dan memuatnya di browser, akan melihat peta seperti di atas. Kemungkinan dapat mengetahuinya hanya dengan melihat kota mana yang paling dekat dengan Chicago, tetapi lihat bagaimana matriks jarak dapat mengukur solusinya.

Visualize the distance matrix with a mileage table

Konsep di balik Distance Matrix API berasal dari masa sebelum smartphone dan GPS ada di mana-mana. Wisatawan akan mereferensikan materi cetak untuk menentukan jarak dan durasi mengemudi. 

Untuk menemukan tabel jarak tempuh dua dimensi dengan nama kota di sepanjang sisi kiri dan atas. Di dalam tabel-tabel itu, yang ditemukan di peta kertas di mobil atau dipasang di dinding di pompa bensin, adalah jarak antara kota-kota di setiap baris dan kolom.

Jika berada di dekat Chicago, misalnya dapat dengan cepat membaca baris pertama untuk melihat jarak ke Milwaukee (92 mil) atau Detroit (281 mil). Pola diagonal sel kosong adalah petunjuk cepat sedang melihat tabel jarak tempuh — bagaimanapun juga, tidak ada mengemudi dari Chicago ke Chicago.

Distance Matrix API adalah versi modern dari kotak sarung tangan klasik ini. Hal ini memiliki kontrol penuh atas asal di setiap baris dan tujuan di setiap kolom, yang memungkinkan untuk membuat ulang matriks jarak klasik, atau menggunakan satu asal dengan beberapa tujuan yang terbaik dari semuanya dapat mengajukan permintaan dan mendapatkan jawaban dalam JSON dalam hitungan detik.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menggunakan Google Maps Distance Matrix API.

Terralogiq sebagai satu-satunya Google Maps Premier Partner di Indonesia bertujuan membantu bisnis anda untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis dengan mengintegrasikan Google Maps Platform dan menyederhanakan penerapan Google Maps API dan SDK.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengimplementasikan Google Maps Platform APIs untuk solusi bisnis aplikasi atau membutuhkan dukungan teknis dan informasi lainnya mengenai Google Maps Platform. Hubungi kami di halo@terralogiq.com 

Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah membaca artikel kali ini, tunggu update terbaru pembahasan artikel selanjutnya yaa..

Author Profile

Sada

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments