Ini dia 4 pemanfaatan Google for Education untuk Sekolah di Indonesia

27 September 2021

Alat Google yang paling populer seperti Gmail, Google Calender, dan Google Document adalah software untuk mengatur dan menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Alat kolaborasi ini telah merevolusi bagaimana cara kita berkomunikasi, bekerja sama, dan menyimpan informasi secara online. Terutama untuk para pengajar dan siswa, platform pendidikan Google Classroom dari Google menghadirkan manfaat berbagi tanpa kertas, penilaian, dan kolaborasi digital ke ruang kelas. Pemanfaatan Google For Education atau pada salah satu produk nya yaitu Google Classroom telah digunakan oleh puluhan juta guru dan siswa di ribuan sekolah di seluruh dunia, menjadikannya salah satu alat edtech paling populer.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Google For Education, Transformasi Sistem Pendidikan di Masa Depan

google for education on class
Source: Unsplash.com by @comparefibre

Karena ini adalah platform yang cukup fleksibel, para pendidik atau guru dapat menggunakan fitur-fiturnya dengan banyak cara yang berbeda dengan manfaat seperti berikut ini:

  • Sederhanakan bagaimana cara guru dan pengajar mengelola kelas

Platform ini dapat terintegrasi dengan alat Google lainnya seperti Dokumen, Drive, Formulir, Meet, dan Kalender, sehingga ada banyak “pintasan” untuk tugas dan pengelolaan kelas. Misalnya, jika Anda sebagai pengajar memposting tugas dengan suatu batas waktu, tugas tersebut otomatis ditambahkan ke kalender kelas siswa agar mereka dapat melihatnya.

  • Atur, distribusikan, dan kumpulkan tugas secara digital, dan materi kursus serta tugas siswa

Guru dan para pengajar juga dapat memposting tugas ke beberapa kelas atau memodifikasi dan menggunakan kembali tugasnya dari tahun ke tahun. Jika siswa memiliki akses rutin ke perangkat, Google Classroom dapat membantu untuk menghindari beberapa perjalanan ke mesin fotokopi untuk mencetak dan mengurangi beberapa penggunaan kertas selama proses belajar dan mengajar.

  • Berkomunikasi dengan siswa tentang tugas dan kelas mereka

Anda dapat menggunakan platform untuk memposting pengumuman dan pengingat tentang adanya tugas, dan mudah untuk melihat siapakah yang telah atau belum menyelesaikan pekerjaannya (tugasnya). Anda juga sebagai pengajar dapat menghubungi siswa secara pribadi, menjawab pertanyaan mereka, dan menawarkan dukungan.

  • Berikan siswa umpan balik secara tepat waktu mengenai tugas dan penilaian mereka

Di dalam Google Classroom, Google Forms dapat digunakan untuk membuat dan berbagi kuis yang dapat mengeluarkan nilai secara otomatis saat siswa menyerahkannya. Anda tidak hanya akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk melakukan penilaian, tetapi juga siswa akan mendapatkan feedback secara cepat tentang pekerjaan mereka. Pengajar dapat melihat data individu dan kelas dalam Formulir atau Google Spreadsheet yang dibuat secara otomatis.

Pemanfaatan Google For Education

“Google Apps for Education” adalah salah satu solusi terbaik untuk pengiriman pesan, kolaborasi, pembelajaran interaktif, dan kelas online oleh Google. Google for Education sebagai aplikasi edisi Pendidikan Google Apps dilengkapi dengan semua alat yang diperlukan untuk komunikasi, kolaborasi, dokumentasi, penyimpanan, berbagi, pembelajaran, dan keamanan tinggi.

Mari kita lihat contoh alur pemanfaatan dari Google For Education disini:

Pertama-tama guru dapat menggunakan Google Form untuk membuat sebuah tes dengan pilihan ganda atau pertanyaan berbasis teks. Mereka kemudian dapat dengan mudah membagikannya dengan kelas atau menyematkan seluruh tes atau ujian tersebut di Google Sites.

Guru dapat menggunakan Google Calender dan menambahkan semua kelas, tabel waktu, atau acara mendatang ke dalamnya. Ini dapat dibagikan dengan pengguna tertentu atau disimpan untuk publik agar informasi mengenai kelas dapat diikuti oleh semua siswa dan orang tua.

Google Documents adalah aplikasi yang sangat interaktif dengan banyak fitur baru, seperti riset, add-on, embed gadget, dan banyak lagi. Selanjutnya guru dapat membuat dokumen, menyimpannya secara online kedalam Google Drive dan berbagi dengan orang lain dengan berbagai pilihan akses.

Google Hangout dapat digunakan oleh pengguna akhir atau guru untuk mengambil kelas online. Kelas dapat direkam dan disimpan di saluran Youtube khusus kelas. Tutorial atau Webinar ini adalah merupakan cara terbaik bagi siswa untuk belajar dan berinteraksi. Selain itu (siaran Hangouts, Youtube). Dengan Google Hangouts, seseorang dapat melakukan sesi obrolan teks, audio, maupun video 1-ke-1 atau 1-ke-banyak.

Admin dari Google Apps dapat mengontrol semua aplikasi, akses, dan setelan berbagi untuk institusi atau lembaga mereka. Selain itu, kemudahan ini memberikan kontrol yang kuat di tangan admin untuk mengelola dan memantau bagaimana penggunaan aplikasi tersebut.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pemanfaatan Google For Education untuk institusi atau lembaga pendidikan Anda? Tim dari Terralogiq siap membantu untuk berkonsultasi hubungi kami melalui alamat email di halo@terralogiq.com.


Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments