Informasi Harga Google Maps API dan Cara perhitungan biayanya

17 September 2021

Google Maps Platform adalah sekumpulan API dan SDK yang memungkinkan pengembang (developer) untuk memvisualisasikan titik lokasi dengan cara menyematkan Google Maps ke dalam aplikasi seluler dan halaman web, atau untuk mengambil data dari Google Maps. Pada artikel kali ini mari kita bahas mengenai harga Google Maps API.

Komitmen Google dalam memetakan dunia dimulai sejak tahun 2005, dimana Google Maps Platform secara worldwide telah mengcover berbagai negara dan teritorialnya sebesar 99% dengan cangkupan data pin point atau places sebanyak 200 miliar, dan telah merekam 40 miliar meter lebih jarak jalan di dunia. 

Dengan kepercayaan user yang berkontribusi untuk local guide lebih dari 20 Miliar update data places dengan jumlah update sebanyak 700ribu data places tiap bulannya. 

Hal ini menjadikan Google Maps Platform sebagai peta yang diminati dan juga sering dipakai oleh banyak pengguna baik konsumen publik maupun perusahaan enterprice.

Baca Juga: Bagaimana untuk mendapatkan Lisensi resmi dari google maps API di Indonesia

Google Maps menjadi salah satu langkah dalam transformasi digital

Lebih dari 15 tahun Google Maps terus-menerus memimpin dalam peningkatan gaya hidup dan transportasi industri. Google Maps menyajikan petunjuk arah tentang metode transportasi, menetapkan rute, dan mendapatkan pembaruan lalu lintas real-time dengan petunjuk lisan.

Google juga membuat Google Maps API untuk membantu pengembang mengintegrasikan peta ke dalam situs web atupun aplikasi mobile baik Android/iOS. Google Maps API generasi berikutnya menawarkan solusi yang lebih canggih yang berpusat pada setiap industri untuk mendorong inovasi. 

Solusi ini disesuaikan untuk fungsionalitas seperti pelacakan aset dan berbagi perjalanan secara real-time. Pengembang aplikasi dan pengembang web dapat menyematkan pengalaman navigasi Google Maps langsung ke dalam proyek aplikasi yang sedang dikembangkan untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Berapa Biaya Google Maps API? 

Google Maps Platform telah memperkenalkan model penetapan harga ‘pay-as-you-go’ API platform yaitu model harga bayar sesuai penggunaan. 

Model ini memastikan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol bagi pengembang yang memilih untuk menggunakan Google Maps API sesuai dengan kebutuhan. Pengembang dapat menggunakan bagian terbatas atau secara keselutuhan dari API dan membayar dengan tepat apa yang digunakan.

Google Maps Platform dibagi menjadi 3 Produk yaitu Maps, Places, Route dengan total 18 SKU API di bawah tag cloud Google. Karena situs web dan aplikasi menggunakan Google Maps API untuk mengirimkan peta yang disesuaikan dengan kebutuhan, masing-masing produk inti hadir dengan struktur harga yang berbeda.

Maps

Produk Maps dengan turunan SKU API sebagai berikut: Maps SDK for Android; Maps SDK for iOS; Maps JavaScript API; Maps Static API; Street View API; Maps Embed API.

harga maps api

Routes

Produk Routes dengan turunan SKU API sebagai berikut: Maps JavaScript API, Directions API; Distance Matrix API; Roads API.

harga routes api

Places

Produk Places dengan turunan SKU API sebagai berikut: Places API, Places Library, Maps JavaScript API; Geocoding API; Geolocation API; Time Zone API; Elevation API.

harga places api

Baca juga: Pahami persyaratan layanan produk Google Maps Platform

Contoh Penagihan Biaya produk Google Maps API

  1. Penggunaan API Produk dapat dilacak untuk setiap SKU Produk.
  2. SKU adalah kombinasi dari API Produk + layanan atau fungsi yang dipanggil (misalnya, Places API – Place Details).
  3. Sebuah produk dapat memiliki beberapa SKU yang ditagih dengan tarif berbeda (misalnya, Places API – Place Details; Places API – Autocomplete – Per Request).
  4. Harga SKU memiliki tingkatan, yang didasarkan pada volume penggunaan, dan dibagi ke dalam tiga tingkat: 0–100.000; 100.001–500.000; 500.001+.
  5. Biaya dihitung berdasarkan Penggunaan SKU x Harga per setiap penggunaan.

Terralogiq sebagai satu-satunya Google Maps Premier Partner di Indonesia bertujuan membantu bisnis Anda untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis dengan mengintegrasikan Google Maps Platform dan menyederhanakan penerapan Google Maps API dan SDK.

Kenapa Terralogiq?

terralogiq google maps premier partner indonesia

Sebagai Premier Partner Google Maps, Kami dapat memberi Anda panduan tentang produk Google Maps Platform (Maps, Routes, dan Places) dan paket harga bayar sesuai penggunaan. Kebutuhan bisnis juga operasional dan pemakaian Google Maps API dapat juga teroptimalisasi bersama para pakar kami di Terralogiq.

Demikian pembahasan Informasi harga dan cara perhitungan biaya Google Maps API

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengimplementasikan Google Maps Platform APIs untuk solusi bisnis aplikasi atau membutuhkan dukungan teknis dan informasi lainnya mengenai Google Maps Platform. Hubungi kami di halo@terralogiq.com 

Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah membaca artikel kali ini, tunggu update terbaru pembahasan artikel selanjutnya yaa..

Author Profile

Sada

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments