Info Google Maps Platform Mengenai Location Intelligence

Info Google Maps Platform Mengenai Location Intelligence

19 April 2021

Setelah membaca beberapa artikel lain dalam website Terralogiq, Anda pasti sudah familiar dengan Google Maps Platform, bukan? Jika sudah, maka saatnya Anda untuk melanjutkan membaca artikel selanjutnya dalam info Google Maps Platform mengenai location intelligence. Dalam artikel info Google Maps Platform kali ini akan menjelaskan salah satu use case dari Google Maps Platform. Apakah Anda mengetahuinya? Iya, benar, sesuai dengan judulnya, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai location intelligence atau kecerdasan lokasi.

Lantas, apa itu location intelligence? Location intelligence adalah proses pengumpulan dan analisis data yang bersumber dari data geospasial yang diubah menjadi strategic insight atau wawasan strategi untuk menyelesaikan berbagai tantangan dalam bisnis Anda. Anda juga dapat menyebut location intelligence sebagai penggunaan data pemetaan dan geospasial yang digabungkan dengan data pelanggan internal perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan proses bisnis yang mendasarinya. Jadi kegunaannya dapat mendongkrang dan melengkapi data internal anda, tapi secara lebih lengkap pengaplikasiannya akan memberi insight yang lebih mendalam lagi.

Saat ini, banyak perusahaan yang sedang berjuang menghadapi tantangan. Mereka bekerja dengan maksimal untuk memberikan user experience yang menarik dan lebih dipersonalisasi yang menawarkan alasan kuat bagi para pelanggan untuk sering kembali dan membeli lebih banyak produk dan layanan yang perusahaan atau jasa tersebut tawarkan. Pada saat yang sama, tahukah Anda bahwa banyak perusahaan mencari tingkat efisiensi operasional yang lebih tinggi untuk mempertahankan margin dan keuntungan di pasar yang semakin kompetitif di hampir setiap industri ini.

Perusahaan-perusahaan tersebut mulai untuk melakukan percepatan kemajuan dalam bidang teknologi — di antaranya, menerapkan pembaruan pada teknologi komunikasi, cloud, analitik, dan seluler yang telah secara signifikan diperkuat oleh peran yang dimainkan dengan pemetaan dan data geospasial dalam mengatasi masalah ini. Info Google Maps dapat membantu anda untuk kebutuhan tersebut. Location intelligence ini bisa diterapkan dan terimplementasi untuk setiap case, dan kebutuhan sesuai industri. Lebih spesifik lagi akan ada API Google Maps yang diperlukan untuk optimasi pemanfatan kecerdasan lokasi tersebut.

Yang terpenting, pemanfaatan location intelligence dibuat dengan jelas dan objektif. Terlepas dari ukuran bisnis atau industrinya, ada perbedaan terukur antara para pemimpin yang telah menerapkan konsep kecerdasan lokasi. Perusahaan dengan strategi matang untuk menggunakan data geospasial lalu ada pula pengikut yaitu mereka yang berada di tahap awal implementasi konsep ini. Para pemimpin telah mendapatkan manfaat dan menikmati peningkatan setinggi 2x dalam kepuasan pelanggan, kinerja penjualan, dan efisiensi operasional.

Baca juga: 5 Manfaat Location Intelligence dan Geomarketing untuk Industri Logistik

Dalam info Google Maps Platform terkait location intelligence ini, Google Maps Platform dapat membantu perusahaan dalam mewujudkan membangun sistem location intelligence ini. Google Maps Platform memiliki 3 fitur utama diantaranya Maps, Routes, dan Places, semua fitur dalam Google Maps Platform itu dapat digunakan untuk location intelligence. Apa saja yang bisa dibantu Google Maps Platform untuk mewujudkan location intelligence ini?

Maps

Dalam pemetaan, Google Maps jelas memiliki tampilan dan pengalaman pengguna yang sudah familiar oleh banyak orang, termasuk Anda. Google Maps memiliki pengguna lebih dari 1 milyar pengguna dari seluruh dunia, ini menunjukkan bahwa Google Maps masih dan akan terus menjadi pilihan pengguna dalam pemetaan digital. 

SKU Dynamic Maps dalam Maps API Google Maps Platform di location intelligence ini bisa digunakan untuk melakukan persebaran titik-titik lokasi outlet/ kantor/ bangunan, Anda bisa melakukan layering berupa heatmap atau batas wilayah, Anda bisa membuat batasan-batasan wilayah sendiri secara interaktif dalam peta interaktif tersebut. Secara khusus pemnafaatan API Google Maps ini juga dapat digunakan sesuai kebutuhan untuk mengoptimasi bisnis anda.

Selengkapnya mengenai Maps API Google Maps Platform, Anda bisa lihat dalam laman resmi Maps API Google Maps Platform.

Routes

Location intelligence juga bisa dipadu padankan dengan perutean dari Routes API dalam Google Maps Platform. Informasi yang akan diterima ketika mengimplementasi Routes API adalah waktu tempuh, jarak tempuh, rute perjalanan dan juga estimasi waktu kedatangan. Fungsi route dalam sistem ini biasa digunakan untuk pemetaan persebaran rute perjalanan atau rute antara satu origin dan satu destination. Anda yang bergerak pada industri yang membutuhkan mobilitas serta operasional yang tinggi dan pemanfatan wilayah maupun peta akan sangat terbantu dengan menggunakan konsep kecerdasan lokasi ini.

Dalam location intelligence, rute ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui jarak dari lokasi outlet kantor/ bangunan dengan lokasi yang diinginkan. Misalnya, Anda mempunyai outlet/ kantor/ bangunan yang sudah Anda petakan sebelumnya. Anda ingin mengetahui dalam radius 5000 meter dari outlet/ kantor/ bangunan anda terdapat tempat apa saja di sekitarnya. Sistem melalui Google Maps Platform akan memberikan informasi berupa daftar lokasi dan jarak tempuh yang terdekat dari outlet / kantor / bangunan Anda.

Places

Info Google Maps saat ini memiliki lebih dari 200 juta lokasi yang tersebar di seluruh dunia. Data-data lokasi Google ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan analisis location intelligence yang akan Anda bangun. Dengan lebih dari 200 juta lokasi, Google memberikan lebih dari 100 kategori lokasi yang Anda bisa lihat daftarnya dalam Places Types Places API Google Maps Platform, bermacam-macam jenis lokasi Anda bisa gunakan untuk sistem location intelligence ini.

Melanjutkan contoh dalam sesi Routes diatas, untuk mengetahui tempat-tempat apa saja yang berada di sekitar outlet/ kantor/ bangunan Anda, Anda memerlukan bantuan Places API dalam mewujudkannya. Places API akan memberikan daftar tempat yang diminta dalam radius tertentu serta mengkombinasikannya dengan Routes API untuk mengetahui jarak tempat-tempat tersebut.

Simak pembahasan lanjutan terkait fitur API dalam Google Maps Platform dalam artikel Jangan Salah Pilih API, Berikut Fungsi Google Maps Platform API

Setelah membaca sedikit info Google Maps Platform terkait location intelligence ini, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya dalam perusahaan Anda? Kalau iya, Terralogiq dapat membantu Anda mewujudkannya. Terralogiq memiliki spesialisasi dalam pemanfaatan Google Maps Platform untuk location intelligence. Jika Anda memerlukan bantuan dan memerlukan info Google Maps lebih lengkap dapat menghubungi kami di info@terralogiq.com

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments