Indoor Mapping: Definisi dan Penerapannya Pada Industri

22 September 2022

Sebelum COVID-19, Indoor Mapping sudah menjadi salah satu penggunaan analitik lokasi dengan pertumbuhan tertinggi, seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan & bandara telah berinvestasi dalam teknologi untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang perilaku konsumen & pasien di dalam properti mereka.

indoor mapping

Baru-baru ini software Indoor Mapping juga telah digunakan untuk menentukan bagaimana kita kembali ke ruang kerja dengan aman dan dalam penerapan aplikasi pelacakan kontak. Sebelumnya, mari kita mengenal teknologi Indoor Mapping dan penerapannya pada beberapa industri.

Key Take Points

  • Indoor Mapping adalah cara menggunakan berbagai teknologi untuk menentukan lokasi perangkat di dalam ruangan.
  • Data Indoor mapping didapatkan dari penggunaan berbagai teknologi yang berbasis lokasi
  • Indoor mapping memiliki banyak manfaat baik untuk pengguna dan industri yang menerapkannya
  • Untuk memilih software indoor mapping terbaik, Anda perlu mengecek beberapa hal agar tidak salah memilih dan membuang biaya besar

Apa itu Indoor Mapping

Indoor Mapping adalah cara menggunakan berbagai teknologi untuk menentukan lokasi perangkat di dalam ruangan. Meskipun Indoor Mapping memiliki kesamaan dengan pelacakan GPS, pemetaan ini tidak bergantung pada teknologi pelacakan satelit karena gelombang satelit tidak cukup kuat untuk menembus atap dan dinding. Sebaliknya, teknologi Indoor Mapping dan software Indoor Mapping menawarkan informasi yang akurat di dalam gedung atau ruangan.

Data yang didapatkan untuk indoor mapping didapatkan dari Wifi networks, beacons, aplikasi GPS dan Apple Indoor Maps sehingga memudahkan untuk optimasi layout dan memaksimalkan efisiensi serta menjawab berbagai permasalahan bisnis. 

Cara Kerja Indoor Mapping

Indoor Mapping dapat didapatkan dengan penggunaan berbagai teknologi berbasis lokasi. Hal ini dimaksudkan untuk membantu bisnis mengidentifikasi posisi pengguna (operator perangkat), tujuan tertentu, dan aset lainnya.

Teknologi Indoor Mapping yang digunakan meliputi:

  1. Proximity Positioning: Penentuan posisi kedekatan didasarkan pada pembentukan kontak langsung atau pada kisaran jarak antara penerima dan perangkat. Salah satu contoh paling umum adalah menentukan jarak antara titik akses WiFi dan smartphone.
  2. Trilateration Positioning: Penentuan posisi trilaterasi digunakan untuk menentukan letak suatu objek dengan menggunakan beberapa titik acuan. Biasanya, titik referensi adalah pemancar gelombang radio. Trilateration menggunakan kekuatan sinyal sebagai alat untuk menentukan jarak antara dua objek.
  3. Fingerprinting Positioning: Teknologi penentuan posisi sidik jari memanfaatkan pengukuran kekuatan sinyal di seluruh tempat untuk menentukan posisi suatu objek. Biasanya, kekuatan sinyal diukur, bersama dengan koordinat untuk masing-masing, dan disimpan ke database untuk digunakan. 
  4. Motion Positioning: Posisi pergerakan di dalam venue dapat ditentukan dengan menggunakan teknologi smartphone. Smartphone sendiri menggunakan tiga komponen untuk membantu menentukan lokasi perangkat. Komponen-komponen ini adalah:
  • Akselerometer: mengukur akselerasi dan dilengkapi dengan kemampuan penginderaan gerak berbasis sumbu.
  • Sensor giroskop: menentukan orientasi perangkat. Misalnya, mengubah ponsel cerdas Anda dari mode potret ke lanskap memerlukan giroskop.
  • Magnetometer: menghitung posisi smartphone dalam ruang fisik. Ini mengukur medan magnet dan bertanggung jawab untuk menentukan berbagai bantalan kompas menggunakan smartphone.

Baca Juga: Contoh Penerapan Geospasial Data dalam Industri

Data digunakan dari akselerometer, sensor giroskop, dan magnetometer untuk memberikan koordinat perangkat yang akurat. Selain itu masih ada teknologi lainnya yang bisa diintegrasikan untuk membuat indoor mapping. Misalnya, penentuan posisi kedekatan dapat dipasangkan dengan kode Quick Response (QR) yang mampu menyimpan sejumlah besar data tentang lokasi, seperti peta denah lantai lengkap. 

  1. Near-field Communication: Near-Field Communication (NFC) ditempatkan secara strategis di seluruh tempat. Ketika perangkat berada dalam jangkauan NFC, posisi smartphone dapat diperbarui secara real-time.
  2. Bluetooth Low Energy Devices: Perangkat Bluetooth low energy adalah perangkat bertenaga baterai kecil. Mereka memancarkan sinyal Bluetooth, memungkinkan untuk menetapkan lokasi objek secara akurat.
  3. Teknologi lainnya: Contoh lain termasuk komunikasi cahaya tampak yang menggunakan kamera smartphone untuk mengumpulkan data dari transmisi LED, perangkat ultrasound yang mampu mengukur time of flight (ToF) dari satu atau beberapa pemancar ke penerima, sehingga menetapkan akurasi posisi dalam sentimeter. Titik akses WiFi juga merupakan solusi umum untuk Indoor Mapping. Sebagai hardware yang relatif murah, jaringan WiFi dapat digunakan bersama dengan berbagai aplikasi untuk mengidentifikasi dan melacak posisi aset.

Keunggulan Indoor Mapping Untuk Industri

Indoor mapping memiliki banyak keunggulan sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis industri. Berikut ini keunggulan yaitu:

Manfaat Indoor Mapping untuk Pelanggan 

Kenyamanan adalah salah satu manfaat yang paling jelas saat menggunakan software Indoor Mapping. Karena teknologi Indoor Mapping dapat digunakan di berbagai jenis bangunan (misalnya bandara, rumah sakit, universitas dan kampus perusahaan, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi), para tamu dapat menavigasi jalan mereka dengan lebih baik, terutama jika mereka baru pertama kali berkunjung.

Selain itu keamanan adalah salah satu keunggulan dari indoor mapping. Software Indoor Mapping dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dengan tamu selama peristiwa yang berpotensi berbahaya. Dengan menggunakan notifikasi pop-up, pelanggan dapat dengan cepat menginformasikan adanya bahaya kepada pihak manajemen. Sehingga penanganan bahaya akan lebih cepat terlaksana.

Notifikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat pengunjung mengetahui posisi mereka di dalam venue. Misalnya, rumah sakit besar dan sering mudah tersesat. Software Indoor Mapping dapat digunakan sebagai cara sederhana namun sangat efektif untuk memberitahu pengunjung tentang posisi mereka saat mereka mencari bangsal atau kamar rumah sakit.

Selain itu, akses ke penawaran pemasaran dan penjualan yang tepat waktu berdasarkan pergerakan pengguna di dalam pusat perbelanjaan sama berharganya. Diskon spot dan penawaran penjualan dapat menarik lebih banyak pembeli ke pengecer tertentu untuk penawaran hebat.

Baca Juga: Menentukan Smart Profiling Untuk Bisnis dan Market

Manfaat Indoor Mapping Untuk Tempat Tertentu

Mengelola lalu lintas di lokasi yang sibuk sangat penting untuk mencegah potensi bahaya kebakaran dan keselamatan. Dengan menetapkan rute tersibuk di suatu tempat, Anda dapat mulai merancang jalur keselamatan tamu yang lebih optimal.

Software Indoor Mapping juga dapat menggabungkan data penting untuk mengungkap pola pergerakan tamu. Misalnya, arus lalu lintas juga dapat digunakan sebagai lapisan informasi tambahan untuk lebih memahami perilaku pengguna.

Tips Memilih Indoor Mapping Solutions

Industri Indoor Mapping cukup muda dan asing bagi sebagian besar konsumen. Ada beberapa pemain utama yang bersaing untuk mendominasi, tetapi platform pemetaan baru bermunculan secara teratur karena semakin banyak bisnis yang menyadari manfaat dari peta dalam ruangan. 

Antara lanskap pemetaan yang selalu berubah dan umum tidak terbiasa dengan industri ini, mungkin sulit memilih Indoor Mapping solusi seperti Carto untuk bisnis Anda. kamu butuh pertimbangkan saat mengevaluasi penyedia layanan Indoor Mapping, mulai dari keahlian hingga kompatibilitas dan integrasi sistem dengan biaya yang Anda miliki. Berikut ini tips untuk memilih indoor mapping solutions yang tepat:

  1. Saat mencari mitra Indoor Mapping, pastikan Anda mengetahui klien yang pernah bekerja sama serta pelayanan yang diberikan kepada klien. Anda dapat mengecek informasi tersebut pada situs website atau meninjau studi kasus serta testimoninya. 
  2. Platform pemetaan yang Anda pilih menentukan jenis data yang dapat atau tidak dapat Anda petakan. Pastikan bahwa penyedia solusi Anda memungkinkan penyesuaian dan penyesuaian ekstensif berdasarkan jenis ruang atau bangunan yang ingin Anda petakan.
  3. Memahami kebutuhan pengguna sangat penting untuk menerapkan fitur dan menambahkan informasi yang menurut mereka berharga. Hal ini akan sangat membantu untuk memikirkan bagaimana Anda dapat memberikan lebih banyak data yang dapat ditindaklanjuti untuk pengguna Anda.
  4. Pilih vendor Indoor Mapping yang arsitekturnya kompatibel dengan Anda; jika tidak, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk mengubah sistem Anda.
  5. Mendukung aplikasi seluler dan perangkat Internet of Things (IoT) adalah fitur penting dari banyak aplikasi Indoor Mapping. Ada banyak kasus penggunaan untuk solusi Indoor Mapping berbasis IoT, seperti keamanan dan pemeliharaan gedung.
  6. Meskipun perhatian utama Anda adalah bagaimana memetakan lingkungan dalam ruangan, solusi Indoor Mapping yang baik memungkinkan pengguna untuk dengan mudah beralih dari navigasi luar ruangan ke navigasi dalam ruangan. 
  7. Platform mapping Anda harus fleksibel dan sangat dapat disesuaikan, untuk mendukung perubahan atau fitur apa pun yang mungkin Anda perlukan di masa mendatang. Anda ingin memastikan bahwa alat Indoor Mapping Anda memungkinkan Anda untuk menyesuaikan informasi lokasi Anda dari waktu ke waktu, serta memungkinkan Anda untuk membuat perubahan terbaru.
  8. Solusi peta Anda juga harus mendukung banyak platform seperti desktop dan seluler di beberapa sistem operasi sambil menawarkan transisi yang mulus di antara semuanya.
  9. Dukungan pengembang dari penyedia layanan Anda dapat mengurangi kurva pembelajaran dan waktu adaptasi sebanyak mungkin, memastikan penyiapan peta Anda dengan cepat.
  10. Indoor Mapping bukanlah proyek satu kali — ini adalah upaya berkelanjutan di mana Anda harus bekerja sama dengan penyedia Anda untuk memelihara, memperbarui, dan mengembangkan peta Anda. Konstruksi bangunan, perubahan informasi lokasi, dan renovasi hanyalah beberapa elemen utama yang mungkin perlu Anda petakan di masa mendatang.
  11. Memiliki transparansi dan pemahaman penuh atas tuduhan tersebut. Biaya Indoor Mapping bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kebutuhan Anda.

Carto adalah solusi indoor mapping terbaik untuk industri Anda. Sebagai salah satu provider indoor mapping terbaik, Anda akan mendapatkan berbagai analisis indoor mapping yang dapat membantu bisnis Anda. Terralogiq menawarkan solusi indoor mapping Carto untuk membantu industri Anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait penerapan indoor mapping, Anda dapat menghubungi kami melalui link ini.

Baca Juga: Konsep dan Implementasi dari Site Planning

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article