Implementasi Google Maps Platform untuk Bisnis

Implementasi Google Maps Platform untuk Bisnis yang Menjanjikan

20 Februari 2021

Google Maps menjadi salah satu aplikasi dan situs yang paling banyak digunakan oleh pemilik smartphone untuk mencari titik lokasi tertentu. Tak hanya untuk kebutuhan pribadi, platform ini juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis. Lalu bagaimana implementasi Google Maps platform untuk bisnis?

Tentang Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan salah satu platform dari Google Maps yang banyak digunakan oleh para pebisnis atau pemilik toko untuk optimasi pemasaran bisnis mereka. Platform ini dapat digunakan secara gratis dan terintegrasi dengan maps serta laman pencarian Google. 

Dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Google Bisnisku, bisnis atau toko yang didaftarkan tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh para calon konsumen. Jika lebih banyak pengunjung yang melihat profil bisnis Anda, bukan tidak mungkin akan berpengaruh pada peningkatan omzet. 

Budget promosi yang digunakan untuk mengoptimalkan Google Maps pun sangat minim karena Anda dapat menggunakan platform ini secara gratis tanpa dipungut biaya. Selama Anda bisa mempelajari setiap fitur yang ada dan meletakkan kata kunci yang tepat, maka toko atau bisnis akan mudah dicari. 

implementasi google maps platform
source:inmobiliare.com

Keuntungan Menggunakan Google Bisnisku

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Google Bisnisku sebagai salah satu alat untuk mengoptimalkan pemasaran. Apa saja itu?

1. Memperluas Jangkauan Target Market

Ketika Anda hanya mengandalkan toko fisik offline tanpa mencoba promosi secara online, maka hanya beberapa orang yang memang tinggal atau lalu-lalang di sekitar toko tersebut yang bisa melihat bisnis Anda. Berbeda ketika Anda memasarkannya secara online. 

Akan lebih banyak pengunjung yang nantinya menjadi calon pembeli Anda. Target market pun menjadi lebih luas karena tidak hanya terfokus di daerah sekitar toko offline tersebut berada. Selama Anda dapat melayani secara online, konsumen dari luar daerah pun akan berdatangan. 

2. Memberi Informasi Yang Dibutuhkan Konsumen

Pada dasarnya, ketika seseorang mengetikkan kata kunci nama toko atau nama tempat artinya mereka memang sedang membutuhkan informasi terkait toko atau tempat tersebut. Peluang pengguna untuk membeli yang sudah menuliskan kata kunci di Google tersebut lebih tinggi. 

Anda bisa menyampaikan informasi selengkap mungkin tentang bisnis Anda kepada konsumen. Seperti informasi mengenai detail alamat lokasi, deskripsi bisnis, jam operasional, kontak yang bisa dihubungi, situs website, hingga foto-foto yang merepresentasikan bisnis Anda. 

3. Berinteraksi dengan Pelanggan

Salah satu promosi yang paling efektif untuk meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan adalah mouth to mouth berdasarkan ulasan pelanggan dari mulut ke mulut. Platform Google Bisnisku memungkinkan pelanggan untuk memberikan ulasan sekaligus pertanyaan kepada pemilik bisnis. 

Ulasan atau testimoni yang disampaikan oleh pelanggan bisa menjadi cara untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Semakin banyak testimoni positif yang diberikan oleh pelanggan artinya reputasi toko atau bisnis Anda bagus. Kepercayaan dari calon pelanggan pun akan meningkat. 

Implementasi Google Maps Platform untuk Bisnis

Keunggulan Google Maps yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis terkadang menimbulkan pertanyaan bisnis apa yang sekiranya bisa diaplikasikan dan dioptimasi pemasarannya menggunakan platform ini. Apa saja implementasi Google Maps Platform untuk bisnis? Berikut ini beberapa contohnya:

1. Bisnis Pariwisata

Travelling atau wisata menjadi lifestyle baru yang banyak dilakukan oleh orang-orang untuk mengisi liburannya. Bisa dibilang bisnis pariwisata cukup berkembang dengan sangat pesat. Sebelum berkunjung ke tempat tujuan, para wisatawan biasanya akan mencari informasi melalui Google. 

Tempat wisata mana saja yang bisa dikunjungi, jam operasionalnya, fasilitas yang tersedia, dan lainnya. Google Maps juga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan atau sopir bus parisiwata untuk memandu menemukan tempat wisata yang akan dituju. 

2. Bisnis Hotel Atau Penginapan

Masih berkaitan dengan pariwisata, fasilitas pertama yang akan dicari oleh wisatawan adalah hotel atau penginapan. Apalagi jika wisatawan tersebut datang dari luar kota. Dengan mengetikkan kata kunci “hotel di… (nama tempat)” pengunjung akan menemukan apa yang mereka cari. 

Pengunjung akan mencari hotel atau penginapan mana yang paling dekat dengan lokasi tempat wisata yang akan dituju. Kemudian mereka akan membandingkan jam operasional, harga, dan lokasi hotel yang satu dengan yang lainnya. Termasuk juga mempertimbangkan testimoni pelanggan. 

3. Bisnis Restoran

Makan adalah kebutuhan primer semua orang. Di manapun berada yang dicari pasti adalah makanan karena kebutuhan pangan harus terpenuhi. Ketika berada di luar daerahnya, seseorang akan mencari tempat makan terdekat melalui laman pencarian Google. 

Dengan hanya menulis kata kunci “restoran di… (nama tempat)” maka akan muncul beberapa rekomendasi restoran yang bisa dikunjungi. Tentu saja hal ini akan menguntungkan bagi pemilik restoran yang sudah mendaftarkan bisnisnya di Google Bisniku. 

4. Bisnis Salon dan Kecantikan

Salon merupakan salah satu bisnis yang harus memiliki toko fisik untuk tetap bisa menjalankan operasionalnya. Karena yang dijual adalah produk berupa jasa yang mana pengunjung harus datang langsung ke salon tersebut untuk mendapatkan jasa yang diinginkan. 

Biasanya mereka akan mencari salon yang paling dekat dengan rumah atau tempat di mana mereka berada saat itu. Google Bisnisku akan merekomendasikan tempat bisnis lokal ya paling dekat. Pengguna tinggal mencari referensi melalui ulasan-ulasan yang ditulis oleh pelanggan lainnya. 

5. Tempat Servis Alat Elektronik

Pemilik bisnis untuk produk jasa memang harus memiliki toko offline agar bisa melayani pelanggannya. Tempat servis alat elektronik menjadi salah satu jenis bisnis yang bisa diimplementasikan untuk optimasi Google Maps sebagai salah satu alat promosinya. 

Sama seperti bisnis lainnya, calon pelanggan akan mencari tempat servis alat elektronik yang paling dekat dengan tempat tinggalnya agar lebih mudah dijangkau. Pemilik bisnis perlu untuk menuliskan informasi selengkap mungkin agar calon pelanggan bisa menemukan toko dengan lebih mudah. 

6. Toko Grosir

Pemilik bisnis yang menjual kembali barang dari orang lain dan melakukan pembelian dari toko grosir untuk mendapatkan harga lebih murah, biasanya mereka juga akan mengandalkan Google Maps untuk mencari supplier terbaik. Lokasi yang paling dekat bisa menjadi pilihan utamanya. 

Hal ini dikarenakan semata-mata untuk menghemat ongkos pengiriman. Sehingga keuntungan yang akan didapatkan pun lebih banyak. Penting bagi pemilik toko grosir untuk memaksimalkan fasilitas Google Bisnisku untuk meningkatkan traffic pengunjung toko mereka. 

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi contoh implementasi Google Maps Platform untuk bisnis. Intinya semua jenis bisnis bisa didaftarkan di Google Maps dan dioptimalkan melalui Google Bisnisku. 

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments