Human Mobility Data: Definisi dan Penerapannya

13 Agustus 2022

Human Mobility Data atau data mobilitas manusia secara harfiah adalah data-data yang dikumpulkan dari setiap orang di dunia. Miliaran orang bergerak melalui lanskap (wilayah) setiap hari. Selama lebih dari satu abad, para ahli geografi telah mencari keteraturan dalam pola yang tampak ini. Sekarang, bukti empiris yang dibangun di atas data ponsel akan menambah catatan perjalanan Human Mobility Data. Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih detail mengenai metode dan penerapan Human Mobility Data pada industri dan bisnis. 

Human mobility data discuss with team

Melalui ponsel, Anda akan meninggalkan jejak setiap harinya. Ya, setiap panggilan atau teks menghasilkan catatan waktu yang disinonimkan. Berdasarkan informasi dalam catatan ini, seperti lintasan sinyal dan pada menara seluler mana yang dikirimkan sinyal, lokasi umum seseorang dibangun setelah fakta tersebut. Bahkan saat tidak digunakan sekalipun ponsel Anda tetap bisa mengirimkan sinyal lokasi.

Apa itu Human Mobility Data?

Apabila selama ini Anda berpikir data-data hanyalah berasal dari teknologi semata saja, Anda salah besar. Selama beberapa tahun terakhir, Human Mobility Data atau data mobilitas manusia yang menunjukkan pergerakan individu yang diukur dengan aktivitas mereka di smartphone dan platform media sosial yang telah membantu memperkirakan pola pergerakan populasi untuk menginformasikan permodelan secara epidemiologi, kesadaran situasional, dan alokasi sumber daya selama krisis kesehatan masyarakat saat ini, seperti sebagai tantangan dalam membaca data manusia selama pandemi COVID-19.

Metode memperoleh Human Mobility Data

Untuk mengetahui pergerakan populasi dengan Human Mobility Data terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan agar Anda bisa memberikan keputusan yang akurat berdasarkan waktu dan tempat. Berikut metode yang bisa dilakukan:

Melihat data pergerakan berdasarkan lokasi

Setiap orang tidak bisa diam di satu tempat, begitu juga dengan data. Setiap orang yang berjalan-jalan akan mempengaruhi pola mobilitasnya dan Anda akan mendapatkan data berupa waktu perjalanan, lokasi umum siang dan malam, darimana orang tersebut berasal dan kemana tujuannya, waktu tinggal dan masih banyak lagi. 

Prediksi perilaku dan pergerakan

Data pergerakan membantu organisasi menemukan pola perilaku untuk mobilitas manusia, kunjungan toko, dan rute lalu lintas. Memahami pola pergerakan saat ini dan historis dapat membantu Anda memprediksi hasil untuk peristiwa di masa depan.

Public Transit Systems

Kumpulan data mobilitas yang diambil dari sistem angkutan umum, seperti bus, kereta api, kapal feri, metro bus, dan pesawat penerbangan udara, mewakili mobilitas manusia yang dikumpulkan. Ada dua jenis data dari sebuah angkutan umum yaitu: jadwal yang terjadwal dan catatan perjalanan penumpang yang sebenarnya.

Mobile Network Operators

Operator jaringan seluler dapat melacak lokasi orang melalui Call Detailed Records (CDR) yang berisi informasi tentang waktu panggilan dan menara seluler tempat ponsel saat terhubung dan pada panggilannya berlangsung.

GPS (Geo positioning System)

Prevalensi perangkat telekomunikasi, khususnya smartphone, memungkinkan pengumpulan data mobilitas individu melalui posisi GPS nya masing-masing pengguna ponsel. Data telekomunikasi berbasis GPS dapat mengungkapkan perilaku mobilitas harian seseorang, seperti di mana dan berapa lama mereka berada di titik atau lokasi tertentu.

Manfaat dari Human Mobility Data solutions

Manajemen dan eksplorasi data mobilitas hadir dengan beberapa keunggulan. Berikut adalah beberapa manfaat yang paling signifikan diantaranya:

  • Mengetahui lokasi aktif konsumen: Mengetahui di mana suatu tempat berada dan seperti apa kelihatannya mungkin tidak terlalu membantu jika Anda tidak tahu apakah orang benar-benar pergi ke sana atau tidak. Data mobilitas manusia memungkinkan Anda mengetahui di mana orang-orang aktif, sehingga Anda dapat bereaksi terhadap atau bahkan memprediksi akan ke mana mereka pergi dan apa yang mungkin mereka lakukan begitu mereka berada di sana.
  • Memberikan insight dengan cepat: Sumber data mobilitas beraksi setiap hari, dan data itu sendiri dikumpulkan dan diproses dengan cukup cepat juga. Ini berarti Anda dapat menggunakannya untuk melakukan analisis secara dinamis tanpa menunggu dokumen resmi yang mungkin lebih jarang keluar, seperti laporan cetak keuangan perusahaan, pengumuman pemerintah, atau berita.
  • Mengukur aktivitas konsumen dari waktu ke waktu: Manfaat lain dari data mobilitas yang diproduksi secara konsisten adalah memungkinkan wawasan yang lebih terperinci sehubungan dengan waktu. Dengan data yang cukup, Anda dapat melihat pola di mana orang sering pergi pada waktu tertentu dalam sehari, pada hari tertentu dalam seminggu, selama musim tertentu, atau pada hari libur tertentu.

Tidak hanya itu saja, Human Mobility Daya sangatlah ampuh apabila digabungkan dengan data-data lainnya seperti data geospatial. Berikut ini beberapa contoh dari mobile data secara global yang digunakan sebagai bagian dari ekosistem data yang besar:

  1. Trade area analysis: Analisis area perdagangan melibatkan mencari tahu jenis bisnis apa yang memiliki peluang di suatu wilayah geografis, dan siapa para pesaing mereka (atau bisnis yang mungkin melengkapi mereka). Di sinilah menambahkan data mobilitas manusia ke informasi POI (point of interest) tentang bisnis apa yang sudah memiliki pijakan di suatu daerah yang bisa berguna.
  2. Retail site selection: Jika Anda melihat area di mana salah satu toko Anda berada dan tidak mendapatkan lalu lintas pejalan kaki atau traffic sebanyak dulu, mungkin sudah waktunya untuk menutup dan atau pindah dari area tersebut. Anda dapat membuat keputusan itu bersama dengan data POI di toko tertentu untuk melihat apakah harganya lebih mahal daripada yang lain.
  3. Location based-marketing: Dalam momen tertentu bahkan jika sebuah bisnis tidak dapat mendirikan toko mereka di area dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi, mereka mungkin masih dapat menarik basis pelanggan yang lebih besar dengan memasang iklan di sana. Dengan begitu, orang akan tahu ke mana harus pergi jika mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka butuhkan di toko-toko di daerah dengan lalu lintas tinggi.
  4. Consumer insights: Data mobilitas cloud tidak pernah mengungkapkan informasi pengenalan pribadi apa pun, sesuai dengan peraturan privasi. Tetapi ada cara untuk mendapatkan gambaran umum tentang siapa konsumen kita berdasarkan ke mana mereka pergi dan apa yang mereka lakukan. Di sinilah data langkah kaki sangat berguna ketika dikombinasikan dengan kumpulan data seperti POI, demografi, dan catatan pembelian.
  5. Financial investment research: Memahami mobilitas berdasarkan data GPS bersama dengan data POI, data properti, data transaksi kredit atau debit dan metrik lainnya memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kinerja penjualan masing-masing toko (outlet).
  6. Insurance liability assessment: Perusahaan asuransi dapat menggunakan permodelan, manajemen, dan pemahaman data mobilitas bersama POI, properti dan bahkan data lingkungan untuk membuat kebijakan kewajiban yang lebih akurat lagi untuk ruang komersial dan residensial.
  7. Urban planning: Data mobilitas juga dapat digunakan untuk kepentingan publik. Instansi pemerintah dapat menggabungkan pola mobilitas, big data dan analisis transportasi untuk membandingkan kemana orang pergi sepanjang hari versus seberapa mudah mereka dapat mencapai setiap tempat dengan rute dan metode transportasi yang ada.

Penerapaan nya di industri dan dunia bisnis

Human Mobility Data dapat digunakan oleh berbagai industri dan bisnis usaha ataupun kasus-kasus tertentu seperti pandemi COVID-19. Umumnya Human Mobility Data ini akan digabungkan ke dalam ekosistem data besar bersama dengan kumpulan data lainnya, seperti geospatial ataupun data lainnya sesuai dengan kebutuhannya. Setiap data yang terkumpul dan dikombinasikan, akan memberikan keputusan yang akurat dan tepat untuk memperluas bisnis ataupun mencegah penyebaran penyakit. 

Terralogiq dapat membantu dan menemukan poin Human Mobility Data untuk bisnis Anda dalam membantu Anda membuat prediksi yang cerdas dan tepat. Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan location intelligence, Terralogiq dapat membantu membuatkan dashboard dan aplikasi dalam mencari wawasan mengenai movement data dengan berbasis kecerdasan data lokasi.

Temukan solusi movement data model dan mobility solutions yang tepat bersama Terralogiq, hubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com untuk berkonsultasi bersama spesialist kami yang siap membantu Anda.

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments