3 Manfaat Cloud Hosting untuk Developer menggunakan Google Cloud

31 Mei 2022

Saatnya merasakan Cloud Web Hosting dengan infrastruktur 100% Fully Cloud Server yang berada di provider cloud computing kelas Dunia. Layanan hosting web dari Google Cloud. Host semuanya, mulai dari blog hingga situs web dinamis di cloud semudah dengan Click to Deploy atau solusi yang disesuaikan untuk kebutuhan Anda. Berikut pemaparan manfaat cloud Hosting untuk Developer dengan menggunakan Google Cloud.

Penyedia hosting web tidak hanya menyajikan file situs web Anda kepada pengunjung. Ini mengontrol cara kerja situs web Anda, seberapa cepat memuat, ketersediaannya selama pemadaman, dan keamanannya semuanya secara langsung memengaruhi pengalaman pengguna pelanggan Anda dan keberhasilan situs web Anda sebagai alat penjualan.

Apa dan bagaimana cara kerja Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah jenis web hosting yang menggunakan beberapa server untuk menjalankan website. Sehingga, beban server menjadi lebih seimbang dan jam kerja server jadi lebih stabil. Dengan kata lain, cloud hosting menggunakan teknologi “cluster” yang dapat menggabungkan beberapa sumber daya server secara terpusat.

Semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster, semakin besar sumber daya server yang bisa digunakan. Cara kerja cloud hosting berpusat pada teknologi cluster. Teknologi cluster memungkinkan website dapat tetap berjalan meski salah satu server bermasalah. Saat salah satu server bermasalah, server lain akan menjaga website tersebut agar tetap berjalan. Hal ini membuat tingkat uptime-nya cenderung tinggi karena server dapat saling mem-backup.

Selain itu, resource di cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain. Jadi, keunggulan cloud hosting adalah uptime yang tinggi, fleksibilitas, kemudahan proses scaling, serta private resource. Tak heran jika cloud hosting sering disebut shared hosting rasa VPS. Karena proses pengelolaan atau manajemennya mudah seperti shared hosting, tapi kualitas dan resource setara dengan VPS.

Memilih host web harus menjadi prioritas utama Anda jika Anda menginginkan situs web bisnis. Pilihan penyedia hosting Anda akan secara langsung mempengaruhi kualitas dan kesuksesan situs web Anda.

3 Manfaat Cloud Hosting dengan Google Cloud

Dalam beberapa tahun terakhir, solusi cloud hosting Google telah menjadi terkenal dan memantapkan dirinya sebagai layanan terkemuka bagi jutaan pelanggan. Jika Anda mempertimbangkan Google sebagai pilihan Anda, kami telah mengumpulkan keuntungan utama memilih hosting Google Cloud untuk membantu Anda membuat keputusan termasuk mengapa kami menganggapnya sebagai solusi terbaik di pasar saat ini.

1. Ketersediaan dan Waktu Aktif yang Luar Biasa (Uptime yang tinggi)

Faktor fundamental dalam keberhasilan situs web Anda adalah ketersediaannya. Anda dapat memiliki konten atau produk terbaik di pasar, tetapi semua itu tidak masalah jika pengunjung tidak dapat mengakses situs web Anda.

Hal terakhir yang akan terjadi pada Anda adalah kehilangan pengunjung dan pendapatan, karena downtime nya situs web. Inilah saatnya calon pelanggan dan pelanggan Anda kemungkinan besar akan melirik pesaing Anda.

Periode downtime situs web yang teratur tidak hanya akan berdampak pada laba dan pendapatan Anda, tetapi juga dapat berdampak negatif pada peringkat search Anda. Crawling Google dan Bing secara teratur mengunjungi situs web Anda untuk merayapi situs Anda, memeriksa konten, kecepatan halaman, dan ketersediaan konten. Pemadaman yang sering atau downtime yang lama akan berdampak pada performa SEO (Search Engine Optimization) Anda.

Mencapai 99,99% Uptime

Keuntungan besar dalam memilih solusi hosting Google Cloud adalah komitmen Google untuk mencapai uptime hingga 99,99%. Hal ini tercermin dalam Perjanjian Tingkat Layanan Compute Engine (SLA), di mana setiap penurunan di bawah waktu aktif bulanan sebesar 99,99% akan mendapatkan kredit finansial.

Memindahkan infrastruktur Anda ke Google Cloud Platform (GCP) memungkinkan produk Anda untuk berada di pundak para raksasa. Anda akan mendapatkan akses ke salah satu jaringan terbesar di dunia, yang tahan terhadap (stoptime) waktu henti melalui skenario failover yang tak terhitung jumlahnya untuk sistem dan server yang padam.

2. Migrasi Langsung dari Virtual Machine

Keuntungan besar lainnya dari hosting Google Cloud, adalah migrasi langsung mesin virtual (VM). Hal ini memungkinkan Anda untuk menjaga ketersediaan situs web Anda tanpa penurunan kinerja yang mencolok saat memigrasikan VM secara langsung antar mesin host.

Menambal, memperbaiki, dan memperbarui software dan hardware adalah suatu keharusan untuk memberikan layanan mutakhir. Migrasi langsung dengan Google membuat instance dan situs web Anda tetap tersedia selama:

  • Peningkatan infrastruktur dan pemeliharaan rutin.
  • Pemeliharaan jaringan dan jaringan listrik di pusat data.
  • Kegagalan perangkat keras termasuk CPU, memori, disk, antarmuka jaringan, daya, dan lainnya (meskipun ini tidak selalu memungkinkan; dalam kasus di mana perangkat keras mencegah migrasi langsung atau gagal, VM akan mogok dan dimulai ulang secara otomatis).
  • Sistem operasi host (OS) dan peningkatan BIOS.
  • Pembaruan terkait keamanan yang sangat penting.
  • Perubahan konfigurasi sistem.

Ini melibatkan banyak komponen dan merupakan proses yang sangat kompleks. Untuk lebih mengetahui bagian mana saja yang bergerak dan terlibat, lihat gambar ilustrasi berikut ini:

Live VM migration on Google Cloud
Sumber: Live VM migration on Google Cloud. (Image Source: Google Cloud)

3. Keamanan Tercanggih Kelas Dunia

Keamanan adalah perhatian utama untuk bisnis apa pun. Saat memilih Google Cloud Platform, Anda mendapat manfaat dari model keamanan yang dikembangkan selama 15 tahun dengan peningkatan berkelanjutan melalui inovasi. Sistem yang sama mengamankan produk teratas Google, termasuk Gmail dan Google Search Engine.

Anda juga bisa dengan tenang mengetahui bahwa tim Google yang terdiri dari para pakar keamanan dan privasi terkemuka di industri senhgat berdedikasi untuk meningkatkan keamanan platform yang canggih.

Di bawah ini adalah pilihan fitur keamanan teratas yang akan Anda manfaatkan saat memilih platform Google Cloud:

  • Enkripsi data Anda baik saat transit maupun saat istirahat, memastikan informasi sensitif Anda dilindungi oleh enkripsi AES 256-bit terdepan di industri, terlepas dari apakah data yang Anda disimpan di persistent disk Google atau saat bepergian antara Anda dan pusat datanya.
  • Tim pakar vulnerability management yang berdedikasi untuk terus memindai, mengidentifikasi, dan menambal kerentanan di Google Cloud Platform.
  • Jaringan globalnya tersendiri yang sudah mapan dan memiliki hubungan yang kuat dengan ISP terkemuka di dunia, meningkatkan keamanan data Anda saat transit dengan lebih sedikit lompatan di internet publik.
  • Melanjutkan verifikasi independen atas kontrol keamanan, privasi, dan kepatuhan mereka.
  • Mencapai sertifikasi terdepan di industri termasuk ISO/IEC 27001/27017/27018/27701, PCI DSS, GDPR, dan HIPAA, dan memberikan ketenangan pikiran bahwa platform Anda tersebut akan aman sekaligus membantu meningkatkan compliance efforts Anda melalui proxy.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada banyak keuntungan dalam memilih hosting Google Cloud dan memanfaatkan Google Cloud Platform untuk situs web Anda. Berkat kesederhanaan platform dan konfigurasi hosting klik untuk penerapan, untuk memulai nya pun menjadi sangat mudah. Setelah hosting selesai, situs web Anda akan dimuat dengan kecepatan terbaik dan hampir selalu tersedia (live) berkat salah satu jaringan cloud terkemuka di dunia. Anda bahkan dapat memilih tingkat layanan jaringan, yang memberi Anda kemampuan untuk meningkatkan kinerja dengan biaya tertentu.

Anda dan pelanggan Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan mengetahui bahwa data sensitif yang dimiliki dilindungi oleh keamanan canggih dan tim ahli kami siap membantu Anda. Saat membutuhkan dukungan, Anda dapat beralih ke pusat pakar dukungan profesional Google, yang tersedia 24/7.

Jadi apa lagi yang Anda tunggu?

Jika Anda membutuhkan solusi hosting untuk developer dan tim dengan menggunakan Cloud. Anda bisa berlangganan Google Cloud melalui Terralogiq yang merupakan premier partner Google Cloud di Indonesia. Hubungi kami melalui email halo@terralogiq.com atau klik disini.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments