Mengetahui Harga Google Workspace untuk Perusahaan

28 November 2023

Perkembangan teknologi modern dan digital telah mengubah kultur lingkungan bisnis untuk bekerja secara kolaboratif. Untuk menjawab kebutuhan perusahaan akan teknologi kolaboratif, Google meluncurkan Google Workspace.

Google Workspace adalah gabungan tools dari Google yang diciptakan dan dikelola oleh seorang administrator, yang juga mengendalikan pengaturan default, akses aplikasi, dan pengaturan keamanan. Untuk dapat menggunakan layanan Google Workspace, pelaku bisnis perlu membayarkan sebuah biaya yang rentangnya bergantung pada fungsi yang ingin diperoleh dari layanan ini.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai Google Workspace, khususnya harga Google Workspace. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Mengetahui Harga Google Workspace untuk Perusahaan

Key Takeaways: 

  • Untuk menjawab kebutuhan perusahaan akan teknologi kolaboratif, Google meluncurkan Google Workspace.
  • Google Workspace merupakan serangkaian aplikasi komunikasi dan kolaborasi berbasis cloud yang diciptakan Google untuk menjawab kebutuhan bisnis. 
  • Menurut laman resmi Google Workspace, ada 2 kategori utama solusi Google Workspace, yaitu Business dan Enterprise. 

Apa Itu Google Workspace?

Google Workspace merupakan serangkaian aplikasi komunikasi dan kolaborasi berbasis cloud yang diciptakan Google untuk menjawab kebutuhan bisnis. Sebelumnya, Google Workspace dikenal sebagai G Suite.

Tujuan dari dikembangkannya Google Workspace adalah untuk mempermudah produktivitas dan kolaborasi bagi individu dan organisasi. Platform Google Workspace mencakup berbagai aplikasi produktivitas yang pastinya sudah tidak asing di telinga Anda, diantaranya Gmail, Drive, Docs, Meet, dan lainnya, di satu tempat agar pelaku bisnis dapat berkolaborasi dengan lebih efektif.

Layanan Google Workspace juga menyediakan sejumlah layanan tingkat bisnis tambahan yang tidak disertakan dengan aplikasi dan email gratis Google.

Baca juga: Cara Membuat Email Perusahaan dengan Google Workspace

Harga Google Workspace

Ada 2 kategori utama solusi Google Workspace yang disediakan bagi para penggunanya. Menurut laman resmi Google Workspace, 2 kategori tersebut adalah Business dan Enterprise. Berikut adalah perbedaan antara keduanya.

1. Google Workspace For Business

Workspace for Business adalah versi Google Workspace yang diperuntukkan bagi individu dan juga perusahaan yang dapat mencapai 300 pengguna. Oleh karena itu, tidak hanya perusahaan tetapi seorang individu profesional juga dapat memanfaatkan layanan Workspace.

Workspace for Business dikategorikan lebih lanjut ke dalam 3 kategori yang berbeda, yaitu Business Starter, Business Standard, dan Business Plus.

a. Business Starter

Business Starter adalah pilihan yang tepat bagi Anda para individu profesional yang ingin memanfaatkan layanan Google Workspace untuk kebutuhan pekerjaan Anda. Paket Google Workspace ini adalah pilihan terbaik bagi Anda yang:

  • Merupakan seorang solopreneur, freelancer, atau memiliki usaha kecil yang mengelola tim kecil beranggotakan kurang dari 5 karyawan
  • Menginginkan alamat email di domain Anda sendiri
  • Ingin menjalankan alat kotor Anda dari Google
  • Tidak bekerja dengan format file besar dan tidak memerlukan bayar
  • Tidak perlu mengarsipkan email dan pesan chat atau admin tingkat lanjutan

Dengan biaya $3.60 USD per bulannya, Anda sudah bisa memperoleh email bisnis khusus yang aman, rapat video menggunakan Google Meet dengan kapasitas 100 peserta, penyimpanan gabungan sebesar 30 GB per pengguna, kontrol keamanan dan pengelolaan, dan dukungan standar.

b. Business Standard

Kategori Workspace for Business selanjutnya adalah Business Standard yang memiliki biaya $8.40 USD per bulan. Paket ini kami rekomendasikan bagi Anda yang mengelola tim berukuran sedang hingga besar dan ingin menyinkronkan dan berbagi file dengan lebih mudah di seluruh tim atau perusahaan.

Dengan langganan Workspace Business Standard, Anda dapat memperoleh akses ke semua fitur Google Workspace Business Starter, dengan tambahan fasilitas pengarsipan email dan pesan (Google Vault). Paket ini juga cocok bagi Anda yang tidak memerlukan admin dan kontrol keamanan lanjutan.

Paket Business Standard juga menyediakan email bisnis khusus yang aman, kontrol keamanan dan pengelolaan, serta Dukungan Standard. Kelebihan paket yang satu ini dengan Business Starter adalah kapasitas rapat konferensi video yang lebih besar (150 peserta) yang juga disertai dengan opsi perekaman, serta storage gabungan sebesar 2 TB per pengguna.

c. Business Plus

Ingin menggunakan layanan Google Workspace dengan memiliki kontrol yang lebih besar dan fitur keamanan yang lebih canggih? Paket Business Plus adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki bisnis berukuran besar.

Dengan harga $18 USD, Anda dapat memperoleh email bisnis khusus yang aman ditambah dengan eDiscovery dan retensi, serta Dukungan Standard. Di samping itu, Anda juga dapat mengadakan konferensi video dengan jumlah peserta yang lebih besar, yakni 500 peserta, disertai dengan fitur perekaman dan pelacakan kehadiran.

Paket Business Plus juga memberikan Anda penyimpanan cloud atau penyimpanan gabungan sebesar 5 TB per pengguna. Kontrol keamanan dan pengelolaan yang ditingkatkan juga tersedia, termasuk beberapa add on, antara lain Vault dan pengelolaan endpoint lanjutan.

Baca juga: Cari Tahu di Sini Tentang Keamanan Google Workspace!

Google Workspace For Enterprise

Google Workspace For Enterprise

Jika Google Workspace for Business hanya tersedia bagi 300 pengguna saja, Google Workspace Enterprise tersedia untuk tim yang lebih besar. Google Workspace versi Enterprise cocok untuk perusahaan besar seperti korporasi atau multinational corporation (MNC).

Paket Enterprise mencakup seluruh fitur yang ditawarkan oleh Google Workspace Business Plus dengan tambahan fitur lainnya. Dengan paket Enterprise, Anda dapat menikmati penyimpanan cloud yang lebih fleksibel dengan kapasitas 5 TB per pengguna. Jika 5 TB juga masih tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan pengguna, maka pengguna dapat meminta untuk penyimpanan yang lebih besar.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati beberapa keunggulan berikut dengan berlangganan Google Workspace for Enterprise:

  • Email bisnis khusus yang aman, beserta eDiscovery, retensi, dan enkripsi S/MIME
  • Rapat video dengan kapasitas 1000 peserta, dilengkapi dengan opsi perekaman, pelacakan kehadiran, pengurangan derau, dan live streaming dalam domain
  • Kontrol keamanan, pengelolaan, dan kepatuhan tingkat lanjut, termasuk Vault, DLP, region data, dan pengelolaan endpoint perusahaan
  • Dukungan yang Disempurnakan

Untuk harga langganan layanan Workspace for Enterprise sendiri akan disesuaikan pada kebutuhan masing-masing perusahaan karena fleksibilitas layanan yang tinggi.

Uji Coba Gratis Google Workspace

Bagi Anda yang tertarik untuk terlebih dahulu mempelajari fitur-fitur yang disediakan layanan Google Workspace, Anda dapat memulai dengan uji coba gratis selama 14 hari.

Setelah periode uji coba berakhir, Anda dapat melanjutkan langganan Anda dengan membayar menggunakan kartu kredit atau membayar dengan debit langsung (tergantung pada lokasi bisnis). Di samping itu, Anda juga memiliki opsi prabayar melalui pembayaran manual ke akun Anda. Kredit akan secara otomatis di debet setiap awal bulan, untuk menggantikan penagihan otomatis terhadap metode pembayaran utama.

Baca juga: Mana yang Lebih Unggul Antara Workspace dan Microsoft Teams?

Terralogiq: Penyedia Jasa Google Workspace Terpercaya di Indonesia

Tertarik untuk memanfaatkan dan merasakan keunggulan dari layanan Google Workspace untuk bisnis Anda? Anda tidak perlu khawatir dan bingung bagaimana Anda harus memulai, karena Terralogiq menyediakan solusi Google Workspace untuk perusahaan Anda.

Sebagai Premier Partner Google Cloud satu-satunya di Indonesia, Terralogiq telah terpercaya dapat memberikan solusi yang paling tepat untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing perusahaan di era digital saat ini.

Baik perusahaan swasta hingga instansi pemerintah, Terralogiq telah berhasil membersihkan solusi yang ideal bagi para kliennya. Hal ini tentu dapat terjadi karena kemampuan Terralogiq dalam menyesuaikan kebutuhan masing-masing klien untuk menemukan solusi yang paling tepat bagi mereka.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jasa yang disediakan Terralogiq? Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama Terralogiq melalui email halo@terralogiq.com. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jasa yang Terralogiq sediakan, Anda dapat mengunjungi website kami.

Author Profile

Share this post on

Related Article