Google Workspace for Government Demo Series: Inovasi terbaru Google

10 Juni 2022

Pemerintah saat ini tak henti-hentinya mengembangkan berbagai inovasi teknologi informasi untuk membantu proses kerja serta pelayanan publik menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Mari ambil contoh pembenahan dan inovasi ini misalnya pada aspek; manajemen inventaris, mengelola lingkungan kerja hybrid dan alat untuk berkolaborasi yang aman. Google sedang mengembangkan produk Google Workspace for Government.

Google Workspace for Government

Hal ini tentunya sejalan dengan visi misi pemerintah dalam menciptakan ekosistem bekerja dengan mengedepankan aspek good governance dan saling terintegrasi satu sama lainnya. Google pun tidak mau ketinggalan, beragam sasaran pembaruan dan terobosannya menjadi salah satu bagian dari program tersebut. 

Dilansir dari Google Cloud Blog, disebutkan bahwa Google Workspace saat ini tengah mengembangkan Google Workspace for Government untuk meningkatkan layanan konstituen dan kolaborasi pegawai ASN dengan serangkaian solusi fleksibel yang aman serta dapat diintegrasikan dalam berbagai investasi teknologi untuk pemerintah.

Dengan Google Workspace for Government tentunya akan membantu pegawai ASN untuk bekerja secara fleksibel serta aman dan dapat beroperasi dengan teknologi pemerintah yang ada atau telah sedang dipakai sebelumnya. Selain itu Google Workspace sendiri telah dirancang secara khusus untuk memenuhi persyaratan keamanan data pemerintah yang berlaku.

Beberapa pemerintahan di luar negeri seperti di Amerika sudah menggunakan produk tersebut, yaitu: Eagle Country, City of Los Angeles, States of Wyoming, Hackney Council, dan Comune di Bologna.

Baca Juga: Apa itu Sovereign Control dan update yang perlu Anda ketahui

Google Workspace for Government Illustration

Jadwal lengkap demo series Google Workspace for Government

Google Workspace for Government saat ini tengah dibuat dalam versi demo. Dalam 3 minggu ke depan, Google akan memberikan rangkaian seri demo singkat beserta pelatihannya mengenai fitur-fitur yang akan tersedia pada Google Workspace for Government. Berikut ini jadwal lengkapnya dilansir dari laman Google selama bulan Juni 2022:

6 Juni: Data Regions

Mengelola kedisiplinan pemerintah dengan menyimpan data-data penting di lokasi geografis tertentu menggunakan kebijakan data wilayah.

8 Juni: Client – Side Encryption

Mempelajari bagaimana enkripsi dari sisi klien Google Workspace dalam memperkuat kerahasiaan data serta menangani berbagai terms and compliance..

10 Juni: Context Aware Access

Akses kontekstual memungkinkan admin untuk mengatur tingkat akses yang berbeda berdasarkan identitas pengguna dan konteks penyesuaian dengan permintaan (lokasi, status keamanan perangkat, alamat IP). Kita akan membahas bagaimana admin memiliki kontrol yang lebih besar atas bagaimana, kapan, dan di mana pengguna dapat mengakses resource Google Workspace.

13 Juni: Mobile Device Management

Cari tahu cara mendaftarkan perangkat, menetapkan kebijakan, dan lainnya dengan pengelolaan perangkat seluler Google Workspace. Pengelolaan perangkat seluler membantu melindungi data perusahaan di perangkat pribadi pengguna serta perangkat milik organisasi.

15 Juni: Google Workspace for Government Trials

Pelajari bagaimana organisasi Anda dapat menguji fitur produktivitas dan kolaborasi Google Workspace Enterprise for Government selama uji coba. Google akan membahas langkah-langkah untuk menyiapkan masa percobaan atau bekerja sama dengan mitra.

17 Juni: Gmail UI

Gmail mungkin terlihat sedikit berbeda akhir-akhir ini, tetapi perubahan ini memungkinkan untuk integrasi yang lebih baik antara aplikasi. Google akan menunjukkan cara memanfaatkan fitur-fitur baru ini dengan tenaga kerja Anda.

20 Juni: Google Chat Features

Dari pesan langsung hingga percakapan grup, Google Chat dan Spaces membantu tim berkolaborasi dengan lancar dan efisien dari mana saja. Pelajari bagaimana Google Chat dapat membantu Anda dan pengguna Anda terhubung dan membawa kerja kelompok ke tingkat berikutnya dengan obrolan, file, dan tugas bersama.

22 Juni: Google Meet Host Controls

Kontrol host Google Meet memungkinkan penyelenggara rapat mengatur cara peserta menggunakan fitur rapat selama panggilan. Cari tahu lebih lanjut tentang fitur-fitur ini.

24 Juni: Drive Shortcuts

Pintasan Google Drive memungkinkan Anda membuat tautan, atau “penunjuk” ke konten yang dapat disimpan di folder atau drive lain. Google akan membahas cara menggunakan metode organisasi ini yang membantu mengurangi pembuatan salinan.

Terralogiq sebagai Premier Partner Google Cloud telah berpengalaman selama 9 tahun membangun solusi layanan Google Workspace Indonesia untuk pemerintahan, BUMN dan swasta. Tertarik untuk bertanya lebih lanjut mengenai updated Google Workspace for Government? Hubungi kami melalui email disiniĀ halo@terralogiq.com atau lebih mudah dengan submit form di sini secara langsung untuk kebutuhan Google Workspace yang Anda perlukan:

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article