Kenali Aplikasi Google Sites untuk Membuat Situs Anda

29 Agustus 2022

Kehadiran online dari suatu bisnis dapat memiliki dampak besar terhadap kesuksesan bisnis tersebut. Di masa modern ini, beberapa bisnis masih tidak menyadari bahwa mayoritas pelanggan mereka akan mengunjungi situs web mereka sebelum melakukan pembelian produk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memiliki kehadiran online yang kuat, terutama situs web, dapat meningkatkan pendapatan yang lebih banyak. 

Namun, kenyataannya masih banyak bisnis yang ragu dalam membuat situs web mereka sendiri karena merasa tidak cukup paham teknologi dan cara untuk mengelola situs web, hingga biaya untuk pembuatan situs web itu sendiri.  

Ingin membuat situs Anda sendiri tanpa bantuan desainer, programmer, atau IT? Google Sites dapat membantu Anda untuk membuat situs Anda sendiri dengan mudah. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu Google Sites dan kelebihannya. 

Kenali Aplikasi Google Sites untuk Membuat Situs Anda

Keuntungan Memiliki Situs Web untuk Bisnis Anda

Sebelum memasuki penjelasan mengenai Google Sites, ketahui terlebih dahulu mengapa pembuatan situs web bagi bisnis Anda sangat menguntungkan. Berikut adalah beberapa keuntungan dari membuat situs web untuk bisnis Anda. 

1. Menampilkan Merek Anda kepada Publik

Salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan situs web Anda adalah menampilkan merek Anda kepada calon pelanggan Anda. Dengan situs web ini, Anda dapat dengan jelas menetapkan siapa Anda, apa yang Anda bawakan, dan apa yang ingin Anda capai serta apa yang Anda perjuangkan. Hal ini kemudian meningkatkan peluang pelanggan untuk membeli produk Anda.

Ini juga dapat menjadi sesuatu yang membedakan Anda dari pesaing Anda. Tanpa situs web, akan sulit bagi orang untuk menemukan informasi yang berkualitas dan dapat diandalkan tentang bisnis Anda. 

2. Meningkatkan Kredibilitas

Tidak bisa dipungkiri adanya kemungkinan ada beberapa penyedia yang menawarkan layanan yang serupa dengan Anda. Salah satu cara agar Anda dapat menonjol adalah dengan memiliki situs web yang terlihat bagus dan unik, serta mengkomunikasikan informasi berkualitas dengan jelas kepada konsumen Anda. 

Tanpa situs web, orang mungkin mempertanyakan legitimasi Anda sebagai bisnis. Situs web dapat Anda jadikan peluang untuk membuat kesan pertama yang baik dan memberikan kenyamanan kepada orang-orang bahwa Anda adalah bisnis yang nyata. 

3. Pemasaran Digital

Jika Anda berencana memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan prospek dan mengembangkan bisnis Anda, Anda mungkin ingin mengarahkan traffic ke situs web atau halam arahan. Targetkan pelanggan yang paling memenuhi syarat Anda dan dapatkan ROI terbaik untuk pembelanjaan iklan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan memanfaatkan traffic historis yang pernah pergi ke situs web Anda sebelumnya agar seleksi pelanggan menjadi lebih efektif.

Kenali Apa itu Google Sites

Jika Anda pernah menggunakan produk Google lainnya sebelumnya, Anda pasti sudah merasakan seberapa besar manfaat produk-produk tersebut bagi bisnis atau organisasi Anda. Salah satu produk Google yang mungkin dapat Anda tambahkan ke dalam digital toolbox perusahaan Anda adalah Google Sites. 

Google Sites adalah platform pembuatan situs web yang dirilis oleh Google. Platform ini merupakan salah satu fitur yang termasuk dalam Google Workspace (sebelumnya G Suite). Google Workspace sendiri merupakan grup aplikasi Google yang dikhususkan untuk produktivitas bisnis, termasuk Gmail, Google Calendar, Google Drive, Google Docs, Meet, Slides, dan banyak lagi. 

Google Workspace sendiri gratis untuk diakses dan digunakan oleh siapa saja yang memiliki akun Google, sama halnya dengan Google Sites. Tetapi tersedia juga langganan Workspace berbayar yang menawarkan fitur tingkat bisnis tambahan, termasuk domain khusus untuk Google Site Anda. Domain situs yang akan Anda miliki dengan menggunakan platform gratis Google Sites adalah https://sites.google.com/view/ [nama situs Anda].

Alasan untuk Menggunakan Google Sites

Selain memiliki fungsi yang sangat bermanfaat, Google Sites juga memiliki beberapa keuntungan yang menjadikannya pilihan yang tepat bagi Anda untuk mulai membuat situs Anda sendiri. Berikut adalah alasan-alasan mengapa Anda harus menggunakan Google Sites.

Alasan untuk Menggunakan Google Sites

1. Buat dan Edit Situs Tim dengan Mudah Tanpa Keterampilan Programming Ataupun Desain

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat situs web tanpa harus mengetahui cara membuat kode sendiri. Saat Anda membuat Google Site Anda, biarkan laman Google Sites Support tetap terbuka dan praktis, sehingga Anda dapat merujuk ke sana jika ada pertanyaan.

Dengan menggunakan Google Sites, Anda dapat membuat situs tim bersama-sama dengan menggunakan konten dari organisasi Anda. Anda juga dapat membuat tampilan yang cantik bagi situs Anda dengan fungsi yang canggih di setiap perangkat. 

2. Tidak Rumit dan Mudah Digunakan

Proses pembuatan dan edit dengan Google Sites sangat sederhana. Anda hanya perlu klik, drag, atau drop dengan mouse Anda tanpa memerlukan teknik atau keterampilan apapun. Desain akan diatur ulang secara otomatis secara otomatis dengan tata letak grid

Semua konten yang Anda letakkan di dalam situs Anda akan terletak sesuai dengan tata letak yang terbaik untuk konten tersebut dan juga mudah dipindahkan, serta diubah ukurannya, bahkan dapat Anda atur ulang. Tata letak menu-menu yang Anda perlukan untuk mengedit juga diletakkan dengan sepraktis mungkin, sehingga perubahan atau mengedit tidak sulit untuk dilakukan.

3. Situs Aman Tanpa Bantuan IT

Pengguna Google Sites dapat dengan mudah mengelola izin berbagi dan kepemilikan di Sites hanya dengan beberapa klik. Pengelolaan izin berbagi ini dapat dilakukan sebagaimana yang Anda lakukan pada Google Docs. konten yang akan disematkan dapat mempertahankan izin aslinya untuk kontrol yang andal dan mulus. 

4. Konten dengan Tampilan Terbaik

Google Sites juga memiliki fitur pembuat situs yang memudahkan dan intuitif untuk mendesain situs yang Anda inginkan. Anda juga dapat menambahkan “gadget”, seperti kalender, peta, spreadsheet, presentasi, dan lainnya untuk membuat situs Anda lebih fungsional.

Google juga memungkinkan Anda untuk memilih tema dan menyesuaikan situs Anda sesuai apa yang Anda inginkan. Buatlah situs Anda tampak profesional dengan tampilan dan fungsi yang baik di semua layar desktop dan seluler. 

5. Didesain Untuk Kolaborasi Antar Tim

Jika Anda bekerja sama dalam sebuah tim besar, Google Sites mungkin adalah pilihan terbaik untuk membangun intranet sebagai alat komunikasi antar tim. Google Sites memudahkan kolaborasi Anda dengan fitur pengeditan bersama secara real-time.

Google Sites juga memberikan Anda kontrol untuk berbagi yang canggih dari Google Drive dan Google Docs. Dengan menggunakan Google Sites, Anda dapat dengan mudah mengedit halaman website, menambah teks, mengunggah dan menyisipkan gambar dan dokumen ke dalam situs web Anda hanya dengan beberapa klik.

Salah satu hal yang menarik dari Google Sites adalah Anda dapat memilih siapa yang dapat dan tidak dapat mengakses situs Anda. Jadi, Anda dapat memberikan akses bagi orang-orang yang ingin Anda berikan akses ke situs Anda ini hanya dengan beberapa klik.

Apakah Anda ingin memberikan akses kepada pengunjung eksternal atau Anda ingin memberikan hak istimewa untuk pengeditan kolaboratif kepada pengguna tertentu, semua ini mungkin Anda lakukan dengan mudah dengan Google Sites. 

Mulai Rasakan Kemudahan Google Sites dengan Memiliki Akun Google Workspace

Untuk dapat menggunakan Google Sites dan dapat berkolaborasi dengan nyaman bersama tim Anda, Anda memerlukan akun Google Workspace. Google Workspace memberikan perusahaan Anda kemudahan dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan menggunakan tools yang canggih. Google Workspace memungkinkan Anda untuk memiliki domain dan paket khusus miliki Anda sendiri. 

Dengan Google Workspace, Anda akan memperoleh sejumlah layanan tingkat bisnis tambahan yang tidak dapat Anda peroleh dari aplikasi gratis Google. Layanan-layanan yang dapat Anda terima dari Google Workspace, antara lain:

  • Domain email bisnis khusus namaanda@namaperusahaananda.com
  • Storage hingga dua kali lipat untuk jumlah penyimpanan cloud di Gmail dan Drive
  • Dukungan telepon dan email 24/7
  • Jaminan waktu aktif (uptime) 99,9% untuk email bisnis
  • Interoperabilitas dengan Microsoft Outlook
  • Opsi keamanan tambahan seperti autentikasi dua langkah dan SSO
  • Kontrol administratif terdepan untuk akun pengguna
  • Akses ke serangkaian aplikasi yang terintegrasi dan kolaborasi antar tim yang lancar

Tertarik untuk mencoba langsung manfaat dari Google Workspace untuk kelangsungan bisnis Anda? Anda bisa memulai dengan berlangganan atau mencoba paket Google Workspace yang disediakan oleh Terralogiq. 

Terralogiq adalah premier partner Google Workspace Indonesia yang menawarkan harga terbaik. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda terima dengan berlangganan Google Workspace dengan Terralogiq.

  • Lisensi resmi partner premier Google Workspace di Indonesia
  • Layanan local support yang siap membantu Anda
  • Proses pembayaran yang mudah
  • Team konsultan dan admin yang tersertifikasi oleh Google
  • Kemudahan dan bantuan layanan migrasi mail server

Ingin mulai mengimplementasikan Google Workspace untuk perusahaan Anda? Hubungi Terralogiq untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kebutuhan kolaborasi perusahaan Anda. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut atau hubungi kami melalui email halo@terralogiq.com

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments