Google Sheets vs Excel, Apa Saja Keunggulannya?

31 Maret 2022

Jika Anda banyak bekerja menggunakan angka, tabel, statistik, dan mengolah data, mungkin Anda tidak asing dengan program Excel produk dari Microsoft yang dirilis pada 1985. Excel adalah spreadsheet populer untuk mengatur data dalam kolom dan baris yang dapat dimanipulasi melalui rumus yang memungkinkan perangkat melakukan fungsi matematika pada data.

Banyak lini profesi dan bisnis telah menggunakan excel sebagai program pengolahan data. Mulai dari kecepatan dan keakuratan, hingga kenyamanan tampilan data yang rapi. Berdasarkan fungsinya, program ini sangat memudahkan pekerjaan jaman sekarang yang banyak mengandalkan aplikasi untuk mengolah dokumen angka ataupun keuangan.

Google Sheets vs Excel, Apa Saja Keunggulannya?

Jika sebelumnya kita membahas Microsoft Word dan Google Docs, kali ini kita akan membahas Excel bagian dari Microsoft yang pada 2019 juga dirilis sebagai bagian dari Official Microsoft 365, dengan rilis tersebut kini Anda bisa berkolaborasi dengan sesama rekan kerja dalam mengedit dokumen dalam waktu real-time. Namun, jika Anda mencari alternatif Excel dengan kemampuan edit online tanpa aplikasi, Google Sheets dapat menjadi salah satu alternatif. 

Apa Saja Keunggulan Google Sheet?

Pernahkah terbayangkan mudahnya berkolaborasi bersama rekan dalam membuat laporan keuangan, berinteraksi langsung dengan rekan kerja, dapat melihat histori edit dokumen, tidak harus klik simpan setiap beberapa menit, dan kemudahan lainnya? Jika Anda mencari alternatif Excel sebagai alat pengolah data secara elektronik, Google Sheets dapat menjadi alternatif yang Anda cari. Mari simak lebih lanjut fitur dan kegiatan yang dapat Anda lakukan menggunakan Google Sheet.

1. Akses via Browser

Dengan menggunakan browser pilihan Anda seperti seperti Microsoft Edge, Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lainnya, Anda dengan mudah dapat mengakses laman Google Sheets secara gratis menggunakan akun Gmail. Anda tidak perlu mengunduh dan meng-install program untuk menggunakan Google Sheet di PC dan Laptop. 

2. Tersedia di Berbagai Perangkat

Google Sheets yang sudah terhubung ke Gmail memudahkan Anda membuka file dokumen di berbagai perangkat seperti ponsel, Ipad, Notebook, dan sebagainya, melalui file yang tersimpan di Google Drive maupun membuka langsung dari laman Google Sheets. Tampilannya juga responsif menyesuaikan ukuran layar perangkat Anda sehingga nyaman digunakan. 

Baca juga: Google Docs VS Microsoft Words, mana yang lebih unggul?

3. Kolaborasi Real-Time 

Google Sheets memberi kemudahan untuk Anda berkolaborasi bersama rekan dalam membuat dokumen di mana saja dan kapan saja. Apalagi dipastikan sekarang mayoritas rekan Anda memiliki akun Gmail. Anda cukup membuat satu dokumen, kemudian mengundang rekan Anda via Gmail untuk berkolaborasi atau memberi akses edit. Anda bisa mengetahui siapa sedang di bagian mana serta bertukar pesan pada fitur chat dalam Google Sheets. Anda juga dapat me-mention rekan Anda di dalam dokumen Google Sheets jika ingin memberikan notifikasi khusus.

4. Mengedit Bersama Dengan Fungsi Terpisah

Ketika Anda melakukan sorting atau filter data misalnya, kemudian Anda sedang mengerjakannya bersama rekan kerja tapi tidak ingin memengaruhi data yang sedang dikerjakan bersama, Anda dapat memilih untuk menggunakan file secara terpisah dalam satu dokumen dan tetap dapat melihat progress atau posisi rekan Anda. 

5. File Tersimpan Otomatis

Layaknya program editing dokumen lainnya di Google Workshop, Google Sheet juga memiliki fitur simpan otomatis. Karena sifatnya yang diedit secara online, Anda dapat melihat indikator simpan otomatis pada bagian atas. Untuk itu Anda tidak perlu klik Simpan untuk terus memastikan data yang Anda kerjakan aman dan tersimpan di sistem. Untuk mencari file yang telah Anda kerjakan, Anda dapat membuka laman Google Sheets atau mengaksesnya melalui Google Drive Anda. 

6. Histori Revisi Lengkap

Karena tersimpan secara otomatis, baik ketika Anda mengedit sendiri atau bersama rekan kerja, akan terlihat siapa yang terakhir mengedit dokumen tersebut. Anda juga dapat melihat histori pengeditan dokumen dengan info lengkap, mulai dari nama pengedit, tanggal, hingga jam dokumen tersebut diedit. 

7. Dapat digunakan Online maupun Offline

Mungkin Anda pernah mengalami di tengah mengedit tiba-tiba perangkat yang digunakan mati, atau ketika menggunakan program online, sinyalnya hilang sehingga apa yang Anda kerjakan hilang ketika belum disimpan. Menggunakan Google Sheets, Anda tidak perlu khawatir kehilangan file, karena selain fitur online yang tersimpan secara otomatis, Google Sheets juga menyediakan fitur penyimpanan offline. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus menginstal extension dari Google Sheets yang tentunya gratis. Google Sheets akan otomatis menyimpan perubahan pada dokumen Anda dan ketika Anda kembali online, dokumen akan terupdate sesuai yang telah Anda edit offline.

8. Tersedia berbagai Template

Untuk membuat laporan Google Sheets Anda menjadi rapi dan menarik, Google Sheets menyediakan berbagai template file Spreadsheets yang dapat Anda gunakan dengan berbagai tema seperti Standard, Streamline, Earthy, Retro, Coral, dan sebagainya. Anda juga bisa mengatur sendiri template Spreadsheet mulai dari jenis font, warna, dan sebagainya.

Apa Saja Keunggulan Google Sheet?

9. Memanfaatkan Penggunaan Row, Column, dan Cells

Jika pada sheet kita mengenal Row, Column, dan Cells, sama halnya dengan di Google Sheets Anda juga akan bekerja menggunakan tiga aspek tersebut. Row atau baris (menurun), column atau kolom (menyamping), dan cells atau gabungan keduanya. Kamu dapat dengan mudah mengaturnya sesuai kebutuhanmu, membuat filter, memberi style, dan lainnya. 

10. Membuat Grafik

Visualisasi menjadi bagian penting dalam membaca sebuah data. Hal ini digunakan untuk mempermudah memahami data yang disajikan. Oleh karena itu, membuat grafik pada Google Sheets bisa menjadi salah satu kebutuhan. Google Sheet telah memfasilitasi Anda untuk membuat grafik. Anda cukup memasukkan data di Google Sheet, kemudian klik tab, dan kemudian pilih chart. Setelah itu, akan muncul grafik dari data yang Anda masukkan. Kemudian Anda dapat mengatur grafik tersebut pada kolom yang muncul di sebelah kanan sesuai dengan keinginanmu.

11. Implementasi Rumus

Rumus atau formula sudah menjadi fitur utama dari menggunakan Excel. Dengan rumus atau formula yang sama, Google Sheet juga memfasilitasi Anda dalam menggunakan formula untuk perhitungan data tertentu. Meski memang dilansir dari Glints, formula yang dimiliki Google Sheet masih di bawah Excel, dengan Google Sheet 432 formula dan Excel 477 formula, Google terus berusaha untuk melengkapi formula yang dapat digunakan.

12. Import File ke dalam Berbagai Jenis Format

Saat ini banyak format file yang dapat digunakan untuk kebutuhan tertentu. Misalnya, ketika akan mengirim file dokumen final mungkin Anda diminta dalam bentuk format PDF, atau ketika akan mengirimkan dokumen ke orang lain ada yang meminta menggunakan format .xlsx (Microsoft Excel), Google Sheets menyediakan berbagai format file untuk disimpan. Selain PDF dan .xlsx, ada pula OpenDocument (.ods), Web Page (.html), Comma Separated Values (.csv), dan Tab Separated Values (.tsv). Anda juga dapat mengupload file format .xlsx ke Google Drive kemudian lanjut mengedit menggunakan Google Sheets. 

13. Bagian dari Ekosistem Google Workspace

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk menggunakan Google Docs Anda hanya membutuhkan akun Gmail. Mungkin Anda sedang melakukan meeting menggunakan Google Meet dan butuh mempresentasikan dokumen yang sudah Anda buat. Anda cukup mengklik simbol present pada sebelah kiri tombol Share, dan sudah terhubung ke meeting mana Anda akan mempresentasikan dokumen tersebut. Sehingga Anda tidak perlu berpindah aplikasi untuk mempresentasikan dokumen yang sudah Anda buat. 

Baca juga: Keunggulan Google Meet Premium yang Tidak Boleh Dilewatkan

14. Mengirimkan Dokumen melalui Email

Di Google Sheets, pada bagian File, Anda dapat memilih “Email” kemudian mengirimkan dokumen tersebut sebagai attachment lengkap dengan subject dan body email ke email yang dituju dari Google Sheets. Ketika Anda perlu mengirimkan dokumen melalui Email, Anda tidak perlu repot mengunduh file dokumen ke komputer, kemudian membuat Gmail dan mengupload kembali file tersebut sebagai attachment

Mulai Pakai Google Sheet

Itu dia manfaat dan kegunaan Google Sheets yang dapat menjadi alternatif Anda dalam menunjang kebutuhan bisnis maupun pendidikan. Semakin tertarik untuk menggunakan Google Workspace untuk bisnis Anda? Terralogiq menyediakan paket email bisnis yang khusus dan aman dengan penyimpanan Cloud 2TB hingga 5TB sudah termasuk program Google Sheets dan lainnya. 

Banyak perusahaan yang sudah menggunakan Google Workspace untuk kenyamanan bekerja. Selain keamanan yang baik, Google Workspace juga hadir dengan berbagai program lainnya seperti Gmail, Google Calendar, Drive, Docs, Slides, Meet, Keep, Chat, dan sebagainya. 

Anda dapat memanfaatkan Google Sheet untuk membuat kerja menjadi lebih efektif dan fleksibel dengan kolaborasi bersama rekan kerja dalam mengolah data seperti grafik dan diagram, serta tidak perlu khawatir mengenai kehilangan data karena tersimpan secara otomatis.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments