Keunggulan Google Meet Premium yang Tidak Boleh Dilewatkan

29 Maret 2022

Di tahun 2022 ini, banyak perusahaan telah menerapkan kerja hybrid. Hal ini menyebabkan lonjakan popularitas layanan panggilan video (video call) karena jutaan orang mengandalkannya untuk rapat kerja atau untuk bertemu teman.

Salah satu platform video call untuk rapat online yang paling banyak diminati adalah Google Meet.

Keunggulan Google Meet Premium yang Tidak Boleh Dilewatkan

Apa itu Google Meet?

Google Meet adalah perangkat lunak konferensi web yang dikembangkan oleh Google dan disertakan dalam G suite. Platform ini dapat diakses tanpa harus mengunduh aplikasi apapun.

Selain itu, platform menawarkan model gratis yang tersedia untuk semua pemegang akun Gmail. Anda hanya perlu ketik URL Meet di browser, berikan izin, dan Anda tersambung ke video call. Platform ini adalah salah satu pilihan yang sangat baik untuk panggilan video real-time untuk bisnis serta interaksi pribadi.

Meskipun Google Meet dapat diakses tanpa biaya, Google Meet juga menawarkan paket premium yang memiliki berbagai fitur yang lebih menarik dan nyaman digunakan.

Apa Perbedaan Google Meet Gratis dan Premium?

Google Meet Gratis

Untuk Google Meet versi gratis, jumlah maksimum orang yang berpartisipasi dalam konferensi video pada saat yang sama adalah 100 peserta. Selain itu, durasi rapat juga terbatas, yaitu hingga 1 jam. 

Berdasarkan persyaratan Meet yang dipublikasikan Google, setelah 50 menit, semua orang menerima pemberitahuan pesan bahwa panggilan akan segera berakhir. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau video call mati secara mendadak.

Jika ingin melakukan video call lebih lama, Anda harus mengirim link baru untuk mendapatkan durasi 1 jam.

Google Meet Premium

Google Meet versi premium bisa didapatkan melalui Google Workspace Individual atau Enterprise. 

Ada 4 edisi Google Workspace yang bisa Anda pilih. Setiap tipe ini memiliki kemampuan yang berbeda-beda, misalnya jumlah peserta rapat yang berbeda, ukuran penyimpanan, dan lainnya.

  • Business Starter: 100 partisipan.
  • Business Standard: 150 partisipan dan bisa direkam.
  • Business Plus: 250 partisipan dan bisa melacak kehadiran.
  • Enterprise: 250 partisipan dan streaming langsung dalam domain.

Selain memberikan akses dengan jumlah partisipan yang banyak, Google Meet Premium menawarkan berbagai fitur yang sangat mendukung rapat online Anda. 

Anda dapat memiliki akses ke berbagai fitur Google Meet tergantung pada edisi Google Workspace yang dipilih. 

Baca juga: Panduan Apa Itu Google Workspace, Tool Produktif untuk Kerja Kolaboratif

Fitur Google Meet Premium

Berikut adalah kumpulan fitur yang bisa Anda gunakan dengan Google Meet Premium.

1. Breakout Rooms

Moderator dapat membuat ruang tersendiri dan membagi peserta ke dalam kelompok yang lebih kecil selama panggilan video. Anda dapat membuat hingga 100 ruang dalam satu panggilan.

Namun, fitur ini tidak dapat disiarkan langsung atau direkam.

2. Polls

Sebagai moderator rapat, Anda dapat membuat polling untuk dipilih oleh peserta rapat. Setelah rapat, moderator akan mendapatkan email hasil polling secara otomatis. Laporan tersebut mencantumkan nama dan jawaban mereka.

3. Live Streaming

Moderator dapat melakukan siaran langsung atau live streaming panggilan video sehingga peserta lain dapat menonton tanpa masuk ke dalam rapat.

4. Q&A

Peserta dapat mengajukan pertanyaan kepada moderator dari dalam video call. Pertanyaan ini akan ditampilkan sampai dihapus atau disembunyikan dari komputer.

Sama seperti fitur polling, moderator akan mendapatkan laporan rinci dari semua pertanyaan ke email mereka saat rapat selesai.

5. Raise Hand

Fitur ini memungkinkan seorang peserta untuk menarik perhatian moderator jika mereka memiliki sesuatu yang ingin ditambahkan ke dalam percakapan.

6. Noise Cancellation 

Untuk membantu membatasi gangguan dalam video call, Anda dapat memfilter kebisingan latar belakang. Meet dapat menghilangkan kebisingan latar belakang seperti mengetik, suara menutup pintu, atau suara bising lainnya yang ada di sekitar.

Dengan demikian, peserta lain tidak akan merasa terganggu.

7. Attendance Tracking

Moderator dapat memperoleh laporan tentang siapa yang menghadiri panggilan video dan streaming langsung mereka.

8. Record a Meeting 

Moderator dapat merekam video call dengan mudah, dan setelah panggilan berakhir, semua peserta akan mendapatkan akses ke rekaman video yang dapat mereka gunakan untuk merujuk kembali ke konten panggilan. 

Rekaman disimpan secara otomatis di Google Drive host.

Fitur Google Meet Premium

Baca juga: Mana yang Lebih Unggul Antara Workspace dan Microsoft Teams?

9. Anonymous Joins 

Siapa pun yang diundang dapat bergabung ke rapat Anda dengan komputer mereka. Hal ini bisa dilakukan meskipun mereka tidak masuk ke akun Google.

10. Dial-in Numbers 

Beberapa nomor telepon internasional tersedia untuk dial-in tanpa ada harga tambahan.

11. Dial-out 

Anda dapat melakukan panggilan ke nomor telepon tertentu atau meminta Google Meet menelepon seseorang untuk bergabung ke rapat tanpa ada harga tambahan.

12. Maximum Call Length

Pengguna dapat melakukan panggilan berdua dan panggilan grup hingga 24 jam.

13. Multiple Co-Host 

Host rapat dapat menambahkan hingga 25 co-host ke rapat tersebut.

Dapatkan Google Meet Premium dengan Google Workspace

Sekarang, bekerja jarak jauh atau dari rumah sudah menjadi tren yang populer. Sudah banyak perusahaan yang mengeksplorasi video call untuk membantu mereka terhubung dengan pegawai jarak jauh dan mengurangi keperluan untuk bepergian.

Masih bergantung pada aplikasi video call dengan fitur yang terbatas dan bebas harga? Sekarang adalah saat yang tepat untuk beralih ke Google Meet Premium untuk rapat online yang lancar tanpa halangan.

Solusi Google Workspace di Indonesia

Jika Anda ingin mengadakan meeting online, Anda dapat mengakses Meet premium dengan Google Workspace yang ditawarkan Terralogiq. Terralogiq adalah Partner Google Premier nomor satu di Indonesia yang bisa diandalkan. 

Kami menawarkan layanan yang dapat membantu tim Anda tetap terhubung dengan aman. Anda bisa mengadakan konferensi video khusus untuk perusahaan yang dibangun di atas infrastruktur global Google yang kuat dan aman. 

Dengan Google Workspace yang ditawarkan Terralogiq, Anda dapat mengakses Google Meet versi premium sebagai bagian dari langganan Anda. Paket Google Workspace essentials yang kami tawarkan memiliki harga, fitur yang berbeda-beda, dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Baca juga: Cari Tahu di Sini Tentang Keamanan Google Workspace!

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments