Google Geocoding API: Definisi dan Kegunaan

3 Agustus 2022

Geocoding API adalah layanan yang menyediakan geocoding dan reverse geocoding. Layanan ini juga tersedia sebagai bagian dari Google Maps JavaScript API dari sisi klien, atau untuk penggunaan sisi server dengan Java client, Python client, Go client dan Node.js. client untuk Layanan Google Maps Platform.

Geocoding API on Google Maps Platform website

Tahukah Anda mengenai dua definisi di atas sebelum nya mengenai Geocoding dan reverse Geocoding?

Geocoding adalah proses mengubah alamat (seperti alamat jalan) menjadi koordinat geografis (seperti lintang dan bujur), yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan penanda pada peta, atau memposisikan peta.

Reverse Geocoding adalah proses mengubah koordinat geografis (latitude longitude) menjadi alamat yang dapat dibaca manusia.

Apa itu Geocoding API ?

Geocoding API adalah salah satu dari banyak layanan yang ditawarkan oleh ekosistem Google Maps API. Geocoding adalah proses mengubah alamat fisik yang dapat dibaca manusia menjadi koordinat geografis (latitude longitude). Salah satu kegunaan yang sangat umum adalah ketika Anda ingin menampilkan lokasi bisnis di Google Maps di situs web. Untuk menggunakan Geocoding API, Anda harus mempersiapkan kedua hal terlebih dahulu yaitu:

  • Mempunyai API Key
  • Mengaktifkan Geocoding Library

Penggunaan Geocoding API

Geocoding API menyediakan cara langsung untuk mengakses layanan melalui permintaan HTTP. Anda dapat menggunakan layanan Geocoding melalui Maps JavaScript API untuk mendemonstrasikan fungsionalitas dasarnya.

Sebelum Anda mulai mengembangkan dengan Geocoding API, disarankan untuk melakukan peninjauan terhadap persyaratan autentikasi (Anda memerlukan kunci API “API Key”) dan penggunaan API serta billing information (Anda harus mengaktifkan billing pada project Anda). Jika Anda belum membuat nya maka sebaiknya Anda mempersiapkan nya terlebih dahulu dengan membuat billing akun pada Google Cloud Platform Console.

Setelah Anda bisa masuk dan berada di dalam Google Cloud Platform Console, buka API & Services → Dashboard → Enable APIs & Services di bagian atas dan pilih Maps JavaScript API dari API Library.

Ini akan membuka halaman Maps JavaScript API dan Mengaktifkannya.

Geocoding steps 1

Kemudian, gulir ke bawah ke “More solutions to explore” dan pilih Geocoding API → Aktifkan.

Geocoding steps 2

Harga Google Geocode API

Saat Anda menyiapkan billing Anda pada saat Membuat API Key Anda sendiri, Anda dapat meminta bantuan dan berkonsultasi bersama Premier Partner Google Maps Platform Indonesia yaitu Terralogiq.

Informasi lain nya mengenai harga Geocoding API adalah Google mengenakan biaya $0,005/Geocoding request dan Anda dapat membuat 40.000 Geocoding API request/per bulan. Hubungi Terralogiq jika Anda tertarik untuk mendapatkan $200 free credit secara gratis untuk menerapkan API tersebut.

Kesimpulan

Anda telah mempelajari apa itu Geocoding dan Reverse Geocoding serta cara panduan Google Maps Geocoding API untuk tujuan mengonversi alamat ke nilai garis lintang dan garis bujur serta sebaliknya.

Masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan dengan Geocoding API. Lihat panduan pengembang Geocoding API pada Google Maps Platform Guide untuk demo tambahan, contoh, parameter yang tersedia, kode status dan eror messages, maupun detil lainnya.

Panduan pengembang Geocoding API menjelaskan layanan web Geocoding API. Ini ditujukan untuk para pengembang situs web dan seluler yang ingin menggunakan data geocoding dalam peta yang disediakan oleh salah satu Google Maps Platform API.

Tapi Jika Anda ingin berkonsultasi dengan premier partner Google Maps Paltform di Indonesia, segera hubungi Terralogiq. Konsultan kami siap membantu dan memberikan solusi untuk penerapan dan implementasi Geocoding API Anda. Hubungi kami melalui tombol live chat di pojok kanan bawah, atau melalui email ke halo@terralogiq.com.

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments