Mengenal Google Chat dan Fiturnya yang Perlu Anda Ketahui

24 Mei 2022

Google telah mengumumkan untuk memasuki fase akhir migrasi dari Hangouts Klasik ke Google Chat untuk pelanggan Google Workspace (yang sebelumnya dikenal dengan nama G Suite). Mulai 22 Maret 2022, Google Chat akan menjadi platform chat default bagi pelanggan yang masih menggunakan aplikasi Hangouts untuk iPhone dan smartphone Android.

Baca Juga: Apa itu Google Spaces dan Bagaimana Menggunakannya

Sekarang, aplikasi Google Chat tersedia dalam dua cara-aplikasi ini langsung terintegrasi ke dalam Gmail yang perlu diaktifkan secara manual, dan ada aplikasi mandiri di Google Play dan App Store. Transisi dari Hangouts ke Chat telah terjadi selama beberapa waktu, dan pengguna sudah dapat melihat perubahan. Khususnya, pengguna juga dapat melihat prompt yang memperingatkan tentang perubahan yang akan datang. Simak ulasan lengkap nya lebih lanjut

Google Chat logo

Apa itu Google Chat?

Google Chat adalah aplikasi bertukar pesan dari Google dengan berbagai fitur nya untuk melakukan percakapan melalui aplikasi dan akun yang terintegerasi dengan Gmail Anda. Google Chat ramai diperbincangkan karena apliaksi ini menggantikan pendahulunya yaitu Google Hangouts.

Google Chat adalah alat komunikasi aman yang dirancang untuk menyediakan komunikasi bisnis yang mudah dalam ekosistem Google Workspace.

Dengan Google Chat, tim berkolaborasi melalui teks, membangun ruang obrolan kolaboratif, berbagi dokumen, menyampaikan presentasi, dan mengadakan konferensi web.

Dalam postingan blog, Google menjelaskan bahwa hangouts.google.com akan terus berfungsi. Adalah hal yang tidak mungkin untuk menghindar dari perubahan ini. Namun, saat pengguna mengunjungi Hangouts klasik di Gmail di web atau aplikasi seluler Hangouts klasik, mereka akan diarahkan ke Chat. Transisi terakhir akan memakan waktu sekitar tiga minggu mulai 22 Maret 2022.

Apa yang terjadi dengan Google Hangout? Jawaban atas pertanyaan ini sederhana, tetapi prosesnya agak berbelit-belit. Google telah banyak meningkatkan stasiun Workspace-nya yang mencakup Gmail, Dokumen, Spreadsheet, Meet, Chat, dan banyak lagi. Sebagai pusat, Gmail bertujuan untuk menjadi hub utama yang menawarkan layanan terintegrasi seperti Chat dan Meet, yang berarti pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi mandiri lagi. Namun, aplikasi mandiri akan menawarkan akses ke lebih banyak pengaturan dan fitur.

Sebagai bagian dari pembaruan baru, Google Chat akan tersedia untuk semua pelanggan-baik pelanggan reguler maupun berbayar. Sebelumnya, aplikasi Chat hanya tersedia untuk pelanggan berbayar (Google Workspace).

Baca Juga: Cari Tahu Disini Tentang Kemananan Google Workspace

Fitur Google Chat

Google Chat memiliki beberapa fungsi yang berguna. Perangkat lunak ini menggunakan opsi teks prediktif untuk mengotomatiskan balasan. Misalnya, jika seorang rekan kerja mengatakan, “Selamat siang,” Google akan memberi Anda daftar jawaban yang sesuai seperti, “Halo, apa kabar?”

Setelah obrolan dibuat, Anda berbagi spreadsheet dan dokumen dari Google Drive. Setiap peserta kemudian akan dapat mengakses file melalui Google Documents.

Selain itu, menambahkan hal-hal seperti tautan rapat video dilakukan dengan sangat cepat melalui UI obrolan. Setelah ditempatkan di chat, Google Chat akan menyediakan rapat yang dapat diklik untuk digunakan rekan kerja.

Contoh pengaplikasian Google Chat

Bagaimana cara untuk membuka dan menggunakan Google Chat. Google Chat mudah diakses di Google Workspace. Untuk mengaksesnya, gunakan tombol peluncur aplikasi Google di aplikasi Workspace apa pun.

Google Chat illustration

Apa perbedaan antara Google Chat dan Google Hangouts?

Google Chat Merupakan aplikasi komunikasi cerdas untuk tim yang menggunakan pesan langsung di Google Hangouts dan mengembangkannya untuk mencerminkan cara tim modern membicarakan bisnis.

Akibatnya, Google Chat mirip dengan evolusi dari Hangouts. Ini memberikan komunikasi satu-satu yang sama tetapi memperluasnya agar lebih efektif dalam lingkungan bisnis.

Fitur penting yang tersedia di Hangouts seperti tanda terima telah dibaca, konferensi video dan audio, serta berbagi gambar, semuanya tersedia melalui Chat.

Selain itu, fitur yang lebih tangguh dan ramah kolaborasi juga menjadi standar. Ini termasuk juga:

  • Team Chat Channels: Percakapan diubah menjadi rooms di Google Obrolan. Pengguna Slack akan menemukan bahwa ini seperti fitur channels. Dengan rooms, tim Anda akan memiliki lokasi terpusat untuk berbagi file, mendelegasikan tugas, dan berkomunikasi selama siklus project lifecycle. Ada utasan pesan juga bagi mereka yang ingin mendelegasikan tugas individu kepada anggota tim tertentu.
  • Larger Video Chat Capacities: Dengan Hangouts, Anda dibatasi hingga 10 peserta, tetapi Chat memperluas fitur ini berkat struktur berbayarnya. Dengan fitur paid, Google Chat Anda akan memiliki maksimal 250 peserta untuk video obrolan apa pun.
  • Google Meet Integration: Ini mungkin salah satu fitur Chat yang lebih baik. Saat ingin menyiapkan rapat, Anda cukup menandai Google Meet dengan peserta rapat. Setelah itu, Anda hanya perlu menyebutkan tanggal pertemuan yang akan diusulkan, dan calendar appointment secara otomatis dibuat.

Baca Juga: Tips dan Trik Mengelola Hybrid Meeting yang Baik

Apakah Google Chat tepat untuk organisasi Anda?

Meskipun tidak seterkenal solusi seperti Slack atau Microsoft Teams, Google Chat adalah perangkat lunak atau software yang menyederhanakan cara tim Anda berkomunikasi.

Berbagi informasi dan dokumen serta berkolaborasi dengan ratusan kolega sangatlah mudah. Ini adalah pilihan yang murah, terutama jika Anda sudah menjadi pelanggan Google Workspace.

Ingatlah bahwa menggunakan opsi pengembangan aplikasi akan menaikkan harga bagi mereka yang ingin menambahkan integrasi. Google juga telah memperluas fitur untuk membuatnya lebih sebanding dengan para pemimpin industri.

Fitur seperti pratinjau tertaut di berbagai aplikasi Workplace dan kolaborasi waktu nyata pada dokumen dalam ruang obrolan, yang merupakan fitur yang baru-baru ini diumumkan, akan mencapai tujuan ini.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjadi pelanggan Workspace. Beri tahu kami jika Anda ingin kami menambahkan solusi Google Workspace dan Google Chat dengan mudah, hubungi Terralogiq melalui email halo@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments