Google AI Platform dan penerapannya dalam Google Cloud

19 April 2022

Gunakan Artificial Intelligence (AI) atau AI Platform untuk melatih model machine learning yang Anda punya dalam skala besar, dan juga dapat digunakan untuk menghosting serta melatih trained model di Google Cloud, dan menggunakan jenis model yang dimiliki untuk membuat prediksi tentang new data. Teknik dan metode ini tentunya akan sangat bermanfaat juga untuk bisnis Anda dalam memproses big data.

Bagaimanakah AI Platform cocok dalam alur kerja sebuah Machine Learning?

Pada gambar dibawah ini dapat memberikan inti tentang tahapan dalam alur kerja Machine Learning. Kotak biru menunjukkan di mana AI Platform menyediakan layanan yang terkelola dan API:

Penerapan AI Platform

Seperti yang ditunjukkan diagram, Anda dapat menggunakan AI Platform untuk mengelola berbagai tahapan berikut dalam alur kerja Machine Learning:

Melatih model Machine Learning pada data Anda:

  • Model pelatihan (Train Model)
  • Evaluasi akurasi model (Evaulate Accuracy Model)
  • Tune hyperparameter
  • Pantau prediksi secara berkelanjutan.
  • Kelola model dan versi model Anda.
  • Menerapkan model terlatih Anda.
  • Permintaan model prediksi ke model online
  • Permintaan model prediksi batch (hanya untuk TensorFlow)

Komponen untuk pelatihan AI

Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian yang membentuk AI Platform dan tujuan utama nya:

Layanan pelatihan AI Platform

Layanan pelatihan AI Platform memungkinkan Anda melatih model menggunakan berbagai opsi penyesuaian yang berbeda. Anda dapat memilih banyak jenis mesin yang berbeda untuk mendukung pekerjaan pelatihan Anda, mengaktifkan pelatihan terdistribusi, menggunakan penyetelan hyperparameter, dan mempercepat dengan GPU dan TPU.

Anda juga dapat memilih berbagai cara untuk menyesuaikan aplikasi pelatihan Anda. Anda dapat mengirimkan data input Anda untuk AI Platform untuk dilatih menggunakan algoritme bawaan (beta). Jika algoritme bawaan tidak sesuai dengan kasus penggunaan Anda, Anda dapat mengirimkan aplikasi pelatihan sendiri untuk dijalankan pada AI Platform, atau membuat container khusus dengan aplikasi pelatihan Anda dan dependensinya untuk dijalankan di AI Platform.

Layanan prediksi AI Platform

Layanan prediksi AI Platform memungkinkan Anda untuk menyajikan prediksi berdasarkan model yang terlatih, terlepas dari apakah model tersebut dilatih di AI Platform atau tidak.

Layanan pelabelan data

Layanan Pelabelan Data AI Platform (beta) memungkinkan Anda meminta pelabelan untuk set data yang akan Anda gunakan untuk melatih model pembelajaran mesin kustom. Anda dapat mengirimkan permintaan untuk memberi label pada data video, gambar, atau teks Anda.

Untuk mengirimkan permintaan pelabelan, Anda memberikan contoh representatif dari data berlabel, menentukan semua kemungkinan label untuk kumpulan data Anda, dan memberikan beberapa petunjuk tentang cara menerapkan label tersebut. Pelabel manusia mengikuti instruksi Anda, dan ketika permintaan pelabelan selesai, Anda mendapatkan kumpulan data beranotasi yang dapat digunakan untuk melatih model machine learning.

Berikut ini alat-alat terkemuka untuk berinteraksi dengan AI Platform. Pada bagian ini akan dijelaskan alat-alat yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan AI Platform:

  • Google Cloud Console : Anda dapat menerapkan model ke cloud dan mengelola model, versi, dan tugas Anda di Cloud Console. Opsi ini memberi Anda antarmuka pengguna untuk bekerja dengan sumber daya pembelajaran mesin Anda. Sebagai bagian dari Google Cloud, resource AI Platform Anda terhubung ke alat yang berguna seperti Cloud Logging dan Cloud Monitoring.
  • Google Cloud CLI : Anda dapat mengelola model dan versi, mengirimkan tugas, dan menyelesaikan tugas AI Platform lainnya di command line dengan fitur command line gcloud ai-platform. Google merekomendasikan perintah gcloud untuk sebagian besar tugas AI Platform, dan REST API untuk prediksi online.
  • REST API : AI Platform REST API menyediakan layanan RESTful untuk mengelola tugas, model, dan versi, dan untuk membuat prediksi dengan model yang dihosting di Google Cloud.

Anda dapat menggunakan Pustaka Klien (Library) Google API untuk Python untuk mengakses API. Saat menggunakan pustaka klien, Anda menggunakan representasi Python dari sumber daya dan objek yang digunakan oleh API. Ini lebih mudah dan membutuhkan lebih sedikit kode daripada bekerja secara langsung dengan permintaan HTTP.

Restful API

Google merekomendasikan REST API untuk menyajikan prediksi online secara khusus.

Notebook yang dikelola pengguna Vertex AI Workbench
Instans notebook yang dikelola pengguna Vertex AI Workbench memungkinkan Anda membuat dan mengelola instans mesin virtual (VM) yang sudah dikemas sebelumnya dengan JupyterLab.

Instans notebook yang dikelola pengguna memiliki rangkaian paket pembelajaran mendalam yang telah diinstal sebelumnya, termasuk dukungan untuk kerangka kerja TensorFlow dan PyTorch. Anda dapat mengonfigurasi instans khusus CPU atau yang mendukung GPU.

Instance notebook yang dikelola pengguna dilindungi oleh autentikasi dan otorisasi Google Cloud dan tersedia dengan menggunakan URL instance notebook yang dikelola pengguna. Instans notebook yang dikelola pengguna juga terintegrasi dengan GitHub dan dapat disinkronkan dengan repositori GitHub.

Deep Learning VM untuk AI Platform

Deep Learning VM Images adalah kumpulan gambar mesin virtual yang dioptimalkan untuk tugas ilmu data dan pembelajaran mesin. Semua gambar dilengkapi dengan kerangka kerja dan alat machine learning utama yang telah diinstal sebelumnya. Anda dapat menggunakannya secara langsung pada instans dengan GPU untuk mempercepat tugas pemrosesan data Anda.

Gambar Deep Learning VM tersedia untuk mendukung banyak kombinasi kerangka kerja dan prosesor. Saat ini ada gambar yang mendukung TensorFlow Enterprise, TensorFlow, PyTorch, dan komputasi generik berperforma tinggi, dengan versi untuk alur kerja khusus CPU dan GPU.

Semoga artikel ini dapat membantu. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam penerapan Artificial Intelligence (AI) atau AI Platform dalam Google Cloud Platform, Anda bisa berkonsultasi bersama spesialist Terralogiq – Google Cloud Partner Indonesia melalui halo@terralogiq.com. Sampai bertemu pada artikel selanjutnya!

Author Profile

Sada

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article