Fitur dan History Google Hangout yang Mesti Anda Tahu

23 Mei 2022

Update: Mulai 22 Maret 2022, Google Chat akan menjadi platform chat default bagi pelanggan yang masih menggunakan aplikasi Hangouts untuk iPhone dan smartphone Android. Baca artikel tentang google chat disini.

Tahukah Anda Google Hangout awalnya merupakan fitur Google+, Hangouts menjadi produk mandiri pada tahun 2013, saat Google juga mulai mengintegrasikan fitur dari Google+ Messenger dan Google Talk ke dalam Hangouts. Google kemudian mulai mengintegrasikan fitur Google Voice, produk telepon Internetnya, ke dalam Hangouts, dan menyatakan bahwa Hangouts dirancang untuk menjadi aplikasi “the future” Voice.

Pada tahun 2017, Google mulai mengembangkan dua produk komunikasi yang terpisah: Google Meet dan Google Chat, sebagai bagian dari rangkaian kantor Google Workspace. Google mulai mentransisikan pengguna Workspace dari Hangouts ke Meet dan Chat pada Juni 2020. Selanjutnya, pengguna Gmail bertransisi dari Hangouts ke Meet dan Chat selama tahun 2021sampai saat ini dan layanan Hangouts akan dihentikan pada bulan Maret tahun 2022 ini.

Google Hangout logo

Definisi dan history Google Hangout

Google Hangouts memungkinkan percakapan antara dua atau lebih pengguna. Layanan ini dapat diakses secara online melalui situs web Gmail atau Google+, atau melalui aplikasi seluler yang tersedia untuk Android dan iOS (yang didistribusikan sebagai penerus aplikasi Google Talk yang sudah ada).

Riwayat obrolan disimpan secara online, memungkinkannya untuk disinkronkan antar perangkat. “Watermark” avatar pengguna digunakan sebagai penanda untuk menunjukkan seberapa jauh mereka telah membaca percakapan pada kolom chatnya. Foto sebagai lampiran dapat dibagikan selama percakapan, yang secara otomatis diunggah ke album akun Google+ pribadi Anda. Pengguna juga dapat menggunakan simbol emoji berwarna dalam pesan mereka.

Seperti Google+ Hangouts sebelumnya, pengguna juga dapat melakukan obrolan video grup dengan maksimal 10 pengguna sekaligus.

Pada tahun 2016 Google meningkatkan versi Hangouts menjadi 25 pengguna bersamaan dalam video HD untuk Pekerjaan atau Pendidikan. Aplikasi Google Hangouts baru di iOS mengintegrasikan nomor Google Voice sampai batas tertentu, tetapi di Android dukungan SMS di Hangouts tidak sepenuhnya terintegrasi dengan Google Voice untuk panggilan atau teks. Integrasi pertama kali diharapkan pada tahun 2014 tetapi tidak digunakan lagi pada Januari 2016. Alasan penundaan tampaknya terkait dengan peralihan Google dari protokol XMPP yang digunakannya, seperti yang disebutkan di atas.

Untuk pengguna browser Google Chrome, pengguna tidak perlu memasang plugin. Namun, untuk penggunan browser Internet Explorer 11, pengguna harus menginstal “Google Talk Plugin” untuk dapat menggunakan fitur video.

Di Android 4.4, Hangouts terintegrasi dengan fungsi pengiriman dan penerimaan pesan teks, yang merupakan aplikasi SMS default pada Nexus 5. Untuk ponsel Android lainnya, pengguna dapat memilih untuk membuka fungsi SMS saat mereka mengunduh versi baru Hangouts melalui Google Play . Percakapan SMS ditampilkan di laci di sisi kiri. Pembaruan juga menambahkan dukungan GIF dan tombol berbagi lokasi baru, yang memungkinkan pengguna mengirim lokasi GPS mereka ke kontak mereka.

Hangouts mencakup kemampuan untuk melakukan panggilan suara gratis ke pengguna Hangouts lainnya, dan membebankan biaya kepada pengguna (melalui pulsa yang telah didaftarkan sebelumnya) untuk menelepon telepon rumah dan telepon seluler secara internasional kecuali untuk panggilan ke Amerika Serikat dan Kanada yang tidak dikenai biaya.

Google Hangout Screen

Tahukah Anda: Riwayat percakapan pada Google Hangouts yang ada akan terbawa ke dalam Google Chat kecuali dalam beberapa kasus khusus. Meskipun tidak mungkin untuk menyisih dari transisi ini, Google menambahkan bahwa domain hangouts.google.com akan terus berfungsi.

Fitur-fitur dalam Google Hangout

Layaknya aplikasi chat dan kolaborasi Google Hangout memiliki banyak fitur pendukung yang berguna untuk pekerjaan dan kolaborasi project. beberapa diantaranya:

Kirim pesan ke teman atau mulai percakapan grup: Lakukan percakapan satu lawan satu atau sertakan semua teman Anda dengan obrolan grup hingga 100 orang. Katakan lebih banyak dengan foto, peta, emoji, stiker, dan GIF.

Terhubung kapan saja dengan panggilan video: Ubah percakapan apa pun menjadi panggilan video gratis hanya dengan satu ketukan. Bicara satu-satu atau undang teman untuk panggilan grup dengan maksimal 10 orang.

Tetap sinkron dengan dan di seluruh perangkat Anda: Sinkronkan obrolan Anda dari perangkat ke perangkat dan lanjutkan percakapan di mana pun Anda berada. Tetap terhubung dengan teman di Android, iOS, dan web.

Manfaat dan praktek penggunaan Google Hangout

Mari pelajari tentang peralihan dari Hangouts klasik ke Google Chat. Google Hangouts klasik digantikan oleh Google Chat untuk semua orang. Beberapa orang mungkin telah dipindahkan ke Google Chat dan mungkin tidak lagi dapat menggunakan Hangouts klasik di beberapa platform. Saat beralih dari Hangouts klasik ke Google Chat, Anda dapat:

  • Lakukan lebih banyak dengan pesan.
  • Bereaksi terhadap pesan dengan emoji.
  • Gunakan Balasan Cerdas untuk menghemat waktu.

Penting: Jika Anda tidak dapat lagi mendownload aplikasi Hangouts klasik di Android atau iOS. Untuk melanjutkan percakapan Anda, gunakan Google Chat.

Pelajari cara kerja Google Chat dan Google Hangout klasik

Anda dapat mengirim pesan kepada seseorang atau grup dengan Google Chat meskipun mereka menggunakan Hangouts klasik. Anda mendapatkan pesan di Google Chat, dan kontak Anda mendapatkan pesan di produk yang mereka gunakan: Google Chat atau Hangouts klasik.

Untuk saat ini, perubahan ini hanya memengaruhi pengguna Google Workspace serta pelanggan lama G Suite Basic dan Business. Dengan kata lain, ini memengaruhi orang yang menggunakan layanan Google sebagai bagian dari bisnis atau organisasi.

Jadi jangan khawatir Anda dapat mengirim pesan antara Google Chat dan Hangouts klasik. Jika Anda menggunakan Google Chat di kantor atau sekolah, ruang baru yang dibuat di Chat masih mungkin untuk muncul di Hangouts klasik.
Tapi sebaliknya Anda tidak dapat lagi mengirim pesan di Hangouts klasik ke grup yang tidak muncul di Google Chat. Pengguna Google sekarang sudah banyak yang beralih ke Google Chat, jadi bagaimana pendapat Anda mengenai perubahan ini? Jika Ada pertanyaan mengenai fitur maupun aplikasi Google Workspace yang ingin Anda tanyakan jangan ragu untuk menghubungi Terralogiq melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments