Fasilitas Chromebook untuk Siswa Lebih Baik Daripada Laptop Biasa

1 Oktober 2021

Di era digital sekarang, banyak kebutuhan edukasi memerlukan komputer. Untuk siswa SD sampai mahasiswa, laptop menjadi partner yang dibutuhkan. Semakin tinggi jenjang pendidikan, makin tinggi pula peran laptop ini.

Untuk pemenuhan edukasi ini, Chromebook masuk di pasaran komputer. Dibandingkan laptop biasa, gadget ini menjadi alternatif murah. Di Amerika dan Eropa, penggunaan bahkan lebih populer dan bahkan diharuskan.

chromebook

Di antara Anda mungkin ada yang bertanya – tanya. Benarkah Laptop meningkatkan produktivitas? Apakah benar Chromebook lebih baik daripada laptop biasa? Apakah edukasi sekarang harus pakai gadget seperti ini? Untuk mengetahui semua itu, mari bahas bersama dalam artikel ini!

Baca juga: Layanan Yang Ada Pada Google Cloud Platform Indonesia

Apakah Laptop Untuk Siswa Tingkatkan Produktivitas Siswa?

Laptop sekarang sudah sangat penting perannya untuk produktivitas siswa. Contoh saja untuk mengerjakan tugas. Hal seperti mengetik paper research, membuat presentasi dan masih banyak lagi hal bisa dikerjakan lewat laptop.

Dalam research yang berjudul “Technology and Child Development: Evidence from the One Laptop per Child Program” ditemukan kesimpulan bahwa penggunaan laptop sangat penting untuk pendidikan. Research seperti inilah yang mendorong program sekolah untuk berikan laptop terstandar bagi para siswa.

Selama penggunaan sesuai dengan aturan dan ditujukan untuk mendukung edukasi, produktivitas siswa pasti lebih tinggi. Tentu saja laptop memiliki sisi negatif jika tidak digunakan baik. Jika menggunakan di kelas misalnya, para siswa bisa browsing – browsing website secara bebas dan tidak memperhatikan para guru.

Pada research dengan judul “Computers and Productivity: Evidence from Laptop Use in the College Classroom” sisi negatif ini dapat dilihat jelas. Dari kesimpulan research ditemukan anak yang kurang suka belajar akan menggunakan laptop untuk kebutuhan hiburan dibandingkan edukasi.

Walaupun ada sisi negatifnya, hal ini bisa diperbaiki dengan aturan khusus dan penggunaan laptop yang memiliki kunci akses. Contoh saja aturan pembatasan penggunaan laptop di kelas, mengharuskan laptop terhubung dengan Wi-Fi sekolah yang batasi akses website non edukasi dan banyak hal lain bisa dilakukan.

Satu hal lain yang bisa buat laptop lebih fokus untuk edukasi adalah penggunaan Chromebook. Alat ini lebih di desain untuk keperluan restriktif dan menjadi opsi laptop yang lebih murah untuk para siswa.

Chromebook Memastikan Fungsi Edukasi Lebih Fokus Untuk Komputer Siswa

Fungsi edukasi pada Chromebook lebih baik daripada komputer biasa karena lebih compact dan fokus. Anda tidak perlu takut siswa lebih sering main game menggunakan gadget ini karena penggunaanya lebih terbatas. Siswa tidak akan bisa install game dengan bebas dalam alat ini. Karena itu, siswa akan lebih mudah belajar dan mengerjakan tugas tanpa harus terganggu dengan godaan kegiatan lain. 

Chromebook untuk siswa juga lebih baik karena ada integrasi program Google Workspace for Education. Program ini memastikan kebutuhan mengerjakan tugas, menghadiri kelas online dan kebutuhan pembelajaran lain lebih mudah dilakukan. Fitur ini sudah terintegrasi dan tidak perlu settingan sulit seperti pada laptop biasa.

Bisa dibilang Chromebook untuk edukasi lebih mendekati smartphone tapi dengan kemampuan kerja seperti laptop. Siswa pasti tahu cara menggunakan smartphone, jadi mereka bisa mudah mempelajari penggunaan gadget ini dan menjadi lebih produktif dibandingkan laptop biasa.

Baca juga: Google For Education, Transformasi Sistem Pendidikan Di Masa Depan

Berbagai Kelebihan Chromebook Dibanding Laptop Biasa

Chromebook berguna bagi pendidikan siswa dan memang pilihan lebih tepat dibandingkan laptop. Bagi Anda yang ingin tahu kelebihan lainnya dari gadget ini, berikut adalah beberapa penjelasannya:

1. Harga yang Lebih Terjangkau

Saat melihat Chromebook vs laptop biasa, Anda akan melihat perbandingan harganya terlebih dahulu. Laptop Windows rata – rata lebih mahal dan menawarkan spec lebih tinggi. Sedangkan laptop Google ini bisa memiliki spek yang lebih rendah tapi performanya tetap baik digunakan.

Hal ini karena OS Windows lebih demanding daripada Google OS. Karena spek tidak perlu terlalu tinggi, tentu saja harga bisa ditekan jadi lebih terjangkau. Memang OS khusus pada laptop Google akan terasa aneh saat pertama menggunakan. Namun jika sudah terbiasa, kemampuannya menyaingi work PC di kantoran pada umumnya.

2. Lebih Mudah Digunakan dan Dipelajari

OS dan interface dari laptop Google ini lebih mendekati Android. Jadi Anda tidak perlu bingung cara menggunakannya. Baik anak – anak dan orang tua pasti lebih dekat dengan smartphone mereka. Jadi transisi mempelajari dan menggunakan gadget ini tidak akan terlalu menyulitkan.

3. Bebas Malware

Kelebihan Chromebook yang lainnya adalah bebas masalah malware. Kebanyakan virus dan malware lebih sering menyerang OS Windows. Karena hal ini, Windows memiliki proteksi tersendiri. Tapi program jahat yang menyerang Windows tersebut tidak bisa menginfeksi OS Chromebook. Jadi penggunaan Laptop Google ini jauh lebih aman.

4. Penggunaan Aplikasi Lebih Mudah

Dibandingkan Windows, aplikasi lebih mudah digunakan dan diinstal pada laptop Google ini. Selama Anda mengerti cara install aplikasi di smartphone Android, caranya akan sama di laptop Google ini. Kemudahan ini membuat masalah instalasi jarang terjadi. Mulai dari anak – anak dan orang tua pasti lebih mudah mempelajari proses instalasi program di sini.

chromebook

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Beli Chromebook

Chromebook memang bagus dan menawarkan banyak hal yang positif untuk edukasi. Sayangnya produk ini masih memiliki kelemahan terutama di Indonesia. Mari bahas beberapa hal penting yang harus Anda tahu sebelum membeli gadget ini:

1. Masih Sulit Didapatkan di Indonesia

Beli Chromebook di Indonesia bisa dibilang sulit. Tidak banyak penjual komputer dan laptop memilih jual laptop Google ini dibanding laptop biasa. Anda hanya akan dapatkan akses beli jika datang ke partner Google.

Zyrex dan Axioo sebenarnya juga memproduksi Chromebook, sayangnya harga mereka kurang kompetitif. Anda bisa coba beli laptop Google secara import dan bandingkan harganya dengan yang produksi local. Pasti yang import jauh lebih murah. Walau harus bayar bea cukai dan biaya delivery, harganya tetap terjangkau produksi luar.

Kesulitan di dapat di Indonesia menyebabkan service layanan juga akan bermasalah. Jika butuh service ataupun layanan customer service di Indonesia, Anda pasti kesulitan. Untungnya hal ini sudah makin membaik kondisinya berkat perusahaan partner Google yang makin banyak di Indonesia.

2. Batasan Akses Fitur

Chromebook menggunakan OS khusus yaitu Chrome OS. Chromebook OS ini berbeda dengan Windows dan Linux yang memang didesain untuk PC. Chrome OS lebih ditujukan untuk berbagai device mobile seperti tablet dan surface PC.

Batasan OS ini hanya mampu memenuhi kebutuhan selama dalam batasan browser dan fitur mobile Android. Anda bisa install aplikasi di sini yang di approve oleh Google. Selain itu, Anda tidak bisa install program apapun.

Kelemahan ini membuat laptop Google kurang customizable. Untungnya fitur dasar seperti browsing internet, mengetik dokumen, membuat presentasi dan penghitungan data masih bisa dilakukan. Anda cukup gunakan Google Docs dan Google Workplace untuk hal ini.

3. Harus Terhubung Internet

Kelemahan Chromebook yang terakhir adalah koneksi internet. Tanpa internet, gadget ini tidak akan bisa dipakai sama sekali. Anda hanya akan bisa buka beberapa file dengan aplikasi yang sudah diinstall. Tapi untuk keperluan mengetik, Anda tidak akan bisa karena Google Docs hanya berfungsi dengan internet.

Karena masalah ini, banyak daerah di Indonesia dengan sinyal buruk ataupun tidak punya akses internet pasti kesulitan pakai gadget ini. Sebelum Anda membeli laptop Google ini, pastikan memiliki akses internet yang baik terlebih dahulu.

Baca juga: Keunggulan & Cara Memanfaatkan Google Cloud yang Wajib Diketahui

Apakah Anda Tertarik dengan Chromebook?

Dari penjelasan di atas, sekarang Anda makin mengenal Chromebook. Dari banyak pertimbangan, gadget ini lebih baik darip laptop biasa dalam penuhi kebutuhan edukasi. Apakah Anda tertarik membelikannya bagi anak Anda?

Gadget ini sebenarnya memiliki potensi lebih tinggi. Contoh saja untuk keperluan kerja di kantoran. Bila Anda adalah UKM yang mulai berkembang, membeli PC atau laptop untuk karyawan bisa mahal. Biaya ini bisa ditekan hanya dengan sediakan laptop Google ini. Untuk pekerjaan seperti mengetik dokumen, buat spreadsheet dan komunikasi via email, alat ini sudah sangat mumpuni.

Bagaimana? Menarik bukan? Baik untuk kebutuhan kerja maupun edukasi, Chromebook bisa jadi pilihan bagus. 

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments