Pentingnya Digitalisasi Bisnis Pada Era Industri 4.0

10 Agustus 2022

Pada masa kini, semua sektor kehidupan sudah berubah menjadi serba digital. Semua aspek yang berhubungan dengan kehidupan akan mengalami perubahan. Tentunya dalam mencapai perubahan memerlukan adaptasi. Begitupun dengan dunia bisnis. Bisnis harus melakukan adaptasi agar mampu bertahan dan berkompetisi di zaman modern ini.

Revolusi Industri 4.0 mendorong terjadinya transformasi digital pada seluruh aspek kehidupan. Salah satu sektor yang cukup besar dipengaruhi adalah bisnis. Proses digitalisasi bisnis sudah diambil oleh hampir sebagian besar bisnis di seluruh dunia.

Namun, apa sebenarnya digitalisasi bisnis itu? Apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dari digitalisasi bisnis? Simak artikel ini untuk mengetahuinya. 

Pentingnya Digitalisasi Bisnis Pada Era Industri 4.0

Definisi Digitalisasi Bisnis

Digitalisasi bisnis berarti integrasi teknologi yang mengubah cara perusahaan dalam beroperasi di berbagai area, layanan, dan saluran baik dengan pelanggan ataupun pemangku kepentingan lainnya. 

Proses digitalisasi ini sebenarnya lebih dari sekedar membeli atau menggunakan alat baru dan perangkat lunak baru. Dalam proses transformasi digital diperlukan komitmen dan kejujuran dari seluruh pihak di dalam organisasi untuk mengevaluasi, menantang, serta mengkonfigurasi ulang proses bisnis pada jalur dan kecepatan yang sesuai. Proses tersebut akan disesuaikan untuk perusahaan itu sendiri, klien perusahaan, dan pemasok perusahaan. 

Baca Juga: Apa itu Teknologi Industri dan Jenis Teknologi Industri

Keuntungan Digitalisasi Bisnis

Seperti yang telah disebutkan di atas, digitalisasi mendatangkan banyak hal baru yang bermanfaat bagi bisnis. Beberapa manfaat lain dari digitalisasi bisnis, antara lain:

  • Peningkatan efisiensi operasi
  • Lebih sedikit human error
  • Mengurangi biaya operasional
  • Penyimpanan data yang lebih aman di cloud
  • Memungkinkan analisis data

Selain manfaat di atas, berikut adalah beberapa manfaat lain yang dibawa oleh digitalisasi untuk bisnis. 

Peningkatan Kehadiran Digital

Adanya kehadiran digital dalam bisnis kita adalah salah satu hal yang paling terlihat dari adanya digitalisasi bisnis. Misalnya, dengan memunculkan perusahaan di jejaring sosial, toko online, dan direktori bisnis, tentu bisnis Anda akan jauh lebih disadari atau memiliki visibilitas yang berlipat ganda. 

Banyak perusahaan yang hanya memiliki kehadiran digital, artinya hampir tidak ada kehadiran offline sama sekali. 

Munculnya Saluran Komunikasi Baru

Selain meningkatkan visibilitas digital, penerapan teknologi juga memungkinkan perusahaan untuk menciptakan saluran komunikasi baru. Misalnya, aplikasi seluler, email, dan media sosial. 

Saluran komunikasi baru yang canggih ini memungkinkan Anda untuk menerapkan strategi bisnis yang baru dan juga meningkatkan peluang peningkatan pendapatan penjualan, serta loyalitas pelanggan. 

Mendorong Inovasi

Digitalisasi dalam bisnis memiliki dampak besar pada inovasi. Semakin majunya teknologi membuat kita harus bertindak lebih tegas dan melakukan inovasi. Inovasi berkelanjutan akan memungkinkan Anda untuk lebih menyadari tren dan peluang baru dalam masyarakat. 

Baca Juga: Transformasi Digital: Kemudahan Bisnis Era Industri 4.0

Tips Digitalisasi Bisnis

Beberapa tips ini dapat Anda terapkan untuk membantu Anda menentukan pondasi untuk proyek digitalisasi yang akan menguntungkan bisnis Anda. 

1. Identifikasi Ruang untuk Perbaikan

Anda dapat terlebih dahulu memeriksa satu proses dari bisnis Anda, lalu pahami di mana ruang untuk perbaikan dibutuhkan, dan mulai perjalanan digitalisasi Anda dari sana. 

Misalnya, hingga saat ini Anda masih menerima faktur kertas dari pemasok Anda. Hal ini termasuk dalam salah satu ruang untuk pengembangan model bisnis digital. Anda dapat mengubah faktur kertas atau dokumen-dokumen PDF ini menjadi faktur elektronik otomatis. 

Selain lebih ramah lingkungan, Anda juga dapat melaksanakan kerja dengan lebih efisien. Kegiatan memasukkan data secara manual, verifikasi faktur, dan menangani serta menyimpan kertas atau PDF dapat Anda hindari. Dengan menggunakan faktur elektronik otomatis yang dapat secara langsung masuk ke dalam sistem ERP Anda, Anda dapat mengurangi biaya, pekerjaan manual, dan kesalahan. 

2. Peroleh Dukungan Organisasi Secara Keseluruhan

Setelah area peningkatan diidentifikasi, Anda harus dapat memperoleh dukungan seluruh organisasi Anda terhadap upaya digitalisasi bisnis Anda. Siapkan kasus bisnis terperinci yang menunjukkan apa yang akan diperoleh perusahaan secara keseluruhan dari adanya proyek digitalisasi ini. 

Selain menghemat uang, waktu, dan sumber daya, digitalisasi proses keuangan memungkinkan Anda mengumpulkan dan mengakses data berkualitas dari pesanan, faktur, dan dokumen lainnya. Hal ini kemudian memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren, pola, wawasan harga, dan preferensi pembeli. 

3. Integrasikan Sistem Anda

Saat memulai proyek digitalisasi, pastikan untuk tidak menimbulkan lebih banyak masalah daripada yang ingin Anda pecahkan. Saat menentukan pilihan, cari penyedia layanan yang dapat dengan mudah terintegrasi dengan ERP Anda saat ini atau sistem akuntansi lainnya. 

Dengan memastikan proses bisnis digital Anda tidak memerlukan perubahan sistem atau format apapun, Anda dapat beralih ke bisnis digital lebih cepat dan memaksimalkan proyek transformasi Anda. 

Langkah-langkah Digitalisasi Bisnis

Ikuti langkah-langkah digitalisasi bisnis ini untuk memastikan transformasi digital yang efektif bagi bisnis Anda. 

1. Tentukan Tujuan

Untuk setiap proses yang ingin Anda digitalisasi, kembangkan kerangka kerja yang jelas untuk mengidentifikasi tujuan dan ukuran keberhasilan terkait. Kunci utama dari langkah ini adalah mengembangkan tujuan tingkat tinggi dan spesifik, beserta metrik kuantitatif, misalnya penghematan biaya, penghematan waktu, peningkatan kepuasan pelanggan, dan sebagainya yang akan membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan. 

Baca Juga: Yuk, Kenali Pentingnya Point Of Interest Dalam Bisnis!

2. Lingkup Proses

Tentukan jenis proses bisnis yang ingin Anda digitalisasikan. Umumnya ada tiga jenis proses bisnis, yaitu:

  • Proses operasional – proses inti untuk membangun, mengembangkan, dan memberikan produk dan layanan kepada pelanggan
  • Proses manajerial – sistem yang melacak dan mengawasi anggaran serta peluang pertumbuhan strategis
  • Proses pendukung – sistem yang ada di bagian belakang bisnis apa pun, seperti dukungan teknik, administrasi kantor, dan penanganan keluhan pelanggan

Dengan memahami jenis proses digitalisasi yang relevan dapat membantu Anda menentukan prioritas mana yang akan dilibatkan, praktik terbaik apa yang harus ditinjau, dan tolak ukur apa yang digunakan.

3. Tentukan Model Bisnis Digital Anda

Model bisnis digital memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang unik yang menciptakan diferensiasi kompetitif dan yang menciptakan keberlanjutan finansial. Semakin banyak pemikiran yang Anda lakukan untuk mengembangkan model bisnis digital yang sesuai dengan pelanggan dan tim Anda, semakin baik posisi Anda untuk memanfaatkan peluang digital sebaik mungkin. 

Cara terbaik untuk menentukan model bisnis digital Anda adalah dengan memikirkan bagaimana platform digital yang berbeda memungkinkan bisnis untuk berinovasi dan memanfaatkan tren yang muncul sambil tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan. 

Langkah-langkah Digitalisasi Bisnis

4. Reinvent dan Streamline (sesuai kebutuhan)

Proses bisnis harus dilihat secara holistik sebelum hanya mengubahnya dari analog ke digital. Selain otomatisasi proses manual yang sudah ada sebelumnya, Anda juga dapat mulai membuat atau menemukan kembali proses Anda sendiri seperlunya. 

Cari peluang untuk mengubah atau menyesuaikan proses, menciptakannya kembali, atau merampingkannya dengan cara yang meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pengumpulan data, atau mempercepat pengambilan keputusan. 

5. Manfaatkan Platform Software No-Code

Transformasi digital selalu mencakup beberapa jenis perangkat lunak. Sebagian besar organisasi yang lebih besar mengandalkan solusi perangkat lunak perusahaan untuk membantu mereka mengoperasikan bisnis mereka dan melakukan setiap tugas, mulai dari pemasaran dan penjualan, hingga operasi dan manajemen keuangan. 

Tren yang sedang meningkat saat ini adalah perangkat lunak tanpa kode (no-code software) yang dapat mempercepat transformasi digital. Perangkat lunak no-code memungkinkan siapapun untuk mendefinisikan dan menskalakan proses bisnis tanpa pengetahuan koding. Hal ini membuat solusi khusus dapat diakses siapa saja, bukan hanya konsultan atau programmer

6. Buat Peta Jalan Transformasi Digital

Peta jalan berguna untuk mengkomunikasikan strategi digital dengan cara yang sederhana kepada karyawan dan seluruh organisasi. Dengan peta jalan, semua orang dapat melihat bagaimana teknologi dan proses digital mendukung tujuan perusahaan yang ada dan akan membantu mencapai visi dan misi. Peta jalan juga menguraikan tindakan spesifik yang harus diterapkan waktu ke waktu untuk menciptakan proses, pengalaman pelanggan, atau model bisnis baru. 

Baca juga: Apa itu Internet of Things? Kenali Manfaat dan Contohnya!

Wujudkan Digitalisasi Bisnis Anda bersama Terralogiq

Salah satu transformasi digital yang saat ini sudah menjadi standar bagi bisnis adalah adanya penggunaan cloud untuk menyimpan data. Sebagian besar perusahaan cenderung menyimpan data mereka di database cloud, dan semakin sedikit jumlah perusahaan yang tidak menggunakan penyimpanan cloud. 

Google adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan cloud dengan keamanan yang terjamin, dan memungkinkan pengelolaan aset digital dengan mudah. 

Apakah Anda tertarik untuk melakukan transformasi digital di dalam bisnismu? Segera lakukan kerja sama dan konsultasi dengan konsultan IT. Terralogiq merupakan perusahaan IT yang profesional dan spesialisasi dalam membantu Anda membangun transformasi digital dalam perusahaan Anda. Terralogiq juga memiliki status premier partner Google Cloud

Bekerja sama dengan Terralogiq dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena tim dengan dukungan teknis lokal bersertifikat milik kami tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Jika tertarik, Anda bisa kunjungi website kami di sini! Anda juga bisa menghubungi kami melalui email halo@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments