Manfaat Content Management System (CMS) yang Harus Anda Ketahui!

9 November 2022

Pernahkah Anda berpikir memiliki sebuah website yang memungkinkan Anda untuk membuka toko online, mengembangkan bisnis, mengelola konten artikel pribadi, atau hanya bertujuan untuk sekadar membangun website dan mengelola website untuk kepentingan pribadi? Di era online seperti ini, kehadiran sistem berbasis web tidak dapat dipungkiri telah menjadi kebutuhan banyak organisasi atau perusahaan, karena dengan memiliki website akan semakin mudah juga untuk menjangkau para target user.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dilansir dari CNBC, mengatakan bahwa hingga sepanjang tahun 2022 terdapat penambahan pengguna internet aktif sebanyak 35 juta menjadi 210 juta pengguna internet di Indonesia. Hal ini tentu menggambarkan bahwa semakin banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan jaringan internet guna mengakses berbagai layanan platform yang dibutuhkan.

Pihak APJII juga menambahkan bahwa efek pandemi menjadi salah satu penyebab peningkatan pengguna internet di Indonesia. Dengan adanya pandemi COVID-19, banyak kebutuhan masyarakat yang mau tidak mau berubah menjadi online misalnya saja seperti bekerja online, sekolah online, hingga mengelola bisnis pun harus menjadi online dalam rangka mengurangi penyebaran virus Covid 19.

Untuk mengikuti era yang semakin digital seperti sekarang ini, diperlukan sebuah terobosan dalam beraktivitas menjadi serba online. Terdapat beberapa jenis aplikasi yang dapat berbasis online, salah satunya adalah berbasis website. Hal ini memungkinkan user untuk dapat mengakses dari berbagai perangkat, mulai dari smartphone, PC, laptop, hingga tablet sekalipun.

Manfaat Content Management System (CMS) yang Harus Anda Ketahui!

Tentunya dibutuhkan orang-orang yang memiliki bidang teknis khususnya pada bidang IT (Informasi dan Teknologi) untuk dapat membangun dan mengelola website agar terus update. Namun, di sisi lain adalah permasalahan biaya yang biasanya dibutuhkan pada saat pembuatan website yang belum tentu menjangkau secara finansial bagi beberapa kalangan terutama bagi UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah).

Maka dari itu, muncul lah sebuah teknologi yang bernama Content Management System atau biasa disebut dengan CMS. CMS merupakan sebuah sistem manajemen konten yang bersifat open source, user friendly, dan bertujuan untuk membantu Anda dalam pembuatan website secara gratis.

Di kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh apa itu CMS, manfaat CMS, jenis-jenis CMS yang tersedia, dan bagaimana cara menggunakan platform CMS itu sendiri.

Key Takeaways:

  • CMS atau content management system adalah sebuah perangkat yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu pembuatan website tanpa harus memahami bagaimana cara menulis barisan kode bahasa pemrograman.
  • Fungsi CMS adalah untuk membantu mengoptimalkan website, bisnis, serta memudahkan Anda dalam mengelola konten di dalam website tersebut.
  • Menggunakan CMS dapat memberikan Anda beberapa manfaat seperti menjaga kualitas website tetap konsisten, adanya akses manajemen user, memudahkan dalam mengelola konten website, dan proses instalasi yang mudah.

Pengertian CMS atau Sistem Manajemen Konten

CMS atau content management system adalah sebuah perangkat yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu pembuatan website tanpa harus memahami bagaimana cara menulis barisan kode bahasa pemrograman. CMS memiliki fungsi utama yaitu membantu membangun website, mengelola website, merancang website, hingga menerbitkan konten yang diperlukan di website tersebut.

Selain dapat membantu dalam pengelolaan website, CMS juga menyediakan berbagai fitur lainnya untuk memudahkan Anda, salah satunya fitur untuk menganalisa website Anda. Dengan CMS, Anda dapat dengan mudah untuk memantau bagaimana perilaku para pengunjung website Anda, seperti menghimpun komentar para pengunjung, melihat durasi yang dihabiskan oleh pengunjung, serta memudahkan website Anda ditemukan dalam mesin pencarian internet atau biasa disebut dengan search engine.

Fungsi CMS yang Harus Anda Ketahui

Kehadiran CMS tak dapat dipungkiri sangat membantu dalam pengelolaan situs web, terlebih bagi Anda yang kekurangan sumber daya yang paham akan pembuatan website. Dengan kondisi tersebut, platform CMS dikembangkan sedemikian rupa sehingga siapapun tanpa background komputer sekalipun dapat menggunakannya.

Dengan membawa konsep user friendly bagi setiap penggunanya, CMS memiliki beberapa fungsi. Di antaranya adalah:

1. Sebagai Bentuk Optimalisasi Dari Situs Web

Dengan tersedianya beragam fitur CMS, tentu saja penggunaan CMS atau sistem manajemen konten merupakan sebuah upaya dalam mengoptimalkan pembuatan dari sebuah website itu sendiri. Dengan CMS, Anda diberi kemudahan dalam mengelola konten, mengecek kecepatan dari website Anda. Sehingga pengelolaan website Anda dapat berjalan dengan lebih komprehensif.

2. Memudahkan Anda Dalam Mengelola Konten

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah toko online menggunakan CMS, pilihan tersebut merupakan pilihan yang cukup ideal. Pertama, karena penggunaan CMS ini gratis alias tanpa dipungut biaya sedikitpun. Kedua, Anda dapat dengan mudah mengunggah berbagai foto dan video produk atau jasa yang Anda tawarkan lengkap dengan database yang telah disediakan oleh penyedia CMS.

Atau apabila Anda ingin mengembangkan website untuk keperluan publikasi artikel juga merupakan pilihan yang ideal untuk pengelolaan konten, mengingat di dalam CMS juga disediakan seperti text editor lengkap dengan beragam fitur penulisan pada umumnya. Anda juga dimungkinkan untuk langsung mempublikasikan hasil penulisan artikel beserta fitur untuk mengetahui engagement dari sebuah artikel itu sendiri.

3. Membantu Meningkatkan Bisnis Anda

Dengan proses instalasi CMS yang tidak terlalu rumit dan cukup cepat, tentunya waktu pembuatan website berbasis CMS juga tidak selama seperti proses pembuatan website konvensional dengan cara coding oleh para developer. Proses yang lebih efisien ini tentunya dapat membantu mengembangkan serta meningkatkan bisnis Anda dengan lebih cepat.

Adapun penggunaan CMS ini dapat sesuai dengan berbagai kebutuhan bisnis Anda. Apabila Anda ingin membuat toko online maka Anda dapat menggunakan CMS dengan tema e commerce atau jika Anda ingin mengembangkan jasa penulisan artikel atau blog maka Anda dapat menggunakan CMS dengan tema text editor.

Baca juga: Kenali Apa Itu Framework Hingga Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis!

Manfaat Content Management System Bagi Anda

Menggunakan CMS dibandingkan dengan melakukan hard code dalam pembuatan website memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Salah satu kelebihan dan kekurangan masing-masing cara tersebut adalah dalam hal customization, yang mana akan lebih mudah apabila mengembangkannya tanpa CMS. Hal ini dikarenakan setiap penyedia CMS sudah memiliki template mereka masing-masing dan biasanya agak sulit untuk dilakukan customization.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat ketika Anda menggunakan CMS untuk pengelolaan situs web Anda.

1. Cara Penggunaan yang Mudah dan Praktis

Apabila dalam pembuatan website secara konvensional alias coding membutuhkan seseorang yang ahil secara teknis mengenai komputer, maka katakan tidak jika menggunakan CMS. Dengan menggunakan CMS, pembuatan website tidak lagi dilakukan dengan cara hard code, melainkan Anda cukup melakukan instalasi CMS, memilih tema situs web dan landing page, mengatur berbagai konten seperti gambar video, serta tidak akan direpotkan dengan jadwal maintenance.

Berbicara mengenai maintenance, tentunya memiliki sebuah website juga perlu perawatan berkala dan dengan CMS tentu Anda tidak akan direpotkan dengan hal-hal tersebut. Belum lagi terkait dengan pemilihan nama domain dan web hosting juga biasanya sudah masuk ke dalam paket penggunaan CMS itu sendiri, mudah bukan? Berikut beberapa kemudahan dari penggunaan CMS:

2. Kemudahan Dalam Manajemen Konten

Memiliki sebutan sebagai sistem manajemen konten, tentu saja CMS memiliki fitur utama berupa pengelolaan konten yang lebih baik dan terstruktur. Dengan CMS, Anda akan diberi kemudahan pada saat melakukan sortir beberapa jenis media seperti artikel, portofolio serta gambar video.

CMS juga membantu website Anda untuk memiliki posisi search engine rank terbaik dengan menggunakan fitur tags sehingga konten dari situs web Anda akan sesuai dengan apa yang audiens inginkan.

3. Menentukan dan Menjaga Kualitas Desain Website

Selain daripada skill teknis yang Anda tidak perlu miliki, jangan khawatir apabila Anda juga tidak terbiasa dalam mendesain untuk sebuah tampilan website karena dengan CMS hal tersebut dapat teratasi dengan mudah. CMS memiliki fitur untuk memilih berbagai jenis template desain terbaik untuk website Anda, sehingga dipastikan sangat user friendly bagi Anda yang belum memiliki pengalaman di bidang desain website.

Selain itu, sebuah desain website yang baik adalah memiliki desain konsisten di seluruh sisi website, termasuk di dalamnya adalah halaman. CMS memungkinkan Anda untuk membuat desain dari setiap halaman website Anda menjadi konsisten, sehingga akan memberikan efek nyaman baik bagi Anda sebagai user maupun bagi para pengunjung website Anda.

4. Tersedia Beragam Plugin Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Ketika berbicara mengenai CMS, tentunya ada banyak alasan mengapa seseorang tertarik untuk menggunakannya, salah satu halnya terkait dengan fleksibilitasnya. CMS memiliki fitur yang disebut dengan plugin. Plugin sendiri merupakan sebuah alat tambahan yang tersedia di berbagai platform CMS yang bertujuan untuk memberikan kemampuan lebih pada sebuah CMS.

Misalnya saja Anda menggunakan platform CMS bernama WordPress yang merupakan salah satu contoh CMS populer saat ini, di dalam WordPress terdapat plugin bernama WooCommerce yang akan memudahkan Anda jika ingin mengembangkan website CMS untuk berjualan online.

5. Memiliki Fitur Manajemen User

Membangun sebuah website tentunya tidak terbatas kepada satu orang saja, melainkan butuh beberapa orang lain supaya website tersebut dapat berjalan dengan baik. Biasanya, hal yang menjadi concern pemilik web adalah mengenai hak akses pengguna dari sebuah website. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa informasi sensitif yang tidak seharusnya diketahui oleh semua user.

Dengan menggunakan CMS, Anda akan dimudahkan dalam proses pemberian hak akses kepada masing-masing user. Sehingga setiap user memiliki peran dan fungsinya masing-masing di dalam sebuah website, hal ini tentu saja juga sekaligus meningkatkan keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak seharusnya.

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Profesi Software Developer

Jenis-jenis CMS yang Populer Digunakan

Jenis-jenis CMS yang Populer Digunakan

1. WordPress

Salah satu brand CMS yang populer digunakan di dunia adalah WordPress, hal ini ditunjukkan dengan 30% total website yang ada di internet menggunakan platform CMS WordPress. WordPress memiliki fitur yang sangat cocok untuk kegiatan blog, sehingga banyak blogger menggunakan WordPress untuk mengembangkan konten artikelnya.

Namun, kini penggunaan WordPress tidak terbatas pada kegiatan blogging saja, akan tetapi sudah merambah ke website portofolio, website bisnis online, dan lain sebagainya. Belum lagi tersedia banyak pilihan plugin yang akan semakin memudahkan penggunaan CMS WordPress yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa hal yang menyebabkan WordPress menjadi brand CMS yang paling populer adalah karena sifatnya yang open source sehingga memiliki tingkat kustomisasi yang tinggi dan tentunya gratis.

2. Joomla

CMS lain yang dapat Anda gunakan selain WordPress adalah Joomla, tetapi perlu diakui dari tingkat popularitasnya masih kalah dibandingkan dengan WordPress. Hal ini dikarenakan kompleksitas penggunaan Joomla sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan WordPress, sehingga Joomla lebih cocok digunakan oleh user atau developer yang sudah berpengalaman.

Joomla memiliki salah satu fitur yang cukup menarik yaitu dapat membuat tampilan website versi mobile secara otomatis. Hal ini tentu saja berita baik bagi Anda, karena jika website Anda sudah mendukung tampilan mobile maka secara otomatis akan menaikkan peringkat SEO website Anda. Joomla akan membantu Anda dalam membuat tampilan mobile yang fungsional, user friendly, dan tentunya responsif.

3. Drupal

Drupal merupakan brand CMS yang cukup populer, akan tetapi jika berbicara mengenai popularitas harus diakui bahwa Drupal masih kalah dari WordPress dan Joomla. Drupal sendiri merupakan CMS yang bersifat open source dan gratis sama seperti WordPress, akan tetapi tingkat kemudahan pakainya hampir mirip dengan Joomla yang lebih cocok bagi user yang telah memiliki pengalaman di bidang pemrograman.

Salah satu keunggulan Drupal dibandingkan dengan yang lainnya adalah tingkat keamanannya yang sangat tinggi sehingga sukar untuk disusupi oleh cyber crime, serta Drupal juga memiliki skalabilitas yang cukup baik.

Maka dari itu, jangan heran jika lembaga dan perusahaan terkenal dunia seperti NASA, Tesla, Nokia, dan lainnya telah memercayai Drupal sebagai content management system mereka yang dianggap handal.

4. Prestashop

Adapun bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis Anda menjadi sebuah toko online, terdapat rekomendasi CMS yang cocok bagi Anda yaitu Prestashop. Prestashop merupakan CMS yang didesain khusus untuk menangani pembuatan website e commerce, serta yang paling penting adalah sifatnya yang open source sehingga mudah untuk dilakukan customization.

5. Kelebihan dan Kekurangan CMS

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hal yang ada pasti memiliki sisi positif dan juga sisi negatif, begitu juga dengan CMS yang baru saja kita bahas bersama. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan CMS yang wajib Anda ketahui sebelum memakainya.

Kelebihan CMS:

  • CMS memudahkan dalam mengelola dan pembuatan konten.
  • Membuat dan mengelola website menggunakan CMS tidak perlu memahami bahasa pemrograman.
  • Terdapat berbagai pilihan tema, plugin, hingga ekstensi yang dapat di-install dengan mudah.
  • Dengan adanya plugin, Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur seperti SEO (Search Engine Optimization)
  • Karena bersifat open source, maka penggunaan CMS tidak dipungut biaya sama sekali. Hanya perlu mempersiapkan hosting dan domain saja.
  • CMS memiliki fitur manajemen user yang memungkinkan untuk mengelompokkan role dari masing-masing user seperti subscriber, author, editor, dan administrator.

Kekurangan CMS:

  • Walaupun CMS memiliki banyak opsi template untuk tampilan website Anda, akan tetapi jika tingkat popularitas template tersebut tinggi maka kans kemiripan antara website Anda dengan website lainnya semakin besar.
  • Fleksbilitas yang terbatas jika dibandingkan dengan pembuatan website secara konvensionall menggunakan coding.
  • Risiko terkena serangan siber lebih besar, karena tidak dapat dikustomisasi tingkat keamanannya melalui coding.

Setelah mengetahui apa pengertian dari CMS, fungsi-fungsinya, manfaat CMS, serta bagaimana cara menggunakan CMS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kini, Anda memiliki banyak opsi untuk mulai mengembangkan bisnis Anda secara mudah dan praktis.

Namum, tetap saja setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga harus Anda perhatikan betul apa yang menjadi kebutuhan Anda saat ini.

Ketahui Kebutuhan Calon Pelanggan Anda Bersama Terralogiq

Kini zaman sudah berubah menjadi serba digital, sehingga keakuratan data memegang peran yang cukup penting sebelum dapat mengambil keputusan yang strategis. Hal ini cukup berpengaruh apabila Anda seorang pemilik usaha yang sedang mencari target pasar yang ideal.

Maka dari itu, diperlukan pemetaan terhadap lokasi calon konsumen sehingga dapat menemukan unit usaha Anda secara efektif. Terralogiq menawarkan layanan Geospatial Planning yang akan membantu Anda dalam memetakan terhadap kebiasaan masyarakat di suatu wilayah tertentu, sehingga segala bentuk perencanaan dapat dilakukan secara proaktif bukan reaktif.

Kami merupakan Google Cloud Premier Partner di Indonesia dan telah dipercaya oleh lebih dari 150 klien yang tersebar dari sektor swasta dan juga instansi pemerintahan seperti Pertamina, PGN, PLN, BCA, Djarum, Alodokter, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk menggunakan solusi serta layanan Location Intelligence dan Geospatial? Kunjungi situs Terralogiq di sini dan dapatkan informasi lebih lengkapnya.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article