Definisi, Manfaat dan Rekomendasi Cloud Hosting

22 April 2022

Definisi Web Hosting

Untuk menggunakan layanan web hosting, customer harus melakukan pembelian jasa tersebut, pembelian ini akan memberikan pinjaman ruang pada untuk menyimpan data sebagai kebutuhan website.

Teknologi web hosting merupakan salah satu elemen krusial pada website. Hosting merupakan jasa online yang digunakan dalam menjalankan aplikasi website di internet. Pilihlah jasa dengan baik sebelum membeli karena hosting akan mempengaruhi kinerja website Anda.

Definisi, Manfaat dan Rekomendasi Cloud Hosting

Jenis-jenis web hosting

Sebelum memasuki pembahasan tentang cloud hosting, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis yang dapat digunakan oleh customer,

1. Shared hosting

Shared hosting mengharuskan customer berbagi server dengan customer lainnya. Namun, jika salah satu website mengalami gangguan atau masalah yang menyebabkan overload akibat resource yang digunakan berlebihan, maka website lain akan merasakan hal yang sama. Seperti namanya, jenis ini tidak menggunakan dedicated resource. Metode tradisional ini diatur melalui control panel (cpanel) sederhana.

2. Cloud hosting

Cloud hosting memiliki bandwidth yang cukup besar dan cocok digunakan untuk bisnis online. Metode jenis ini menggunakan server secara privat sehingga customer tidak perlu berbagi server dengan customer lain.

Dengan menggunakan server jenis ini, backup harian menjadi lebih aman dibandingkan jika melakukan backup pada RAM, CPU, SSD pribadi. Tak hanya file, server juga bisa melakukan backup pada email customer. Pengaturannya dilakukan dengan menggunakan control panel (cpanel) serupa dengan cara melakukan pengaturan shared hosting sehingga mudah digunakan. Cloud hosting cocok untuk digunakan perusahaan yang mengharuskan website support 24/7

3. VPS hosting

Hampir sama dengan metode sebelumnya, customer VPS harus berbagi server dengan customer lain. Namun, sumber daya (resource) yang digunakan bersifat dedicated, sehingga performa website tidak akan turun ketika server mengalami overload.

4. Dedicated hosting

Pada metode ini, server hanya ditujukan (dedicated) untuk seorang customer. Jenis ini memiliki kapasitas penyimpanan unlimited. Harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya. Selain itu, customer harus memiliki kemampuan terkait di bidang ini untuk mengelola server yang berbeda dengan kedua metode di atas yang menggunakan cpanel sederhana.

Cara memilih layanan hosting

Kualitas hosting menentukan kualitas dari sebuah website dan akan mempengaruhi performa website Anda, berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jasa.

1. Kredibilitas

Kredibilitas merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan jasa hosting. Carilah informasi mengenai perusahaan yang mengoperasikan layanan tersebut dan siapa saja yang sudah menjadi klien dari jasa hosting.

2. Penawaran

Menjamurnya jasa hosting internet membuat customer harus jeli agar dapat menemukan jasa yang sesuai dengan kebutuhannya. Carilah informasi mengenai layanan apa saja yang ditawarkan oleh jasa tersebut. Pertimbangkan layanan lain untuk membantu memberikan support pada keperluan perusahaan.

Mengenal cloud hosting lebih jauh

Istilah “cloud hosting” tentu tidak asing di telinga para customer sejak lama. Cloud hosting merupakan salah satu jenis jasa yang akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan website master.

Cloud hosting terkenal akan skalabilitas dan fleksibilitasnya. Namun, masih banyak pula website master (webmaster) dan sebagian masyarakat yang tidak mengetahui tentang cloud hosting atau tidak dapat membedakan cloud hosting dengan jasa hosting tradisional.

Shared hosting menggunakan metode pendekatan terpusat dengan menggunakan satu server sebagai rumah dari berbagai website. Terlihat mudah tapi jika server mengalami gangguan, maka seluruh website yang berada di bawahnya akan mengalami hal yang sama.

Cloud hosting menggunakan metode pendekatan distribusi di mana beban akan dibagi-bagikan ke beberapa server untuk meminimalisir terjadinya overload. Hal ini akan menghindari terjadinya masalah downtime pada server jika ada satu server yang mengalami masalah atau gangguan. Biasanya gangguan ini terjadi ketika sebuah website mengalami lonjakan pengunjung website memberikan support 24/7. Metode jenis ini umum digunakan oleh website berskala besar.

Menggunakan jasa hosting tradisional seperti memang praktis dan murah, tapi memiliki kapasitas resource yang terbatas. Hal ini disebabkan oleh adanya ruang berbagi dengan website maupun aplikasi lainnya di dalam server yang sama.

Jasa hosting tradisional lainnya seperti VPS memang memiliki kapasitas server yang tinggi untuk menampung resource. Namun, mengelola server VPS dibutuhkan keahlian teknis sehingga penggunaan VPS dinilai kurang mudah bagi pemula.

Mari kita simak penjelasan mengenai cloud hosting di bawah ini!

Apa itu cloud hosting?

Apa itu cloud hosting?

Cloud hosting adalah layanan teknologi yang menggunakan beberapa server yang berfungsi untuk menyeimbangkan beban (load) pada server sehingga dapat memaksimalkan server uptime. Gabungan dari beberapa server yang bekerja layaknya sebuah server utuh pada layanan cloud hosting disebut dengan “cloud cluster.” Semakin banyak server yang tergabung dalam cloud cluster, semakin besar resource (sumber daya) yang dapat dibagikan oleh cluster tersebut.

Cloud hosting sangat aman jika digunakan untuk melakukan backup harian. Keamanan backup file hingga email terjamin berkat penyimpanan file di lokasi server hosting yang berbeda.

Server uptime merupakan sebuah metrik yang digunakan untuk menentukan keandalan suatu server web. Ketika sebuah website mulai aktif dan dapat diakses oleh pengguna internet dalam periode tertentu, waktu tersebut disebut dengan uptime. Kesimpulannya, uptime merupakan hitungan waktu online dari server.

Kehadiran beberapa server yang bergabung menjadi cloud cluster tersebut akan memberikan sumber daya (resource) dari server lainnya untuk menjaga agar website yang sedang digunakan dapat tetap berjalan dengan normal ketika salah satu server sedang mengalami masalah atau gangguan.

Maka dari itu, cloud hosting disebut sebagai salah satu yang memiliki reliabilitas (dapat diandalkan) dan fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Saat ini, seiring perkembangan teknologi, tidak sedikit pemilik web (web owner) yang sudah mulai memindahkan situs (web) mereka ke dalam platform cloud. Meskipun sangat bagus untuk digunakan, cloud hosting tidak diperuntukkan untuk seluruh jenis website.

Penggunaan cloud hosting dinilai tidak perlu ketika seorang web owner memiliki situs web dengan lalu lintas (traffic) yang rendah. Cloud hosting lebih dibutuhkan bagi web dengan lalu lintas yang cukup padat untuk mencegah overload pada website.

Keunggulan penggunaan cloud hosting

Penggunaan cloud hosting memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut,

1. Uptime stabil

Dengan menggunakan resource atau sumber daya dari beberapa server pada cloud cluster, website Anda dipastikan tidak akan pernah mengalami downtime. Jika salah satu server mengalami kegagalan atau masalah lain dalam memenuhi permintaan dari klien, jasa cloud hosting akan memindahkan permintaan klien ke server lain dengan otomatis, sehingga server lain dapat memenuhi permintaan tersebut dan website atau aplikasi klien akan berjalan seperti biasa.

2. Scalability

Kemudahan skalabilitas merupakan salah satu fitur terbaik dari jasa cloud hosting. Dengan menggunakan jasa cloud hosting, Anda dapat menambahkan kapasitas server cloud tanpa membeli server fisik (RAM, CPU, SSD, dan sebagainya) dengan budget yang lebih besar.

Penambahan kapasitas server cloud ini berfungsi ketika situs mengalami perubahan lalu lintas atau traffic yang sangat besar. Hal ini berfungsi untuk mengurangi risiko downtime dan offline pada website maupun aplikasi yang memiliki permintaan lalu lintas yang sangat besar. Setelah lalu lintas kembali normal, dashboard intuitif dapat digunakan untuk menurunkan dan meminimalisir sumber daya atau resource dengan mudah.

3. Loading cepat

Teknologi load balancing yang ditawarkan cloud hosting dapat membagi beban kepada server-server yang terdapat pada cloud cluster sehingga aplikasi dan website yang menggunakan jasa cloud hosting dapat melakukan loading data dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan website yang tidak menggunakan jasa cloud hosting yang hanya menggunakan satu server.

4. Harga fleksibel

Jika dibandingkan dengan jasa hosting tradisional, jasa cloud hosting memang membutuhkan harga yang sedikit lebih mahal. Namun, jika dilihat dari segi fitur dan teknologi yang ditawarkan dari jasa cloud hosting, menggunakan jasa cloud hosting tentu dinilai terjangkau bagi perusahaan dan bisnis yang ingin menggunakan jasa ini pada website maupun aplikasinya.

5. Kemudahan data recovery

Masalah yang umum dihadapi oleh setiap pemilik perusahaan dan website adalah hilangnya file penting yang sudah tersimpan secara cepat atau lambat. Kehilangan data secara permanen dapat disebabkan oleh kesalahan tak terduga jika backup file dilakukan pada RAM CPU, SSD komputer, dan server fisik lainnya.

Sebagian besar penyedia layanan cloud hosting dapat melindungi file penggunanya dengan melakukan backup dan storing di lokasi berbeda. Penempatan backup file di lokasi berbeda ini dilakukan guna mencegah hilangnya data secara permanen ketika terjadi kegagalan pada pusat server, tempat di mana seluruh file tersimpan rapi. Penyimpanan file pada cloud server berbeda dengan hosting tradisional yang menyimpan file hanya pada satu lokasi.

6. Menampung banyak pengunjung website

Stabilnya uptime pada website atau aplikasi seperti yang dijelaskan pada poin pertama, memungkinkan server untuk menampung lebih banyak pengunjung. Website pun dapat dikunjungi ribuan hingga jutaan pengunjung dalam waktu yang bersamaan.

Hal ini memungkinkan karena ketika salah satu server mengalami overload, maka beban pada server tersebut akan dibagi-bagi ke server-server ­lainnya pada cloud cluster. Metode pembagian beban ke server-server lain ini disebut dengan istilah system backup resource. Hal ini akan membuat website tetap dapat berjalan dengan cepat.

Tanpa website yang mengalami down pada server, web owner tidak perlu khawatir akan lalu lintas yang cepat naik dan kehilangan sebagian besar pengunjung website. Masalah yang dapat diatasi dengan menggunakan cloud hosting ini memberikan web owner kesempatan untuk fokus mengembangkan website agar mendatangkan lebih banyak pengunjung.

7. Menjaga performa website

Cloud hosting memiliki berbagai fitur yang sangat membantu customer seperti optimasi kecepatan hingga keamanan dapat menjaga performa website. Fitur optimasi kecepatan dan keamanan cloud hosting ini berfungsi ketika website customer mengalami masalah keamanan seperti penyalahgunaan data, invasi ilegal, dan penyadapan jaringan. Fitur keamanan menawarkan integritas file, kontrol akses file, serta keamanan dan kerahasiaan file.

8. Mudah dikelola

Seluruh pengaturan cloud hosting diatur menggunakan panel kontrol (cpanel), serupa dengan pengaturan pada shared hosting. Customer tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam melakukan pengaturan cloud hosting.

Kapan cloud hosting dibutuhkan?

Cloud hosting dibutuhkan ketika,

  • Membutuhkan sumber daya atau resource dengan dedicated
  • Website harus aktif selama 24 jam setiap minggunya (24/7)
  • Website membutuhkan RAM untuk akses serba cepat
  • Website dan email memiliki banyak konten visual seperti foto, video, logo, gif, dan sebagainya
  • Lalu lintas (traffic website) tinggi
  • Membutuhkan disk space tambahan untuk storage

Siapa yang cocok menjadi customer?

Tidak semua website cocok menjadi pengguna (customer) dari cloud hosting. Namun, ada beberapa jenis website yang cocok menjadi pengguna yaitu,

  • Portal berita (media online)
  • Website perusahaan atau bisnis online
  • Website proyek
  • E-commerce
  • Lead generation website

Manfaat cloud hosting

Kehadiran cloud hosting di Indonesia kian hari kian penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Kemajuan ini dapat membawa website industri dan usaha agar semakin dikenal di internet serta memberikan disk space tambahan untuk storage.

Baca juga: Eksistensi Digital Perusahaan: Mulai Rasakan Manfaat Website bagi Perusahaan

Sistem yang menggunakan cloud hosting

Sistem yang menggunakan cloud hosting

Beberapa sistem yang terkait dengan penggunaan cloud hosting yaitu,

1. Infrastructure as service (IaaS)

IaaS merupakan model baru pada perusahaan hosting. Sistem ini menawarkan mesin virtual dan memproses power melalui server sehingga customer dapat membeli sumber daya atau resource sesuai kebutuhannya daripada menyewa infrastruktur fisik.

2. Platform as service (PaaS)

Sistem ini menyediakan framework bagi developer atau pengembang. Pilihan untuk menggunakan PaaS ini berfungsi untuk mengurangi waktu ke pasar dan memungkinkan fleksibilitas yang lebih baik.

3. Software as service (SaaS)

Istilah ini digunakan bagi perusahaan yang memanfaatkan sistem cloud untuk mengirimkan software interface kepada user atau penggunanya melalui web browser dan mobile app atau aplikasi mobile.

Google Cloud Hosting

Google cloud hosting merupakan penyedia server yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Saat ini, perusahaan bermigrasi ke sistem digital untuk meningkatkan performa dan operasionalnya. Website berfungsi sebagai pengantar informasi dari perusahaan ke konsumennya serta untuk membentuk branding perusahaan.

Keunggulan Google Cloud Hosting

Google cloud hosting menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjalankan website karena keunggulannya di bidang cloud hosting. Simak keunggulan Google cloud hosting berikut ini,

1. Pelayanan lengkap

Tak hanya menyediakan jasa Google cloud hosting, Google Cloud Platform juga menawarkan jasa Bigquery, CDN, Cloud Storage, DNS, App Engine, dan lain-lain yang dapat memudahkan customer dalam mengelola bisnisnya.

2. Fasilitas live migration

Kehadiran fasilitas live migration membuat customer tidak perlu khawatir akan server reboot. Engineer dari google akan mengatasi masalah seperti software update, repairing, patching, dan sebagainya sebagai fasilitas yang ditawarkan dari fasilitas live migration ini.

3. Data center

Pertimbangkanlah lokasi hosting, karena lokasi hosting akan mempengaruhi cepat atau lambatnya resolve domain sebuah website. Google Cloud Hosting memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses yang lebih cepat tanpa takut kehilangan data berkat storage pusat data yang tersebar luas hampir di seluruh penjuru dunia tak terkecuali di Indonesia. Dengan begitu, website anda dapat terhindar dari kemacetan lalu lintas server.

4. Performa

Performa maksimal dari Google Cloud Hosting membuat customer tidak perlu mengatur jaringan secara manual karena sudah dikelola otomatis oleh Google. Fitur ini memberikan customer ruang agar dapat lebih fokus mengelola website tanpa memusingkan pengaturan konfigurasi.

5. Keamanan

Keamanan menjadi hal terpenting dalam mencari hosting terbaik untuk menghindari kehilangan data dan kebocoran dari storage server perusahaan kepada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Google Cloud memberikan jaminan keamanan yang terpercaya.

6. Jaringan fiber

Google akan selalu memastikan seluruh data yang ditransfer menggunakan jaringan privat. Dengan begitu, jaringan fiber memberikan jaminan data bisa sampai ke customer dengan cepat. Penggunaan jaringan fiber yang dimiliki Google akan menjamin tingkat keamanan.

Baca juga: Mengapa Harus Pakai Cloud Data Center Dibanding Data Center?

Google cloud hosting terbaik

Seperti yang dapat dilihat pada penjelasan di atas, banyak sekali manfaat dari penggunaannya di web Anda jika dibandingkan dengan penggunaan hosting tradisional. Tak hanya manfaat, jasa ini bahkan menawarkan bonus penyimpanan RAM hingga 6 GB, SSL, unlimited bandwith dan nama domain gratis bagi penggunanya.

Teknologi ini menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan dan usaha Anda demi tercapainya skalabilitas dan fleksibilitas beberapa server tanpa harga yang mahal, serta adanya ruang penyimpanan (storage) tambahan untuk menyimpan file penting.

Penggunaan Google Cloud Hosting sebagai cloud hosting terbaik akan mempermudah keperluan bisnis Anda secara personal maupun perusahaan. Umumnya, jasa ini dikemas dalam bentuk paket cloud hosting. Inilah saatnya agar Anda segera beralih ke jasa yang dapat membantu mengembangkan usaha Anda.

Cloud hosting murah

Saat ini, banyak sekali penyedia layanan cloud hosting murah, PT Terralogiq Integrasi Solusi, salah satu penyedia terbaik layanan cloud hosting Indonesia, bisa menjadi sahabat anda dalam memberikan jasa Google Cloud Platform.

Jangan takut, karena Terralogiq memberikan pelayanan cloud hosting murah. Terralogiq juga menyediakan paket cloud hosting premium sesuai kebutuhan Anda.

Paket cloud hosting

Anda dapat memilih paket cloud hosting Google Maps Platform & Geospatial, Google Cloud Platform & Solution, dan Google for Education sesuai dengan keperluan Anda. Terralogiq adalah Google Maps Premier Partner satu-satunya di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai provider cloud hosting menggunakan Google Cloud Anda bisa klik disini.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments