Chromebook VS Windows Mana Yang Lebih Baik?

25 Mei 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan pengadaan laptop sebanyak 240 ribu untuk pelajar di seluruh Indonesia dengan sistem operasi Chrome OS dan bukan Windows. Tentunya hal ini menjadi pertanyaan, kenapa Pemerintah lebih memilih Chrome OS dibandingkan Windows yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat. Apa kemampuan yang bisa diberikan oleh Chromebook dan bukan oleh Windows? Apa jadinya kalau kita coba bandingkan Chromebook vs Windows? Ayo kita ulas satu persatu.

chromebook-vs-windows-illustration

Disisi lain Chrome OS dan Windows juga memiliki perbedaan lain dan akan dibahas dari segi keunggulan dan kelebihan keduanya. Mari kita pelajari lebih lanjut perbedaan keduanya dari kelebihan dan kekurangan Chromebook vs Windows.

Chromebook : Fitur dan kemampuannya

Chromebook sesuai namanya adalah sebuah perangkap laptop yang memiliki sistem operasi berupa Chrome OS. Chrome OS sendiri pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2009. 

Chromebook sendiri lebih diperuntukan bagi pengguna yang lebih banyak menghabiskan waktunya di web browser dan berselancar di internet, sehingga Anda pun dapat bekerja dengan lebih produktif dimana saja karena penyimpanannya yang berbasis cloud. Jadi apabila Anda selama ini lebih sering menggunakan produk Google seperti Google Chrome, Gmail Google Drive atau Calendar dan lain sebagainya, Chromebook adalah pilihan tepat untuk Anda.

Kelebihan perangkat Chromebook

Chromebook belakangan ini mulai ramai digunakan baik untuk pelajar dan juga pekerja. Desainnya yang menarik dan harga yang murah tentunya menjadi salah satu daya tarik yang tidak bisa dilewatkan. Selain itu Chromebook sendiri mengungguli laptop berbasis Windows untuk beberapa bagian, berikut ini alasan untuk memilih Chromebook dibandingkan laptop Windows.

  1. Harga lebih terjangkau

Chromebook adalah jenis laptop yang memiliki harga paling terjangkau pada saat ini. Bahkan untuk beberapa serie-nya, Chromebook selalu berada dipaling atas ketika berbicara harga untuk melawan laptop Windows yang menawarkan performa di level yang sama.

  1. Bebas malware

Chromebook menjalankan aplikasi berbasis web sehingga chromebook lebih bebas dari malware, berbeda dengan Windows yang menjalankan aplikasi yang telah terintal dan bisa dimasuki oleh virus. Selain itu setiap aplikasi yang dijalankan di Chrome OS, secara otomatis akan membuatnya terpisah dari sistem operasi utama, sehingga tidak akan menginfeksi keseluruhan sistem.

  1. Booting lebih singkat

Chromebook hanya membutuhkan waktu lebih singkat dibandingkan Windows untuk booting. Hal ini karena sistem operasi Chrome OS lebih ringan sehingga waktu booting menjadi lebih cepat dan performa lebih gesit ketika menjalankan aplikasi tertentu tanpada keterbatasan spesifikasinya.

  1. Katalog Aplikasi Lebih Lengkap

Chrome OS menyediakan berbagai aplikasi untuk membantuk produktivitas ataupun entertainment pada Play Store. Tentunya hal ini menjadi keunggulan Chrome OS yang tidak dimiliki oleh Windows.

  1. Bisa digunakan untuk anak-anak

Chrome OS memiliki fitur dan interface yang sederhana sehingga mudah dipahami baik untuk anak-anak sekalipun. Sehingga Chromebook sangat cocok digunakan oleh sekolah untuk menjalankan program belajar dirumah. Selain itu, Chromebook dirancang untuk penyimpanan berbasis cloud sehingga data-data akan tersimpan secara otomatis dan aman walaupun Chromebook mengalamai kerusakan.

  1. Dapat digunakan baik Online dan Offline

Chromebook yang menjalankan aplikasinya berbasis website tentunya memiliki kekhawatiran sendiri yaitu hanya bisa digunakan ketika terhubung dengan internet saja. Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Chromebook dapat digunakan ketika dalam posisi tidak terhubung dengan internet atau offline mulai dari membaca, menulis email, menonton film hingga mengerjakan dokumen di Google Docs. 

Itulah keunggulan Chromebook sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki Chromebook sebagai media pembelajaran anak-anak Anda ataupun sebagai komputer untuk bekerja. Namun dibalik keunggulan sebuah produk, tentunya terdapat kekuranganyang tidak bisa dihindarkan. Berikut ini kekurangan dari Chromebook.

Kekurangan perangkat Chromebook

Chromebook memiliki kompabilitas yang cukup terbat sehingga beberapa aplikasi komputer yang biasa dijalankan di Windows ataupun MacOS akan sulit ditemukan dalam Chromebook. Untuk segi keamanan sendiripun, Chromebook akan membatasi Anda ketika memasang aplikasi dari pihak ketiga untuk membuat ekosistemnya lebih aman dan nyaman ketika digunakan. 

Apabila dibandingkan dengan laptop sistem operasi Windows ataupun MacOS, Chromebook memiliki penyimpanan yang sangat terbatas sehingga Anda memerluka memori eksternal ataupun hardisk tambahan untuk mendapatkan ruang lebih untuk menyimpan lebih banyak dokumen. 

Namun tidak perlu khawatir, Google sendiri menyediakan layanan cloud sebesar 100 GB untuk setiap pembelian Chromebook selama dua tahun. Untuk beberapa serie Chromebook lainnya, juga turut memberikan fitur tambahan untuk menambah memori penyimpanan dengan microSD.

Fitur OS dan perangkat Windows

Windows OS adalah sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan dan sangat familier apabila dibandingkan dengan Chrome OS. 

Untuk segmen komputer sendiri, Windows tidak memiliki banyak pesaing dan masih menjadi pangsa pasar yang sangat besar dan sulit untuk disaingi.

Kelebihan perangkat Windows

Salah satu keunggulan dari Windows OS adalah yang paling mudah digunakan, mengingat Windows OS adalah pemain lama sehingga sudah sangat familier digunakan oleh setiap kalangan masyarakat. Tampilan antarmuka atau user interface Windows lebih simpel dan mudah dipahami serta dipelajari oleh pengguna pemula. Berikut ini kelebihan lainnya dari Windows:

  1. Pilihan Aplikasi lebih banyak: Kebanyakan aplikasi yang beredar dapat dijalankan di sistem operasi Windows sehingga variasi aplikasi yang dapat digunakan lebih banyak.
  2. Mudah diperbaiki dan dikembangkan: Windows OS mudah ditangani apabila terjadi pemasalahan atau error sistem dengan cara yang mudah. Selain itu, Windows OS adalah sistem operasi yang relatif lebih mudah dikembangkan dan digunakan untuk jaringan komputer perusahaan. 
  3. Apilkasi Office yang ramah pengguna: Windows OS menyediakan fitur Microsoft Office sebagai aplikasi produktivitas bawaan dengan tampilan user interface yang simpel dan kaya fitur untuk penggunanya.

Kekurangan perangkat Windows

Windows OS tentunya memiliki kekurangan walaupun merupakan pemain lama dan pangsa pasar yang luas. Walaupun sudah mengeluarkan beberapa generasi sistem oeprasi terbaru, tetap saja ada kekurangan Windows yang tidak terelakan. Berikut ini kekurangan Windows OS:

  1. Rawan terkena Malware: Windows OS berpotensi membawa virus apabila menginstall aplikasi pihak ketiga yang akan membuat sistem pengaman Windows OS cukup kewalahan untuk melindungi sistem operasinya.
  2. Mudah kena Hack: Dikarenakan pemain lama, Windows OS sangat mudah untuk dibobol olek para hacker profesional. Selain itu, banyaknya versi Windows bajakan yang beredar, walaupun terlihat bagus dan aman, nyatanya sering kali menjadi sasaran empuk para hacker untuk mencuri data-data penting Anda.
  3. Terlalu sering update: Untuk mengurangi berbagai ancaman pada sistem operasi Windows, Microsoft jadi lebih rutin memberikan update pada sistem operasinya. Seringkali hal ini mengganggu pengguna jika lupa mengunduh versi update terbaru. 
  4. Terlalu memakan RAM: Sistem Operasi Windows menggunakan RAM yang cukup besar, sehingga tidak heran apabila laptop dengan RAM yang lebih kecil akan lebih berpotensi terlalu lama untuk memproses atau booting aplikasi. 

Chromebook vs Windows, Jadi apa pilihan Anda?

Tentunya penggunaan dari Chromebook dan Windows dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda. Dengan kekurangan dan kemampuannya masing-masing Anda bisa tentukan mana yang lebih cocok dengan workflow dan kebutuhan tim Anda. Rekomendasi kami jika ingin digunakan untuk instansi pendidikan bisa memanfaatkan ketahanan dan kemampuan dari Chromebook. Jika Anda mencari OS yang lebih mudah untuk personifikasi pilihlah Windows. Mudah-mudahan ulasan ini dapat memberi referensi bagi Anda. 

Kembali untuk Chromebook vs Windows itu menjadi pilihan Anda masing-masing. Terralogiq sebagai premier partner Google Cloud dapat menyediakan solusi Google for Education dan pengadaan Chromebook yang tepat untuk Anda, Jika ada pertanyaan Anda dapat menghubungi tim Terralogiq melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Baca Juga: Kenal Lebih dekat dengan Google Pixelbook

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments