Cari Tahu di Sini Tentang Keamanan Google Workspace!

28 Desember 2021

Di era yang serba digital ini maka saat bekerja, kebanyakan orang-orang mengandalkan berbagai layanan dari Google seperti Gmail untuk mengirimkan pesan, Google Meet untuk teleconference, Google Drive untuk menyimpan file dengan lebih aman di internet dan masih banyak lainnya layanan dari google yang sering digunakan. Namun tentunya ada batasan-batasan tertentu jika Anda hanya menggunakan versi konsumen dari layanan-layanan Google tersebut. Untuk kemajuan perusahaan Anda, mengapa Anda tidak menggunakan Google Workspace

Dengan Google Workspace maka Anda bisa memaksimalkan layanan Google untuk membantu perusahaan Anda dalam bekerja, berbagai informasi hingga memanfaatkan kecerdasan AI yang disediakan oleh Google Workspace sehingga dengan demikian tim Anda bisa bekerja dengan lebih cepat, terorganisir dan lebih mudah dalam berbagi informasi. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan Google Workspace. Untungnya juga keamanan google workspace sudah sangat terjamin dengan adanya pusat data center yang terjaga dan tim yang solid sehingga keamanan data perusahaan yang Anda masukkan dalam Google Workspace pun bisa lebih terjaga.

Cari Tahu di Sini Tentang Keamanan Google Workspace!

Sekilas Tentang Google Workspace

Google Workspace awalnya dikenal dengan nama G Suite yang merupakan kumpulan dari komputasi awan atau Cloud, software dan berbagai produk yang dikembangkan oleh Google. Google Workspace ini meliputi email, Kalender, Google Meet, Drive dan Docs untuk pembuatan dokumen serta konten. Dengan Google Workspace maka perusahaan Anda bisa memiliki email sendiri dengan domain khusus misalnya admin@indonesiajaya. Penyimpanan dalam Google Drivenya pun tidak terbatas. Google juga memberikan support selama 24 jam penuh untuk Anda.

Pada saat menggunakan Google Workspace ini maka Anda juga tidak akan terganggu dengan adanya iklan seperti yang biasanya Anda temukan pada Google versi konsumen yang bisa diakses oleh semua orang secara gratis.

Baca Juga: Panduan Google Workspace, Tool Produktif untuk Kerja Kolaboratif

Aplikasi Yang Bisa Digunakan Di Google Workspace

Untuk Anda yang nantinya akan menggunakan Google Workspace maka berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan, tentunya dengan keamanan Google Workspace yang terjamin :

  • Gmail

Anda pasti sudah mengenal Gmail sebagai platform email yang berbasis web dari Google dan saat ini hampir semua orang menggunakan Gmail. Pengguna Gmail hingga Februari 2016 tercatat sebanyak 1 miliar pengguna dan memberikan berbagai keunggulan serta kemudahan.

  • Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan dari Google yang bisa membantu Anda dalam menyimpan dan berbagi file dengan mudah. Di Google Drive, file akan diunggah pada jaringan Cloud serta bisa disimpan dan dibagikan melalui link dengan mudah serta bisa diakses dari komputer maupun smartphone.

  • Google Docs, Sheets & Slide

Sesuai dengan namanya layanan dari Google ini berkaitan dengan layanan pembuatan dokumen, sheets dan presentasi berupa slide.

  • Google Forms

Google Forms merupakan layanan survey dari google yang menyajikan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk formulir yang tentunya sangat membantu dalam berbagai pekerjaan.

  • Selain itu pun masih ada banyak aplikasi pendukung lainnya dari Google Workspace yang bisa digunakan seperti misalnya Google Chats, Google Meets, Google Calendar, Google Sites, Jamboard dan lain sebagainya.

Keunggulan Google Workspace

Ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan Google Workspace, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gunakan Email Dengan Nama Domain Perusahaan

Dengan menggunakan Google Workspace maka Anda bisa membuat email dengan nama domain berupa nama perusahaan, namun demikian Anda tidak perlu mengelola server emailnya secara langsung karena pihak Google yang akan menanganinya. Keamanan Google Workspace akan menjamin bahwa semua email yang keluar dan masuk bisa terjaga dengan baik. Anda juga bisa menghapus dan membuat akun sesuai dengan skala bisnis Anda. Sehingga dengan Google Workspace perusahaan Anda bisa lebih professional.

2. Tidak Ada Batasan Dalam Penggunaan Google Drive

Saat Anda menggunakan Google Drive versi biasa, maka ketika Anda hendak membagikan sebuah link file untuk rekan Anda, nantinya rekan Anda harus mengirim permohonan akses agar bisa membuka file dalam link tersebut, tentunya hal tersebut akan membuat pekerjaan menjadi lebih lama. Jika Anda menggunakan Google Workspace maka semua tim bebas menggunakan akses di dalam Google Drive untuk kepentingan bersama, tanpa harus membuat permohonan atau persetujuan akses terlebih dulu.

3. Bekerja Secara Real Time

Di tengah pandemic saat ini orang-orang terbiasa dengan cara bekerja secara real time, bekerja tidak perlu harus dalam tempat yang sama. Jika kebetulan Anda harus bekerja di lapangan dan sekaligus melaporkan kondisi kepada staf lain yang ada di kantor maka Anda bisa memanfaatkan adanya Google Meet atau Google Chats untuk bisa berkomunikasi dengan mudah. Begitu juga pekerjaan  bisa diperbarui dimana saja dan kapan saja dibutuhkan dengan adanya Google Workspace.

4. Dukungan Keamanan Google Workspace

Tentunya menggunakan versi Google Workspace tidaklah sama dengan saat Anda menggunakan versi konsumen, dengan Google Workspace Anda juga bisa mendapatkan keamanan Google Workspace. Karena Google Workspace juga didukung oleh perangkat AI yang memadai sehingga tentunya keamanan data perusahaan sangat terjaga

Selain itu pun masih banyak lagi keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan Google Workspace untuk perusahaan Anda. Pastinya dengan adanya Google Workspace Anda bisa menjalankan perusahaan dengan lebih baik.

Baca Juga: Mana yang lebih unggul antara Workspace dan Microsoft Teams?

Layanan Keamanan Google Workspace

Layanan Keamanan Google Workspace

Sangat wajar jika Anda merasa khawatir dengan adanya kebocoran data atau bahkan kerusakan hingga kehilangan jika menggunakan suatu layanan untuk perusahaan Anda, namun keamanan Google Workspace benar-benar diperhatikan dengan sangat baik dengan kolaborasi tim yang solid dari Google sehingga keamanan Google Workspace dijamin 100%. Berikut ini beberapa layanan yang diberikan tim Google dalam mengamankan Google Workspace : 

1. Tersedianya Manajemen Keamanan Yang Baik

Untuk memaksimalkan keamanan Google Workspace maka tim Google memiliki metode yang baik dalam pengelolaan keamanannya. Tim selalu memeriksa apakah ada kerusakan pada software maupun perangkat lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan keamanan Google Workspace di seluruh dunia. Jika ada kerusakan maka akan segera ditangani, bahkan sebelum pengguna mengetahuinya. Tim google juga akan memastikan bahwa semua kerusakan yang pernah terjadi benar-benar telah diperbaiki sehingga tidak akan berefek buruk bagi para pengguna Google Workspace.

2. Pengamanan Dari Serangan Malware Dan Virus Lainnya

Demi keamanan Google Workspace maka tim Google setiap harinya juga selalu memantau munculnya malware dan virus yang memiliki potensi merusak keamanan keamanan Google Workspace. Google memiliki teknologi yang disebut sebagai Google Safe Browsing Technologies yang akan memastikan tidak adanya malware atau virus yang mengganggu.

3. Monitoring Software & Hardware Oleh Tim Yang Ahli

Sebagai perusahaan global yang terdepan dalam bidang teknologi maka Google tidak sembarangan dalam memilih timnya, setiap tim juga memiliki tugas yang spesifik dan memastikan dilaksanakannya monitoring software dan hardware setiap saatnya, sehingga kerusakan bisa cepat terdeteksi dan ditangani serta tidak menimbulkan kerugian bagi pengguna.

Gunakan Workspace Dengan Bantuan Premier Partner Google

Jika Anda masih awam mengenai Google Workspace dan tidak tahu bagaimana caranya untuk bisa mendaftar serta mengelola perusahaan Anda dengan lebih baik menggunakan Google Workspace maka sebaiknya Anda bekerjasama dengan Premier Partner Google yang ada di Indonesia yaitu Terralogiq. Dengan Terralogiq maka Anda bisa mendapatkan bantuan pengelolaan perusahaan menggunakan keamanan Google Workspace dengan akun yang bisa didaftarkan melalui Terralogiq. Sudah banyak perusahaan di Indonesia yang bekerjasama dengan Terralogiq dan mendapatkan manfaat yang sangat besar untuk keberhasilan perusahaannya. Semuanya menjadi lebih terorganisir dengan menggunakan layanan Google Workspace yang dikelola oleh Terralogiq. Jika Anda ingin bertanya secara langsung maka Anda bisa langsung menghubungi pihak Terralogiq pada website resminya.

Terralogiq juga mengembangkan satu produk bernama Appsensi yang merupakan aplikasi absensi untuk karyawan perusahaan yang bisa digunakan secara real time. Selain itu appsensi ini bisa menjadi solusi bagi penjadwalan karyawan, pencatatan kehadiran dan pembuatan laporan karyawan dengan real time. Ditambah lagi dengan penggunaan Google Workspace dengan keamanannya bisa membuat pekerjaan serta perusahaan Anda menjadi lebih maju, terorganisir dan kreatif. Keamanan Google Workspace akan memastikan bahwa data perusahaan aman dan semuanya dapat dilihat secara real time.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments