Apa itu Google My Business dan Bagaimana Cara Membuatnya?

May 4, 2020


Cara melakukan pengaturan pada google my business
google my business – Terralogiq

Apa itu Google My Business? Bagi Anda pemilik suatu usaha yang dipasarkan secara online, penting untuk mengetahui apa itu Google My Business dan bagaimana cara melakukan setup Google My Business untuk usaha kita.

Dengan Google My Business, pelanggan akan terbantu untuk menemukan lokasi usaha Anda. Itulah mengapa Google My Business menjadi hal penting yang perlu dimiliki bila Anda ingin memasarkan usaha melalui online.

Ketika pelanggan melakukan pencarian usaha Anda di Google, layanan Google My Business atau yang sering disebut juga dengan Google Bisnisku ini akan menampilkan informasi lokasi, jadwal, hingga kontak tentang bisnis Anda tersebut.

Layanan Google Bisnisku akan memudahkan pelanggan untuk menemukan usaha Anda. Dengan begitu, kredibilitas usaha Anda pun akan semakin meningkat, bukan?

Google My Business terdiri dari beberapa keperluan bisnis, antara lain:

  • Bisnis Lokal
  • Produk atau Merek
  • Perusahaan, organisasi atau institusi
  • Seni
  • Hiburan
  • Olahraga
  • Dan lain-lain

Saat ingin membuat Google My Business, pastikan Anda sudah memiliki akun Google, karena ini ‘hukumnya wajib’. Selain itu, lokasi usaha yang jelas juga harus Anda miliki sehingga Google akan lebih mudah untuk menemukannya.

Cara Membuat Google My Business

Cara membuat atau mendaftar Google My Business amatlah mudah. Bagi Anda yang masih bingung dalam membuat Google My Business, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Miliki Akun Google Terlebih Dahulu

Dalam membuat Google My Business atau Google Bisnisku, terlebih dahulu Anda harus sudah memiliki akun Google. Kami berasumsi bahwa Anda sudah memiliki akun Google, sehingga kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Login Akun Google dan Daftar ke Google Bisnisku

Selanjutnya, silahkan login ke akun Google Anda. Buka halaman Google Bisnisku, kemudian isi form data secara benar dan lengkap. Setelah selesai, klik Lanjutkan!

Akan tampil form-form selanjutnya yang harus diisi dengan data yang sebenar-benarnya. Selesai, klik Lanjutkan! Seperti itu seterusnya sampai semua form atau data terisi dengan benar.

3. Mengatur Halaman Utama Google Bisnisku

Selesai mengisikan semua form dengan data yang benar, Anda akan beralih ke halaman utama Google My Business. Halaman utama ini bisa diedit sesuai dengan detail usaha Anda. Tambahkan logo, gambar-gambar, jam operasional, dan informasi lainnya terkait bisnis Anda.

4. Verifikasi Google My Business

Langkah berikutnya, Anda akan diminta untuk memverifikasi akun Google Bisnisku melalui email. Klik Verify Now, dan Anda akan menerima email dari Google yang berisi kode verifikasi untuk Google Bisnisku.

Kode tersebut berisi 5 angka yang nantinya akan Anda gunakan untuk memverifikasi Google My Business. Setelah terverifikasi, klik Send Postcard.

5. Cek Tampilan Google My Business Anda di Google

Kemudian cek di halaman mesin pencari Google, apakah usaha Anda sudah tampil di widget Google Bisnisku?

Jika sudah, berarti proses membuat Google My Business untuk usaha Anda sudah berhasil. Jika belum tampil, cobalah untuk menunggu 1×24 jam setelah verifikasi.

Sekadar saran, saat mengisi data nama Google My Business, ada baiknya Anda gunakan kata kunci yang Anda bidik untuk usaha Anda. Hindari menggunakan nama merek atau produk karena hal ini akan membuat usaha Anda agak sulit untuk bersaing di halaman satu Google.

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat Google My Business?

Dengan layanan Google My Business, Anda sebagai pemilik bisnis dapat mempermudah calon pelanggan untuk mengetahui informasi lengkap tentang usaha Anda.

Mulai dari nama bisnis, alamat usaha, nomor kontak bisnis, alamat email, jam operasional, alamat website, foto-foto tempat usaha, hingga berbagai review pelanggan tentang usaha Anda.

Tertarik untuk membuatnya? Tunggu apalagi, yuk buat Google My Business mulai dari sekarang!