Cara Mudah Mendapatkan Sertifikasi Google Cloud Secara Online

Cara Mudah Mendapatkan Sertifikasi Google Cloud Secara Online

10 September 2021

Sertifikasi Google cloud bisa membantu kamu untuk dapat naik karier yang lebih tinggi lagi. Memiliki sertifikasi pastinya akan lebih dapat memberikan keuntungan jika dibandingkan dengan para anggota tim yang lain dalam bidang bisnis apa saja.

sertifikasi Google Cloud

Hal tersebut akan memberikan sebuah keunggulan untuk suatu organisasi yang memiliki anggota begitu terampil dan efektif dibidang industri yang mereka miliki. Di sini kita akan membahas mengenai cara mudah untuk mendapatkan sertifikasi Google cloud secara online tapi sebelumnya kita harus mengenal lebih dalam mengenai seluk beluk dari Google cloud ini.

Apa Itu Google Cloud ?

Google cloud adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Google yang memiliki empat komponen paling utama yang berguna untuk membangun sebuah aplikasi yang berbasis cloud.

Keempat komponen yang paling utama dari Google cloud ini adalah cloud storage, Google bigquery, Google computer engine, Google AppEngine. Pada dasarnya Google cloud platform ini lebih banyak dipakai oleh perusahaan – perusahaan besar yang difungsikan untuk membangun layanan dalam lingkup global maupun enterprise.

Fungsi Google Cloud Indonesia

Layanan yang ditawarkan oleh Google cloud platform ini, umunya banyak sekali dipakai oleh founder, enterpreneur dan para pengusaha StarUp untuk lebih meningkatkan bisnis yang sedang mereka bangun dan lebih bisa menjangkau pasar secara global. Dengan pemakaian Google cloud gratis maupun berbayar inilah yang menjadi awal StarUp dibangun dan juga dikembangkan untuk menjadi lebih baik lagi di dalam mencapai target pasar maupun bisnis yang sedang dijalankan tersebut.

sertifikasi Google Cloud

Jenis – Jenis Google Cloud Platform

Sebelum kamu memutuskan untuk mendapatkan pelatihan sertifikasi Google cloud terlebih dahulu kamu harus mengenal jenis – jenis dari Google cloud platform itu sendiri yaitu:

1. App Engine

App Engine yang ditawarkan oleh Google cloud platform ini bisa untuk membantu kamu dalam membantu dan membuat sebuah aplikasi yang berbasiskan web. Kamu bisa menggunakannya dengan gratis di awal dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Layanan ini di buat dan desainnya supaya bisa menjalankan berbagai macam jenis pekerjaan yang sulit, misalnya seperti pengolahan data dalam jumlah yang sangat besar.

2. Cloud Storage

Layanan ini memang dikhususkan untuk penggunaan dalam menyimpan sebuah data dengan ukuran yang besar. Bukan hanya itu saja, cloud storage ini juga bisa kamu pakai untuk sebagai media video dan juga file. Cloud storage dapat dipakai tanpa harus membangun sebuah infrastruktur server yang membutuhkan biaya begitu mahal.

3. Computer Engine

Layanan yang satu ini mempunyai sebuah tujuan supaya kamu bisa membuat cloud server secara mandiri. Computer engine bisa membuat kamu menampung berbagai macam jenis aplikasi web yang mempunyai dasar pemrograman seperti PHP, phyton, ruby dll. Dengan menggunakan layanan yang satu ini kamu lebih meminimalkan penggunaan mesin pencarian dengan penuh.

4. BigQuery

Bigquery ini akan cocok dipakai untuk menganalisis akan data sebuah perusahaan yang jauh lebih kompleks dan mempunyai kapasitas yang begitu besar. Umumnya ini banyak dipakai oleh berbagai perusahaan yang besar, jadi layanan ini memang cocok digunakan untuk sebuah bisnis yang memiliki skala besar.

Kelebihan Google Cloud Platform

Jika kamu berencana untuk menggunakan Google cloud platform ini maka kamu akan mendapatkan kelebihan seperti di bawah ini :

1. Fleksibel

Mempunyai tampil yang begitu saja intuitif sehingga akan memudahkan tim IT milikmu untuk mengoperasikannya. Google memang sengaja memberikan sebuah desain secara khusus yang di dasarkan experience yang berasal dari setiap usernya. Dengan adanya fleksibilitas yang sudah diberikan oleh Google, maka kamu dengan mudah bisa membangun sebuah sistem yang kami mau.

2. Keamanan data terjamin

Bukan hanya berbagai produk dan juga fasilitas yang diberikan oleh Google cloud kepada para pelanggan setianya, tetapi Google juga memberikan jaminan akan data para pengguna setianya. Hal ini tidak perlu kamu khawatirkan akan keamanan yang bisa saja mengganggu perusahaan milikmu.

Baca juga: Kehadiran Data Center Google di Indonesia untuk tingkatkan ekonomi digital

3. Efisien

Sebuah perusahaan yang memakai layanan Google cloud bisa lebih merasakan efisiensi, baik itu untuk biaya maupun berbagai operasional dan infrastruktur. Menggunakan layanan ini kamu akan lebih dengan mudahnya bisa memperluas bisnis milikmu.

4. Skalabilitas yang besar

Layanan Google cloud yang mempunyai performa besar bisa kamu pakai menyesuaikan dengan kebutuhan sebuah perusahaan. Jika salam aktivitas perusahaan milikmu tinggi kamu bisa lebih menyesuaikan dan jika dalam aktivitas penyimpanannya tidak besar kamu masih tetap bisa memakai fasilitas dari layanan Google cloud platform.

Cara Mendapatkan Sertifikasi Google Cloud Secara Online

Sertifikasi Google cloud platform dibutuhkan untuk memastikan jika perusahaan teknologi yang akan dilamar oleh peserta memang sudah mempunyai ketrampilan dan juga bakat yang mumpuni dalam bidang yang memang sesuai yang diperlukan. Berikut ini adalah proses yang akan membantumu :

1. Menerima dan mengetahui tentang proses dalam komputasi cloud beserta dari dasar-dasar dari Google cloud platform.

2. Meningkatkan kemampuan dalam bidang arsitek lewat Google cloud platform.

3. Melakukan ujian insinyur cloud untuk mendapatkan sertifikasi.

4. Belajar untuk memakai Google cloud platform yang bertujuan untuk mendesain dan memprosesnya.

5. Mengikuti ujian arsitek cloud dan baru akan mendapatkan sertifikas Google cloud.

Sertifikat ini merupakan sebuah makalah yang bisa membuktikan jika kamu sudah lulus ujian, yang memerlukan pemahaman dan juga pengetahuan mengenai Google cloud platform dan berbagai produk-produk yang harus mendapatkan berbagai pembelajaran yang benar, selain menjadi sebuah pengalaman, ada baiknya kamu memiliki sertifikasi tersebut.

Jika kamu berencana untuk masuk ke dunia pemasaran digital, maka sertifikasi pemasaran Google secara digital ini akan sangat penting, ini kursus yang tepat dan layak kamu ikuti jika mau unggul dalam perjalanan kariermu.

Mengikuti kursus secara online ini memang begitu efektif supaya dapat mengembangkan pengetahuan beserta ketrampilan yang kamu milik untuk lebih memperluas karier dan bisa mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Syarat Mengikuti Sertifikasi Google Cloud

Untuk saat ini jika ingin mengikuti sertifikasi Google cloud tidak akan membutuhkan persyaratan apa pun, tetapi di dalam ujian tersebut memberikan rekomendasi untuk sudah mempunyai pengalaman dalam bekerja yang menerapkan alat yang ada di dalam ujian tersebut.

Tingkatan Sertifikasi Google Cloud

Tingkatkan sertifikasi yang ada di dalam Google cloud mempunyai 3 tingkatan yang bergantung akan apa yang kamu ingin capai :

1. Sertifikat tingkat dasar

Sertifikasi tingkat dasar merupakan tanda autentikasi berbagai fakta akan konsep cloud dan produk, alat, fitur, layanan, bantuan, dan kasus penggunaan Google cloud.

Sertifikasi ini akan cocok untuk orang yang memiliki peran dalam teknis yang bisa menikmati pemahaman dasar akan cloud. Baik untuk orang yang berada dalam tanggung jawab pekerjaan yang sederhana yang bisa menambah nilai organisasi mereka yang digabungkan dengan akuisisi akan pengetahuan tentang cloud. Ini termasuk orang-orang yang tidak  mempunyai pengalaman di dalam Google cloud.

2. Sertifikasi tingkat Asosiasi

Sertifikasi tingkat ini ditujukan dengan ketrampilan dasar dalam pengorganisasian, keberlanjutan sebuah proyek dalam Google cloud, dan perawatan spesialis. Sertifikasi yang satu ini menjadi sebuah awal yang bagus untuk mereka yang awalnya tidak terbiasa menggunakan Google cloud dan bisa dipakai sebagai sebuah jalur menuju sertifikasi yang masuk ke dalam tingkatan profesional.

Sertifikasi tingkatan asosiasi ini berkonsentrasi kepada ketrampilan dasar penerapan, pemeliharaan proyek dalam Google cloud dan pemantauan. Awal yang baik untuk mereka yang masih baru mengenal Google cloud dan bisa dipakai menuju ke jalur yang lebih profesional.

3. Sertifikasi tingkat profesional

Seluruh sertifikasi yang berasal dari Google memang mempunyai cukupan yang begitu luas. Namun untuk sertifikasi profesional akan jauh lebih detail dan dalam jika dibandingkan dengan sertifikasi asosiasi, baik itu dalam segi teknologi maupun realitas bisnis yang berada dalam ruang lingkup peran tersebut. Sertifikasi profesional ini akan lebih memperluas fungsi dalam pekerjaan di bidang teknis utama dan penilaian ketrampilan yang berada di tingkat lanjut dalam desain, administrasi dan operasi.

Jadi dari sini dapat disimpulkan bahwa sertifikasi Google cloud memiliki tiga tingkatan yang dapat dijadikan pilihan yaitu sertifikasi profesional, dasar dan Asosiasi. Selain itu Google cloud platform ini umumnya dipakai di dalam perusahaan besar yang digunakan untuk lebih memudahkan mengolah data dalam jumlah besar.

Baca juga: Manfaat Lokal Support dari Partner Google di Indonesia

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments