3 Cara Menggunakan Google Street View yang Mudah

Sudah tau 3 Cara Menggunakan Google Street View ?

22 Februari 2021

Fitur-fitur yang dihadirkan oleh Google Maps kini semakin lengkap dan menarik. Salah satunya adalah Google Street View yang bisa lebih membantu Anda untuk menemukan titik lokasi sedang dicari. Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakan Google Street View?

Fakta Tentang Google Street View

Google Street View adalah salah satu fitur yang dihadirkan oleh Google Maps sejak tahun 2007 dengan menyediakan foto pemandangan jalan 360 derajat. Pengguna dapat melihat bagian dari kota yang sedang mereka cari. 

Saat mengoperasikan Google Street View, Anda akan menemukan foto-foto yang diambil oleh kamera yang berada di atas sebuah kendaraan. Foto tersebut dapat dijelajahi dengan cara menekan panah di layar, keyboard, atau dengan menggesernya menggunakan tangan. 

Foto yang bisa Anda lihat melalui Google Street View ini dapat dilihat dalam berbagai arah, berbagai sudut, dan dari arah manapun. Anda akan menemukan garis yang diperlihatkan di sepanjang jalan sebagai penanda arah yang diikuti oleh jalan tersebut. 

Simak juga: 10 Aplikasi Maps Terbaik yang Wajib Diketahui

Darimana Sumber Foto Google Street View

Mungkin banyak yang bertanya-tanya darimana Google Street View bisa mendapatkan foto yang sesuai dengan titik lokasinya. Sebenarnya ada dua sumber utama yang menyediakan konten untuk salah satu fitur Google Maps ini, yaitu Google dan kontributor. 

Tim yang berada di belakang layar Google Street View akan mengumpulkan citra dengan benar-benar berkendara berkeliling untuk mengambil foto lokasi di jalan tersebut. Faktor-faktor lain seperti cuaca dan kepadatan penduduk juga menjadi pertimbangan saat mengambil foto. 

Langkah selanjutnya mereka akan menyelaraskan foto dengan lokasi geografis yang sesuai pada peta. Agar tidak ada bagian yang kosong dalam foto 360 derajat, tim akan mengolahnya agar foto-foto yang telah diambil menjadi satu gambar 360 derajat. 

Visi Google Terhadap Fitur Google Street View

Sebagai perusahaan raksasa, Google selalu berusaha untuk meningkatkan fitur-fitur pelayanannya agar semakin mudah membantu penggunanya untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Di masa depan Google berharap bisa menyediakan pemandangan jalanan di seluruh dunia. 

Perlu diketahui bahwa untuk saat ini fitur Google Street View memang belum menampilkan foto yang ada di setiap bagian di seluruh dunia. Google Street View masih terbatas pada beberapa lokasi. Rencana ke depan mereka juga ingin mengaburkan wajah dan plat kendaraan. 

Sayangnya, masalah privasi menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh Google Street View. Meskipun diambil dari properti umum, tak jarang muncul foto-foto yang sebenarnya tidak diinginkan terlihat oleh pihak yang difoto tersebut. Sehingga banyak yang merasa privasinya terganggu. 

Cara Menggunakan Google Street View source: rd.com
source: https://www.rd.com/

Manfaat Google Street View

Adanya fitur Google Street View akan lebih banyak membantu khususnya para pebisnis yangmemanfaatkan Google Bisnisku untuk pemasaran onlinenya. Berikut ini beberapa manfaat Google Street View yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Mendapatkan gambaran suatu tempat

Meskipun gambar yang ditampilkan bukan gambar real-time, namun setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran tentang lokasi suatu tempat. Lebih menguntungkan jika sedang melakukan perjalanan karena setidaknya Anda akan mengetahui patokan yang harus dilewati suatu rute. 

Misalnya gambar suatu toko, pohon, persimpangan, atau bangunan tertentu. Dengan mengikuti rute peta yang diarahkan Google Maps ditambah adanya gambar yang didukung oleh Google Street View, maka kemungkinan untuk tersesat di jalan dapat diminimalisir. 

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Pengguna dapat melihat situasi toko atau bisnis Anda melalui virtual tour yang dihadirkan oleh Google Maps Street View. Fitur ini akan menunjukkan kepada Anda bahwa bisnis yang dijalani benar dan nyata adanya. Sehingga hal ini dapat lebih meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Informasi yang lengkap tentang bisnis mulai dari deskripsi bisnis, produk, alamat, hingga nomor telepon dan website akan semakin meningkatkan kredibilitas. Calon konsumen pun akan semakin percaya dan tidak ragu lagi untuk mengunjungi toko atau bisnis Anda. 

3. Pemasaran secara pasif yang minim biaya

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya untuk iklan atau promosi biasanya harus mengeluarkan budget yang cukup mahal. Dengan memanfaatkan fitur-fitur Google Street View Anda bisa mendapatkan pemasaran secara pasif yang minim biaya. 

Ketika pengguna punya pengalaman menyenangkan ke toko atau bisnis Anda, mereka bisa menggunakan fitur street view untuk menampilkan suasana di sana. Cara ini bisa disebut juga dikenal dengan istilah review langsung atau mouth of mouth yang dipercaya sangat efektif dalam pemasaran. 

4. Membantu research process

Sebelum datang ke suatu tempat, Anda tentu mencari tahu terlebih dahulu secara online bagaimana suasana di tempat tersebut. Paling tidak Anda perlu mengetahui bagaimana situasi di tempat tersebut, apakah sesuai dengan keinginan, dan tujuan-tujuan lainnya sebagai konsumen. 

Cara Menggunakan Google Street View

Ketika menggunakan Google Street View, Anda bisa menjelajahi banyak hal dari berbagai belahan dunia. Mulai dari bangunan terkenal, keajaiban alam, area museum, taman, restoran, dan tempat-tempat lainnya. Berikut ini cara menggunakan Google Street View yang perlu Anda ketahui. 

1. Menggunakan Smartphone

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Letakkan pin atau telusuri tempat yang ingin dicari
  • Sentuh peta dan tahan
  • Ketuk penanda tempat
  • Ketuk nama atau alamat tempat pada bagian bawah
  • Scroll ke bawah
  • Pilih foto yang berlabel Street View
  • Atau pilih thumbnail dengan ikon Street View
  • Tap Kembali pada bagian kiri atas

2. Menggunakan Komputer

  • Buka situs Google Maps
  • Klik penanda tempat pada peta
  • Pilih foto dengan ikon Street View di sebelah kiri
  • Klik kembali pada bagian kiri atas

3. Menggunakan Google Penelusuran

  • Buka Google Penelusuran
  • Telusuri alamat suatu tempat
  • Klik foto dengan label Lihat ke luar

Cara Menjelajahi Google Street View

Setelah mengerti cara menggunakan Google Street View, Anda bisa mulai menjelajahi berbagai daerah yang ingin dikunjungi secara virtual. Berikut ini cara-caranya, yaitu:

  • Seret jari pada layar atau ketuk kompas untuk melihat-lihat di Google Street View
  • Gesek ke kiri atau ke kanan untuk berkeliling
  • Gesek ke atas atau ke bawah pada garis biru untuk berkeliling
  • Putar perangkat ke samping untuk melihat tampilan lebih luas dengan mode lanskap
  • Lakukan gerakan mencubit di layar untuk memperkecil
  • Jauhkan dua jari di layar untuk memperbesar

Cara menggunakan Google Street View tersebut di atas sangatlah mudah untuk coba Anda praktekkan dalam aktivitas sehari-hari khususnya saat sedang mencari alamat.

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments