Berikut Cara Menggunakan Google Classroom di Laptop

24 Mei 2022

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, kegiatan sosial dan aktivitas perekonomian di semua negara lumpuh termasuk di Indonesia. Pemerintah pun meluncurkan perintah untuk tidak beraktivitas diluar rumah demi mencegah penyebaran virus COVID-19 yang semakin mengganas, hal ini berlaku pula untuk sektor pendidikan dan memunculkan istilah belajar dari rumah. Jika Anda juga mencari solusi untuk pengalaman belajar yang lebih menyenangkan Ayo kenali Google Classroom lebih jauh disini.

Google Classroom

Bagi para siswa, peraturan ini tentunya menggangu proses belajar terutama untuk para pelajar di tahun terakhi sekolah yang membutuhkan persiapan lebih banyak untuk ujian akhir. Pemerintah Indonesia pun menerapkan program belajar dari rumah secara online melalui aplikasi seperti Google Classroom. Program pendidikan baru ini menjadi salah satu sarana untuk para pendidik dan murid untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk mengajar dan berkomunikasi.

Kenali Google Classroom: Definisi dan sejarahnya

Google Classroom adalah platform gratis berbasis website yang digunakan sebagai media pembelajaran online untuk para guru dan murid agar saling terhubung secara online dari mana pun dan kapan pun. Google Classroom telah menjadi jembatan bagi para guru untuk mengajar mulai dari membuat tugas hingga menilai tugas para siswa tanpa harus bertatap muka.

Google Classroom sendiri dilunckan pada tanggal 6 Mei 2014 untuk program Google G Suite For Education dan dirilis secara publik pada 12 Agustus 2014. Pada tahun 2017, Google memudahkan para penggunanya untuk bergabung dalam kelas walaupun memiliki Google Apps For Education.

Dengan Google Classroom, integrasi layanan Google Suite For Education seperti Gmail, Google Docs dan Google Calendar dapat memudahkan proses kegiatan mengajar untuk para murid apalagi jika dilakukan secara jarak jauh.

Spesifikasi dan cara menggunakan Google Classroom di Laptop

Google Classroom sendiri dapat diunduh dan diinstal pada Android, produk Apple Inc ataupun perangkat seluler lain yang dapat menajalankan program sistem Chrome OS. 

Google Classroom dapat diakses melalui Internet di komputer dengan browser apa pun, seperti Chrome, Firefox, Internet Explorer, termasuk Safari. Secara umum, Google Classroom terus mendukung versi browser utama. Dengan kata lain, tidak diperlukan instalasi karena Google Classroom berbasis situs web. Namun, penginstalan diperlukan saat mengakses Google Classroom melalui perangkat seluler, karena juga tersedia untuk perangkat seluler  Android dan Apple.

Untuk membuat kelas pada Google Classroom, terdapat batasan kelas untuk pengguna akun Google Workspace For Education dan akun Google Pribadi. Bagi pengguna Google Workspace For Education, ukuran setiap kelas di Classroom dibatasi maksimal untuk 20 pengajar dan jumlah maksimum anggota (pengajar dan siswa) adalah 1.000, sementara untuk pengguna akun Google Pribadi para pengajar memiliki batasan aktivitas seperti pembuatan kelas atau mengundang siswa yaitu sebanyak 250 orang.

Baca Juga: Google Suite For Education, Solusi Belajar Daring Masa Pandemi

Langkah membuka Google Classroom

Untuk pengguna Andorid, Anda harus login untuk mengaksesnya. Ini dia cara login ke Google Classroom dilansir dari Google:

Cara membuka Classroom di Laptop, berikut cara membuka Google Classroom melalui laptop atau komputer: 

Sebelum membuka laman, pastikan perangkat Anda telah terhubung pada koneksi internet 

  1. Buka situs classroom.google.com, kemudian klik buka Classroom 
  2. Masukkan alamat email yang telah terhubung pada akun Classroom Anda, lalu pilih Berikutnya 
  3. Masukkan kata sandi atau password, lalu klik berikutnya 
  4. Jika Anda mendapatkan pesan selamat datang, tinjaulah pesan tersebut, dan klik terima 
  5. Saat Anda menggunakan akun G Suite for Education, klik Saya Seorang Siswa (jika anda seorang siswa) dan Saya Seorang Pengajar (jika Anda seorang pengajar). Namun, jika Anda menggunakan akun Google pribadi, maka tidak akan ada pilihan ini 
  6. Klik mulai.

Cara Membuka Google Classroom dari Smartphone:

  1. Berikut cara membuka Google Classroom dari hp Android: 
  2. Klik Classroom Pilih Mulai Ketuk Tambahkan akun > Oke 
  3. Masukkanlah alamat email akun Classroom milik Anda, lalu pilih Berikutnya 
  4. Masukkan kata sandi atau password, lalu klik berikutnya 
  5. Jika Anda mendapatkan selamat datang, tinjaulah pesan tersebut dan ketuk Terima Tinjau Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi, lalu klik Saya setuju 
  6. Jika Anda menggunakan akun G Suite for Education, klik Saya Seorang Siswa (jika Anda seorang siswa) dan Saya Seorang Pengajar (jika Anda seorang pengajar). Namun, jika Anda menggunakan akun Google pribadi, maka tidak akan ada pilihan ini. 

Jika Anda ingin mengganti akun, maka Anda dapat mengganti akun dengan melakukan klik Menu (garis tiga) yang terdapat di pojok, lalu klik akun Anda dan pilih akun yang Anda gunakan dengan Classroom.

Google Classroom tidak hanya bisa diakses secara online melainkan bisa diakses secara offline atau tanpa internet. Namun pengguna Google Classroom tetap butuh koneksi internet hanya pada saat akses awal, sehingga perangkat tidak harus terkoneksi. 

Baca Juga: Kelebihan Chromebook Untuk Siswa Daripada Laptop Biasa

Cara akses Google Classroom secara offline

Tahukah Anda fitur yang tersematkan pada produk Google classroom juga menyediakan offline feature untuk dapat diakses baik bagi guru dan murid, berikut tata cara dan langkahnya:

Bagi guru: 

  1. Tim Administrator dan guru harus memiliki akun G Suite dan menyetelnya agar bisa diakses secara luar jaringan (offline) 
  2. Langkah pertama yakni dengan membuka akun administrator G Suite, kemudian Feature and Application 
  3. Lalu, pilih “allow users to enable offline access” di bagian tersebut 
  4. Pengguna akun G Suite harus mengunduh ekstensi Google Docs Offline untuk peramban Google Chrome agar bisa membuka Google Docs, Sheets, Drive dan Slides secara offline T
  5. erakhir, guru bisa meminta semua murid untuk mengaktifkan fitur offline sebelum mengakses Google Classroom 

Bagi murid: 

  1. Ketika hendak menggunakan Google Classroom, murid harus tersambung dengan internet saat awal membuka platform ini 
  2. Setelah mengaktifkan fitur offline, murid dapat mengunduh materi yang diberikan guru lewat Google Classroom 
  3. Meskipun internet mati, murid tetap bisa membuka materi yang diunduh tadi. Murid juga dapat mengerjakan tugas secara offline, seperti dengan Google Docs. Saat tersambung ke internet, maka Google Docs secara otomatis akan tersimpan 
  4. Dengan cara ini, murid dapat menghemat pemakaian internet karena hanya terkoneksi pada saat mengunduh materi dan saat mengumpulkan tugas

Solusi Google Classroom bersama Terralogiq

Google Classroom telah menjadi media pembelajaran online bagi banyak lembaga pendidikan diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Tidak perlu khawatir adanya iklan atau lain-lainnya karena Google Classroom telah terintegrasi dengan Google Suite For Education.

Bersama kenali Google Classroom, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan darimana saja, membuat komunikasi dan kerjsama lebih lancar serta tidak perlu khawatir dokumen akan berceceran karena Google Classroom akan menyimpan semua dokumen dengan aman dan rapih dan terintegrasi dengan produk Google lainnya.

Mudah bukan cara menggunakan Google Classroom di laptop atau PC Anda? Jika Anda mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan terkait Paket Google for Education untuk menunjang kegiatan Anda dengan kenali Google Classroom lebih jauh. Anda dapat menghubungi tim konsultan Terralogiq melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Penyedia Layanan Google For Education di Indonesia: Terralogiq

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article