Solusi Tepat Waktu, Ini Dia Cara Menggunakan Google Calendar

22 Desember 2021

Apa Anda memiliki waktu dan agenda yang sangat padat? Jika masalah Anda terletak pada pengaturan jadwal agar semuanya tercatat dengan aman, maka artikel ini akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan Google Calendar yang dapat membantu Anda untuk mengatur jadwal yang padat.

Mengenal Google Calendar

Solusi Tepat Waktu, Ini Dia Cara Menggunakan Google Calendar

Jika Anda adalah pengguna google, maka Anda tidak boleh melewatkan satu fitur yang penting yaitu Google Calendar. Google Calendar adalah sebuah aplikasi yang akan membantu Anda untuk mengelola waktu. Tentunya, Anda bisa menAndai Google Calendar dengan berbagai kegiatan Anda. Sehingga, Anda tidak akan melupakan kegiatan tersebut.

Keberadaan Google Calendar dapat memberi kemudahan saat Anda memiliki kegiatan yang padat. Anda bisa memasukkan semua kegiatan Anda, sehingga Anda bisa mengetahui jadwal Anda dengan tepat.

Selain itu, Google Calendar juga bertugas untuk mengingatkan Anda, untuk datang tepat waktu. Namun, Anda perlu memastikan bahwa waktu kegiatan yang Anda cantumkan di Google Calendar sudah tepat. Jadi, Google Calendar bisa membantu Anda untuk menjadi sosok yang disiplin.

Istimewanya, Anda juga bisa menggunakan Google Calendar reminder untuk mengingatkan orang lain tentang acara yang Anda laksanakan. Sehingga, hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk memastikan kehadiran orang tersebut. Jadi, Anda tidak perlu menghubungi langsung, cukup Anda menAndai di Google Calendarnya.

Baca juga: Panduan Google Workspace, Tool Produktif untuk Kerja Kolaboratif

Cara Menggunakan Google Calendar

Setelah Anda mengetahui mengenai Google Calendar. Selanjutnya, hal penting yang perlu Anda ketahui adalah cara menggunakan Google Calendar. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda bisa mengatur jadwal pribadi Anda dengan baik.

Selain itu, di dunia kerja Anda juga membutuhkan kemampuan ini untuk mengatur kegiatan kantor Anda. Sehingga, Anda bisa membuat pengingat di Google Calendar yang bisa melacak kegiatan Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena semua akan berjalan dengan lebih mudah.

Google Calendar 2021 memiliki fitur event dan reminder yang dapat membantu Anda untuk tidak melewatkan kegiatan penting Anda. Tentunya, orang lain juga akan mendapatkan dampak yang sama, sehingga mereka tidak akan melewatkan acara Anda.

Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menambahkan acara di ponsel Anda melalui aplikasi Google Calendar, sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi Google Calendar

Pertama, Anda perlu membuka aplikasi Google Calendar. Jika Anda belum memiliki aplikasinya Anda bisa download Google Calendar. Namun, biasanya Google Calendar sudah tersedia di smartphone Anda jika sudah terhubung dengan google.

2. Tambahkan Kegiatan

Selanjutnya, Anda perlu memilih ikon “tambah” di sudut kanan bawah. Anda perlu klik ikon event berwarna merah. Setelah itu, Anda bisa menambahkan judul kegiatan yang akan Anda lakukan. Pastikan Anda memasukkan data kegiatan dengan tepat, seperti lokasi, tanggal, dan waktu. 

Jika Anda datang ke kegiatan tersebut bersama orang lain, maka Anda juga bisa menambahkan orang tersebut. Setelah memastikan data yang dimasukkan sudah tepat, maka Anda perlu menyalakan notifikasi. Notifikasi tersebut yang akan mengingatkan Anda pada kegiatan tersebut.

Anda juga perlu memilih warna untuk event pada Google Calendar. Bila perlu Anda juga bisa menambahkan catatan tambahan ke event dan melampirkan attachment ke event. Tetapi, pilihan tersebut tidak wajib diisi, jika Anda tidak memerlukannya.

Terakhir, Anda perlu klik ikon simpan. Maka, semua data sudah tersimpan dan Anda pasti akan diingatkan oleh Google Calendar mengenai acara tersebut. Mudah bukan?

Nah, jika Anda masih bertanya bagaimana cara menggunakan Google Calendar sebagai pengingat? Caranya juga sangat mudah, sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi Google Calendar

Jika Anda ingin menggunakan fitur pengingat pada Google Calendar, pastikan Anda sudah membuka aplikasinya.

2. Tambahkan Pengingat

Selanjutnya, Anda perlu memilih ikon tambah yang berwarna merah di sudut kanan bawah. Setelah itu, Anda perlu klik ikon pengingat yang berwarna biru. Jika sudah, Anda bisa menambahkan hal-hal yang ingin Anda ingat.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai pilihan pengingat, misalnya pilihan untuk membuat panggilan, mengirim pesan, dan sebagainya. Sehingga, Anda tidak akan melupakan kegiatan tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan waktu dan tanggal pengingat. Jika Anda ingin pengingat tersebut berulang, Anda juga bisa mengaktifkannya. Tetapi, jika tidak Anda bisa melewatkannya. 

Terakhir, Anda perlu menyimpannya. Pastikan, Anda tidak lupa untuk klik simpan supaya Google Calendar bisa mengingatkan Anda di waktu yang tepat. Pastinya dengan keberadaan Google Calendar bisa memudahkan Anda untuk mengatur jadwal Anda yang padat.

Baca Juga: Mudahnya Menggunakan Online Appointment Booking di Google Workspace

Fitur Google Calendar

Fitur Google Calendar

Aplikasi Google Calendar memiliki berbagai fitur yang dapat membantu memudahkan mengatur waktu Anda. Beberapa fitur yang ada pada Google Calendar, sebagai berikut:

1. Fitur Kalender

Fitur pertama sudah pasti fitur kalender, fitur kalender ini memiliki tampilan per hari, per minggu dan per bulan. Jadi, Anda bisa mengaturnya sesuai dengan jadwal Anda. 

2. Fitur Refresh

Fitur Refresh pada Google Calendar berfungsi untuk penyegaran. Jika aplikasi tiba-tiba macet, maka Anda bisa menggunakan fitur refresh. Jika jadwal yang sudah Anda tambahkan tidak muncul, Anda juga bisa menggunakan fitur refresh. Sehingga, jadwal tersebut akan muncul kembali.

3. Fitur Menambahkan Jadwal

Fitur ini merupakan hal penting yang bisa digunakan untuk mengatur jadwal Anda. Anda bisa menambahkan acara, pengingat, tujuan, dan tugas yang akan Anda kerjakan. Fitur ini akan membantu Anda untuk mengatur jadwal dengan aman dan tepat.

4. Fitur Momen Besar

Fitur ini menampilkan hari-hari besar yang perlu Anda ketahui, misalnya hari pendidikan, hari pahlawan, dan hari-hari besar lainnya. Sehingga, Anda tidak akan melewatkan momen besar tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui berbagai kegiatan yang sudah Anda jadwalkan, maka Anda bisa menggunakan fitur search. Fitur ini akan memudahkan Anda menemukan jadwal yang ingin Anda cari.

6. Fitur Notifikasi

Fitur notifikasi akan muncul di layar ponsel Anda jika jadwal sudah tiba. Fitur ini akan selalu mengingatkan Anda pada jadwal-jadwal yang sudah Anda cantumkan di Google Calendar.

Baca juga: Keunggulan Google Meet Premium yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Google Calendar

Semua aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal tersebut penting untuk diketahui supaya Anda bisa mengetahui kinerja maksimal dari sebuah aplikasi dan kelemahan yang dimiliki. Demikian juga dengan aplikasi Google Calendar yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Beberapa kelebihan dari Google Calendar, sebagai berikut:

1. Terintegrasi dengan Aplikasi lain di Google

Aplikasi Google Calendar sudah terintegrasi dengan baik dengan berbagai fitur yang ada di google. Jadi, Anda bisa lebih mudah untuk mengaturnya.

2. Fitur Lengkap

Kelebihan lainnya yaitu Anda bisa menggunakan berbagai fitur canggih untuk mengatur jadwal Anda. Tentunya, fitur-fitur tersebut disediakan lengkap untuk memudahkan Anda dalam mengatur kegiatan Anda. Jadi, Anda bisa menata kegiatan Anda dengan rapi, tidak perlu datang terlambat karena sudah diingatkan oleh Google Calendar.

3. Memudahkan Menyusun Jadwal

Google Calendar bisa membantu Anda yang memiliki jadwal yang sangat padat. Jadi, aplikasi ini akan membantu menghindarkan dari jadwal yang bertabrakan. Tentunya, semuanya akan tersusun dengan rapi dan aman.

Setelah mengetahui mengenai kelebihan, sekarang kita akan membahas mengenai kekurangan dari Google Calendar, sebagai berikut:

1. Hanya Bisa Digunakan Sesama Aplikasi Google

Sayangnya, Google Calendar hanya bisa digunakan dengan sesama aplikasi google. Sehingga, Anda tidak bisa menggunakannya jika ingin menghubungkannya di aplikasi lainnya.

2. Kurang Preferensi

Google Calendar juga belum mengetahui preferensi user, terutama soal waktu. Sehingga, Anda harus lebih teliti.

Meskipun, Google Calendar memiliki kekurangan, namun aplikasi ini telah membantu mengatur jadwal dengan baik. Jadi, Anda masih bisa menggunakannya. Selain Google Calendar Anda juga bisa mengatur kegiatan Anda dengan aplikasi lain yaitu Appsensi. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengatur jadwal Anda.

Demikianlah, pembahasan mengenai cara menggunakan Google Calendar yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda mengatur waktu Anda dengan baik supaya Anda bisa memiliki hidup yang disiplin. Jika Anda masih bingung mengenai cara mengatur jadwal Anda, pastikan Anda mengunjungi https://terralogiq.com/. Jadi, Anda bisa mendapatkan solusi tepat untuk jadwal Anda melalui halo@terralogiq.com 

Baca juga: Fungsi Google Drive Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments