9 Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat yang Ampuh

Intip 9 Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat

7 Februari 2021

Tentu Anda akan merasa kesal ketika aplikasi Google Maps yang digunakan untuk mencari titik lokasi suatu alamat mengalami error dan menampilkan hasil yang tidak akurat. Bukannya membantu tapi malah membawa Anda ke jalan yang salah. Jangan khawatir, sebab ada cara mengatasi GPS tidak akurat dengan mudah.

Penyebab GPS Tidak Akurat

Sebelum mengetahui cara mengatasi GPS tidak akurat, cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan sistem navigasi di aplikasi Google Maps mengalami hal tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hasil GPS tidak akurat baik faktor internal maupun eksternal. 

Faktor eksternal yang menyebabkan ketidakakuratan hasil pada GPS bisa disebabkan karena jaringan internet yang lambat, HP rusak, terjadinya root pada sistem, atau efek ROM bug. Hal-hal tersebut dapat membuat aplikasi Google Maps menjadi error dan kurang akurat. 

Selain itu, kesalahan konfigurasi dalam pengaturan jika bisa menjadi faktor penyebab lainnya. Lupa untuk update aplikasi secara berkala juga dapat membuat hasil yang ditampilkan oleh Google Maps menjadi kurang akurat karena belum diperbarui sistem dan tampilannya. 

Simak juga: Kenalan Yuk dengan Aplikasi GPS Terbaik Paling Akurat di Android dan iOS

9 Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat source: https://seputarandroid4.blogspot.com/
source: https://seputarandroid4.blogspot.com/

Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat Pada Google Maps

Ketika Anda sudah mengetahui sumber permasalahan yang menyebabkan aplikasi Google Maps menjadi tidak akurat, langkah selanjutnya adalah mencari tahu solusinya. Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi GPS tidak akurat pada Google Maps, di antaranya:

1. Pastikan pengaturan GPS sudah menyala

Salah satu hal yang sering ditemukan adalah pengguna smartphone lupa untuk menyalakan pengaturan GPS. Ketika pengaturan tersebut tidak diaktifkan, maka sistem navigasi pada aplikasi Google Maps tidak akan bisa mendeteksi lokasi dengan baik. 

Mengaktifkan GPS adalah suatu kewajiban, karena jika tidak dinyalakan aplikasi maps tidak dapat mendeteksi lokasi secara maksimal. Pengaturan ini biasanya ada di semua perangkat smartphone Android selama sudah support GPS. Berikut ini langkah-langkah untuk menyalakan GPS, yaitu:

  • Buka Setelan/Settings pada smartphone
  • Pilih menu Lokasi
  • Gunakan kolom pencarian jika tidak ditemukan di halaman utama
  • Aktifkan GPS

2. Pastikan HP sudah support untuk GPS

Tidak semua smartphone bisa support untuk GPS. Untuk itu Anda perlu memastikannya terlebih dahulu dengan cara mencari tahu spesifikasi lengkap dari merek dan tipe HP yang Anda beli melalui laman pencarian Google. 

Hal ini penting untuk dilakukan karena jika perangkat yang Anda miliki tidak support untuk GPS, maka lokasi yang bisa ditampilkan pada aplikasi akan menjadi random. Bahkan meskipun sudah diatur secara manual sistem dalam aplikasi tersebut tidak akan berubah. 

3. Periksa jaringan internet

Jaringan yang lemot dan lambat menjadi salah satu penyebab ketidakakuratan pada aplikasi Google Maps terjadi. Tanpa koneksi internet sistem navigasi GPS tidak akan bisa jalan karena tidak tersambung dengan satelit yang akan mendeteksi lokasi. 

Meskipun tersedia fitur peta offline, namun tetap saja Anda membutuhkan internet untuk bisa menyimpan peta rutenya terlebih dahulu sehingga bisa digunakan secara offline. Koneksi lambat artinya update lokasi GPS juga terlambat dan seakan-akan menampilkan data yang tidak akurat. 

Baca juga: Pahami Penyebab Google Maps Terhenti dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

4. Nyalakan dan matikan airplane mode

Mode airplane mode biasanya harus dinyalakan saat sedang naik pesawat atau ingin mematikan data internet untuk sementara. Hal ini dapat menyebabkan koneksi di HP secara langsung akan ter-reset, termasuk pada sinyal HP dan GPS. 

Coba aktifkan airplane mode terlebih dahulu dan tunggu kurang lebih 10 detik, lalu nonaktifkan kembali. Sinyal yang ada pada perangkat tersebut akan melakukan deteksi ulang. Jika GPS masih belum menyala, maka nyalakan lagi dan periksa apakah lokasinya sudah akurat atau belum. 

5. Update aplikasi Google Maps secara berkala

Perlu diingat bahwa aplikasi Google Maps selalu di-update secara berkala untuk memperbarui rute-rute baru yang mungkin harus dimunculkan. Sehingga sangat penting untuk rajin-rajin meng-update aplikasi Google Maps Anda di Play Store. 

Caranya cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Google Play Store
  • Cari aplikasi Google Maps
  • Klik tombol Update jika tersedia
  • Jika tidak tersedia artinya Anda belum perlu melakukan update

6. Hapus cache

Cache memang seringkali mengganggu sistem penyimpanan karena akan membuat penuh data sistem yang tersimpan. Agar bug atau kerusakan sistem dapat dihindari, maka penting untuk melakukan clear cache secara berkala agar memori penyimpanan tidak selalu penuh. 

Caranya sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan/Settings
  • Pergi ke menu Aplikasi
  • Cari aplikasi yang akan dihapus cache-nya

Klik Hapus Cache di sana

Beberapa merek dan tipe HP memang perlu untuk masuk dulu ke “Penyimpanan” sebelum bisa menghapus cache. 

7. Aktifkan mode akurasi tinggi

Sebelum mengaktifkan mode akurasi tinggi, ketahui terlebih dahulu perbedaan akurasi standar dan akurasi tinggi. Mode akurasi standar hanya akan mendeteksi lokasi secara garis besarnya saja yakni daerah. 

Sedangkan mode akurasi tinggi akan mendeteksi dengan lebih akurat hingga ke detail alamat rumah. Cara ini terbilang cukup efektif. Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini untuk melakukannya:

  • Buka Setelan/Settings pada perangkat
  • Masuk ke menu Lokasi
  • Cari dan aktifkan Gunakan Lokasi Akurasi Tinggi
  • Nonaktifkan dulu lalu aktifkan kembali kemudian 

Baca juga: Navigasi Tepat! Inilah Cara Melihat Titik Koordinat di Google Maps

8. Unroot smartphone

Dengan melakukan unroot pada smartphone, akses sistem dapat dihilangkan sehingga bisa kembali dalam keadaan semula. Anda bisa mencoba cara ini saat mendapati aplikasi Google Maps mengalami errordan menampilkan hasil yang tidak akurat. 

Setiap merek dan tipe HP biasanya memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan root. Anda bisa mencari tutorialnya baik di Google maupun YouTube disesuaikan dengan smartphone yang akan di-unroot. 

9. Update sistem pada perangkat

Jika cara-cara di atas masih belum berhasil juga untuk mengatasi GPS yang tidak akurat, ada kemungkinan terdapat kerusakan atau bug pada sistem perangkat. Hal ini menyebabkan akurasi lokasi pada perangkat menjadi turun sehingga pendeteksian mengalami gangguan. 

Lakukan update sistem untuk memperbaiki bug yang ada. Pada umumnya, smartphone saat ini sudah menyediakan notifikasi jika perlu pembaruan sistem. Namun, Anda juga masih bisa mengeceknya secara manual melalui menu “Setelan 🡪 Tentang HP 🡪 Update Sistem”.

Langkah terakhir jika cara mengatasi GPS tidak akurat di atas masih juga belum berhasil, mungkin Anda harus membawanya ke tukang service HP. 

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments