Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps Secara Gratis

Ini Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps Secara Gratis dan Simpel

15 Februari 2021

Punya toko atau bisnis dan ingin meningkatkan penjualan? Coba daftarkan toko Anda ke Google Maps. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika toko Anda masuk dalam halaman pencarian yang akan berdampak pada omzet. Lalu bagaimana cara mendaftarkan toko di Google Maps?

Ini Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps Secara Gratis dan Simpel source: https://blog.shoploka.com/
source: https://blog.shoploka.com/

Keuntungan Menampilkan Lokasi Toko di Google Maps

Tak bisa dipungkiri peran Google Maps dalam kehidupan sehari-hari penggunanya sangatlah banyak membantu, termasuk untuk para pelaku bisnis. Apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika menampilkan lokasi toko di aplikasi Google Maps?

1. Gratis Tanpa Dipungut Biaya

Kapan lagi bisa mendapatkan marketing gratis yang mudah ditemukan di halaman pencarian Google, tanpa harus mengeluarkan banyak budget promosi. Google Bisnisku yang menjadi bagian dari Google Maps bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan dengan biaya gratis. 

Anda cukup mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku melalui satu akun gmail dan ikuti alur pendaftarannya secara detail. Pihak Google akan meninjau dan memverifikasi dengan mengirimkan PIN melalui pos. Setelah terverifikasi, bisnis Anda dapat muncul di laman Google. 

2. Meningkatkan Ranking Lokal di Google Search

Dengan memanfaatkan Google Bisnisku dan mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps, Anda akan mendapatkan privilege karena Google akan membantu memunculkannya di laman pencarian. Google akan membantu bisnis lokal terlebih dahulu agar bisa muncul dalam penelusuran Google Search. 

Tentu hal ini menjadi kabar gembira bagi para pelaku UKM karena bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk mendapatkan traffic melalui aplikasi Google Bisnisku. Semakin tinggi traffic pengunjung, maka tidak menutup kemungkinan omzet pun akan naik. 

3. Membantu Calon Konsumen Menemukan Alamat Fisik Toko

Meskipun saat ini aktivitas belanja sudah banyak dilakukan secara online, namun mengunjungi toko offline tentu akan lebih afdhol dan dapat meningkatkan kredibilitas. Dengan Anda mendaftarkan lokasi bisnis ke Google Maps, maka hal tersebut dapat membantu calon konsumen. 

Mereka dapat dengan mudah menemukan lokasi toko atau bisnis Anda dengan sekali ketik keyword nama toko dan Google akan langsung memunculkannya. Detail informasi mengenai alamat dan kontak yang bisa dihubungi bisa dengan mudah didapatkan calon konsumen. 

4. Menampilkan Informasi yang Berguna

Informasi utama yang diinginkan oleh calon konsumen saat mencari toko adalah alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Anda bisa menampilkan semua informasi yang berkaitan dengan toko atau bisnis yang tentunya sangat dibutuhkan oleh konsumen. 

Mulai dari detail alamat lokasi, website, nomor telepon, jam operasional, foto-toko, deskripsi bisnis, hingga ulasan dari pengunjung yang pernah datang ke alamat tersebut. Data-data bisnis lain seperti petunjuk arah, event terbaru, dan produk yang dijual juga dapat bisa ditemukan di Google Bisnisku. 

5. Mendapatkan Tampilan yang Lebih Baik di Laman Google Search

Tampilan lokasi usaha Anda akan jauh lebih terlihat menarik jika Anda memberikan informasi yang detail saat mendaftar di Google Bisnisku. Tampilan yang akan muncul biasanya berupa kotak box yang berisi informasi mengenai alamat, jam operasional, website, serta nomor telepon. 

6. Mendapatkan Wawasan Baru dari Google Analytics

Database yang lengkap dapat memberi keuntungan baik bagi calon konsumen maupun pemilik toko. Sebagai pemilik usaha, Anda bisa melihat informasi penting seperti jumlah kunjungan, asal kunjungan, demografi pengunjung, hingga tindakan yang dilakukan oleh konsumen. 

Dengan mengetahui data-data tersebut, Anda akan terbantu untuk melihat seberapa banyak calon konsumen yang mencari lokasi bisnis yang telah didaftarkan. Sehingga pengambilan keputusan mengenai langkah promosi lebih lanjut dapat lebih dipertimbangkan dengan baik. 

7. Menambah Sales Marketing

Pemasaran atau marketing merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan oleh para pebisnis. Salah satunya adalah dengan cara promosi di media internet agar lebih banyak calon konsumen yang mengetahui produk dari bisnis Anda. 

Google Bisnisku dapat membantu tim marketing untuk memaksimalkan promosi. Caranya dengan mengisi profil bisnis secara lengkap, update promo dan event setiap saat, hingga foto-foto menarik yang ada di dalamnya sebagai display bisnis. 

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps

Jika ingin nama toko muncul di laman Google Search, Anda bisa mengikuti cara mendaftarkan toko di Google Maps berikut ini:

1. Menggunakan Laptop/Komputer

  • Cari Google Maps melalui Google Search
  • Klip tiga baris horizontal di pojok kiri atas
  • Pilih dan klik Add your business
  • Isi pop up yang lengkap dan jelas
  • Lengkapi nama bisnis, alamat, kategori, email, website, dan nomor telepon
  • Tambahkan gambar
  • Klik Submit
  • Cek akun Gmail Anda
  • Data-data yang sudah didaftarkan akan masuk ke email
  • Jika tidak ada email masuk Anda harus mengulangi lagi sampai berhasil
  • Jika sudah berhasil Google akan memberi konfirmasi
  • Google akan me-review alamat email yang terdaftar
  • Tunggu beberapa hari hingga lokasi yang didaftarkan bisa aktif
  • Jika sampai hitungan minggu masih belum aktif, hubungi Google

2. Menggunakan Smartphone Android

  • Unduh aplikasi Google Maps di Play Store
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Pilih Ya untuk aktifkan lokasi pada mode notifikasi
  • Klik tanda tiga garis horizontal di pojok kiri atas
  • Pilih Tambahkan Tempat
  • Isi form yang muncul dengan lengkap
  • Isi nama tempat, kategori, alamat, website, nomor telepon, dan lainnya
  • Bagikan lokasi tersebut melalui aplikasi chatting atau media sosial
  • Google akan meninjau ulang permintaan Anda
  • Tunggu hingga beberapa hari atau minggu
  • Proses selesai

Jika Anda sudah berhasil mendaftarkan ke Google, maka nama toko atau bisnis yang didaftarkan tersebut akan dengan mudah muncul di laman pencarian. Artinya peluang Anda untuk mendapatkan traffic pengunjung yang lebih banyak sangat mungkin terjadi dan omzet pun bisa meningkat. 

Baca juga: Ini Dia Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps dari Ponsel

Agar tampilan kotak box nama bisnis Anda di Google terlihat lebih menarik, jangan lupa untuk menambahkan foto-foto yang relevan dengan bisnis tersebut. Buat detail dan tampilan semenarik mungkin agar calon konsumen terpikat dan tertarik untuk membeli produk Anda. Cara mendaftarkan toko di Google Maps tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda mana yang lebih mudah. Semoga dengan terdaftarnya nama bisnis di Google dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon konsumen terhadap bisnis Anda.

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments