Ternyata Mudah Untuk Membuat Breakout Room Google Meet!

25 Mei 2022

Kegiatan mengajar tentunya tidak lengkap tanpa adanya ruang diskusi siswa untuk membahas suatu permasalahan atau tugas kelompok. Namun bagaimana kalau pembelajaran siswa masih dilakukan secara online? Apakah memungkinkan para siswa untuk membentuk kelompok diskusi secara online? Bagaimana jika dalam keperluan meeting atau webinar memerlukan fitur diskusi kelompok kecil secara terpisah. Solusi yang tepat adalah penggunaan Breakout Room Google Meet.

breakout room google meet

Dengan sistem bekerja secara hybrid dan pembelajaran jarak jauh yang demand nya semakin meningkat. Google menjawab kebutuhan tersebut dengan menambahkan fitur baru pada Google Meet, yaitu fitur Breakout Room. Seperti apa fitur Breakout Room tersebut bekerja? Mari kita ulas lebih lanjut.

Apa itu fitur Breakout Room?

Google Workspace for Education versi Enteprise memiliki fitur Breakout Room, yaitu sebuah fitur yang dapat digunakan oleh guru untuk membentuk kelompok belajar siswa secara virtual. Fitur Breakout Room ini dapat digunakan di Google Meet agar para murid dapat membentuk kelompok-kelompok kecil untuk berdiskusi selama Google masih berlangsung. 

Fitur Breakout Room ini hanya bisa memiliki satu moderator, sehingga apabila moderator keluar dari ruang panggilan Google Meet, peserta lain dapat menggantikan posisinya. Selain itu fitur ini hanya dapat dibuat selama panggilan atau kelas Google Meet dalam mode video, namun tidak dapat direkam atau dijadikan sebagai live streaming.

Bagaimana menggunakan Breakout Room Google Meet

Berikut ini panduan untuk menggunakan fitur Breakout Room di Google Meet.

Untuk pengajar atau moderator

  1. Membuat Breakout Room pada sebuah panggilan video 
  • Mulailah panggilan video Google Meet 
  • Pada bagian kanan atas, klik pilihan Aktivitas dan klik pilihan Breakout Room 
  • Pada panel Breakout Room, pilih jumlah ruang atau kelompok kecil yang ingin Anda bentuk 
  • Setelah itu, daftar atau nama peserta akan secara otomatis terbagi ke tiap ruangan yang dibentuk 
  • Jika ingin memindahkan nama peserta secara manual ke ruangan yang berbeda, Anda cukup klik nama peserta yang dituju. Tahan mouse, seret nama, dan jatuhkan atau masukkan ke opsi ruangan lainnya 
  • Jika semuanya sudah sesuai, klik pilihan Create 
  1. Meng-edit, bergabung, atau keluar dari Breakout Room
  • Untuk membuat perubahan pada kelompok peserta atau jumlah ruangan breakout, klik Edit Breakout Room. Setelah Anda melakukan perubahan, klik Save
  •  Untuk bergabung dengan ruangan-ruangan tersebut, klik pilihan Join yang berada di samping nomor tiap Breakout Room 
  • Untuk keluar dari semua ruangan breakout dan kembali ke Main Room atau ruang utama, klik pilihan Leave yang berada di samping ruang breakout yang terakhir Anda tempati 
  1. Mengakhiri penerapan fitur Breakout Room Google Meet
  • Di panel Breakout Room, klik pilihan End Breakout Room yang berasa di bagian kanan atas. 

Bagi Peserta 

  1. Mengikuti Breakout Room 
  • Masuk ke akun Google Anda melalui komputer atau perangkat seluler 
  • Bergabunglah dengan video call Google Meet (Jika Anda menelepon dari ponsel, Anda tidak akan dapat bergabung dengan ruang breakout)
  • Saat moderator panggilan mengundang Anda untuk bergabung ke dalam sebuah runagan breakout, Anda akan melihat perintah di layar. Klik Join. 
  • Setelah Anda masuk ke dalam ruang breakout, Anda dapat berbicara atau mengirim pesan obrolan ke peserta lain 
  1. Kembali ke Main Room atau ruang utama 
  • Melalui komputer: Di bagian atas, klik pilihan Return ke ruang utama. 
  • Melalui perangkat seluler: Di bagian atas, Tap untuk kembali ke ruang utama.

Penerapan Breakout Room dan Manfaatnya

Breakout Room dapat dibuat oleh moderator selama ruang panggilan berjalan sehingga para siswa tanpa keluar dari kelas online dan keterlibatan dan keaktifan siswa tetap terjaga secara efektif. Para pengajar atau moderator dapat memonitor aktivitas siswa pada setiap kelompok kecil yang dibuat dan dapat berpartisipasi dalam diskusi siswa apabila diperlukan.

Fitur ini dapat mengakses hingga 100 ruang terpisah dalam satu panggilan video,sehingga modeator dapat memutuskan akan membuat berapa banyak ruang yang dibutuhkan dan Google akan secara acak mengelompokkan siswa kedalam ruangan tersebut. 

Anda ingin mencoba fitur Breakout Room Google Meet untuk kegiatan mengajar, training, webinar atau meeting Anda? Fitur ini hanya tersedia pada akun di Google Workspace, Essentials, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, dan Enterprise Plus.

Untuk mulai menggunakan fitur Breakout Room Google Meet Anda tentunya memerlukan untuk berlangganan paket Google Workspace. Terralogiq sebagai Premier partner Google Cloud dan authorized reseller Google Workspace dapat menyediakan solusinya untuk Anda. Jika Anda mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan terkait Paket GoogleWorkspace, Anda dapat menghubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments