Berikut Cara Konversi Titik Koordinat Dengan API Google Maps Platform

Berikut Cara Konversi Titik Koordinat Dengan API Google Maps Platform

30 Agustus 2021

Dalam dunia pemetaan baik digital maupun konvensional, istilah titik koordinat akan lebih sering Anda dengan bila Anda berkecimpung dalam dunia pemetaan. Khususnya dalam API Google Maps Platform, dimana Google memiliki pemetaan digital yang biasa digunakan sehari-hari untuk melakukan berbagai macam hal. Lantas, bagaimana cara untuk mengkonversi titik koordinat tersebut agar dapat dibaca manusia dengan menggunakan API Google Maps Platform?? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Apa itu titik koordinat?

Titik koordinat adalah kedudukan sebuah titik tertentu pada peta di mana titik tersebut mempertemukan garis vertikal dan garis horizontal pada suatu peta. Terdapat dua jenis koordinat, yaitu koordinat geografis dan koordinat grid/UTM. 

Koordinat geografis memiliki garis bujur (bujur barat dan bujur timur) yang posisinya tegak lurus terhadap garis khatulistiwa dan garis lintang (lintang utara dan lintang selatan) yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Kode titik koordinat ini dinyatakan dalam satuan derajat (o), menit (‘), dan detik (“).

Sedangkan untuk koordinat grid dinyatakan dengan sumbu X dan Y. Kedudukan titik pada koordinat ini dinyatakan dalam ukuran jarak suatu titik acuan. Untuk sumbu X diberi nama dari barat ke timur/kiri ke kanan, sedangkan sumbu Y dari selatan ke utara/bawah ke atas. 

Dalam hal ini, API Google akan melakukan konversi titik koordinat grid menjadi sebuah alamat yang dapat Anda baca dengan jelas menggunakan Geocoding API.

Apa itu Geocoding API?

Geocoding API adalah salah satu layanan untuk dapat melakukan konversi alamat menjadi titik koordinat atau latitude longitude. Ada pun Anda bisa melakukan sebaliknya, dari titik koordinat menjadi alamat yang bisa dibaca oleh pengguna, yaitu reverse geocoding.

API Google Geocoding ini masuk dalam kategori Places API Google Maps Platform. API ini berbentuk web service dimana dalam melakukan request-nya dapat digunakan dengan HTTP Request.

Lalu, bagaimana cara API Google Geocoding ini dapat melakukan konversi titik koordinat ke alamat? Caranya sangat mudah sekali, Anda hanya butuh API Key yang telah diaktifkan SKU Geocoding dan titik koordinat yang ingin dikonversikan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Lisensi Resmi Google Maps API

Kemudian, ketika Anda sudah memiliki syarat yang dibutuhkan dalam melakukan konversi dengan Geocoding API Google, selanjutnya memasukkannya dalam HTTP Request Geocoding API Google berikut,

https://maps.googleapis.com/maps/api/geocode/json?latlng=-6.266046659656551,106.81830555293061&key=YOUR_API_KEY

 Keterangan HTTP Request diatas:

  1. https://maps.googleapis.com/maps/api/geocode/json?” => merupakan format URL yang wajib ada ketika melakukan konversi titik koordinat. “json?” menandakan bahwa hasil request akan berbentuk format JSON.
  2. Latlng” merupakan parameter yang wajib ada yang berarti singkatan dari Latitude & Longitude yang berarti titik koordinat yang dinyatakan dalam bentuk koordinat X dan Y atau koordinat grid.
  3. Key” merupakan parameter yang wajib ada yang harus Anda masukkan untuk dapat melakukan request geocoding.
api-google-geocoding
Response alamat yang didapatkan dengan Geocoding API Google

Diatas merupakan hasil respon dari Geocoding API ketika Anda melakukan konversi titik koordinat ke alamat menggunakan Geocoding API Google. Anda juga dapat melihat hasil respon secara penuh disini.

Seperti dengan fungsinya, use case yang biasanya menggunakan Geocoding API Google ini adalah untuk mengkonversikan titik koordinat menjadi alamat yang bisa dibaca dengan manusia. Pencarian alamat akan lebih mudah dengan kombinasi Dynamic Maps dan Geocoding API dalam fitur drag marker, dimana pengguna dapat melakukan penitikan alamat berdasarkan titik marker agar pengisian alamat dapat lebih akurat karena sudah sesuai dengan yang pengguna titikkan.

Bagaіmana? Gampang kan? Jika anda mengalami kesulitan bagaimana cara konversi titik koordinat ke alamat dengan API Google Maps Platform, Terralogiq dapat membantu anda karena kami adalah Penyedia jasa layanan Google Maps dan penyedia jasa layanan Google Maps di Indonesia satu-satunya dengan status sebagai Premier Partner. Anda bisa menghubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments