Berbagai Manfaat dan Cara Melacak No HP yang Tertinggal atau Dicuri

9 Februari 2021

Di awal kemunculannya, ponsel dihadirkan sebagai alat komunikasi alternatif yang hanya bisa dipakai kalangan tertentu. Perkembangan teknologi lantas mengubahnya menjadi perangkat serbaguna yang dapat dijangkau berbagai lapisan masyarakat. Pembaruan pada spesifikasi dan komponen ponsel pun memungkinkannya melakukan tugas-tugas yang dulu membutuhkan perangkat besar, salah satunya adalah melacak no HP.

Sayangnya, pelacakan atau tracking nomor ponsel belakang semakin sering disalahgunakan. Banyak orang yang memakai teknologi tersebut untuk menguntit (stalking) hingga tindakan-tindakan kriminal lain yang mengancam nyawa orang. Akibatnya, aplikasi-aplikasi melacak no HP yang tersedia di app store dipandang dengan stigma yang merugikan pihak developer.

melacak no hp yang tertinggal menggunakan google maps

Manfaat memakai alat pelacak nomor telepon

Kenyataannya, pelacakan nomor ponsel dapat memberikan dampak positif apabila digunakan dengan benar. Lantas, apa saja manfaat yang akan Anda peroleh dari kegiatan tersebut?

  • Memastikan posisi anggota keluarga

Melacak no HP milik anggota keluarga, baik orangtua atau anak, membantu Anda mengawasi mereka saat sedang berjauhan. Apalagi kalau Anda termasuk orang yang sulit meninggalkan pekerjaan, sementara anggota keluarga yang bersangkutan harus diawasi untuk melindungi mereka dari ancaman. 

Beberapa aplikasi yang dikembangkan untuk kebutuhan ini biasanya sudah dilengkapi fitur yang memudahkan Anda mengetahui posisi secara real-time dengan melacak no HP. Dari peta yang aplikasi tampilkan, lokasi anak atau orangtua akan terlihat dan terus bergerak saat mereka pindah tempat. Jadi, Anda bisa menyusul dan menjemput tanpa perlu lama-lama mencari lokasi.

  • Mendeteksi lokasi gawai pribadi yang hilang

Bisa dikatakan manfaat ini yang paling umum dirasakan pemilik ponsel. Melacak no HP untuk mengecek gawai yang hilang, entah karena dicuri atau lupa menaruh, dapat dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga atau fitur bawaan dari vendor ponsel tersebut.

Untuk menjalankannya, aplikasi pelacak mengandalkan GPS untuk menelusuri lokasi melalui data-data geografis. Bukan hanya itu, Anda bisa back up semua data yang tersimpan di gawai serta memblokirnya agar si pencuri tak bisa mengaksesnya. Setelah melacak no HP, Anda bisa melaporkan keberadaannya kepada pihak berwajib agar mereka bisa mengejar pelaku.

  • Melindungi data-data pribadi

Seperti yang disinggung sebelumnya, melacak no HP membantu Anda menyelamatkan data-data yang sifatnya pribadi. Kalau dibiarkan sampai diakses orang yang tak berkepentingan, informasi tersebut dapat mereka salah gunakan untuk kejahatan. Akibatnya, Anda akan terseret ke ranah hukum.

Setelah back up data, paling tidak Anda dapat mengabari orang-orang terdekat kalau ponsel hilang atau dicuri. Namun, jangan terlalu mengandalkan aplikasi pelacak nomor telepon untuk menyimpan data personal. Anda sebaiknya mem-back up data secara berkala untuk berjaga-jaga. Kemudian, jaga ponsel sebaik mungkin supaya tak hilang atau dicuri lagi.

  • Mengawasi performa karyawan atau pekerja

Mengoptimalkan bisnis ternyata dapat dibantu juga dengan melacak no HP. Bukan berarti Anda tak percaya kemampuan atau kesetiaan mereka. Hanya saja, tak ada yang salah dengan mengantisipasi hal-hal buruk, karena siapa tahu ada karyawan yang memanfaatkan kepercayaan yang Anda berikan.

Dengan pelacak nomor ponsel, Anda bisa mengawasi keberadaan karyawan, baik saat berada di lokasi kerja atau ditugaskan ke tempat lain. Ketika menangkap karyawan yang diam-diam membantu pesaing atau melakukan tindakan kriminal seperti pencurian, Anda bisa segera mengambil tindakan sebelum mereka menghancurkan usaha atau bisnis.

  • Menyelamatkan seseorang dalam situasi darurat

Kecelakaan atau bencana alam adalah peristiwa-peristiwa yang tak bisa Anda prediksi kedatangannya. Meski begitu, Anda tetap dapat menyelamatkan seseorang dalam situasi darurat dan melacak nomor HP adalah langkah mudah yang dapat segera dilakukan.

Ketika mendapat kabar kecelakaan atau bencana alam di lokasi tempat teman atau anggota keluarga tinggal, Anda bisa melacak nomor HP mereka untuk mengetahui lokasi. Jika mereka belum berada di tempat yang aman, Anda bisa segera menjemput dan membawa mereka sejauh mungkin dari sana. Akan tetapi, pastikan dulu akses ke tempat tersebut dapat Anda lalui.

Cara melacak nomor HP selain lewat aplikasi pihak ketiga

Setelah menyimak manfaat-manfaat di atas, Anda tak lagi menganggap melacak nomor HP sebagai aktivitas merugikan, bukan? Untuk berjaga-jaga, Anda dapat mempelajari cara melacak nomor telepon melalui ponsel. Berikut ini ada beberapa metode yang bisa diterapkan selain melalui aplikasi pihak ketiga.

Google Find My Device

Anda yang menggunakan ponsel berbasis Android bisa memanfaatkan fitur bawaan dari Google bernama Find My Device. Langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk melacak nomor HP:

  1. Unduh Google Find My Place apabila belum terinstal di ponsel;
  2. Daftar menggunakan akun Gmail (buat dulu kalau Anda belum mempunyai akun ini);
  3. Kemudian, pilih Sign in as Guest untuk mengakses ponsel yang hilang dicuri atau tertinggal;
  4. Tunggu sampai tampilan perizinan muncul di layar ponsel;
  5. Klik Allow supaya aplikasi bisa mengakses penuh lokasi terkini ponsel Anda.

Selain itu, ada tiga fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk melacak nomor HP dari Find My Device:

  • Play Sound. Fitur ini memungkinkan ponsel maupun perangkat yang Anda cari berdering secara otomatis (kalau sudah Anda aktifkan).
  • Lock. Dengan fitur ini, Anda bisa langsung mengunci akses perangkat.
  • Erase. Anda bisa menghapus semua data, dari foto hingga video, secara permanen dengan memilih fitur ini dari Find My Device.

Akun Gmail

Masih memakai ponsel berbasis Android, akun Gmail yang Anda pakai untuk berkirim surel atau menyimpan data bisa dimanfaatkan juga untuk melacak no HP. 

  1. Buka Gmail melalui PC atau laptop. Pastikan akun tersebut adalah yang Anda gunakan juga pada ponsel yang sedang dicari keberadaannya;
  2. Setelah masuk ke akun Gmail, klik ikon titik 9 yang berada di pojok kanan atas layar;
  3. Selanjutnya masuk ke menu akun Google untuk memilih opsi Buka Aktivitas Saya;
  4. Tekan menu strip 3 yang berada di pojok kiri layar, lalu pilih Kontrol Aktivitas. Begitu menu terbuka, silahkan klik Kelola Aktivitas;
  5. Tunggu sebentar sampai Google memperlihatkan aktivitas terbaru yang terekam di ponsel, termasuk di Google Maps;
  6. Sekarang, klik penelusuran Maps, lalu tekan ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas;
  7. Periksa detail aktivitas. Anda bisa memperkirakan lokasi perangkat muncul di sana.

Melacak no HP dengan akun Gmail bukan cuma bisa diterapkan untuk ponsel yang hilang. Fungsi lain seperti penelusuran akun seseorang pun dapat dilakukan lewat metode ini. Setelah berhasil menemukan posisi ponsel dan mendapatkannya, jangan lupa untuk segera mengganti password.

Kode IMEI

Kode International Mobile Equipment Identity atau IMEI rupanya bisa membantu Anda melacak no HP. Kalau ponsel Anda sudah mendapatkan kode tersebut, maka Anda bisa memulai pencarian perangkat dengan langkah-langkah berikut:

  1. Cari kode IMEI dari ponsel yang hilang, lalu catat;
  2. Kemudian, buka browser di PC atau laptop untuk mengakses https://my-phone-finder.com;
  3. Masukkan kode IMEI pada kolom pencarian layar;
  4. Klik Find, lalu tunggu sebentar sampai hasil pencarian muncul.

Dengan melacak no HP lewat kode IMEI, Anda dapat mengecek hasil pencarian berupa lokasi terkini ponsel berada.

Satelit GPS

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk melacak no HP tanpa aplikasi pihak ketiga adalah dengan satelit GPS. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan:

  1. Buka browser melalui PC dan laptop untuk mengakses laman https://sat-gps-tracker.com;
  2. Pilih negara dan kode telepon wilayah ponsel tersebut hilang;
  3. Selanjutnya, masukkan nomor ponsel yang sedang Anda cari;
  4. Tunggu sampai laman menunjukkan posisi nomor ponsel tersebut.

Beberapa situs alternatif yang dapat Anda kunjungi adalah Ceebydith.com dan Acakgsm.com. Karena mengandalkan satelit GPS, cara melacak no HP ini tak bisa dilakukan pada ponsel yang belum memakai teknologi tersebut.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa melacak no HP mempunyai sisi positif yang membantu kegiatan sehari-hari hingga peristiwa tak terduga. Ingat, jangan pakai tips ini untuk hal-hal yang berpotensi merugikan Anda maupun pihak lain. Pakai juga metode yang menurut Anda paling efektif dan memperlihatkan hasil yang dibutuhkan.

Mudah-mudahan artikel ini membantu Anda untuk melacak no HP, ya!

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article