Bagaimana memperkirakan harga Google Cloud Platform?

28 September 2021

Google Cloud Platform (GCP) adalah salah satu penyedia jasa cloud terkenal di dunia. Google telah membuat harga kompetitif untuk penawaran jasa cloud-nya, ini bertujuan untuk memberikan penawaran yang lebih rendah, lebih ramah serta terjangkau dan intuitif dari pada penyedia cloud lainnya. Faktor biaya adalah parameter utama yang perlu dipertimbangkan jika Anda mempertimbangkan untuk bermigrasi ke Google Cloud atau beralih ke penyedia cloud lain yang berbeda. Jadi bagaimana memperkirakan harga Google Cloud Platform?

Dalam postingan ini, pertama kami akan menjelaskan dasar-dasar penetapan harga Google Cloud, dan alat yang disediakan oleh Google untuk melihat dan mengelola biaya cloud.

Google Cloud Platform menawarkan penetapan harga berdasarkan empat prinsip:

  • Tanpa biaya di muka (DP) pengguna tidak perlu melakukan investasi di muka untuk menggunakan layanan Google Cloud Platform apa pun.
  • Pay as you go Bayar sesuai penggunaan untuk komputasi, penyimpanan, dan transfer data, Google hanya mengenakan biaya untuk sumber daya yang sebenarnya digunakan, memungkinkan pengguna untuk meningkatkan dan menurunkan secara fleksibel.
  • Tanpa biaya penghentian pengguna selalu dapat mengurangi atau mematikan layanan tanpa dikenakan biaya tambahan.
  • Free Trier Google menawarkan Uji Coba Gratis 12 bulan dengan kredit $300 untuk semua layanan cloud-nya . Ada juga Tingkat Selalu Gratis yang menyediakan layanan Google Cloud Platform utama secara gratis, dengan batasan penggunaan. Beberapa layanan yang termasuk dalam tingkat gratis dan batasannya ditunjukkan di bawah ini.
harga-google-cloud-platform-free-tier-1
harga-google-cloud-platform-free-tier-2

Alat Manajemen Biaya Google Cloud

Google Cloud Platform, seperti penyedia cloud publik lainnya, menawarkan alat manajemen biaya tanpa biaya (kecuali jika Anda perlu menggunakan layanan Google Cloud untuk menyimpan atau memproses data biaya Anda). Alat ini meliputi:

Kalkulator Harga Google Cloud Platform

Kalkulator Google Cloud Platform memungkinkan Anda memilih layanan cloud apa pun, menentukan parameter layanan seperti jumlah instans, spesifikasinya, berapa lama mereka diharapkan berjalan selama sebulan, persyaratan penyimpanan dan transfer data, dan mendapatkan perkiraan biaya mendetail. Anda juga dapat menggunakan kalkulator untuk membandingkan biaya GCP dengan biaya penyedia cloud lainnya.

kalkulator-harga-google-cloud-platform

Resource hierarchy

Google Cloud Platform menyediakan hierarki sebagai sumber yang terperinci, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol akses, izin, dan juga parameter biaya layanan cloud. Anda dapat menerapkan kebijakan yang menyertakan parameter biaya dan kuota di tingkat hierarki mana pun, dan kebijakan dapat diterapkan ke node saat ini dan semua turunannya.

harga-google-cloud-platform-resource-hierarchy-overview

Kontrol akses penagihan (billing access control)


Sebagai bagian dari Cloud Identity and Access Management (IAM) Google, Anda dapat menetapkan peran di semua tingkat hierarki Anda yang dapat melakukan peerubahan dan aktivitas terkait biaya. Cloud IAM mendukung peran akses ke penagihan berikut:

  1. Pembuat Akun Penagihan
  2. Administrator Akun Penagihan
  3. Pengguna Akun Penagihan
  4. Penampil Akun Penagihan
  5. Project Billing Manager

Kuota Google Cloud Platform memungkinkan pemilik project menerapkan batasan terkait jumlah resource yang dapat digunakan project. Ada dua jenis kuota:

  • Kuota alokasi : Berapa banyak instance yang diizinkan untuk dijalankan.
  • Kuota dengan tarif : Jumlah operasi dalam membaca atau tulis per hari. Kuota dapat disetel ulang setelah periode yang telah ditentukan, misalnya per hari.

Google Cloud menawarkan fitur penetapan harga yang membantu penggunanya mengurangi biaya dengan:

  • Diskon penggunaan berkelanjutan : Google menawarkan diskon hingga 30% untuk beban kerja yang berjalan hampir sepanjang bulan penagihan pada layanan Google Cloud Platform.
  • Diskon komitmen penggunaan : Pengguna dapat menghemat hingga 57% dengan berkomitmen untuk menggunakan instans selama jangka waktu tertentu, tanpa pembayaran di muka dan dengan fleksibilitas untuk mengubah instans selama periode komitmen.
  • Preemptible VM : Mirip dengan konsep instans spot AWS, Google menawarkan diskon hingga 79% untuk Mesin Virtual yang dapat dimatikan kapan saja dan diganti oleh yang lain
  • Penagihan per detik : Sementara penyedia cloud lainnya mengenakan biaya per jam, Google mengenakan biaya untuk semua layanan per detik, yang dapat menambah penghematan besar saat instans sering dimulai dan dihentikan.
  • Penyimpanan ColdLine : Penyimpanan Google Cloud Platform menyediakan NearLine dan ColdLine tingkat penyimpanan untuk data yang diarsipkan, yang jauh lebih murah daripada penyimpanan biasa dan menawarkan akses cepat.
  • Jenis mesin khusus : Google Cloud Platform adalah satu-satunya penyedia cloud utama yang memungkinkan pengguna merakit konfigurasi mesin mereka sendiri. Ini dapat menghasilkan penghematan yang signifikan jika Anda membutuhkan mesin dengan kemampuan yang lebih kuat, tetapi instans kelas atas yang ditawarkan oleh penyedia lain tidak cocok.

Bagaimana apa Anda tertarik untuk mencoba layanan Google Cloud Platform? JIka Anda baru ingin memulai atau mencoba untuk mengurangi biaya (cost) Mari berdiskusi mengenai kebutuhan dan perkiraan harga yang dibutuhkan untuk membantu transformasi bisnis Anda. Konsultasikan bersama Terralogiq jika ada pertanyaan lebih lanjut hubungi kami melalui halo@terralogiq.com

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments