Lebih Detail mengenai Asset Tracking System dan Manfaatnya

25 Januari 2022

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat banyak pelaku industri harus mulai beradaptasi dengan keadaan. Dampak dari beradaptasi tersebut dapat membuat perusahaan lebih up-to-date sehingga mempengaruhi proses bisnis yang sudah berjalan sebelumnya. Saat ini sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang untuk para pelanggannya.

Namun, seiring berjalannya waktu pun, banyak hambatan-hambatan yang dihadapi, salah satunya adalah tingginya biaya operasional pengiriman akibat pengiriman yang gagal. Melansir tamebay.com industri logistik merugi lebih dari 1,6 Triliun Dollar Amerika setiap tahunnya akibat pengiriman barang yang gagal. Lalu apa saja yang bisa Google Maps Platform bantu untuk mengatasi hal ini? Tahukah Anda apakah itu Asset Tracking? 

Pengertian Asset Tracking

Asset Tracking merupakan sebuah sistem yang dapat melakukan pelacakan aset bergerak, terutama motor, mobil pick-up atau kontainer. Sistem ini dapat melakukan pelacakan berdasarkan Internet of Things (IoT) atau melalui aplikasi yang tersambung dengan GPS perangkat. Google Maps Platform dapat mengintegrasikan seluruh proses pelacakan mulai dari menentukan lokasi pengiriman menggunakan Directions API dan Distance Matrix API, perusahaan dapat menentukan titik perjalanan untuk sekali perjalanan sebanyak maksimal 25 titik yang termasuk dengan Origin (Titik awal) dan Destination (Titik akhir). API ini dapat mengembalikan rute perjalanan yang optimal serta diperkuat dengan informasi real-time traffic. Dilanjutkan dengan memvisualisasi rute perjalanan di atas peta Google Maps Platform dan memantau pergerakan aset dalam Dashboard Monitoring.

Baca Juga: Kenapa Asset Tracking penting untuk dijalankan di berbagai perusahaan?

google maps distance matrix api

4 Manfaat Penerapan Asset Tracking

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau kegunaan dari sistem asset tracking dari sisi perusahaan maupun pengguna.

  1. Meminimalisir kesalahan pengiriman

Penting untuk memastikan bahwa paket yang akan dikirimkan dapat sampai ke lokasi pengiriman yang tepat dan alamat yang akurat agar terhindar dari kesalahan pengiriman yang menyebabkan paket kembali ke gudang pengiriman. Autocomplete Search API dalam pengoperasian Google Maps Platform dapat membantu pengguna dalam menuliskan alamat dengan akurat berdasarkan lokasi yang diketikkan oleh pengguna.

Penggunaan Autocomplete Search API ini dapat mengurangi waktu proses checkout ketika pengguna ingin membeli sesuatu, mempercepat pengisian alamat pengguna dan mengurangi kesalahan alamat pengiriman.

Adapun dalam hal pengoperasian Google Maps Platform agar dapat meminimalisir kesalahan pengiriman, selain menggunakan Autocomplete Search API pengguna juga dapat menggunakan Geocoding API yang diintegrasikan dengan Dynamic Maps API. Pengguna dapat secara langsung melakukan penitikan lokasi pengiriman lebih akurat lagi karena alamat yang dititikkan sudah sesuai dengan lokasi pengguna saat ini.

Baca Juga: Apa itu Digital Asset Management System dan Bagaimana cara kerjanya

  1. Driver dapat melakukan pengiriman lebih baik

Pengoperasian Google Maps Platform dapat digunakan untuk meningkatkan operasional perusahaan dan membantu perusahaan beroperasi lebih efisien dengan akses data lalu lintas secara real-time.

Gunakan Distance Matrix API untuk membandingkan waktu perjalanan dari setiap kemungkinan lokasi gudang atau depot untuk memenuhi pesanan yang dapat memungkinkan pengiriman secepat mungkin. Gunakan parameter traffic_model untuk mengakses waktu perjalanan prediktif yang mengantisipasi berapa lama perjalanan yang akan dilakukan pada saat pengiriman harus meninggalkan depot.

Pengoperasian Google Maps Platform dengan Distance Matrix API juga menggunakan informasi lalu lintas real-time, memungkinkan Anda memilih pengemudi terdekat berdasarkan durasi perjalanan waktu nyata untuk menyelesaikan pengambilan dan pengiriman. Ini memastikan perputaran pesanan secepat mungkin dan operasi yang lebih efisien secara keseluruhan. Dengan waktu berkendara yang lebih singkat, driver dapat mengirimkan lebih banyak pesanan setiap hari.

Baca Juga: Penerapan Studi Kasus Mengenai Mobility Solutions dari Terralogiq

  1. Rute pengiriman dapat lebih optimal

Setelah menentukan driver, driver dapat menuju ke lokasi pengantaran mereka dengan cepat. Gunakan Directions API untuk memberikan petunjuk arah belokan demi belokan dengan data lalu lintas yang real-time untuk driver atau untuk memprediksi durasi bagian rute mereka di masa mendatang menggunakan parameter traffic_model. Layanan ini juga akan mengoptimalkan urutan waypoint untuk pengiriman, sehingga pengiriman selesai dalam jarak terpendek secara keseluruhan. Berikut adalah tip yang berguna – tetapkan tujuan menggunakan Places ID dari Place Autocomplete atau Geocoding API (sebagai konversi ke alamat yang dapat dibaca). Ini akan mengarahkan pengemudi ke titik akses terbaik untuk tujuan yang akan memungkinkan pengiriman yang lebih efisien dalam banyak kasus, membuat operasi Anda lebih efisien secara keseluruhan.

Gunakan StreetView di aplikasi native yang dibuat dengan SDK Android atau iOS Google Maps untuk menampilkan gambar lokasi pengantaran kepada pengemudi, sehingga pengemudi tahu persis di mana harus berhenti dan seperti apa pintu masuk sebelum mereka tiba, menghemat waktu untuk tidak diam karena harus memastikan lokasinya sudah tepat atau bertanya kepada orang sekitar terkait alamat yang dituju. Pastikan untuk mengaktifkan aplikasi Google Maps native untuk menyediakan navigasi belokan demi belokan secara real-time dengan panduan suara.

  1. Pengguna dapat informasi estimasi Waktu Kedatangan (ETA) pengiriman secara real-time

Terakhir, perbarui pelanggan Anda tentang status pengiriman terbaru. Gunakan Directions API untuk memeriksa ETA yang tersisa dari pengemudi ke pengiriman pelanggan berikutnya, atau gunakan Distance Matrix API untuk memeriksa banyak ETA sekaligus. Gunakan data lalu lintas real-time untuk memberi informasi terbaru kepada pelanggan tentang perubahan kondisi jalan. Buat pelacak pengiriman sederhana di web menggunakan Maps JavaScript API untuk memungkinkan pelanggan melacak pengiriman mereka secara real time, menyimpan panggilan ke bisnis Anda untuk memeriksa status pengiriman.

Bagaіmana? Menarik bukan? Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu asset tracking dan manfaatnya untuk bisnis Anda, Terralogiq dapat membantu anda karena kami adalah Penyedia jasa layanan Google Maps dan penyedia jasa layanan Google Maps di Indonesia satu-satunya dengan status sebagai Premier Partner. Anda bisa menghubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Baca Juga: Teknologi Mobility Solutions Dalam Menjawab Tantangan Industri Logistik

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments