Manfaat dan Peran Artificial Intelligence Indonesia

25 November 2023

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, dan dimodelkan di dalam mesin serta diprogram agar mampu berpikir layaknya manusia. Sedangkan menurut Mc Leod dan Schell, kecerdasan buatan adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya, dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia.

Meskipun banyak definisi tentang AI, teknologi ini mampu menggantikan pekerjaan manusia meskipun tidak semuanya. Kini para perusahaan baik perorangan atau perusahaan bisnis sudah menggunakan AI untuk membantu kinerja bisnis mereka.

Dengan kata lain, AI mampu bekerja layaknya sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan, yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Manfaat dan Peran Artificial Intelligence Indonesia

Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara mendalam terkait artificial intelligence di Indonesia.

Key Takeaways:

  • Artificial intelligence adalah sistem cerdas yang mampu menggantikan pekerjaan manusia, bahkan bekerja sendiri.
  • Sejarah AI diciptakan pada 1956, namun menjadi populer karena peningkatan volume data hingga algoritma.
  • Salah satu fakta AI yakni mampu menjadi ancaman jika tidak diatur dengan baik.

Pengertian Artificial Intelligence

AI merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan, sama seperti manusia. Artificial Intelligence membutuhkan pengalaman dan data supaya kecerdasannya bisa lebih baik lagi. 

Poin penting dalam proses AI yakni learning, reasoning dan self correction. Selain itu, AI perlu belajar untuk memperkaya pengetahuannya. Proses belajar AI tidak selalu harus diperintah oleh manusia, melainkan AI akan belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman AI saat digunakan oleh manusia.

Sejarah AI

Istilah kecerdasan buatan diciptakan pada 1956, tetapi AI telah menjadi kian populer saat ini berkat peningkatan volume data, algoritma canggih, dan peningkatan daya serta penyimpanan komputasi.

Riset AI awal pada awal 1950-an mengeksplorasi beberapa topik seperti penyelesaian masalah dan metode simbolik. Pada 1960-an, Departemen Pertahanan AS menaruh minat terhadap jenis pekerjaan ini dan mulai melatih komputer untuk menirukan penalaran manusia yang mendasar. 

Misalnya, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) menyelesaikan proyek pemetaan jalan pada 1970-an. DARPA menghasilkan asisten pribadi cerdas pada 2003 jauh sebelum Siri, Alexa atau Cortana diberi nama.

Pekerjaan awal ini membuka jalan bagi otomatisasi dan penalaran formal yang dilihat di komputer saat ini. Termasuk sistem pendukung keputusan dan sistem pencarian pintar, yang dapat dirancang untuk melengkapi serta meningkatkan kemampuan manusia.

Baca juga: Teknologi AI: Pengertian Artificial Intelligence dan Kelebihannya

Pentingnya Kecerdasan AI di Indonesia

Pentingnya Kecerdasan AI di Indonesia

Setelah perkembangan AI mulai memasuki banyak dunia, kini giliran di Indonesia. Berikut beberapa komponen penting yang dihasilkan oleh AI.

1. AI Mengotomasi Pembelajaran dan Penemuan Melalui Data

Akan tetapi, AI berbeda dengan automasi robotik yang digerakkan oleh perangkat keras. Selain mengotomasi tugas manual, AI melakukan tugas-tugas yang sering bervolume tinggi dan terkomputerisasi dengan handal tanpa mengalami kelelahan. Untuk jenis automasi ini, penyelidikan manusia masih penting untuk mengatur sistem dan mengajukan pertanyaan yang tepat.

2. AI Menambahkan Kecerdasan

Di sebagian besar kasus, AI tidak dijual sebagai aplikasi individu. Akan tetapi, produk yang sudah Anda gunakan akan ditingkatkan dengan kemampuan AI. Mirip seperti siri yang ditambahkan sebagai fitur pada generasi baru produk Apple. 

Misalnya pada automasi, platform percakapan, bot, dan mesin pintar yang dapat dikombinasikan dengan sejumlah besar data. Hal ini berguna untuk meningkatkan banyak teknologi di rumah dan di tempat kerja. Mulai dari intelijen keamanan hingga analisis investasi.

3. AI Beradaptasi Melalui Algoritma

Untuk memungkinkan data melakukan pemrograman, AI menemukan struktur dan keteraturan dalam data. Sehingga algoritma mampu memperoleh keterampilan menjadi pengklasifikasi atau prediktor. 

Sama seperti algoritma yang dapat mengajarkan diri sendiri cara bermain catur, AI dapat mengajarkan sendiri produk apa yang akan direkomendasikan berikutnya secara online. Model-model ini beradaptasi saat memberikan data baru. Propagasi belakangan ini termasuk salah satu teknik AI, yang memungkinkan model untuk beradaptasi melalui pelatihan dan data yang ditambahkan. 

Fakta-Fakta AI

  • AI memiliki beberapa jenis seperti machine learning, deep learning, natural language processing, dan computer vision. Setiap jenis AI memiliki fokus yang berbeda-beda dan digunakan dalam aplikasi yang berbeda.
  • AI digunakan dalam banyak aplikasi di kehidupan sehari-hari seperti chatbot, pengenalan wajah, asisten virtual, dan mobil otonom. AI juga digunakan di industri, seperti manufaktur, bisnis, keuangan, dan kesehatan.
  • AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor seperti pertanian, transportasi, dan energi. Contohnya teknologi AI dapat membantu dalam pengelolaan tanaman, mengoptimalkan rute pengiriman, dan mengurangi konsumsi energi di gedung.
  • AI berpotensi menjadi ancaman jika tidak diatur dengan baik. Beberapa ahli mengkhawatirkan potensi penggunaan AI untuk tujuan jahat, seperti penyalahgunaan data atau pengembangan senjata otomatis.
  • AI dapat mengubah pekerjaan di masa depan. Beberapa pekerjaan akan digantikan oleh mesin dan program AI, sehingga diperlukan penyesuaian dan perubahan dalam pola kerja dan keterampilan yang diperlukan.
  • AI membutuhkan data untuk belajar dan berkembang. Data yang akurat dan berkualitas sangat penting untuk memastikan bahwa program AI dapat menghasilkan prediksi dan rekomendasi yang akurat.
  • Pembelajaran mesin adalah salah satu teknik dasar dalam pengembangan AI. Dalam pembelajaran mesin, program AI belajar dari data dan menghasilkan model yang dapat digunakan untuk membuat prediksi atau mengambil keputusan.
  • AI menjadi semakin canggih seiring berjalannya waktu. Perkembangan teknologi AI sangat cepat dan diikuti dengan inovasi-inovasi baru yang terus muncul.
  • AI adalah salah satu bidang studi yang populer dan menjanjikan. Banyak universitas dan lembaga yang menawarkan program studi terkait AI, serta banyak perusahaan yang mencari tenaga ahli dalam bidang ini.

Baca juga: Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Bisnis

Terralogiq dan Artificial Intelligence

Meskipun AI sudah berkembang dan memiliki banyak kecanggihan, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap bisnis masih membutuhkan kinerja manusia yang tidak dapat tergantikan dengan adanya AI. Meskipun memudahkan pekerjaan manusia, setiap bisnis pasti memerlukan tools yang berbeda-beda. 

Terralogiq hadir untuk membantu bisnis Anda melalui product, solusi, hingga case study. Tertarik untuk memulai bisnismu dengan Terralogiq? Klik website kami untuk mengetahui lebih lanjut atau hubungi kami melalui halo@terralogiq.com

Author Profile

Share this post on

Related Article