Mengenal Artificial Intelligence dan Penerapan Sistem Google Cloud AI untuk Bisnis Era Industri 4.0

3 Januari 2022

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence merupakan suatu kecerdasan atau pengetahuan yang ditambahkan kepada suatu sistem (program) yang dapat diatur dalam konteks ilmiah atau yang diinterpretasi sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Pembuatan sistem kecerdasan buatan ini mempunyai tujuan utama mempermudah kehidupan manusia, terutama pada lingkup pengetahuan,

Sistem kecerdasan buatan ini sebenarnya mencakup aspek yang cukup luas, ada beberapa metode pencarian atau artificial intelligence algorithms yang digunakan. Dalam kecerdasan buatan sistem agen cerdas adalah suatu program yang dapat menyelesaikan masalah sendiri serta mempunyai intelegensi.

Mengenal Artificial Intelligence dan Penerapan Sistem Google Cloud AI untuk Bisnis Era Industri 4.0

Saat ini mayoritas perusahaan besar industri juga sudah menggunakan sistem kecerdasan buatan ini untuk membantu segala jenis proses di berbagai bidang yang ada, mulai dari produksi, penjualan, serta manajemen perusahaan. Berikut beberapa informasi menarik dan penting tentang penerapan sistem kecerdasan buatan pada perusahaan industri.

Apa itu Kecerdasan Buatan?

Sebelum mengetahui implementasi dari sistem kecerdasan buatan ini, ada baiknya anda lebih mengerti dan memahami dahulu apa itu kecerdasan buatan, tipe-tipe dari suatu agen cerdas dan bagaimana cara kerja suatu sistem agen cerdas.

Pada awal artikel kita sudah mengerti kecerdasan buatan merupakan suatu pengetahuan atau kecerdasan yang ada didalam suatu sistem atau program. Karena kecerdasan buatan mempunyai aspek yang sangat luas disini kita akan lebih spesifik membahas peran kecerdasan buatan Google Cloud bagi suatu perusahaan.

Ada lima unsur penting yang terkandung dalam sistem agen cerdas, yaitu Agents and Environment, rationality, PEAS (Performance measure, environment, actuators, sensor), Agent type, dan Environment type. Kelima unsur tersebut mempunyai hubungan yang sangat erat untuk dapat menciptakan suatu sistem agen cerdas.

Artificial intelligence ini mempunyai karakteristik:

  • Autonomous (mandiri)
  • Reaktif (cepat beradaptasi)
  • Proaktif (inisiatif untuk mencapai tujuan)
  • Fleksibel (banyak cara untuk mencapai tujuan atau mengambil keputusan)
  • Robust (Kembali pada kondisi semula jika mengalami kegagalan)
  • Rasional (memikirkan tindakan yang tidak menimbulkan konflik)
  • Social (interaksi)
  • Situated (agen yang berada pada lingkungan atau situasi tertentu saja)

Sistem agen cerdas juga memiliki lima tipe sesuai dengan kemampuan dan karakteristiknya masing-masing. Sebelum menggunakan suatu sistem agen cerdas anda juga harus mengetahui lima jenis tipe agen cerdas, berikut informasinya.

  1. Simple reflex agents (model agent cerdas paling sederhana)
  2. Model-based reflex agents
  3. Goal-based agent (agen yang sudah diberi pengetahuan)
  4. Utility-based agent (agen yang dapat memikirkan tindakan terbaik)
  5. Learning agent (agen yang dapat memikirkan tindakan terbaik serta dapat melakukan pengukuran tindakan, dan memberi umpan balik bagaimana agen bekerja)

Artificial Intelligence Google Cloud

Layanan Google Cloud Platform (GCP) merupakan layanan komputasi dari Google yang berjalan di atas infrastruktur yang sama digunakan oleh Google untuk produk internalnya, seperti Google Search engine, Gmail, dan YouTube. GCP menyediakan serangkaian layanan cloud modular termasuk komputasi, penyimpanan data, analisis data serta pembelajaran mesin dari artificial intelligence google.

Google Cloud Platform juga mengadopsi kecerdasan buatan atau AI dan ML (machine learning), yang dapat membantu anda untuk mengelola dan menganalisis data dengan jumlah yang besar (big data).  Karena menerapkan teknologi berbasis kecerdasan buatan tentu saja pengelolaan data pada GCP akan lebih konsisten dan akurat. Bahkan sudah banyak sekali aplikasi dan perusahaan yang mempercayai dan menggunakan layanan Google Cloud Platform ini.

Layanan Google Cloud AI

Ada sekitar 11 layanan dari Google Cloud Platform yang berbasis artificial intelligence (AI) setiap layanan mempunyai sistem algoritma dan fungsi yang berbeda-beda. Dengan banyaknya layanan yang didapatkan, user akan semakin mudah menyelesaikan pekerjaan atau masalah yang ada. Berikut 11 layanan dari GCP yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan.

1. Cloud AutoML

Pada Cloud AutoML anda akan mendapatkan layanan untuk melatih dan mengasah kemampuan machine learning yang nantinya akan dibutuhkan oleh perusahaan dengan menggunakan model pembelajaran mesin khusus dari Google. Setelah menguasainya anda dapat membuat model dan mengimplementasikannya dalam perusahaan, misalnya dalam website atau aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan anda.

2. Cloud TPU

Layanan Cloud TPU ini dapat digunakan untuk melatih model dengan mesin pembelajaran milik Google.

3. Cloud Job Discovery 

Layanan Cloud Job Discovery dapat membantu proses pencarian dan pembelajaran mesin untuk merekrut ekosistem yang diperlukan oleh perusahaan.

4. Cloud Machine Learning Engine 

Layanan Cloud Machine Learning Engine akan membantu anda membangun model pembelajaran mesin berdasarkan kerangka kerja utama.

5. Cloud Translation API

Layanan Cloud Translation API dapat memnungkinkan anda menerjemahkan dokumen antar bahasa secara dinamis antara ribuan pasangan serta lebih dari 100 bahasa yang tersedia menggunakan model machine learning yang dimiliki Google.

6. Cloud Natural Language 

Layanan Cloud Natural Language merupakan suatu sistem pemrosesan bahasa yang mempunyai tingkat akurasi mendekati manusia.

7. Cloud Speech-to-Text

Layanan Cloud Speech-to-Text merupakan layanan pengenal ucapan yang bisa mengkonversi pidato menjadi teks berdasarkan pembelajaran mesin milik Google.

8. Cloud Text-to-Speech

Layanan Cloud Text-to-Speech adalah layanan Teks pidato yang bisa mengkonversi teks ke pidato berdasarkan pembelajaran mesin milik Google.

9. Dialogflow Enterprise

Merupakan layanan artificial intelligence untuk pengembangan berdasarkan machine learning Google untuk membangun percakapan antarmuka, biasanya digunakan untuk mengembangkan bot.

10. Cloud Vision API 

Merupakan layanan analisis data gambar berdasarkan pembelajaran mesin Google.

11. Cloud Video Intelligence 

Merupakan merupakan data layanan analisis layanan berdasarkan pembelajaran mesin Google.

Penerapan Artificial Intelligence pada Perusahaan

Penerapan Artificial Intelligence pada Perusahaan

Dilansir dari website code.tutsplus.com/id kita bisa melihat salah satu kegunaan layanan Google Cloud Speech dan Natural Language API untuk menciptakan suatu agen cerdas yang bisa menggabungkan penggunaan layanan Cloud Speech dan Natural Language API. Hal tersebut juga bisa anda dapatkan, namun penggunaan dan penerapan sistem kecerdasan buatan ini memerlukan pemahaman yang amat baik mengenai sistem agen yang akan dibuat lengkap dengan kondisi dan permasalahan yang ada.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan layanan GCP, seperti membangun sistem keamanan data perusahaan, meningkatkan layanan serta memberikan layanan yang lebih lengkap terhadap customer. Menganalisis big data untuk keperluan forecasting, pembacaan trend produk dan penjualan, anda juga dapat membuat, serta mengembangkan suatu aplikasi maupun website untuk keperluan perusahaan, serta masih banyak hal lain lagi yang dapat digunakan dari layanan GCP. Berikut penjelasan mengenai salah satu implementasi AI dalam Geomarketing bagi perusahaan,

Geomarketing

Geomarketing adalah disiplin ilmu yang memanfaatkan lokasi atau letak geografi dalam suatu sistem perencanaan dan aktualisasi kegiatan marketing atau pemasaran. Letak geografis sebuah perusahaan dan tempat pemasaran produk merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai. Setiap perusahaan akan sebisa mungkin untuk mencari alternatif paling murah untuk rute atau jalur pendistribusian produk, hal tersebut sangat dimungkinkan dengan pengaplikasian metode pencarian dalam kecerdasan buatan dengan menggunakan salah satu algoritmanya.

Sebelum memasarkan produk ke sebuah wilayah atau tempat pastinya anda memerlukan data yang valid mengenai wilayah tersebut, seperti budaya, hal apa saja yang disukai oleh penduduk wilayah tersebut, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Dengan pengaplikasian sistem artificial intelligence dari Google Cloud Platform perusahaan anda akan semakin mudah untuk mencari dan mengolah data trend pasar atau penjualan yang ada.

Penggunaan Geomarketing ini juga terbilang lebih terjangkau, selain itu penggunaan Geomarketing juga lebih efisien untuk mengembangkan perusahaan anda untuk mencari lokasi yang sempurna agar bisnis anda dapat bekerja secara maksimal untuk mendatangkan profit yang maksimal untuk anda.

Terralogiq Google Cloud Partner

Terralogiq merupakan perusahaan teknologi lokal Google Cloud Partner nomor satu di Indonesia yang menyediakan Solusi Geospatial, Location Intelligence and Mobility Solution in Indonesia untuk keperluan perusahaan dan bisnis anda. Perusahaan ini juga sudah dipercaya oleh banyak perusahaan industri besar dan beberapa lembaga pemerintah untuk menangani kebutuhan IT khususnya mengenai penggunaan layanan Google Cloud.

Perusahaan Terralogiq ini juga telah melayani lebih dari 150 clients, serta menjadi Google Premier Partner nomor satu di Indonesia. Terralogiq juga menyediakan talents-talents yang profesional dan ahli untuk membantu anda menyelesaikan permasalahan IT anda.

Bagi anda yang ingin menerapkan artificial intelligence Google Cloud bagi perusahaan ataupun bisnis anda bersama Terralogiq anda dapat mengunjungi website officialnya di https://terralogiq.com/ untuk berkonsultasi tentang kebutuhan anda dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments