Deretan Aplikasi WFH untuk Menunjang Work From Home

12 Agustus 2022

Pada era pandemi COVID-19 ini, banyak perubahan yang terjadi dalam berbagai sektor kehidupan.  Pandemi COVID-19 membuat kegiatan sehari-hari menjadi terbatas demi mencegah meningkatnya angka penularan virus ini, misalnya adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Salah satu sektor yang mengalami perubahan yang sangat signifikan adalah sistem kerja. Adanya pandemi ini, pemerintah memutuskan untuk menerapkan skema bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH), baik bagi perusahaan pemerintah maupun swasta. Sistem WFH ini diharapkan dapat bertindak sebagai salah satu aksi pencegahan COVID-19.

Pelaksanaan WFH yang bisa dibilang cukup mendadak membuat banyak perusahaan kewalahan dalam menyesuaikan sistem yang sudah ada dengan sistem WFH. Untungnya, kemajuan teknologi pada masa kini memberikan banyak kemudahan bagi pekerjaan secara WFH. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak aplikasi pendukung WFH yang bermunculan dan menawarkan banyak solusi untuk mengatasi keterbatasan WFH. 

Ingin tahu aplikasi apa yang Anda butuhkan untuk WFH yang efektif dan efisien? Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut. 

Deretan Aplikasi WFH untuk Menunjang Work From Home

Apa itu Work From Home?

Istilah Work From Home, atau yang biasa disingkat WFH mengacu pada sistem bekerja dari jarak jauh atau bekerja dari rumah. Dengan diberlakukannya kebijakan ini, pekerja diminta untuk tidak perlu datang ke kantor atau bertemu secara tatap muka dengan para pekerja lainnya. Tujuan diberlakukan kebijakan WFH yaitu untuk meminimalisir kontak langsung dalam rangka upaya pencegahan COVID-19.

Sistem kerja Work From Home pasti tidak asing bagi para pekerja freelancer, karena mereka sudah terbiasa remote working atau kerja secara remote

Keuntungan Work From Home

Meskipun memiliki banyak keterbatasan, pemberlakuan sistem kerja WFH juga mendatangkan banyak keuntungan. 

1. Jadwal kerja yang fleksibel

Dengan adanya WFH, setiap orang memiliki kebebasan yang lebih dalam mengatur jam kerja dan tidak terikat oleh waktu. Hal ini berdampak positif pada hasil kerja.

2. Menghemat biaya transportasi

Pegawai tidak mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi semenjak adanya WFH. Tidak hanya itu, WFH juga menghemat waktu para pegawai Karena sebelumnya pegawai perlu menyediakan waktu untuk berangkat dari rumah ke tempat kerja. Namun semenjak adanya WFH hal tersebut sudah tidak dilakukan lagi.

3. Menurunnya ketidakhadiran dan keterlambatan

Setelah diberlakukan WFH, hambatan yang dialami para pegawai tentu berkurang. Misalnya, kemacetan. Kemacetan merupakan masalah terbesar dalam dunia kerja. Akibat macet, pegawai sering terlambat atau bahkan tidak hadir. Masalah tersebut dapat diatasi dengan WFH. Tidak hanya itu, pegawai dapat mengerjakan pekerjaannya lebih santai, tidak terikat oleh waktu, dan bahkan di luar jam kerjanya.

4. Meminimalisir kontak dengan orang lain

Disaat pandemi COVID-19 seperti ini, sangat penting bagi kita untuk menghindari kontak dengan orang lain. WFH merupakan cara terbaik bagi para pegawai untuk mengurangi kontak langsung dengan orang lain.

Aplikasi Pendukung WFH

Sudah banyak aplikasi yang dikembangkan untuk mendukung pekerjaan secara WFH. Berikut adalah beberapa aplikasi yang mungkin Anda butuhkan untuk memudahkan WFH perusahaan Anda. 

1. Google Workspace

Untuk menjawab kebutuhan adaptasi perusahaan ke era teknologi modern dan digital untuk penerapan WFH, Google meluncurkan Google Workspace yang memungkinkan perusahaan untuk bekerja kolaboratif. 

Google Workspace merupakan serangkaian aplikasi komunikasi dan kolaborasi yang dapat digunakan perusahaan. Anda pasti pernah mendengar atau bahkan menggunakan Google Meet, Google Drive, Gmail, ataupun produk Google lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam Google Workspace. 

Beberapa aplikasi yang tersedia di Google Workspace yang dapat Anda gunakan untuk mendukung WFH antara lain:

Gmail

Aplikasi Gmail merupakan aplikasi email favorit, terbaik, dan salah satu produk unggulan dari Google Workspace. Bahkan, aplikasi Gmail sendiri sudah diunduh sebanyak 10 miliar kali di perangkat Android per bulan Januari 2022. 

Google Docs

Aplikasi pengolah kata ini tentu sudah tidak asing bagi Anda. Google docs merupakan salah satu bagian dari Google Workspace yang berfungsi untuk mengelola dokumen secara gratis. Melalui aplikasi ini, Anda dapat membuat, mengubah, mengedit, bahkan berbagi akses dengan rekan kerja dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Google Docs juga menyediakan layanan penyimpanan yang cukup besar mencapai 15 GB. Dalam menggunakannya, Anda tidak memerlukan aplikasi dan Anda bisa berkolaborasi real-time bersama rekan kerja di perusahaan. 

Google Drive

Salah satu aplikasi Google yang sangat bermanfaat saat WFH adalah Google Drive. Aplikasi ini adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai macam file secara online. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menyimpan berbagai jenis file dengan ukuran yang beragam. 

Google Drive memberikan ukuran kapasitas sekitar 15GB secara gratis, tetapi Anda juga dapat memperbesar kapasitas ini sesuai dengan yang Anda perlukan dengan nominal pembayaran tertentu. 

Google Meet

Google Meet merupakan aplikasi atau software video conference yang memungkinkan Anda untuk melakukan meeting. Anda dapat menggunakan aplikasi Gmeet melalui aplikasi di smartphone Anda ataupun browser

Aplikasi Gmeet memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video bersama 30 pengguna lain secara gratis. Kapasitas pengguna dalam panggilan ini dapat Anda tambahkan dengan biaya tertentu.

Google Spaces

Google Spaces adalah salah satu aplikasi rangkaian Google Workspace yang berfungsi sebagai media komunikasi dan diskusi bagi internal perusahaan. Dengan aplikasi ini, seluruh elemen perusahaan dapat berinteraksi secara langsung baik karyawan, pimpinan dan lain-lain. 

Selain aplikasi-aplikasi di atas, berikut adalah beberapa contoh aplikasi lain yang juga tersedia di Google Workspace.

  • Google Calendar – layanan kalender yang memungkinkan penjadwalan online (online scheduling)
  • Google Forms – layanan membuat survei, kuesioner, maupun form kustomisasi
  • Google Sheets – layanan spreadsheet kolaboratif
  • Google Slides – layanan presentasi kolaboratif
  • Currents – layanan social networking dan interaksi antar anggota tim
  • Keep – layanan membuat catatan singkat (notes)
  • Sites – layanan situs kolaboratif untuk tim, proyek, maupun event yang bisa langsung digunakan tanpa harus menguasai ilmu programming atau web designing
Aplikasi Pendukung WFH

2. Appsensi

Seorang karyawan perusahaan pasti sangat familiar dengan mesin fingerprint yang mencatat kehadirannya setiap hari. Namun, bagaimana cara mereka melakukan absensi jika mereka tidak datang ke kantor? 

Appsensi adalah aplikasi yang berfokus pada solusi HR yang memungkinkan sistem absensi dan payroll berbasis mobile. Fitur absensi online yang disediakan Appsensi menjawab tantangan yang diberikan kepada HR untuk mengganti sistem absensi melalui mesin fingerprint menjadi sistem absensi online. 

Appsensi juga memungkinkan Anda untuk memonitor data kehadiran dan kinerja karyawan Anda secara lebih sistematis dan real-time. Selain itu, Appsensi juga menyediakan fitur lain, seperti fitur pengajuan lembur, pengajuan klaim, daftar karyawan berdasarkan organisasi, performance review, dan lain-lain. 

3. Trello

Ingin menjaga tim Anda agar tetap terorganisir meskipun bekerja tanpa bertemu satu sama lain? Trello adalah jawabannya. 

Trello merupakan aplikasi yang dapat memudahkan Anda untuk bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim. Dengan bantuan Trello, Anda dapat menyusun rencana kerja, mengerjakan proyek secara bersama-sama, dan lain-lain. 

Trello memungkinkan tim untuk membuat board untuk setiap proyek dengan format yang dapat di-filter berdasarkan kategorinya. Board ini terdiri dari daftar, yang kemudian akan mengandung kartu yang dapat ditambahkan, diedit, dan dibagikan di antara daftar, yang kemudian dapat dilacak kemajuannya oleh semua anggota tim. Trello juga menyediakan fitur checklists, tanggal jatuh tempo, label, dan lampiran. 

4. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi messaging yang diciptakan oleh Facebook. Aplikasi ini sudah menjadi platform yang sangat berguna untuk menjaga komunikasi antar rekan kerja ataupun bos di kantor sejak lama. 

Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi WhatsApp antara lain personal chat, group chat, panggilan suara, panggilan video, dan mengirim dokumen, foto, video, dan lain-lain. 

Google Workspace sebagai Partner Terbaik Pekerja WFH

Seperti yang telah disebutkan di atas, Google Workspace adalah salah satu aplikasi yang memiliki segudang fitur yang bermanfaat bagi pekerja WFH. Ingin berlangganan Google Workspace? Terralogiq dapat membantu Anda. 

Terralogiq merupakan perusahaan IT terpercaya yang mampu memberikan solusi dan konsultasi sesuai kebutuhan Anda dalam transformasi bisnis perusahaan. Tidak hanya itu, Terralogiq juga merupakan Google Cloud Premier Partner yang dapat memberikan berbagai solusi layanan yang berkaitan dengan Google. Salah satunya yaitu Google Workspace. Google Workspace dapat menjadi terbaik bagi Anda untuk melakukan bisnis kolaboratif sesuai dengan perkembangan teknologi dan perubahan lingkungan bisnis.

Berbagai solusi yang ideal dan relevan telah sukses disampaikan Terralogiq kepada kliennya yang berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari perusahaan swasta hingga instansi pemerintah sektor industri. 

Ingin berdiskusi lebih lanjut tentang solusi kebutuhan bisnis Anda? Hubungi kami di sini melalui email halo@terralogiq.com

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments