Apa Saja Penggunaan Google Maps Platform dalam Route Optimization

Apa Saja Penggunaan Google Maps Platform dalam Route Optimization

14 Juni 2021

Setelah membaca beberapa artikel lain dalam website Terralogiq, Anda pasti sudah familiar dengan Google Maps Platform, bukan? Jika sudah, maka saatnya Anda untuk melanjutkan membaca artikel selanjutnya dalam Penggunaan Google Maps Platform dalam Route Optimization. Dalam artikel penggunaan Google Maps Platform kali ini akan menjelaskan salah satu use case dari Google Maps Platform. Apakah Anda mengetahuinya? Iya, benar, sesuai dengan judulnya, artikel ini akan membahas Route Optimization.

Route Optimization adalah proses menemukan rute yang paling hemat biaya untuk satu set perhentian. Banyak orang berpikir ini berarti menemukan jarak terpendek atau waktu tercepat antara titik A dan titik B, tetapi ini tidak sepenuhnya benar. Pengoptimalan rute digunakan saat Anda ingin meminimalkan waktu berkendara untuk beberapa pemberhentian, sekaligus memperhitungkan berbagai kerumitan seperti jendela waktu pelanggan, kapasitas kendaraan, jadwal pengemudi, dan banyak lagi. Lalu tahukah Anda mengapa Anda perlu menerapkan Route Optimization?

Penggunaan-Google-Maps-Platform-pada-perkotaan
Source: Unsplash.com (@nabeelsyed)

Simak penjelasannya dibawah untuk penggunaan Google Maps Platform dalam Route Optimization

Hemat Waktu dan Biaya Operasional

Tantangan utama pengiriman last-mile adalah biayanya yang mahal. Itu karena melibatkan pengiriman jumlah yang lebih kecil ke lebih banyak lokasi. Untuk mengimbangi biaya yang lebih tinggi ini, perlu untuk fokus pada perencanaan dan efisiensi dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pengoptimalan rute.

Kurangi Biaya Transportasi

Bahan bakar dan tenaga kerja adalah dua faktor terpenting untuk dipertimbangkan dalam persamaan biaya logistik Anda. Itu karena persentase besar dari total biaya pengiriman Anda dapat dikaitkan dengan mereka. Membiarkan pengemudi Anda menghabiskan sepanjang hari untuk pengiriman yang seharusnya hanya memakan waktu beberapa jam akan menggerogoti keuntungan Anda. Dan, pergi hanya beberapa mil dari jalan untuk satu pengiriman mungkin bukan akhir dunia, tetapi ketika Anda mengalikannya dengan beberapa pengemudi dan lusinan pengiriman setiap hari, uang bensin ekstra itu benar-benar dapat bertambah.

Pengiriman lebih cepat

Mampu menghemat waktu pengiriman Anda tidak hanya baik untuk meningkatkan produktivitas, tetapi juga memiliki efek positif pada layanan pelanggan. Jika Anda dapat mengirimkan barang lebih cepat daripada pesaing Anda, ini memberi Anda keuntungan tersendiri dan pembeli akan memilih Anda daripada orang lain jika mereka tahu mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan lebih cepat.

Kembangkan Bisnis dengan penggunaan Google Maps Platform

Kapasitas pengemudi dapat menjadi hambatan bagi bisnis pengiriman. Untuk berinvestasi dalam lebih banyak pengemudi dan lebih banyak kendaraan, Anda harus memiliki modal untuk mendukung mereka. Cara yang lebih baik untuk mengelola ini adalah pertama-tama melihat produktivitas Anda saat ini. Mungkinkah Anda bisa berbuat lebih banyak dengan sumber daya yang Anda miliki, tanpa mengorbankan layanan pelanggan atau keselamatan? Pengoptimalan rute dapat meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan Anda melakukan lebih banyak, dan melakukannya dengan lebih efisien. Ini adalah kunci untuk membuka potensi pertumbuhan Anda.

Route Optimization merupakan salah satu sebuah proses optimasi rute yang cukup kompleks karena menggunakan lebih dari satu variabel, diantaranya jumlah kendaraan, jumlah kurir, kapasitas kendaraan, menggunakan roda dua atau roda empat, banyaknya pengiriman dalam sehari, dll. Namun, penggunaan Google Maps Platform dalam Route Optimization, Google Maps Platform dapat menunjang sistem Route Optimization ini dengan lebih baik lagi, diantaranya sebagai berikut;

Maps

Dalam pemetaan, Google Maps jelas memiliki tampilan dan pengalaman pengguna yang sudah familiar oleh banyak orang, termasuk Anda. Google Maps memiliki pengguna lebih dari 1 milyar pengguna dari seluruh dunia, ini menunjukkan bahwa Google Maps masih dan akan terus menjadi pilihan pengguna dalam pemetaan digital. 

Dalam Route Optimization ini, Dynamic Maps atau Maps Javascript API sangat membantu Anda dalam memvisualisasikan peta yang interaktif, rute pengiriman dan sebaran lokasi pengiriman dalam satu tampilan secara bersamaan. Dynamic Maps ini juga dimasukkan beberapa layer data, seperti heatmap dan batas-batas wilayah. Dynamic Maps juga memiliki Library Javascript yang hanya bisa digunakan untuk Dynamic Maps, seperti membuat polyline, polygon, serta membuat batas-batas area (yang bisa digunakan juga untuk geofencing).

Dynamic Maps milik Google ini banyak memiliki kelebihannya, bagi Anda yang sudah familiar dengan Google Maps publik tidak akan merasa kesulitan dalam penggunaan Google Maps Platform.

penggunaan-google-maps-platform-jalan
Source: Unsplash.com (@jannerboy62)

Route

Route API milik Google Maps Platform sangat berguna untuk sistem Route Optimization yang akan anda kembangkan. Melalui Route API ini, Anda akan mendapatkan informasi seperti rute perjalanan, waktu tempuh, jarak tempuh, real-time data lalu lintas. Data yang sudah Anda dapatkan, Anda dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan sistem Route Optimization. Contohnya untuk memvisualisasikan rute perjalanan dapat diintegrasikan dengan Dynamic Maps.

Dalam penggunaan Google Maps Platform untuk Route Optimization ini, Google Maps Platform dapat memberikan informasi yang akurat dan detail terhadap rute perjalanan, waktu dan jarak yang akan ditempuh oleh masing-masing driver dalam melakukan pengiriman atau pengantaran barang nantinya. Tentunya, dengan akuratnya data yang diberikan oleh Google Maps Platform ini akan sangat membantu Anda dalam menjalankan sistem Route Optimization ini.

Simak juga: Memahami Persyaratan Layanan Produk Google Maps Platform

Places

Places API dalam penggunaan Google Maps Platform untuk Route Optimization digunakan untuk dapat mencari lokasi-lokasi tujuan menggunakan Autocomplete Widget.  Ketika Anda ingin mencari lokasi yang belum ada di database Anda, Anda dapat menggunakan SKU ini dengan baik untuk mencari lokasi pengiriman dengan tepat.

Adapun, dalam penggunaan Google Maps Platform untuk Places API ini biasanya digunakan untuk menentukan titik koordinat dari alamat yang sudah dimiliki. Dengan Geocoding API, Anda dapat dengan mudah mengkonversi alamat yang Anda miliki menjadi titik koordinat berupa latitude dan longitude. Titik koordinat ini dapat berguna untuk Anda memetakannya dalam Dynamic Maps untuk mengetahui posisi lokasi pengiriman.

Sejatinya, Route Optimization ini tidak hanya bergantung dengan penggunaan Google Maps Platform saja, namun juga ada keterkaitan dengan variabel-variabel lain yang perlu didefinisikan terlebih dahulu sebelumnya. Penggunaan Google Maps Platform dapat menjadi salah satu langkah yang tepat dalam implementasi sistem Route Optimization yang akan Anda kembangkan nantinya. 

Penggunaan Google Maps Platform untuk bisnis agar lebih efektif

Diperlukannya partner yang memiliki pengalaman dan expertise untuk membantu Anda dalam menerapkan best practice untuk penggunaan Google Maps Platform. Berkerjasamalah dengan premier partner seperti Terralogiq dalam penerapan Google Maps , konsultasikan kebutuhan dan pahami bagaimana penerapan solusi optimasi yang tepat untuk bisnis Anda.

Sekian untuk artikel kali ini, sampai jumpa dalam artikel lainnya. Bila ada yang ingin ditanyakan terkait artikel ini ataupun ingin berdiskusi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi kami melalui email halo@terralogiq.com. Terima kasih.

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments