Mengenal Apa itu Google Cloud dan Ragam Fungsinya

17 Januari 2022

Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu Google Cloud dan mengapa sekarang sudah banyak yang mulai memanfaatkan dan beralih pada layanan ini. Transformasi bisnis sekarang ini memang banyak berkembang ke ranah dunia digital dan juga online. Tak heran jika kemudian banyak pengembang atau (developers) yang berlomba-lomba untuk mengembangkan bisnis mereka dengan menggandeng layanan penyimpanan secara daring (online), hosting dan berbagai keperluan lain melalui cloud computing.

Cloud computing adalah istilah yang sudah sering umum kita dengar. Melalui layanan ini, semua data akan disimpan dalam sebuah server dan bisa diakses melalui internet. Sesuai dengan yang dijelaskan dari A Cloud Guru, Google Cloud Platform atau GCP adalah serangkaian layanan cloud publik yang dikelola dan ditawarkan langsung oleh Google. Mulanya, layanan ini dibuat dalam rangka menjaga relevansi produk-produk Google di pasar teknologi. Namun seiring berkembangnya waktu, ternyata banyak pengembang yang melihat bahwa Google Cloud Platform ini memang mumpuni untuk membantu mendongkrak kinerja bisnis.

Mengenal Apa itu Google Cloud dan Ragam Fungsinya

Beragam layanan yang ada pada Google Cloud Platform juga cukup variatif. Layanan tersebut meliputi keperluan komputasi jarak jauh, penyimpanan (storage) data dan pengembangan aplikasi yang memang bisa berjalan di perangkat keras Google. Melihat potensi yang lebih dari fitur cloud dari Google ini, maka Google Cloud Platform juga semakin dikembangkan bahkan hingga ke dalam keperluan lain seperti cost management, pengelolaan data, penyusunan dan perancangan artificial intelligence (AI) hingga machine learning.

Rangkaian Fitur Google Cloud

Karena ada banyaknya fungsi Google Cloud itu sendiri, maka ada beberapa poin yang menjadi fitur kunci dari layanan ini. Fitur Google Cloud Platform tersebut antara lain:

1. Google Compute Engine

Pengaturan komputer secara real time dengan dukungan jaringan yang sangat kuat merupakan kelebihan yang ditawarkan dari fitur Google Compute Engine. Ini merupakan fitur yang memungkinkan adanya mesin virtual instan untuk melakukan hosting terhadap beban kerja pengguna. Layanan ini biasa dikenal sebagai infrastructure-as-a-service atau IaaS.

Berbagai kebutuhan pengembang bisa dilakukan dengan mesin ini karena memang layanan ini menawarkan ketangguhan penyimpanan disk dan kinerja yang konsisten. Pilihan konfigurasi server juga cukup lengkap dan beragam sehingga bisa disesuaikan dengan sangat nyaman oleh pengembang.

2. Google App Engine

Google Cloud Platform juga menawarkan layanan lain yaitu Google App Engine. Melalui fitur ini, pengembang juga diberikan kesempatan untuk melakukan pengembangan terhadap layanan milik mereka sendiri menggunakan kerangka kerja milik Google yang dikenal sebagai platform-as-a-service atau PaaS. Terdapat Software Development Kit atau SDK yang dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pengembang untuk membangun sebuah aplikasi yang bisa berjalan di App Engine.

3. Google Cloud Storage

Selain berbagai macam kemudahan dalam melakukan komputasi dan pengembangan aplikasi, Google Cloud Platform juga memiliki fitur Google Cloud Storage. Sesuai dengan namanya yang tidak asing, fitur ini bisa memberikan keleluasaan bagi para pengguna dan pengembang untuk melakukan penyimpanan data pada server Google. Bahkan hampir segala jenis data bisa disimpan dengan baik menggunakan layanan ini. Dalam skala yang lebih besar, penyimpanan database tersimpan pada platform mumpuni seperti Cloud Datastore, Cloud SQL dan Cloud Bigtable Google.

4. Google Container Engine

Google Cloud Platform juga memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan sebagai peningkat produktivitas bagi para pengembang yang dikenal sebagai Google Container Engine. Layanan ini bisa memberikan kemudahan terutama dalam membangun aplikasi dan menyebarkannya melalui layanan cloud. Tentu saja fitur ini akan sangat membantu produktivitas dari pihak pengembang itu sendiri.

Baca juga: Layanan Yang Ada Pada Google Cloud Platform Indonesia

Manfaat dari Layanan Google Cloud Platform

Manfaat dari Layanan Google Cloud Platform

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, Google Cloud Platform memiliki banyak fitur yang menguntungkan bagi pihak pengembang. Lebih dari itu, Google Cloud Platform juga bisa memberikan kemudahan dalam melakukan manajemen penyimpanan data secara online. Berbagai macam manfaat dan keunggulan dari Google Cloud Platform juga meliputi:

  1. Biaya yang lebih terjangkau dan murah dibandingkan dengan kompetitor lainnya.
  2. Memiliki global fiber network yang sudah privat.
  3. Bisa melakukan migrasi langsung melalui mesin virtual.
  4. Meningkatkan kerja development secara signifikan.
  5. Keamanan sistem yang sudah terjamin.
  6. Layanan bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Demikian informasi sekilas mengenai Google Cloud Platform. Untuk info lebih lengkap seputar Google Cloud Indonesia, Anda bisa berkonsultasi langsung pada Terralogiq sebagai partner premier resmi Google Cloud. Kami adalah satu-satunya partner premier yang bisa menjawab kebutuhan cloud computing dengan lebih aman. Segera konsultasikan pertanyaan tentang apa itu Google Cloud dengan mengirim email Anda melalui halo@terralogiq.com atau isi form disini untuk dapat berkonsultasi bersama pakar cloud kami langsung: 

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments