Apa itu Geomarketing dan Cara Mendongkrak Bisnis Lewat Layanan Lokasi

19 Januari 2022

Banyak dari kita yang mungkin masih bertanya tentang apa itu geomarketing dan sebenarnya bagaimana cara menerapkannya di dalam bisnis. Istilah geomarketing sendiri mulai populer semenjak pengembangan terhadap layanan pelacakan lokasi sudah disematkan ke perangkat seluler (mobile) dan smartphone. Global Positioning System atau GPS yang sejatinya dikembangkan di dunia militer, sekarang sudah disematkan ke dalam perangkat ponsel pintar. Ini tentu saja menjadi sebuah peluang untuk bisa menarik pangsa pasar bisnis secara spesifik dengan mengatur jangkauan lokasi terhadap calon konsumen.

Geomarketing adalah sebuah teknik dimana data geografis akan disertakan ke dalam strategi pemasaran untuk memberikan notifikasi dan pesan-pesan tertentu yang terkait dengan lokasi tinggal calon audiens atau konsumen. Secara sederhana, kita bisa melihat contoh ketika pesan promosi melalui pesan singkat bisa saja dikirimkan ketika terdapat audiens yang sedang berada di wilayah tertentu. Dengan cara ini, calon konsumen bisa tertarik karena mereka sedang berada di wilayah promosi tersebut.

Baca Juga: Studi kasus penerapan Geomarketing pada industri retail JYSK

Apa itu Geomarketing dan Cara Mendongkrak Bisnis Lewat Layanan Lokasi

Tips Mendongkrak Bisnis Melalui Geomarketing

Melihat potensi yang sangat bagus dari geomarketing sebagai bagian dari pemasaran, maka ada beberapa cara dan tips yang bisa kita lakukan dalam mendongkrak bisnis dan usaha kita. Cara tersebut antara lain:

1. Menentukan Jangkauan Audiens

Langkah paling awal yang bisa dilakukan saat akan memanfaatkan geomarketing yaitu dengan menentukan jangkauan audiens terlebih dahulu. Ini akan berguna untuk secara spesifik menentukan target pasar bisnis Anda. Sebagai contoh, jika produk Anda memang ingin cepat diserap di pasaran dan kebetulan produk tersebut adalah produk untuk remaja, maka Anda bisa menggunakan kriteria demografis tertentu seperti rentang usia, jenis kelamin dan lain sebagainya. Diperlukannya juga data-data psikografis audiens untuk penunjang kekayaan data Anda, data kualitatif yang dimaksud seperti; preferensi, kebiasaan membeli dan kesukaan akan mendorong kesuksesan dari penerapan geomarketing ini.

2. Geofencing sebagai Pembatas

Alat geomarketing terbaik yang ada di pasaran sekarang adalah geofencing. Melalui fitur ini, kita bisa menetapkan batas secara virtual mengenai lokasi-lokasi yang menjadi target untuk mendongkrak bisnis kita. Faktor geografis bisa dilihat juga untuk menetapkan batasan virtual. Nantinya melalui geofencing ini, pengumpulan data juga akan menjadi lebih spesifik. Hal ini akan semakin memudahkan perencanaan dalam merumuskan strategi pemasaran dengan mengumpulkan wawasan atau insight dari berbagai macam data yang ada.

3. Tawarkan Iklan yang Menarik

Setelah data-data yang menunjang sudah terkumpul, gunakan iklan dan media yang menarik untuk memasarkan produk milik Anda. Iklan yang menarik ini juga bisa berupa tampilan promosi terhadap produk yang berada pada area di sekitar lokasi pengguna. Sebagai contoh, Anda mungkin bisa memasang iklan berupa notifikasi yang muncul pada ponsel pengguna, saat pengguna atau calon konsumen tersebut berada di dekat toko tempat produk Anda sedang dipasarkan. Melalui cara ini, tentunya kemungkinan calon konsumen tertarik juga akan lebih tinggi.Gunakan metode remarketing juga terhadap audiens yang telah terpapar iklan untuk semakin mengerucutkan preferensi kriteria audiens yang ideal untuk produk dan layanan Anda.

4. Optimalkan Konten untuk Audiens Lokal

Jangan lupa untuk mengoptimalkan konten untuk local audiences. Ini berarti bahwa konten yang ada mesti lebih terasa personal. Geomarketing memang berguna terutama dalam membangun pesan dan menyentuh hal-hal yang sifatnya lokal dan personal. Pendekatan semacam ini diyakini bisa menggerakkan calon konsumen karena terdapat approximately, dan engagement yang kuat ketika mereka melihat penayangan iklan sesuai dengan preferensi dan personal mereka.

5. Taruh Perhatian pada Pelanggan Berulang

Mencari pelanggan baru memang hal yang menyenangkan dan memang bisa menjadi target capaian yang menantang. Meski demikian, jangan lupakan kehadiran pelanggan yang berulang datang pada bisnis Anda. Justru dengan kekuatan dari kehadiran pelanggan berulang ini, loyalitas terhadap produk yang ada akan semakin meningkat. Skema marketing yang bisa Anda lakukan mungkin juga bisa dibuat berbeda antara pelanggan baru dan pelanggan berulang. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan sapaan untuk pelanggan berulang agar mereka juga merasa lebih tersentuh.

Penerapan Geomarketing Melalui Google Cloud

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan solusi geomarketing adalah dengan memanfaatkan layanan Google Cloud Platform. Terdapat layanan Google Maps yang akan sangat membantu terutama dalam membangun penerapan dan strategi geomarketing yang efektif. Anda bisa langsung berkonsultasi terkait dengan hal ini melalui Terralogiq. Kami adalah Partner Premier satu-satunya di Indonesia yang bisa membantu menjawab kebutuhan Anda. Hubungi kami melalui alamat email di halo@terralogiq.com untuk berkonsultasi dan mengetahui lebih lanjut tentang apa itu geomarketing dan bagaimana Anda bisa memanfaatkan solusi tersebut untuk bisnis Anda.

Baca juga: Analisa consumer spending dan geomarketing membantu bisnis tumbuh

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments