Apa itu digital asset management system dan bagaimana cara bekerjanya?

11 Januari 2022

Manajemen Aset secara digital atau digital asset management dan implementasi penggunaannya sebagai aplikasi komputer (software) diperlukan dalam upaya pengumpulan aset secara digital untuk memastikan bahwa pemilik dan delegasinya, dapat melakukan operasi pada semua file data. Seiring berkembangnya waktu digital asset management adalah sebuah tool yang perlu diprioritaskan oleh setiap perusahaan untuk menunjang produktifitas dan aksesbilitas.

Digital asset management yang fleksibel, portabel, mudah diakses, sangat berguna untuk keperluan pelaporan aset secara digital antara organisasi, pelanggan, mitra, dan pemasok.

Digital asset management chart
see more solutions on Terralogiq

Apa itu aset digital?

Digital asset adalah konten apa pun yang dapat disimpan secara digital, sehingga Anda dapat membuat, mengelola, menerbitkan, dan berbagi konten dengan siapa pun di dalam atau di luar organisasi Anda. Dalam ekosistem digital yang berkembang pesat saat ini, tidak ada batasan untuk sebuah aset digital.

Pertimbangkan jenis file dan aset yang secara rutin dibuat dan dibagikan di seluruh organisasi Anda. Aset digital biasa digunakan oleh tim marketing dalam membuat serta berkolaborasi untuk iklan, konten media sosial, video, dan email.

Disisi lain tim operational dan layanan menghasilkan dokumentasi dari proses, blue print, dan diagram alur kerja. Jika Anda bekerja dengan jaringan vendor atau penyedia, Anda mungkin memproduksi gambar dan konten yang ingin Anda sediakan untuk mereka sesuai permintaan.

Hampir setiap departemen dan divisi terlibat dengan aset digital yang mendorong pertumbuhan dan kesuksesan organisasi Anda. Dengan platform manajemen aset secara digital atau digital asset management platform, anggota tim di setiap sektor bisnis Anda dapat mencari, berkolaborasi, dan berbagi aset dengan efisiensi maksimum.

Mengapa digital asset management begitu penting?

Manajemen aset digital yang efektif mengharuskan perusahaan untuk mengatur dan mengatur setiap file digital di ekosistem media dan operasional mereka.

Data dari Canto mengemukakan 51% para pemasar membuang waktu dan uang untuk menciptakan kembali aset yang tidak terpakai atau hilang. Semakin banyak bisnis dan kebutuhan konten Anda bertumbuh, semakin besar pula perpustakaan aset digital Anda.

Setiap orang dapat berhubungan dengan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari satu file. Ini adalah kasus untuk sebagian besar perusahaan yang beroperasi tanpa solusi digital asset management yang baik.

Tantangan pada digital asset management dan Cara Mengatasinya

Jika Anda tidak mengelola aset digital Anda, itu akan sangat merugikan Anda. Lihatlah beberapa tantangan manajemen aset yang paling umum dan bagaimana bisnis menyelesaikannya dengan solusi sederhana dengan teknologi terkini.

Aksesibilitas terhadap aset

Tanpa digital asset management, aset secara digital jarang dikelola dengan baik. Kemungkinannya adalah, orang yang salah menggunakan aset yang salah pada waktu yang salah. Dapatkan kembali kendali dengan solusi terpusat yang menetapkan alur kerja, mengelola akses, dan menyederhanakan proses persetujuan sehingga file yang tepat sampai ke tangan yang tepat

Waktu dan biaya yang terbuang

Jika tim Anda menghabiskan waktu yang berharga untuk mencari aset yang memiliki kesalah label atau hilang, itu adalah waktu yang hilang dan biaya yang terbuang. sementara effort dan waktu seharusnya bisa dialihkan untuk fokus pada pertumbuhan dan men scale up bisnis Anda. Berdayakan tim dengan platform terpusat yang membuat organisasi, pemantauan, dan pemeliharaan setiap aset di ekosistem Anda menjadi mudah

Tenaga kerja terputus

Buang penghalang dan tingkatkan komunikasi di seluruh organisasi Anda dengan platform terpadu yang dirancang untuk meningkatkan kolaborasi dan berbagi. Platform digital asset management memungkinkan tim untuk mendemokratisasikan penggunaan aset, membuat alur kerja yang cepat dan meningkatkan konsistensi di semua saluran.

Menyatukan tim dan aset Anda

Manajemen aset secara digital memberdayakan tim dan berfungsi sebagai sumber tunggal untuk semua aset dan merek. Hal ini dapat meningkatkan keamanan informasi sekaligus memungkinkan tim untuk menyimpan, mengatur, berbagi, mencari dan mengembangkan perpustakaan digital mereka.

Solusi ini tidak hanya menegakkan standar pada merek dan memperluas kapasitas penyimpanan. Ini memungkinkan tim Anda untuk fokus pada apa yang paling penting. Manfaat yang paling utama tidak menghabiskan waktu untuk mencari dokumen yang diperlukan.

Cara kerja digital asset management

Cara kerja manajemen aset secara digital meliputi tiga jenis cara penyimpanan yang telah disederhanakan. Masing-masing jenis penyimpanan memiliki perannya masing-masing yang dapat memastikan kebergunaan untuk seluruh karyawan di perusahaan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Internal centralization: Sebuah sistem yang dapat menginternalisasi dan sentralisasi aset untuk meningkatkan efisiensi keperluan internal. Proses ini melibatkan pembuatan area terkonsolidasi untuk semua aset digital yang akan disimpan oleh perusahaan. Seluruh departemen di perusahaan memiliki akses ke jenis file yang sama dan dapat mengirim atau menerima aset dari digital asset management.
  2. External distribution: External distribution atau distribusi eksternal, memungkinkan perusahaan untuk membagikan aset mereka dengan pihak eksternal seperti freelancer dan vendor. Hal ini secara langsung menjaga konsistensi brand melalui penggunaan materi digital yang seragam dari semua pihak yang terlibat. 
  3. Internal storage : Pada penyimpanan internal, digital asset management membantu perusahaan seperti agensi, untuk menyimpan aset yang diambil dari klien hingga mereka siap untuk menyerahkannya ke media luar. Dalam hal ini dapat mengotomatiskan seluruh proses penyimpanan dan penyerahan aset, sehingga dapat menghemat waktu dan ruang bagi perusahaan.

Kesimpulannya digital asset management adalah sebuah perangkat yang mampu menampung seluruh aset secara digital milik perusahaan. Pada pemanfaatannya juga memiliki beragam fungsi lainnya yang dapat berperan bagi kemajuan perusahaan.

Ingin memiliki digital asset management untuk bsnis Anda sendiri? atau ingin konsultasikan kebutuhan Anda untuk solusi asset management? Konsultan Terralogiq siap menjawab pertanyaan Anda. Hubungi kami melalui alamat email halo@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments