Mari Ketahui Apa Itu Chromebook di Android?

23 Mei 2022

Aplikasi Google Play Store dan Android tersedia di banyak perangkat Chrome OS sejak diluncurkan pada tahun 2016. Pempelajari lebih lanjut tentang apa yang luncurkan pada tahun 2016, Chromebook, Chromebox, dan Chromebase yang diluncurkan sebelum tahun 2019 yang dapat menginstal aplikasi Android. Kecuali ditentukan di tempat atau negara lain, semua perangkat yang diluncurkan pada atau setelah 2019 akan mendukung Aplikasi Android. Lantas apa itu Chromebook di Android?

Peluncuran Aplikasi Android dilakukan berdasarkan perangkat per perangkat karena bergantung pada sejumlah faktor termasuk platform perangkat keras atau hardware yang menjadi dasar perangkat dan setiap perangkat tentunya harus kompatibel dengan Android. Ketahui spesifikasi yang diperlukan untuk Chromebook Anda atau Chrome OS Systems yang supporting Android Apps pada artikel berikut ini.

Apa itu Chromebook?

Chromebook bentuknya tidak jauh berbeda dengan notebook atau laptop. Chromebook merupakan sejenis laptop yang dirancang untuk menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur terbaik dari Google di dalamnya, serta keamanan yang berlapis.

Beberapa merk Chromebook yang cukup terkenal di Indonesia adalah Acer, Asus, HP, Lenovo, bahkan Samsung. Chromebook sangat cocok untuk keperluan para pelajar dan juga pekerja yang selalu terhubung dengan jaringan internet. Chromebook memiliki beberapa fitur menarik yang mungkin tidak Anda temui di OS lainnya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli Chromebook ada baiknya Anda mengenal lebih jauh tentang berbagai kelebihan Chromebook.

Baca Juga: Chromebook Vs Windows mana yang lebih baik?

Kemampuan Chromebook?

Kemampuan dan kelebihan Chromebook dapat menunjang berbagai aktifitas kerja untuk di perusahaan dan pembelajaran bagi pelajar siswa-siswi dikelas atau instansi pendidikan. Berikut uraian lengkapnya:

  1. Proses booting yang kencang: Tak perlu khawatir ketika membuka Chromebook harus mendapatkan proses menunggu loading yang sangat lama. Chrome OS bisa boot atau mencapai layar utama ketika pertama kali dinyalakan dengan cepat hanya dalam hitungan detik.
  2. Daya baterai yang tahan lebih lama: Chromebook bisa Anda gunakan hingga 12 jam dalam sekali charge. Perlu diketahui kalau daya tahan baterai akan menurun seiring dengan umur dan kondisi saat penggunaan.
  3. Harga yang relatif lebih murah: Faktor harga menjadi salah satu faktor penentu bukan? untuk Chromebook sendiri harganya bisa dibilang cukup murah, mulai dari 3 jutaan saja Anda sudah bisa mendapatkannya.
  4. Body yang tipis dan ringan: Salah satu kelebihan lainnya dari Chromebook adalah dalam hal kemudahan untuk dibawa ke mana-mana dengan design nya yang compact dan ringan. Hal ini karena rata-rata Chromebook memiliki ukuran yang tipis dan tentunya bobotnya juga ringan.
  5. Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan: Chrome OS menghadirkan user interface (UI), dengan tampilan UI yang sederhana. Anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan lewat menu yang tersedia. Yang juga sekilas tampilannya mirip OS Android.
  6. Bisa diakses secara offline: Salah satu keunggulan Chromebook yaitu meskipun tidak terhubung ke Internet, Anda tetap bisa melakukan berbagai hal menggunakan Chromebook. 
    Beberapa aplikasi yang bisa digunakan saat tidak terhubung ke Internet yaitu: Membaca dan menulis email dengan Gmail Offline, Menulis catatan atau membuat daftar dengan Google Keep, Membuat dan mengedit dokumen, slide, atau spreadsheet menggunakan aplikasi Google Drive (Google Dokumen, Spreadsheet dan Slide) 
    Melihat dan mengkonfirmasi kehadiran di acara dengan Google Calender, Melihat dan mengedit foto yang tersimpan dengan editor foto dan Menikmati musik atau film dengan aplikasi pemutar media.
  7. Dapat membuka dokumen Microsoft Office: Ya betul, Chromebook juga bisa digunakan untuk mengakses dokumen Microsoft Office. Anda bisa install aplikasi seperti Microsoft Word, Excel dan Powerpoint lewat Google Play Store.
  8. Fitur backup secara otomatis: Apabila Chromebook Anda terhubung dengan jaringan internet, Chromebook akan melakukan backup secara otomatis terhadap dokumen yang tersimpan. Anda tidak perlu khawatir dengan dokumen yang ada di dalamnya apabila suatu saat Chromebook Anda rusak. Cukup buka Google Drive, Anda bisa mengecek semua dokumen yang telah dibackup sebelumnya.
  9. Terhindar dari malware: Chrome OS yang terpasang di laptop Chromebook telah menggunakan fitur Verified Boot. Setiap kali laptop Chromebook dinyalakan, sistem akan mengecek keamanan, termasuk aplikasi yang berjalan di background demi mencegah malware masuk.
  10. Menjalankan aplikasi Android: Menjalankan aplikasi Android bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan di Chrome OS. Anda bisa memasang berbagai aplikasi Android yang tersedia di toko aplikasi tersebut. Jadi kita dengan mudah bisa menginstall aplikasi Zoom, Google Meet, Microsoft Team atau aplikasi Android lainnya pada Chromebook yang digunakan.

Baca Juga: Kenali lebih dekat dengan Google Pixelbook

Bagaimana implementasi Aplikasi Android pada Chromebook?

Untuk mengimplementasi aplikasi-aplikasi Android pada Chromebook Anda membutuhkan beberapa hal, yaitu ketiga hal penting ini yaitu:

  • Aplikasi Google Play Store yang sudah terdownload pada perangkat Anda.
  • Akun Google Anda untuk login dan melakukan pembayaran atau donwload pada aplikasi-aplikasi di Google Playstore.
  • Spesifikasi minimum yang Anda perlukan dan sudah sesuai dengan standar dari Aplikasi tersebut.

Menginstal aplikasi Android di Chromebook Anda

Anda dapat mendownload aplikasi Android dari aplikasi Google Play Store dan menggunakannya di Chromebook Anda. Saat ini, Google Play Store hanya tersedia untuk Chromebook tertentu. Pelajari Chromebook mana yang mendukung aplikasi Android disini. Untuk mempelajari cara memasang aplikasi Android di Chromebook yang didukung, berikut langkah mudah nya:

Langkah 1: Download atau dapatkan aplikasi Google Play store

  1. Buka Chromebook Anda, di pojok kanan bawah, pilih waktu.
  2. Pilih setelan
  3. Di bagian “Google Play Store”, di samping “Instal aplikasi dan game dari Google Play di Chromebook Anda”, pilih Aktifkan.
    • Jika Anda tidak dapat menemukan opsi ini, artinya Chromebook Anda tidak berfungsi dengan aplikasi Android.
  4. Pada jendela yang terbuka, pilih Lainnya.
  5. Kemudian ikuti petunjuk di layar untuk menyetujui Persyaratan Layanan.

Catatan: Untuk mendapatkan aplikasi Android di Chromebook Anda, pastikan versi Chrome OS Anda adalah yang terbaru. Pelajari cara mengupdate sistem operasi Chromebook Anda.

Langkah 2: Mendapatkan aplikasi Android

Chromebook Anda tidak otomatis mendownload aplikasi Android yang sama dengan yang ada di ponsel atau tablet Anda, jadi Anda harus mendownloadnya lagi. Selain itu, beberapa aplikasi tidak berfungsi dengan Chromebook tertentu, sehingga Anda tidak dapat mendownloadnya.

Anda dapat menginstal aplikasi, game, dan konten digital di perangkat melalui Google Play Store. Terkadang, Anda juga dapat menggunakan aplikasi instan tanpa perlu menginstalnya. Beberapa konten tersedia tanpa biaya, dan beberapa konten lainnya memerlukan pembelian.Aplikasi ini didesain untuk digunakan di perangkat Android dan Chromebook yang didukung. Cukup buka Google Play Store di perangkat Anda melalu browser Tab, Telusuri item atau aplikasi yang tersedia dan pilih instal. Sisanya ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan.

Catatan: Google Play Store dan aplikasi Android apa pun yang Anda download hanya tersedia untuk akun yang digunakan untuk login pertama kali. Untuk menggunakannya dengan akun lain, logout dari akun Anda, lalu login dengan akun yang ingin Anda gunakan.

Langkah 3: Gunakan aplikasi Android

Jika Anda menggunakan mouse, klik kanan aplikasi yang sudah Anda download dengan mouse Anda untuk menyentuh laman beberapa aplikasi Android di Chromebook. Agar aplikasi Android muncul di Chromebook Anda sebagaimana aplikasi muncul di tablet atau ponsel Android Anda, Anda dapat mengubah ukuran aplikasi tersebut.

  1. Di Chromebook Anda, buka aplikasi Android.
  2. Di bagian atas, pilih Panah bawah .
  3. Untuk mengubah ukuran aplikasi, pilih yang sesuai antara:
    • Tablet 
    • Ponsel 

Google akan terus menghadirkan aplikasi Android ke setiap Chromebook yang pernah dibuat, terus mengevaluasi lebih banyak perangkat dan memperbarui daftar Chromebook saat ini meski perangkat baru ditambahkan. Chromebook akan terus mendapatkan fitur dan peningkatan baru lainnya. Jika Anda berminat dengan Chromebook atau ingin panduan untuk implementasi kebutuhan aplikasi-aplikasi Chromebook pada instansi Anda. Mari berkonsultasi bersama Terralogiq, hubungi kami melalui alamat email disini halo@terralogiq.com.

Baca Juga: Berapa Harga Chromebook Saat ini?

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments