Memahami Apa Itu CARTO dan Perbedaannya dengan Google Maps

26 Mei 2022

Data lokasi dapat mengubah cara hidup. Data lokasi juga sangat mempengaruhi cara menjalankan bisnis. Banyak hal yang dapat terjadi di suatu tempat. Namun pada kenyataannya kita tidak dapat memahami alasan hal tersebut terjadi di sana hanya dengan mengetahui lokasi tempat hal tersebut terjadi. 

Sebagian besar perusahaan pada era digital sekarang banyak bergantung pada teknologi sistem informasi geografis untuk membangun Location Intelligence

Memahami Apa Itu CARTO dan Perbedaannya dengan Google Maps

CARTO adalah salah satu platform Location Intelligence yang terkemuka di dunia. Dengan menggunakan CARTO, Anda dapat memahami hal-hal yang terjadi di suatu lokasi dan alasan hal tersebut terjadi disana. 

Apa itu CARTO?

CARTO.com merupakan platform komputasi cloud SaaS (Software as a Service) yang menyediakan GIS dan alat pemetaan web untuk ditampilkan di browser web. CARTO sebelumnya dikenal sebagai CartoDB.

Sebagai platform Location Intelligence terkemuka di dunia, CARTO memungkinkan organisasi menggunakan data dan analisis spasial untuk rute pengiriman yang lebih efisien, pemasaran perilaku yang lebih baik, penempatan toko yang lebih strategis, dan lain-lain.

Perusahaan diposisikan sebagai platform Location Intelligence karena menggunakan alat dengan kemampuan untuk analisis dan visualisasi data yang tidak memerlukan GIS atau pengalaman pengembangan sebelumnya.

CARTO digunakan oleh ilmuwan data, pengembang, dan analis data untuk mengoptimalkan proses bisnis, dan memprediksi hasil di masa depan melalui kekuatan Spatial Data Science. Pengguna CARTO dapat menggunakan platform gratis perusahaan atau menggunakan perangkat lunak open source mereka sendiri.

CARTO ditawarkan sebagai layanan freemium, di mana akun gratis hingga ukuran tertentu. Untuk akun yang lebih besar akan dikenakan biaya.

Sejarah CARTO

CARTO ditemukan pada tahun 2012 oleh Javier de la Torre dan Sergio Ivers di Madrid. Mereka memutuskan untuk meningkatkan teknologi untuk menganalisis dan memvisualisasikan sejumlah besar data lokasi setelah mengerjakan proyek Konservasi dan Lingkungan. 

Mereka berpendapat bahwa menganalisis data lokasi dalam skala sangat penting. Analisis data ini dapat digunakan untuk memahami topik lingkungan seperti hilangnya keanekaragaman hayati atau perubahan iklim. Namun, analisis data ini juga sangat penting untuk bisnis di industri lain seperti real estate, layanan keuangan, telekomunikasi, pemerintah, dan sebagainya. 

Mereka melihat peluang dari analisis spasial untuk dibawa ke lebih banyak organisasi dan industri yang sebelumnya tidak dapat menggunakannya. 

Sejak saat itu, platform ini semakin kuat dan mencapai ratusan ribu pengguna sekarang, serta memungkinkan jutaan orang untuk melihat cerita dan memecahkan masalah melalui lensa spasial. 

Apa itu Location Intelligence?

Location Intelligence atau LI merupakan metodologi yang digunakan untuk memperoleh informasi dari data lokasi untuk menjawab pertanyaan spasial.

LI melampaui visualisasi data sederhana di peta, hingga menganalisis data lokasi sebagai bagian integral dari masalah bisnis atau sosial. 

Penggunaan LI berkaitan erat dengan analitik lokasi, dimana umumnya berikatan erat dengan pemasaran geografis (periklanan bertarget geografis) atau pemilihan situs, seperti merencanakan QSR atau lokasi toko. Namun, seiring berkembangnya ekonomi dan bisnis, terlihat semakin banyak kasus penggunaan LI. 

Data yang digunakan dalam Location Intelligence dapat berupa data lokasi. Data lokasi mencakup apa saja, mulai dari alamat dan koordinat lintang/bujur, hingga titik, garis dan poligon. Anda juga dapat membuat data spasial dengan nama tempat dan unit administratif seperti negara dan negara bagian. 

Selain menggunakan data internal dari organisasi mereka, seperti CRM, kartu loyalitas, dan e-commerce, organisasi juga secara teratur mengumpulkan Open Data yang tersedia untuk umum untuk memperkaya analisis mereka. 

Saat ini sudah semakin banyak aliran data spasial premium, diantaranya keuangan, mobilitas manusia, lalu lintas jalan, tempat menarik (points of interest), cuaca, iklim, dan perumahan. 

Baca juga: 7 poin penting penerapan kecerdasan lokasi (Location Intelligences)

Keuntungan Menggunakan CARTO

Sebagai pemimpin perusahaan, Anda pasti berusaha untuk memajukan perusahaan Anda. Salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai target mereka adalah dengan menggunakan iklan. 

Seiring perkembangan zaman, travel meningkat semakin pesat di seluruh dunia. Hal ini mendorong para pengusaha untuk berinvestasi dalam OOH (Out of Home) advertising. Iklan OOH sendiri merupakan iklan yang ditampilkan di khalayak umum dan dapat disaksikan oleh orang-orang yang melalui spot iklan tersebut. 

Penempatan OOH sendiri membutuhkan strategi tertentu, salah satunya adalah menggunakan Location Intelligence dan GIS untuk meningkatkan penempatan iklan yang strategis. 

Akses terhadap analitik spasial dan data audiens memungkinkan pengusaha untuk lebih selaras dengan audiens target mereka, serta memvisualisasikan dan menganalisis data dari perspektif holistik yang baru, sehingga mereka dapat melihat peluang dan hubungan yang mungkin terlewat sebelumnya. 

Beberapa keuntungan dari pengusaha dalam merencanakan iklan OOH mereka bersama CARTO antara lain:

1. Peningkatan Targeting

Data geospasial, cuaca, keuangan, atau mobilitas manusia yang diberikan oleh aliran data geospasial dari Observatorium Data CARTO dapat digunakan oleh pelanggan segmen mikro dan kampanye hyper target berdasarkan lokasi. 

Dengan mengidentifikasi dan visualisasi audiens target Anda di peta, Anda dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efisien dan memastikan Anda dapat menargetkan audiens yang tepat dengan pesan yang tepat serta pada waktu dan tempat yang terbaik. 

Akses terhadap kumpulan data geospasial memungkinkan Anda untuk dapat melakukan pemetaan audiens, analisis geospasial, dan menentukan lokasi di area lain dimana Anda dapat mengharapkan hasil yang sama setelah penerapan. 

2. Penyempurnaan Perencanaan dan Analisis Kampanye

CARTO sebagai platform Location Intelligence memungkinkan Anda untuk mengatur semua metrik audiens dan hasil kampanye ke dalam peta yang informatif dan terperinci. Hal ini dapat membantu pengguna untuk lebih mudah memahami cakupan dan dampak. 

3. Peningkatan Analisis Audiens

CARTO memungkinkan akses ke data audiens dengan fleksibilitas total terhadap audiens yang dibuat khusus berdasarkan minat dan data demografis, serta skor afinitas merek. 

CARTO dapat membantu menghitung cakupan kampanye, yang memungkinkan pengiklan untuk mengambil pendekatan masa depan dengan memiliki informasi terkait potensi jangkauan rencana media sebelum benar-benar diluncurkan. 

Selain itu, penggunaan analitik Location Intelligence dapat membantu tim periklanan menciptakan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dan disesuaikan untuk pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan relevansi dengan pelanggan. 

4. Peningkatan Visualisasi dan Eksplorasi Inventaris

Perangkat lunak CARTO memungkinkan pengiklan OOH untuk dapat menjelajahi inventaris berdasarkan batas geografis, diantaranya berdasarkan kota, kode pos, dan lain-lain. Para pengiklan juga dapat memvisualisasikan media inventaris pada peta interaktif. 

5. Peningkatan ROI

LI memungkinkan advertisers untuk menganalisis dan memvisualisasikan berbagai kampanye untuk memahami bagaimana penempatan iklan dapat mempengaruhi metrik kinerja utama, seperti tayangan atau rasio click-through-rates untuk kampanye digital dan lalu lintas kunjungan, atau pembelian di toko untuk kampanye tradisional. 

Kombinasi antara tindakan pelanggan online dan offline memungkinkan brand untuk dapat mengembangkan strategi geomarketing menggunakan data kunjungan, demografi, dan sosial ekonomi untuk mendorong return on investment yang lebih tinggi. 

Keuntungan Menggunakan CARTO

Perbedaan CARTO dan Google Maps

CARTO dan Google Maps dapat diklasifikasikan sebagai alat “Pemetaan API” (Mapping APIs tools). Namun, pada kenyataannya kedua aplikasi ini memiliki definisi dan fungsi yang berbeda

Berdasarkan definisinya, CARTO merupakan sebuah platform yang memberdayakan analis bisnis, ilmuwan data, dan lainnya untuk mengubah data lokasi menjadi hasil bisnis. CARTO mempercepat inovasi, memperkuat kasus penggunaan baru, dan mendisrupsi model bisnis melalui location intelligence. Sedangkan Google Maps adalah aplikasi yang memungkinkan pembuatan peta yang dapat disesuaikan dengan konten dan citra Anda sendiri, serta visualisasi data yang bagus, akurat, dan lengkap. 

Perbedaan lebih jelas terlihat pada fitur yang ditawarkan oleh kedua platform ini. Platform CARTO menawarkan fitur-fitur seperti:

  • Seret dan lepas impor data yang memungkinkan visualisasi data dalam hitungan detik
  • Pahami data lokasi Anda dan kuasai bisnis Anda
  • Buat visualisasi yang indah dengan desain dan gaya yang mudah digunakan

Di sisi lain, fitur-fitur yang disediakan oleh Google Maps antara lain:

  • API gambar peta
  • Tempat API
  • Layanan web

Baca juga: Apa itu GeoMarketing dan Cara Mendongkrak Bisnis Lewat Layanan Lokasi

Terralogiq, Solusi Analisa Location Intelligence

Seperti yang telah disebutkan di atas, software CARTO dengan kemampuan Location Intelligence memiliki banyak sekali manfaat bagi perusahaan. Salah satunya adalah untuk pemasar FMCG, dimana mereka akan membutuhkan pAndangan holistik secara 360 derajat dari para konsumen. 

Terralogiq memberikan layanan Location Intelligence dengan kelebihan dimana Anda dapat mengkompilasi dan memperkaya dataset Anda, dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Terralogiq yang pastinya bermanfaat. Beberapa diantara fitur-fitur yang ditawarkan antara lain integrated system design, mengurangi risiko operasional, Automated Workflows, mengurangi kesalahan manual, dan mengumpulkan informasi yang relevan yang dapat diakses dalam satu sistem. 

Terralogiq juga menawarkan solusi Geospatial Services dimana Anda dapat memperoleh banyak informasi terkait geo data atau geographic aspect dengan menggunakan data geospasial. Data lokasi dapat berasal dari data GPS (Global Positioning System), telematics devices, IoT, geotagging, atau geospatial satellite imagery. Untuk informasi lebih lanjut terkait penerapan location intelligence, Anda dapat menghubungi kami melalui link ini.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article