Apakah Analisis Peluang Pasar Penting bagi Bisnis?

27 Mei 2022

Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti memiliki banyak sekali ide yang ingin dituangkan ke dalam peluang bisnis Anda. Namun kenyataannya, peluang bisnis tersebut harus diselidiki terlebih dahulu. 

Penyelidikan terhadap ide-ide ini dilakukan dengan analisis peluang pasar. Analisis peluang pasar memungkinkan Anda untuk memiliki ide mana yang dapat Anda gunakan dan capai, dan ide mana yang harus Anda lepas. 

Analisis peluang pasar dapat membantu Anda untuk mempersempit pilihan Anda menjadi pilihan dengan potensi terbesar.

Apakah Analisis Peluang Pasar Penting bagi Bisnis?

Pengertian Analisis Peluang Pasar

Analisis peluang pasar adalah proses analisis di mana dan bagaimana Anda dapat menjangkau lebih banyak klien potensial atau meningkatkan keuntungan. Analisis peluang pasar merupakan alat yang digunakan untuk menentukan dan mengakses keinginan dari peluang bisnis. 

Dengan analisis ini, perusahaan akan terbantu dalam membentuk strategi bisnis, dimana sebelum produk atau layanan baru diluncurkan, pasar dianalisis untuk mengidentifikasi pendapatan dan keuntungan yang diantisipasi dari produk tersebut. 

Analisis peluang pasar melibatkan identifikasi kompetisi, memahami audiens, dan menemukan potensi risiko. Salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan dan dianalisis dalam analisis peluang pasar adalah perkiraan permintaan. 

Analisis peluang pasar membantu Anda untuk dapat memprioritaskan ide bisnis baru berdasarkan seberapa besar potensi keuntungan dan risikonya. 

Baca Juga: Mengapa Perlu Menggunakan Data Raster

Pentingnya Analisis Peluang Pasar bagi Bisnis

Bagi setiap bisnis, melakukan analisis sebelum meluncurkan bisnis atau produk mereka adalah hal yang sangat penting. Meluncurkan bisnis tanpa mengetahui pasar, kelompok target, pesaing, peluang penjualan atau pendapatan dapat menimbulkan masalah dan kerugian. 

Jika sebuah perusahaan memasuki pasar tanpa memahami lanskap, kekuatan pasar, dan penawaran di pasar saat ini, maka perusahaan tersebut mungkin melihat situasi di mana mereka berisiko membawa produk yang tepat. 

Hal ini menunjukkan bahwa sangat penting bagi setiap bisnis untuk terlebih dahulu melakukan analisis peluang pasar sebelum memasuki pasar. 

Analisis yang tepat akan memberikan kecerdasan pemasaran yang tepat yang diperlukan untuk berhasil meluncurkan bisnis dan memposisikan produk dan layanan ke kelompok target yang tepat. 

Baca Juga: Pahami Pentingnya Menemukan Peluang White Space dalam Bisnis Anda

Keuntungan Analisis Peluang Pasar

1. Evaluasi Permintaan Produk atau Layanan

Penilaian pasar akan menunjukkan potensi untuk menjual produk atau layanan Anda. Analisis peluang pasar dapat membantu Anda untuk mengevaluasi apakah ekspansi ke pasar baru yang potensial bermanfaat bagi perusahaan Anda. 

2. Penemuan Area untuk Penelitian Lebih Lanjut

Setelah Anda lebih memahami tentang pasar, Anda dapat mengidentifikasi lebih banyak peluang baru untuk dijelajahi. Misalnya, Anda mungkin menemukan inisiatif pemerintah baru yang mendorong bisnis berkelanjutan. 

Proyek riset pelanggan dapat mengidentifikasi pain point baru yang tidak Anda sadari ada. Dengan mengetahui pasar Anda secara lebih mendalam, Anda akan lebih siap untuk memanfaatkan peluang baru apa pun yang akan muncul. 

3. Keputusan Strategis Jangka Panjang yang Lebih Baik

Setiap bisnis pasti dipengaruhi oleh banyak faktor eksternal, salah satunya adalah tren pasar. Tanpa mengetahui atau menganalisis tren pasar terlebih dahulu, bisnis Anda akan berjalan tanpa arah. 

Analisis peluang pasar dapat menyediakan wawasan terkait pasar yang Anda perlukan di masa depan. Misalnya, bagaimana tren pasar di masa depan, bagaimana perubahan demografi audiens Anda, dan lain-lain. 

4. Identifikasi dan Navigasi Potensi Hambatan

Anda pasti pernah mendengar tentang analisis SWOT sebelumnya. Analisis ini digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari strategi potensial yang Anda gunakan dalam memasarkan produk Anda. 

Identifikasi kelemahan dan ancaman terhadap peluang pasar Anda merupakan salah satu kunci keberhasilan Anda. Dengan mengetahui di bagian mana Anda mungkin dapat mengalami masalah bahkan sebelum Anda memulai, dapat membantu Anda merencanakan ke depan dan mengurangi risiko tersebut. 

5. Identifikasi Strategi Pemasaran Potensial

Price (harga), Place (tempat), Product (produk), dan Promotion (promosi) adalah empat P dari marketing mix Anda. Dengan analisis peluang pasar, perusahaan dan bisnis dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam terkait siapa target pasar mereka, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka membuat keputusan. 

Setelah menilai pasar saat ini, Anda dapat menentukan harga produk secara efektif dan mengetahui strategi promosi mana yang paling mungkin berhasil. Misalnya, Anda dapat memutuskan apakah organisasi Anda perlu kemitraan atau apakah organisasi Anda dapat secara langsung melaksanakan penjualan langsung. 

Baca Juga: Penerapan dan pemanfaatan Business Intelligence di Berbagai Industri

Langkah-langkah Analisis Peluang Pasar

Langkah-langkah Analisis Peluang Pasar

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai analisis peluang pasar bisnis Anda.

1. Identifikasi Peluang Potensial

Mulai analisis peluang pasar Anda dengan menjabarkan peluang potensial yang ingin Anda selidiki. Buat pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Jenis pelanggan seperti apa yang ingin Anda tarik?
  • Segmen apa yang ingin Anda kembangkan?
  • Apakah Anda ingin mengakuisisi atau bermitra dengan bisnis lain?
  • Apakah kondisi atau peristiwa pada saat ini menciptakan peluang potensial untuk bisnis Anda?

Informasi tentang keinginan untuk memperluas, memutar, investasi, membuat, atau memposisikan ulang penawaran Anda akan menginformasikan langkah selanjutnya dari analisis peluang pasar. 

Setelah Anda mengidentifikasi peluang pasar, Anda akan siap untuk mulai meneliti potensinya. 

2. Pahami Pelanggan Anda

Pelanggan akan selalu menginformasikan kesuksesan Anda dalam setiap kesempatan yang mereka miliki. Mereka akan menginformasikan hal-hal yang penting bagi kelangsungan perusahaan Anda, seperti:

  • Apakah produk ini memenuhi kebutuhan mereka?
  • Apakah mereka memiliki daya beli untuk membuat ide ini menguntungkan?
  • Bagaimana mereka membuat keputusan pembelian mereka?

Pada langkah kedua dari analisa peluang pasar, Anda harus benar-benar memahami pelanggan potensial Anda dan kebutuhan mereka. 

Anda dapat menggunakan alat-alat pembantu dalam langkah kedua ini, seperti wawancara pelanggan, peta perjalanan pelanggan, survei, dan data demografi. 

Baca Juga: Data Driven – Pendekatan Analisis untuk pengembangan bisnis

3. Penelitian Pesaing

Langkah selanjutnya adalah memahami siapa saja pemain yang ada di pasar. Penelitian pesaing dapat membantu Anda memahami seberapa besar pangsa pasar, bagaimana produk yang ada diposisikan di pasar, dan seberapa ramai pasar. 

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan:

  • Apa proposisi nilai mereka?
  • Bagaimana penawaran produk mereka berbeda dari Anda?
  • Siapa pasangan atau mitra mereka?
  • Apa isi dari ulasan tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan?
  • Apakah ada celah yang bisa Anda isi?
  • Seberapa besar kemungkinan munculnya pesaing baru?

4. Pertimbangkan Faktor Eksternal

Pembentukan dan perubahan pasar selalu dipengaruhi oleh faktor eksternal. Faktor eksternal ini terdiri dari “STEEP”, yang merupakan lima kekuatan eksternal utama yang perlu kita waspadai. 

Sosial

Budaya dapat mengubah pasar. Misalnya, pada masa pandemi ini lebih banyak karyawan menerapkan WFH (Work from Home) dan bekerja dari rumah. Mereka telah membuka seluruh sektor pasar yang sebelumnya tidak ada. Adanya loncatan pada tren bisa menjadi strategi yang menguntungkan kecuali tren menghilang terlalu cepat. 

Teknis

Pertimbangkan inovasi baru yang telah mempengaruhi pasar. Anda juga dapat mempertimbangkan apakah perusahaan Anda dapat menerapkan teknologi ini dengan cara lain atau di industri baru. 

Ekonomi

Pemahaman terkait faktor ekonomi sangatlah penting dalam analisis peluang pasar. Pertimbangkan iklim ekonomi pada saat analisis. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah Anda memerlukan pinjaman dan apakah Anda bisa mendapatkan pinjaman tersebut. Pertimbangkan juga perkiraan pasar untuk waktu yang akan datang. 

Ekologi 

Pertimbangkan dampak dari ide yang Anda buat terhadap lingkungan, dan apakah Anda dapat meningkatkan keberlanjutan produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Politik

Pemerintah daerah dapat menawarkan hibah, keringanan pajak, atau intensif lain untuk bisnis. Hal-hal seperti ini perlu Anda pertimbangkan dalam analisis Anda. Selain itu, Anda juga dapat menemukan ada hambatan peraturan di perjalanan bisnis Anda yang juga merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam keberlangsungan bisnis Anda. 

5. Tetap Waspada Terhadap Kekuatan Internal

Setelah menganalisis faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi pasar Anda, Anda dapat kemudian menyelami kemampuan bisnis Anda sendiri. 

Cari tahu keterampilan, tenaga kerja, teknologi, dan sumber daya keuangan yang bisnis Anda miliki untuk berinvestasi dalam produk baru. Jika Anda ingin meluncurkan produk yang sangat inovatif, pertimbangkan apakah Anda dapat mempekerjakan orang dengan keterampilan yang diperlukan. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah perlu dibuat tim baru yang secara khusus mengelola peluang tersebut. 

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, barulah Anda dapat melaksanakan analisis peluang pasar. Analisis ini dapat dilakukan dengan bantuan teknologi, salah satunya adalah dengan menganalisis data geospasial

Baca juga: Ketahui 5 Contoh Penerapan Geospasial Data dengan Mudah

Data lokasi dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran sebanyak 80%. Solusi Geomarketing yang ditawarkan oleh Terralogiq, Anda dapat memasarkan produk Anda berdasarkan kombinasi perilaku pengunjung sebelumnya dan di mana mereka berada saat ini. 

Geomarketing memungkinkan pemasaran menggunakan data lokasi untuk memfokuskan iklan dan promosi pada area tertentu untuk menjangkau konsumen dengan pesan yang relevan. Solusi geomarketing memungkinkan Anda untuk dapat memberikan pelanggan Anda pengalaman yang lebih baik dengan produk yang Anda tawarkan dan juga memungkinkan Anda untuk memiliki akses langsung ke informasi klien. 

Selain solusi geomarketing, fitur Location Intelligence yang ditawarkan oleh Terralogiq dapat membantu Anda dalam transformasi data spasial menjadi rute pengiriman yang efektif, behavioural marketing, dan penempatan retail yang strategis. 

Konsultasikan bisnis Anda sekarang bersama konsultan Terralogiq. Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Terralogiq dan solusi yang tepat untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda.

Baca Juga: Teknologi Satellite Imagery dalam Google Maps Platform untuk Bisnis

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article