Pentingnya Analisis Peluang Bisnis Untuk Menguasai Pasar Baru

9 Juni 2023

Saat memulai bisnis baru, penting untuk terlebih dahulu melakukan analisis peluang. Ini akan membantu Anda untuk menentukan ada tidaknya pasar untuk produk atau layanan Anda, serta apa potensi permintaannya. Ini juga akan memberi Anda wawasan tentang apa yang mungkin ditawarkan pesaing Anda, dan jenis strategi pemasaran apa yang perlu Anda gunakan supaya menonjol dari keramaian pasar.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana dengan analisis peluang Anda ataupun masih kurang pengetahuan tentang business opportunity analysis, artikel ini akan membantu Anda untuk mengupas semua yang perlu Anda ketahui tentang analisis peluang bisnis, mulai dari pengertian, sepenting apa, hingga bagaimana cara melakukannya. Di akhir artikel ini, Anda akan mendapatkan solusi yang Anda perlukan untuk memulai analisis peluang bisnis dan memberi jaminan bahwa bisnis baru Anda memiliki peluang terbaik untuk sukses.

Key Takeaways

  • Analisis peluang bisnis merupakan sebuah usaha untuk mempersiapkan produk atau layanan baru. Sehingga dapat membantu perusahaan menilai potensi profitabilitas usaha baru dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang tepat.
  • Untuk melakukan analisis peluang bisnis, terdapat alat-alat yang perlu disiapkan demi mendapatkan hasil yang maksimal
  • Melakukan analisis peluang bisnis tidak lepas dengan metode-metode dan langkah-langkah yang perlu dicermati dan dilakukan sesuai dengan data yang diperoleh.

Mengapa Analisis Peluang Bisnis Itu Penting?

Dalam dunia industri, analisis peluang bisnis merupakan alat utama untuk menghasilkan pertumbuhan dan menjaga posisi perusahaan di persaingan industri, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Dengan melakukan analisis peluang bisnis, perusahaan dapat mengidentifikasi area baru untuk dimasuki, kesenjangan produk atau layanan yang harus diisi, atau cara untuk meningkatkan penawaran mereka saat ini.

Analisis peluang bisnis  juga dapat membantu bisnis menilai potensi profitabilitas usaha baru dan membuat keputusan berdasarkan informasi tentang apakah akan mengejarnya atau tidak. Bahkan jika suatu bisnis pada akhirnya tidak memutuskan untuk mengejar peluang tertentu, proses melakukan analisis peluang tetap dapat bermanfaat karena dapat membantu bisnis lebih memahami industri dan pasar mereka.

Apakah tujuannya adalah untuk meningkatkan keuntungan dengan mengurangi pengeluaran produksi maupun memperluas jangkauan produk yang ditawarkan, Melakukan analisis peluang bisnis dapat membantu memberikan pemahaman tentang efek positif dan negatif yang mungkin dapat terjadi ketika sebuah keputusan bisnis tertentu diterapkan.

Apa itu Analisis Peluang Bisnis?

Analisis peluang bisnis adalah proses yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menilai peluang potensial dalam bisnis. Ini termasuk menganalisis kebutuhan akan produk atau layanan baru, mengevaluasi potensi produk yang sudah ada, dan meneliti strategi terbaik untuk mencapai kesuksesan di pasar tertentu. Dalam bahasa Inggris, analisis peluang bisnis dapat diterjemahkan menjadi business opportunity analysis. Ketika dilakukan dengan benar, itu dapat menjadi penting untuk keberhasilan strategi bisnis apa pun.

Setiap evaluasi perluasan produk atau manufaktur/distribusi akan berbeda-beda. Dari perubahan kecil dalam model produksi saat ini yang mengarah pada pengurangan biaya produksi, distribusi maupun meningkatkan efisiensi secara keseluruhan, hingga peluncuran lini produk baru yang akan meningkatkan profitabilitas bisnis secara keseluruhan adalah bagian dari analisis peluang.

Apa Saja Alat-Alat Untuk Melakukan Analisis Peluang Bisnis?

Ada banyak alat berbeda yang dapat digunakan untuk melakukan analisis peluang bisnis. Berikut adalah beberapa yang paling umum:

1. Analisis SWOT

Merupakan cara yang bagus untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peluang bisnis. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk membuat keputusan tentang apakah akan mengejar peluang atau tidak.

2. Riset Pasar

Melakukan riset pasar adalah langkah penting lainnya dalam proses analisis peluang. Riset ini dapat membantu memberikan wawasan tentang hal-hal seperti ukuran pasar potensial, siapa target pelanggan, dan apa kebutuhan dan keinginan mereka.

3. Analisis Keuangan

Melakukan analisis keuangan juga penting saat mempertimbangkan peluang bisnis. Analisis ini dapat membantu menilai hal-hal seperti investasi awal yang diperlukan, potensi pengembalian investasi, dan segala risiko yang terlibat.

Baca juga: Mengukur Market Size Adalah Solusi Pengoptimalan Kinerja!

Apa Saja Tahapan Analisis Peluang Bisnis?

Ada beberapa langkah kunci untuk melakukan business opportunity analysis. Pertama, Anda perlu memahami apa tujuan dan sasaran Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan kesempatan ini?

Setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan Anda, Anda dapat mulai melihat potensi pasar untuk peluang ini. Siapa audiens target Anda? Kebutuhan apa yang dipenuhi oleh kesempatan ini? Seberapa besar pasar potensial untuk peluang ini?

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang potensi pasar, Anda perlu menilai kemampuan Anda. Apakah Anda memiliki keterampilan dan sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang ini? Apakah ada risiko yang terkait dengan peluang ini yang perlu Anda waspadai?

Terakhir, setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang potensi pasar dan kemampuan Anda, Anda dapat mulai menyusun rencana tindakan. Apa saja langkah kunci yang perlu Anda ambil untuk memanfaatkan peluang ini? Sumber daya apa yang perlu Anda tempatkan? Risiko apa yang perlu Anda mitigasi? Dengan meluangkan waktu untuk melakukan analisis peluang secara menyeluruh, Anda dapat meningkatkan peluang sukses saat meraih peluang bisnis baru.

Berikut adalah tahap-tahap yang perlu anda lakukan dan ketahui untuk melakukan business opportunity analysis:

1. Identifikasi peluang

Langkah pertama dalam analisis peluang adalah mengidentifikasi peluang potensial untuk bisnis atau organisasi. Ini mungkin melibatkan meneliti tren pasar, menganalisis kebutuhan pelanggan dan mengidentifikasi tren yang dapat menciptakan peluang baru.

2. Menilai kelayakan peluang

Ini melibatkan evaluasi apakah peluang itu layak dalam hal sumber daya, permintaan pasar, dan potensi keuntungan. Ini mungkin melibatkan analisis ukuran pasar dan persaingan, menilai biaya pengembangan dan peluncuran produk atau layanan, dan mempertimbangkan kendala peraturan atau hukum.

3. Teliti pesaing Anda

Penelitian tidak berhenti hanya pada audiens Anda. Anda juga harus melakukan wawasan mendalam tentang pesaing Anda.

Penelitian pesaing sangat penting untuk mendapatkan pemahaman yang benar tentang pasar yang Anda rencanakan untuk dimasuki. Produk relevan apa yang saat ini ada di pasar ini? Seberapa ramaikah pasar ini? Apa pangsa pasarnya? Ini adalah jenis pertanyaan yang perlu dijawab sebelum melanjutkan.

Saat melakukan riset pesaing, pikirkan hal-hal berikut:

  • Proposisi nilai: Anda perlu menentukan proposisi nilai unik dari produk dan layanan pesaing.
  • Temukan perbedaan: Lihat bagaimana produk potensial Anda berbeda dari yang tersedia saat ini.
  • Analisis ulasan: Baca ulasan untuk mencari tahu apa yang dikatakan pelanggan tentang produk/layanan pesaing. Ini dapat menjadi refleksi bagi produk potensial Anda sebelum diluncurkan ke pasaran.
  • Umpan balik media sosial: Cari tahu apa yang orang katakan tentang kompetisi di media sosial. Apakah orang senang dengan pesaing Anda, atau mungkin mereka meminta fitur atau produk baru tertentu.
  • Pendatang baru: Anda bukan satu-satunya yang berencana memasuki pasar. Namun, Anda perlu mencoba dan menetapkan berapa banyak pesaing baru yang akan memasuki persaingan, karena Anda harus memenangkan persaingan serta meraih pangsa pasar yang cukup besar, bahkan jika itu menjadi semakin ramai.

4. Analisis faktor eksternal

Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah memikirkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi peluang pasar Anda. Ada lima faktor eksternal yang perlu Anda perhatikan:

a. Sosial

Perubahan budaya karena faktor sosial dapat mempengaruhi ide Anda. Perubahan ini dapat menyebabkan pembukaan sektor pasar yang sebelumnya tidak ada. Alternatifnya, tren baru bisa menguntungkan pada awalnya, tetapi mungkin akan hilang begitu tren itu tiba.

b. Teknologi

Pasar dapat dipengaruhi karena kemajuan teknologi. Dengan kata lain, Anda perlu menghindari ide-ide yang menyebabkan produk Anda ketinggalan zaman. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari teknologi baru. Hal ini memungkinkan Anda menambahkan fitur baru atau mengurangi biaya produksi.

c. Ekonomi

Bukan rahasia lagi bahwa faktor ekonomi akan memainkan peran besar dalam apakah peluang produk Anda layak di pasar. Anda membutuhkan uang untuk membiayai ide ini. Jika Anda tidak memiliki pendanaan ini, Anda tidak dapat memperoleh pembiayaan di tempat lain. Anda juga harus mempertimbangkan keuangan target pelanggan Anda. Jika ekonomi sedang mengalami penurunan dan pendapatan yang dapat dibuang berkurang, Anda mungkin kesulitan untuk menghasilkan penjualan yang diperlukan.

d. Ekologis

Keberlanjutan lingkungan adalah masalah besar dalam dunia bisnis saat ini. Anda perlu mengetahui produk potensial tersebut akan berdampak positif atau negatif terhadap lingkungan.

e. Politik

Meskipun tidak mempengaruhi secara langsung, iklim politik tetap merupakan faktor besar dalam industri tertentu. Sisi positifnya, bisnis Anda berpotensi mendapat manfaat dari insentif seperti hibah dan keringanan pajak. Sebaliknya, masalah peraturan dapat berdampak negatif pada segala hal mulai dari produksi hingga keuntungan.

5. Analisis faktor internal

Langkah terakhir dari business opportunity analysis Anda seharusnya tidak memakan waktu lama, tetapi sama pentingnya dengan langkah sebelumnya. Anda harus jujur ‚Äč‚Äčtentang kemampuan bisnis Anda saat ini. Tenaga kerja, keterampilan, teknologi, dan keuangan. Anda memiliki kombinasi yang diperlukan dari faktor-faktor internal ini untuk menyelesaikan ide Anda dengan sukses. Anda dapat mengidentifikasi peluang besar, tetapi itu tidak berarti Anda mampu mewujudkannya, apalagi jika tidak didukung oleh internal perusahaan Anda. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan analisis internal:

a. Kembangkan rencana bisnis

Satu peluang telah dinilai layak, langkah selanjutnya adalah membuat rencana bisnis terperinci yang menguraikan bagaimana peluang itu akan dikejar. Ini mungkin melibatkan penetapan tujuan dan sasaran tertentu, mengidentifikasi sumber daya dan mitra utama, dan mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan.

b. Terapkan rencana bisnis

Laksanakan rencana bisnis, yang mungkin melibatkan perekrutan tim, mengamankan pendanaan, membangun atau memperoleh infrastruktur yang diperlukan dalam meluncurkan produk atau layanan.

c. Pantau dan sesuaikan

Setelah produk atau layanan diluncurkan, penting untuk memantau kinerjanya dan melakukan penyesuaian yang diperlukan pada rencana bisnis untuk mencapai hasil yang diinginkan. Ini mungkin melibatkan penyempurnaan strategi pemasaran dan penjualan, memodifikasi produk atau layanan, atau membuat perubahan pada model bisnis secara keseluruhan.

Baca juga: Jaga Performa Perusahaan Anda Dengan Capital Expenditure

Lakukan Analisis Peluang Bisnis Perusahaan Anda Bersama Terralogiq

Sebagai seorang pengusaha, Anda tidak boleh tutup mata dengan peluang-peluang yang potensial untuk dijadikan sumber pemasukan dan perkembangan perusahaan. Untuk mencapai hal itu, Anda perlu melakukan analisis peluang bisnis yang berdasarkan dari data yang akurat dan kredibel. Persoalannya adalah bagaimana dan dengan siapa Anda bisa membuat hal tersebut terwujud? Terralogiq adalah solusinya.

Mengapa demikian? Ini karena Terralogiq merupakan perusahaan IT profesional yang telah menjadi mitra kerja dari 150 perusahaan besar di Indonesia, serta merupakan Premier Partner Google Cloud di Indonesia. Terralogiq juga telah mengembangkan banyak aplikasi dan solusi yang didesain untuk mendukung kebutuhan berbagai sektor industri.

Di zaman yang serba modern ini, Google menjadi perusahaan IT paling canggih di dunia. Google sendiri adalah salah satu perusahaan IT yang menyediakan layanan cloud. Apakah Anda tahu? Layanan cloud yang disediakan Google tidak hanya sebatas untuk ruang penyimpanan semata, tetapi juga bisa menjadi sistem manajemen aset yang dapat Anda gunakan untuk mengelola dan melacak aset perusahaan Anda. Selain itu, Google juga menyediakan fitur Aplikasi Manajemen Aset, Aplikasi Smart City Command Center, serta Aplikasi Indikator untuk Kinerja Pekerjaan.

Ingin memulai inovasi bisnismu dengan produk Google? Terralogiq dapat membantu Anda untuk mewujudkan inovasi bisnis dengan mudah dan terpercaya. Segera hubungi Terralogiq untuk menjawab kebutuhan capital expenditure Anda! Kunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut atau hubungi kami melalui halo@terralogiq.com.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article