Number 1 Google Maps Partner Indonesia

6 Trik Rahasia Google Maps yang Jarang Diketahui Orang

May 11, 2020


6 Trik Rahasia Google Maps yang Jarang Diketahui Orang
google my business – Terralogiq

Bagi banyak orang, Google Maps mungkin hanya diketahui sebagai aplikasi penunjuk arah. Kita sering menggunakan Google Maps untuk mendukung aktivitas harian, terutama bagi yang sering bepergian atau bekerja di luar kantor.

Anda tentu sudah tahu jika layanan besutan Google ini juga dapat menyimpan alamat, seperti kantor ataupun rumah. Beberapa informasi seputar tempat makan, kantor, atau landmark lainnya bisa kita dapatkan juga dari layanan ini.

Sebenarnya ada juga lho fitur menarik lainnya yang jarang digunakan, seperti menggunakan peta saat offline atau estimasi ke tempat tujuan, dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur Rahasia Google Maps

Nah, apa saja fitur rahasia Google Maps yang berguna tapi belum banyak digunakan? Berikut kami sampaikan informasinya untuk Anda.

1. Menggunakan Live View Google Maps Saat Bepergian

Saat bepergian dengan berjalan kaki dan menggunakan peta, ada kalanya kita kebingungan ketika mengikuti titik biru kecil sebagai petunjuk arah.

Anda dapat memanfaatkan fitur Live View sebagai alternatif. Fitur ini akan mengakses kamera smartphone Anda untuk memindai bangunan-bangunan yang ada di sekitar sehingga titik lokasi Anda menjadi lebih akurat.

Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Jalankan aplikasi Google Maps dan masukkan lokasi yang menjadi tujuan.
  • Pilih ikon walking (berjalan kaki).
  • Ketuk tombol Live View yang ada di bagian bawah layar di sebelah tombol Start.
  • Kemudian arahkan kamera ke bangunan di sekitarmu atau rambu-rambu yang ada di jalan.
  • Saat Anda berjalan akan ada panah besar beserta nama jalan muncul di layar. Panah tersebut akan memandu Anda ke tempat tujuan.

2. Menyembunyikan Lokasimu dengan Mode Incognito

Mode Incognito adalah mode dimana Anda dapat menyembunyikan lokasi berada dari pengguna peta lainnya. Untuk menggunakan mode Incognito Google Maps, caranya cukup mudah.

Buka aplikasi Google Maps, ketuk ikon profil di sudut kanan atas lalu pilih “Nyalakan Mode Penyamaran atau Incognito Mode”.

3. Menggunakan Google Maps Secara Offline

Akan sangat menjengkelkan ketika kita tengah mencari alamat dengan Google Maps, tapi tiba-tiba sinyal hilang atau mengalami gangguan.

Tetapi kamu bisa memanfaatkan fitur Maps Offline dengan mengunduh rute lebih awal sehingga tak perlu lagi takut kesasar.

Caranya, buka aplikasi Google Maps lalu masukkan lokasi tujuanmu. Di bagian bawah, ketuk nama tempat atau alamat yang tersedia. Ketuk lagi menu tiga titik yang ada di sudut kanan atas. Kemudian klik unduh peta offline. Selesai, sekarang Maps Anda sudah bisa digunakan secara offline.

4. Menemukan Tempat Parkir dengan Mudah

Daripada pusing berkeliling mencari tempat parkir saat berada di mall atau tempat makan. Cobalah untuk menggunakan fitur yang ada di Google Maps.

Caranya, jalankan aplikasi Google Maps dan masukkan lokasi Anda akan menuju. Ketuk Arah Anda, lalu akan muncul ikon P di sebelah estimasi waktu.

Ketuk lagi P untuk parkir. Apabila P berwarna merah, artinya kondisi tempat parkir sangat terbatas. Namun bila ikon P berwarna biru, maka Anda dapat dengan mudah menemukan tempat kosong yang untuk memarkirkan kendaraan.

5. Merencanakan Rute Seluruh Perjalanan

Seringkali Anda merasa estimasi waktu yang diberikan Google Maps tidak tepat, hal ini dimungkinkan karena Anda tidak menyertakan titik-titik pemberhentian yang akan dilalui sepanjang perjalanan.

Oleh karena itu, rencanakan rute seluruh perjalanan termasuk titik-titik pemberhentian yang ada. Caranya, jalankan aplikasi Google lalu masukkan tujuan pertamamu, seperti tempat makan atau SPBU. Ketuk arah dan ketuk lagi menu tiga titik di sudut kanan atas.

Kemudian ketuk ‘Tambah Berhenti’. Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin titik pemberhentian yang diinginkan sehingga estimasi waktu perjalanan bisa menjadi lebih akurat.

Nah, itulah beberapa trik rahasia yang bisa Anda manfaatkan di Google Maps. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?