5 Solusi Google Maps Platform untuk Food Delivery

5 Solusi Google Maps Platform untuk Food Delivery

6 Juli 2021

Dalam solusi Google Maps Platform untuk food delivery memiliki banyak manfaatnya untuk perusahaan dan user dalam menggunakan aplikasinya. Pengimplementasian solusi Google Maps Platform ini dapat dilakukan oleh seluruh perusahaan food delivery yang ingin memanjakan para penggunanya dengan tampilan yang lebih interaktif, UI yang menarik dan fitur-fitur yang mempermudah perusahaan dan pengguna ketika menggunakannya. Namun, tahukah apa saja solusi Google Maps Platform untuk food delivery ini?

Simak dalam 5 Solusi Google Maps Platform untuk food delivery di bawah ini

Sebelumnya, Google Maps Platform adalah sekumpulan API dan SDK yang memungkinkan developer/ pengembang untuk menyematkan Google Maps ke dalam aplikasi seluler dan halaman web, atau untuk mengambil data dari Google Maps. Saat ini Google Maps Platform memiliki 3 produk utama, yaitu Maps, Places dan Routes dengan jumlah seluruh API dan SDK yang ada sebanyak 17 API dan SDK.

Seluruh proses solusi Google Maps Platform yang ada dalam artikel ini, akan berkaitan dengan Route Optimization. Bagi yang belum mengetahui Route Optimization, Route Optimization adalah proses menemukan rute yang paling hemat biaya untuk satu set perhentian. Banyak orang berpikir ini berarti menemukan jarak terpendek atau waktu tercepat antara titik A dan titik B, tetapi ini tidak sepenuhnya benar. Pengoptimalan rute digunakan saat Anda ingin meminimalkan waktu berkendara untuk beberapa pemberhentian, sekaligus memperhitungkan berbagai kerumitan seperti jendela waktu pelanggan, kapasitas kendaraan, jadwal pengemudi, dan banyak lagi.

Selengkapnya di: Apa Saja Penggunaan Google Maps Platform dalam Route Optimization

Kita tidak perlu terkejut jika melihat industri pengiriman makanan saat ini berkembang secara pesat. Namun, jika Anda berada dalam bisnis food and beverages, Anda tahu kebutuhan yang diperlukan akan lebih kompleks dari itu. Di dunia di mana sekarang ini dalam menggunakan smartphone dan apps hanya dengan beberapa klik akan membawa konsumen kepada apa yang mereka inginkan, ketika mereka menginginkannya segera, dan sekarang ini konsumen tidak ada yang mau menunggu dua jam untuk mendapatkan makanan yang mereka pesan. Konsumen peduli dengan kenyamanan, kecepatan, dan kemampuan perusahaan Anda untuk menyediakan layanan pengiriman sesuai permintaan.

Terutama selama pandemi COVID-19, minat untuk pengiriman makanan telah meningkat ke tingkat yang lebih tinggi, menuntut semua dapat memberi layanan yang hebat dan pengiriman yang cepat.

solusi-google-maps-platform-bike

Menjadi lebih cepat dengan menerapkan solusi Google Maps Platform

Teknologi menetapkan standar baru untuk memenuhi semua harapan konsumen. Ironisnya, seringkali dibutuhkan teknologi yang tepat untuk memenuhi harapan tersebut juga, bahkan ketika menyangkut pekerjaan offline seperti pengantaran makanan.

Layanan pengiriman di beberapa kota terbesar di dunia memiliki janji untuk pengantaran makanan dalam waktu 40 menit. Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan makanan, hal ini membuat pengemudi hanya memiliki sedikit waktu untuk mengantarkan makanan di kota yang sangat besar, seperti kota Jakarta misalnya. Memenuhi janji atau komitmen ini hanya mungkin dilakukan dengan mengimplementasi teknologi lokasi yang andal. 

Namun, teknologi lokasi yang solid adalah fondasi yang kuat untuk sebuah layanan pengiriman, terlepas dari apakah bisnis telah berkomitmen pada window time pengirimannya atau tidak. Dengan melacak semua kemungkinan yang dibutuhkan, seperti teknologi lokasi dan mencari tahu fitur mana yang tepat dan sangat dibutuhkan untuk bisnis Anda, Berikut ini, kami memberikan deskripsi singkat dan langsung tentang pemanfaatan Google Maps platform yang banyak digunakan dalam industri pengiriman makanan dan apa yang dapat mereka lakukan untuk bisnis Anda.

Berikut solusi Google Maps Platform untuk food delivery:

1. Outlet Locator

Outlet locator merupakan solusi dasar dari setiap industri sebenarnya. Outlet locator ini berfungsi untuk menampilkan sebaran outlet yang ada di sekitar lokasi terkini pengguna. Outlet locator ini juga dapat diintegrasikan dengan layanan antar dan jemput pada sesi berikutnya. Tampilan yang ada dalam Outlet locator ini juga interaktif sehingga dapat memicu pengguna untuk terus menggunakan aplikasi food delivery-nya. Nah, itu dia solusi Google Maps Platform yang pertama, lanjut ke nomor dua.

2. Delivery Services

Sesuai dengan judul, sesi ini akan membahas mengenai layanan pengiriman makanan atau food delivery services. Dalam pengiriman makanan ini sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan bekerja sama dengan ojek online dan menyediakan driver sendiri untuk melakukan pengiriman secara mandiri. Di sesi ini akan membahas bila perusahaan atau bisnis Anda ingin atau memiliki layanan pengiriman secara mandiri.

Solusi Google Maps Platform yang dapat diimplementasikan untuk food delivery dengan memberikan pilihan pengiriman kepada pengguna terlebih dahulu, pengguna dapat menentukan pilihan antar (delivery) atau jemput (pickup). Dalam sesi ini, pengguna akan menggunakan layanan antar makanan.

Dalam layanan antar ini pengguna mendapatkan beberapa informasi seperti, lokasi pengguna, lokasi outlet yang dibeli makanannya, rute perjalanan dari outlet menuju lokasi pengguna dan estimasi waktu kedatangan berdasarkan data lalu lintas secara real-time.

solusi-google-maps-platform-mcd-cafe
Source: unsplash – https://unsplash.com/photos/fOlryqm6tmI

3. Pickup Services

Layanan jemput makanan ini merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk menjemput makanan yang pengguna pesan dalam aplikasi menuju lokasi outlet terdekat atau outlet yang dipilih pengguna. Dalam aplikasi food delivery akan menampilkan sebuah peta interaktif yang menunjukkan informasi lokasi pengguna dan lokasi outlet yang dituju beserta rute perjalanan dan waktu tempuh perjalanan menuju outlet yang dituju.

Fitur jemput makanan di outlet ini sangat bisa diimplementasikan, pengguna bisa dengan mudah memilih outlet terdekat untuk dilakukan penjemputan pesanan yang pengguna pesan. Hal ini juga dapat meningkatkan angka pengunjung di outlet serta meningkatkan loyalitas pengguna dalam menggunakan

4. Tracking Driver

Tracking driver ini merupakan bagian dari layanan antar dimana pengguna dapat mengetahui posisi driver yang mengantarkan makanan secara real-time. Fitur ini dimungkinkan ada bila driver sedang mengirimkan pesanan makanan ke banyak lokasi, maka sebagai pengguna harus mengetahui kapan estimasi makanan yang dipesan sampai dan sedang berada dimana driver yang mengantarkan makanan pengguna tersebut.

5. Driver Apps

Sesuai namanya, solusi terakhir ini merupakan aplikasi khusus untuk driver yang akan mengirimkan makanan kepada masing-masing pengguna. Dalam aplikasi driver ini, driver mendapatkan informasi berupa daftar lokasi yang akan diantarkan makanannya, rute perjalanannya, jarak tempuh dan juga waktu tempuh untuk masing-masing lokasi yang dituju.

Hal ini dapat mempermudah driver dalam mengirimkan makanan karena semua informasi sudah terdapat dalam aplikasi tersebut, sehingga driver tidak perlu lagi untuk keluar aplikasi untuk mengetahui rute, jarak dan waktu tempuhnya.

Bagaimana dengan solusi Google Maps Platform yang dapat memudahkan perusahaan dan pengguna dalam menggunakan aplikasi food delivery-nya. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana solusi Google Maps Platform untuk food delivery dapat diimplementasikan dalam aplikasi Anda, segera hubungi pakar kami dan konsultasikan kebutuhan Anda dengan solusi dari Terralogiq, tulis pertanyaan anda ke halo@terralogiq.com.

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments