4 Efek Pengoperasian Google Maps Platform Untuk E-Commerce

4 Efek Pengoperasian Google Maps Platform Untuk E-Commerce

21 Juli 2021

Cara pengoperasian Google Maps Platform yang baik akan sangat berdampak pada banyak aspek yang digunakan sehari-hari dalam menjalankan usaha. Dalam hal pengoperasian Google Maps Platform untuk bisnis jasa pengiriman adalah; dapat mengurangi biaya operasional, mengurangi waktu pengiriman karena rute perjalanan sudah optimal, dan lain sebagainya.

Mengintegrasikan Google Maps ke situs web e-commerce Anda bisa menjadi strategi yang sangat hebat. Ini akan memungkinkan para pelanggan dan pengguna platform Anda untuk melihat lokasi Anda secara lengkap, sering kali membantu pelanggan kemudian untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang bisnis dan perusahaan.

Pengalaman menggunakan aplikasi e-commerce pun akan menjadi lebih baik dengan pengoperasian Google Maps Platform di dalamnya, seperti mempercepat pengguna dalam melakukan pengisian alamat pengiriman dengan akurat dan tepat.

Sebelumnya, Google Maps Platform adalah sekumpulan API dan SDK yang memungkinkan developer atau pengembang untuk menyematkan Google Maps ke dalam aplikasi mobile dan halaman web, atau untuk mengambil data dari Google Maps. Saat ini Google Maps Platform memiliki 3 produk utama, yaitu Maps, Places dan Routes dengan jumlah seluruh API dan SDK yang ada sebanyak 17 API dan SDK.

Simak artikel berikut: Apa Saja Penggunaan Google Maps Platform dalam Route Optimization?

Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap untuk masing-masing dari 4 dampak pengoperasian Google Maps Platform dalam pengiriman dan pengalaman pengguna atau customers dalam menggunakan jasa platform e-commerce dengan baik.

Meminimalisir kesalahan pengiriman

Penting untuk memastikan bahwa paket yang akan dikirimkan dapat sampai ke lokasi pengiriman yang tepat dan alamat yang akurat agar terhindar dari kesalahan pengiriman yang menyebabkan paket kembali ke gudang pengiriman. Autocomplete Search API dalam pengoperasian Google Maps Platform dapat membantu pengguna dalam menuliskan alamat dengan akurat berdasarkan lokasi yang diketikkan oleh pengguna secara langsung dan cepat.

Penggunaan Autocomplete Search API ini dapat mengurangi waktu proses checkout ketika pengguna ingin membeli sesuatu, mempercepat pengisian alamat yang dituju oleh pengguna dan mengurangi kesalahan input alamat pengiriman.

Adapun dalam hal pengoperasian Google Maps Platform untuk dapat meminimalisir kesalahan pengiriman, selain menggunakan Autocomplete Search API pengguna juga dapat menggunakan Geocoding API yang diintegrasikan dengan Dynamic Maps API. Pengguna dapat secara langsung melakukan penitikan lokasi pengiriman secara lebih akurat lagi karena alamat yang dititikkan sudah sesuai dengan lokasi pengguna saat ini.

Driver dapat melakukan pengiriman lebih baik

Pengoperasian Google Maps Platform dapat digunakan untuk meningkatkan operasional perusahaan dan membantu perusahaan beroperasi lebih efisien dengan akses data lalu lintas secara real-time.

Gunakan Distance Matrix API untuk membandingkan waktu perjalanan dari setiap kemungkinan lokasi gudang atau depot untuk memenuhi pesanan yang dapat memungkinkan pengiriman secepat mungkin. Gunakan parameter traffic_model untuk mengakses waktu perjalanan prediktif yang mengantisipasi berapa lama perjalanan yang akan dilakukan pada saat pengiriman harus meninggalkan depot.

Pengoperasian Google Maps Platform dengan Distance Matrix API juga menggunakan informasi lalu lintas real-time, memungkinkan Anda memilih pengemudi terdekat berdasarkan durasi perjalanan waktu nyata untuk menyelesaikan pengambilan dan pengiriman. Ini memastikan perputaran pesanan secepat mungkin dan operasi yang lebih efisien secara keseluruhan. Dengan waktu berkendara yang lebih singkat, driver dapat mengirimkan lebih banyak pesanan setiap hari.

Memiliki data GPS yang buruk? Dalam pengoperasian Google Maps Platform melalui Roads API dapat digunakan untuk mengambil data lokasi mentah dari perangkat driver ke posisi yang paling mungkin di jaringan jalan Google. Posisi yang disesuaikan ini dapat digunakan sebagai asal untuk Directions API atau Distance Matrix API. Memperbaiki posisi pengemudi dengan cara ini akan menghasilkan arah dan ETA yang lebih akurat, meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dan meningkatkan kapasitas untuk menangani pesanan.

Rute pengiriman dapat lebih optimal

Setelah menentukan driver, driver dapat menuju ke lokasi pengantaran mereka dengan cepat. Gunakan Directions API untuk memberikan petunjuk arah belokan demi belokan dengan data lalu lintas yang real-time untuk driver atau untuk memprediksi durasi bagian rute mereka di masa mendatang menggunakan parameter traffic_model. Layanan ini juga akan mengoptimalkan urutan waypoint untuk pengiriman, sehingga pengiriman selesai dalam jarak terpendek secara keseluruhan. Berikut adalah tip yang berguna – tetapkan tujuan menggunakan Places ID dari Place Autocomplete atau Geocoding API (sebagai konversi ke alamat yang dapat dibaca). Aspek ini yang akan mengarahkan pengemudi ke titik dan jalur akses terbaik untuk tujuan yang akan memungkinkan pengiriman yang lebih efisien dalam banyak kasus, membuat operasi Anda lebih bertepat guna secara keseluruhan.

Gunakan StreetView di aplikasi native yang dibuat dengan SDK Android atau iOS Google Maps untuk menampilkan gambar lokasi pengantaran kepada pengemudi, sehingga pengemudi tahu persis di mana harus berhenti dan seperti apa pintu masuk sebelum mereka tiba, menghemat waktu untuk tidak diam karena harus memastikan lokasinya sudah tepat atau bertanya kepada orang sekitar terkait alamat yang dituju. Pastikan untuk mengaktifkan aplikasi Google Maps native untuk menyediakan navigasi belokan demi belokan secara real-time dengan panduan suara.

pengoperasian-google-maps-platform-bersama
source: Foto oleh Norma Mortenson dari Pexels

Pengguna dapat informasi estimasi Waktu Kedatangan Estimate Time of Arrival (ETA) pengiriman secara real-time

Terakhir, perbarui pelanggan Anda tentang status pengiriman terbaru. Gunakan Directions API untuk memeriksa Estimate Time of Arrival (ETA) yang tersisa dari pengemudi ke pengiriman pelanggan berikutnya, atau gunakan Distance Matrix API untuk memeriksa banyak ETA sekaligus. Gunakan data lalu lintas real-time untuk memberi informasi terbaru kepada pelanggan tentang perubahan kondisi jalan. Buat pelacak pengiriman sederhana pada website menggunakan Maps JavaScript API untuk memungkinkan pelanggan melacak pengiriman mereka secara real time, menyimpan panggilan ke bisnis Anda untuk memeriksa status pengiriman.

Bayangkan kembali pengalaman e-commerce yang didukung dengan pengoperasian Google Maps Platform

Kita bisa melihat bahwa platform digital berkembang dari tahun ketahun dan semakin diminati banyak orang. Maka dari itu kita perlu memperluas pengalaman berbelanja. Layanan geospasial (geospatial analysis) dan kecerdasan lokasi (location intelligence) dapat meningkatkan perjalanan pembelian karena konsumen mencari cara alternatif untuk membeli dan memperoleh barang secara online.

Industri pembelanjaan online atau e-commerce perlu berpikiran maju kedepan untuk menangkap peluang ini, dan membedakan dirinya dibandingkan kompetitor dengan menciptakan customers journey yang baik dengan perjalanan mulus, yang pada akhirnya juga dapat memenangkan hati dan kepercayaan para pelanggan (customers trust).

Baca juga : Menjawab tantangan retail dan e-commerce dengan location intelligence

Maka dari itu sudah kita ketahui sekarang efek dari pengoperasian Google Maps Platform yang dapat menguntungkan untuk perusahaan atau bisnis Anda pada delivery services dan e-commerce tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana pengoperasian Google Maps Platform untuk delivery services dan e-commerce dapat diimplementasikan dalam aplikasi Anda, segera hubungi pakar kami dan konsultasikan kebutuhan Anda dengan solusi dari Terralogiq, tulis pertanyaan anda ke halo@terralogiq.com.

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments