3 Fungsi dari Collaterals Management yang perlu Anda ketahui

6 Januari 2022

Pada saat konsep collaterals management semakin langka dipahami untuk mencapai solusi dalam pasar yang mengalami kondisi tidak stabil, Anda perlu mengadopsi alat dan teknologi yang lebih baik untuk mengelola risiko pada aset Anda dan mengoptimalkan alokasi aset secara menyeluruh dalam cara yang paling se-efisien mungkin.

Regulasi global meningkatkan permintaan terhadap collaterals dan mengubah dinamika supply market. Kesulitan dalam mengelola collaterals berkualitas tinggi untuk perdagangan, serta leverage ratio tidak spesifik untuk satu organisasi, tetapi melintasi seluruh layanan keuangan industri. Tantangan pasar ini bersifat dinamis dan berubah secara cepat, berdampak pada pengelolaan, mobilisasi dan transformasi dari collaterals.

Baca juga: Mari kenal lebih dekat dengan Asset Collaterals serta pemanfaatannya

collaterals management illustration

Bagi organisasi untuk memaksimalkan nilai dari sumber daya atau collaterals yang terbatas, Sisi Jual, Sisi Beli, Bank Kustodian, dan Kliring, harus bekerja sama untuk membangun proses yang komprehensif dan kohesif yang memperhitungkan semua bagian dari collaterals ecosystem. Pendekatan manajemen collaterals proaktif diperlukan untuk mengatasi kendala likuiditas di tingkat perusahaan di pasar modal global yang semakin terhubung.

Dengan menciptakan solusi yang berteknologi canggih yang dapat memfasilitasi aliran dan transformasi jaminan yang efisien di seluruh organisasi, perusahaan dapat memperoleh manfaat tidak hanya dari pengurangan risiko, peningkatan likuiditas, peningkatan modal peraturan dan manajemen biaya, tetapi manfaat dari strategi komprehensif ini untuk collaterals management yang akan memberikan keunggulan komparatif dan membantu memaksimalkan laba atas investasi.

Dampak dari Collaterals management

Tren makro di pasar dijelaskan di bagian sebelumnya telah dimulai memiliki dampak signifikan pada collaterals management di industri. Era Baru pengembangan collaterals yang efektif dan solusi manajemen adalah kombinasi kompleks dari variabel yang ada di pasar, banyak di antaranya terus berkembang.

Selama beberapa tahun terakhir, collaterals management telah mengambil peran sentral, tidak lagi menjadi fungsi pendukung operasional seperti sekarang ini. Kemampuan dalam collaterals management sering berada sebagai kemampuan inti di sebagian besar perusahaan di samping memahami risk and compliance.

Collaterals management memberikan pendapatan baru kesempatan bagi kustodian, clearing house dan pialang-dealer memegang sejumlah besar jaminan. Mereka mendapatkan keuntungan dengan mengoptimalkan penggunaan agunan. Mereka juga dapat menawarkan jaminan manajemen sebagai layanan kepada klien mereka untuk membedakan penawaran produk utama mereka dari itu dari pesaing mereka. Perubahan akan konsisten dalam lanskap peraturan saat ini dan lebih lagi karena batas perdagangan terus berkembang. Strategis pendekatan Teknologi Informasi (TI) dari serangkaian taktik solusi diperlukan dalam lingkungan baru dan tantangan yang muncul.

Manfaat dan 3 contoh collaterals management

Setelah memahami dampak dan definisi dari collaterals management ada pula manfaat dan contoh penerapannya sebagai berikut:

  • Mematuhi dan mengikuti peraturan yang bertujuan untuk membuat pasar lebih transparan, tangguh, dan tidak terlalu bergantung pada pendanaan kredit atau bank sentral.
  • Meningkatkan likuiditas karena peningkatan margin, modal, dan persyaratan segregasi atau pemisahan menurut jumlah modal yang tinggi.
  • Mengelola risiko kredit, biaya operasional, dan penyelesaian masalah perihal collaterals dengan lebih baik.

Teknologi canggih secara analitis dan platform dengan tampilan terintegrasi untuk seluruh aset yang mampu menangani lintas batas transaksi akan menjadi kunci yang memungkinkan dalam situasi seperti ini.

Sistem termodulasi dengan baik berdasarkan prinsip akan memungkinkan penanganan perubahan lebih efisien. Ini akan memastikan bahwa jaminan atau collaterals yang tersedia dioptimalkan di seluruh pasar dan kelas aset, sehingga dapat memperoleh eksposur dengan cara yang paling hemat biaya.

Temukan solusi untuk melakukan collaterals management kepada bisnis Anda bersama Terralogiq hubungi kami di halo@terralogiq.com dan konsultasikan kebutuhan Anda.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments